Pembelajaran Mandiri
Mengolah Data Excel untuk Juru Tata Usaha Pembukuan
Oleh: Yayasan Pendidikan Fitri Al-Baasitu
Pelatihan di Yayasan Pendidikan Fitri Al-Baasitu
Highlight
Info Penting Kursus di Mitra Pelatihan
- Kursus ini akan sepenuhnya Anda kerjakan di platform Mitra Pelatihan
- Kami akan memberimu Kode Kursus untuk Anda tukarkan di platform Mitra Pelatihan
- Sertifikat dari kursus ini juga hanya akan Anda terima di platform Mitra Pelatihan
Detail Pelatihan
Deskripsi Pelatihan
Penguasaan microsoft excel merupakan syarat utama untuk dapat diterima di dunia kerja, beberapa lowongan pekerjaan bahkan melakukan tes awal penggunaan excel dalam wawancara kerja, khususnya di bagian juru tata usaha pembukuan , accounting, operasional dan bidang kerja lain yang membutuhkan perencanaan budget, penginputan data dan pelaporan pekerjaan. Karena hampir kebanyakan perusahaan menggunakan excel untuk mengolah dan meringkas data dengan cepat. Berdasarkan proyeksi kebutuhan tenaga kerja menurut sektor dan jabatan tahun 2019-2024, jenis jabatan Juru tata usaha akuntansi dan pembukuan, mengalami peningkatan kebutuhan. (KEMNAKER 2019, Hal.104) Pada pelatihan ini, peserta akan dibekali beberapa kompetensi diantaranya, membuat masukan ke dalam catatan laporan pembukuan, membuat perhitungan/penjumlahan yang penting, melaksanakan fungsi lain dalam bidang pembukuan, membukukan rincian biaya produksi per unit, serta menyimpan pembukuan untuk semua urusan bisnis yang sesuai dengan tugas dalam KBJI 4311.02. Manfaat setelah mempelajari materi dari program pelatihan ini, peserta akan memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam membuat catatan keuangan, anggaran, mengelola investasi, menghitung statistik dan aritmatika, menyelesaikan soal-soal logika, membuat berbagai macam grafik dan diagram dan melakukan konversi mata uang, tujuanya untuk mempermudah pekerjaan kita serta menghemat waktu. Pelatihan ini menggunakan metode self paced learning.
Tujuan Umum Pelatihan
1. Peserta mampu membuat masukan ke dalam catatan laporan pembukuan sesuai dengan okupasi juru tata usaha pembukuan dalam 3 kali simulasi
2. Peserta mampu membuat perhitungan/penjumlahan yang penting sesuai dengan okupasi juru tata usaha pembukuan dalam 3 kali simulasi
3. Peserta mampu melaksanakan fungsi lain dalam bidang pembukuan sesuai dengan okupasi juru tata usaha pembukuan dalam 3 kali simulasi
4. Peserta mampu membukukan rincian biaya produksi per unit yang ada sesuai dengan okupasi juru tata usaha pembukuan dalam 3 kali simulasi
5. Peserta mampu membukukan kalkulasi hak upah dari laporan jam yang dikerjakan atau pekerjaan yang dilaksanakan oleh masing-masing sesuai dengan devisi dalam 3 kali simulasi
6. Peserta mampu mempertanggung jawabkan atas semua yang perlu dibukukan dan menyimpan pembukuan untuk semua urusan bisnis termasuk menyediakan hasil pembukuan yang telah dibuat sesuai dengan okupasi juru tata usaha pembukuan dalam 3 kali simulasi.
Tujuan Khusus Pelatihan
1. Membuat dokumen
2. Melakukan editing sederhana atas kolom dan baris
3. Mengidentifikasi cell yang akan diolah
4. Menggunakan formula pada lembar kerja
5. Menggunakan fungsi
6. Menggunakan filter
7. Menggunakan grafik (chart)
8. Mempersiapkan data yang akan dimasukkan
9. Memasukkan data dengan perangkat computer
10. Mengimport data dari sumber elektronis
11. Mencetak dokumen
12. Mengintegrasikan berkas spreadsheet
Aspek Kompetensi: Pengetahuan (Knowledge)
1. Memahami cara membuat catatan laporan pembukuan
2. Memahami cara membuat perhitungan dengan rumus formula
3. Memahami cara melaksanakan fungsi lain di bidang pembukuan
Aspek Kompetensi: Keterampilan (Skill)
1. Membuat catatan laporan pembukuan
2. Membuat perhitungan dengan rumus formula
3. Melaksanakan fungsi lain di bidang pembukuan
Aspek Kompetensi: Sikap (Attitude)
Teliti dalam membuat perhitungan dengan rumus formula
Kelompok Sasaran
1. Pendidikan minimal SMA
2. Memiliki koneksi internet yang stabil
3. Memiliki perangkat komputer atau laptop dengan aplikasi Microsoft Excel yang terinstal
4. Program pelatihan ini diperuntukkan oleh peserta baik yang belum memiliki pengetahuan tentang Microsoft Excel, maupun yang sudah memiliki kemampuan dalam mengoprasikan program Microsoft Excel
Durasi Per Sesi
1. Membuat catatan laporan pembukuan : 70,49 menit
2. Membuat perhitungan dengan rumus formula : 62,44 menit
3. Melaksanakan fungsi lain di bidang pembukuan : 93,42 menit
4. Membukukan rincian biaya produksi : 82,49 menit
5. Membukukan kalkulasi hak upah dari laporan : 44,27 menit
6. Menyimpan dan mengintegrasikan pembukuan : 103,52 menit
Total Durasi
458 menit 23 detik
Kapasitas Peserta
Unlimited
Jadwal Mingguan Konsultasi dengan Pelatih
Hari : Sabtu
Jam : 10:00 – 11.00 WIB
Level Pelatihan
Basic / Tingkat Dasar
Profil Pengajar
NURKAYATI, S.Pd
Nurkayati adalah seorang eks-staf administrasi pada perusahaan penyiaran swasta, yang saat ini sedang fokus menjadi pengajar aplikasi perkantoran. Berdasarkan pengalaman yang ia miliki sebagai staff administrasi, ia telah memahami aplikasi perkantoran secara practical sehingga banyak alumni yang telah berhasil ia luluskan yang telah bekerja atau membuka usaha. Banyak hal yang telah ia kuasai meliputi Microsoft Word, Microsoft Excel, dan Microsoft Powerpoint secara praktikal.
Panduan Redeem Voucher
1. Di website Pijar Mahir (https://pijarmahir.id/), klik menu profil (nama anda) pada pojok kanan atas kemudian klik menu Voucher Saya dan klik Salin Kode (atau catat kode voucher secara manual)
2. Kunjungi LMS YP FITRI AL BAASITU https://fitrialbaasitu.com/
3. Klik tombol “Redeem Voucher”.
4. Lengkapi data diri Anda, masukkan :
● Kode Kupon -> Isi dengan kode kupon atau voucher
● Nomor Pra Kerja -> Isi dengan 16 digit angka dan pastikan nomor prakerja Anda belum terdaftar di LMS YP FITRI AL-BAASITU (Untuk nomor prakerja bisa diisi dengan 16 digit angka bebas)
● Nama Lengkap -> Sesuaikan dengan nama lengkap Anda pada akun Prakerja
● Nomor Whatsapp -> Isi dengan nomor Whatsapp Anda
● Email -> Pastikan alamat email Anda belum pernah terdaftar di LMS YP FITRI AL-BAASITU, jika sudah pernah terdaftar mohon untuk mengisi dengan alamat email yang lain
● Password -> Buatlah kata sandi yang mudah diingat
● Konfirmasi Password -> Isi dengan kata sandi yang sama
5. Klik tombol “Daftar”
6. Jika berhasil melakukan pendaftaran, secara otomatis peserta akan menerima email pemberitahuan bahwa Anda telah berhasil redeem dan membuat akun di LMS YP Fitri Al-Baasitu.
7. Setelah berhasil melakukan pendaftaran, peserta bisa langsung masuk ke dashboard pelatihannya, lalu klik tombol “Pilih” pada program pelatihan, dan Anda bisa langsung mengikuti
Kontak Lembaga Pelatihan
0351-2816658
Info Lainnya
Benefit yang Didapat:
- Video Pelatihan
- Dokumen Pelatihan
- Tes Evaluasi Pelatihan
- Sertifikasi Penyelesaian
Materi Pelatihan
Materi
Rating & Ulasan
5.0
/5
(2 Rating)
0
0
0
0
0
Rp499.000
Benefit yang Didapat:
- Video Pelatihan
- Dokumen Pelatihan
- Tes Evaluasi Pelatihan
- Sertifikasi Penyelesaian