Download di playstore

Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Mengolah Microsoft Office (Microsoft Word, Excel dan PowerPoint) untuk Menjadi Operator Komputer Profesional

Pembelajaran Mandiri

Mengolah Microsoft Office (Microsoft Word, Excel dan PowerPoint) untuk Menjadi Operator Komputer Profesional

Oleh: Albar College

Pelatihan di Albar College

0

4.6(51)
89 Peserta

Highlight

Info Penting Kursus di Mitra Pelatihan

  • Kursus ini akan sepenuhnya Anda kerjakan di platform Mitra Pelatihan
  • Kami akan memberimu Kode Kursus untuk Anda tukarkan di platform Mitra Pelatihan
  • Sertifikat dari kursus ini juga hanya akan Anda terima di platform Mitra Pelatihan

Detail Pelatihan

Deskripsi Pelatihan
Program ini membantu peserta untuk mendapatkan skill yang sangat penting dalam memasuki dunia kerja dan mengembangkan karir. Di era digital saat ini, dokumen tidak lagi ditulis tangan,melainkan dibuat dengan komputer. Salah satu aplikasi yang paling umum digunakan untuk membuat dokumen adalah Microsoft Office. Sebagai seorang Operator Komputer sangat disarankan untuk menguasai penggunaan Microsoft Office, terutama Microsoft Word, Microsoft Excel, dan Microsoft PowerPoint. Kelas ini cocok diikuti oleh peserta yang tertarik untuk menjadi seorang Operator Komputer maupun Tenaga Tata Usaha di suatu perusahaan, perkantoran, atau organisasi lainnya. Di kelas ini peserta akan mempelajari cara menulis dokumen dan memformat dokumen agar terlihat rapi menggunakan Microsoft Word, cara menambahkan gambar dan objek kedalam dokumen di Microsoft Word, cara membuat nomor halaman, header-footer, daftar isi di Microsoft Word, dan cara menggunakan fitur-fitur penting lainnya di Microsoft Word. Selanjutnya, juga akan belajar cara membuat tabel dan mengolah data dengan membuat rumus sederhana pada Microsoft Excel. Pada materi Microsoft PowerPoint, peserta akan belajar untuk membuat slide presentasi dari awal hingga menjadi slide yang siap dipresentasikan. Selain dilatih untuk membuat dokumen sebagai Operator Komputer maupun Tenaga Tata Usaha, peserta juga akan belajar berbagai keperluan komunikasi dalam pekerjaan seperti Email, presentasi, dan pembuatan dokumen.

Tujuan Umum Pelatihan
Peserta terampil dalam mengolah data dan informasi yang diberikan menggunakan aplikasi Microsoft Word, Microsoft Excel dan Microsoft Powerpoint sesuai dengan format yang dibutuhkan dengan baik dan benar.

Tujuan Khusus Pelatihan
1. Mampu mengoperasikan komputer dan peralatan peripheral.
2. Mampu memahami penggunaan menu serta fasilitas pada microsoft word, excel, dan powerpoint.
3. Menguasai menu – menu yang terdapat pada program aplikasi microsoft word, excel, dan powerpoint untuk hasil kerja yang optimal.
4. Menguasai teknik dan cara penomoran dokumen yang rapi dan efisien.
5. Menguasai fungsi untuk mempermudah dalam proses pembuatan, pengaturan, dan mencetak berbagai dokumen.
6. Teliti dalam menyajikan data dengan tampilan yang rapi, tepat, serta perhitungan yang akurat.
7. Menguasai rumus formula yang ditawarkan, untuk membuat rumus yang variatif.
8. Menguasai fitur grafik data dalam proses penganalisaan data dalam bentuk tabel maupun grafik.
9. Dapat meningkatkan produktivitas dan efisiensi waktu karena memudahkan pekerjaan yang terkait dengan dokumen, dan juga menguasai fitur untuk menggabungkan antar slide ke slide lainnya.
10. Menguasai pembuatan presentasi dalam bentuk slide yang menarik dengan fitur audio, video, gambar, dan animasi serta template yang akan dipergunakan.

Aspek Kompetensi: Pengetahuan (Knowledge)
1. Materi: Menggunakan Peralatan Peripheral
- Memahami penggunaan perangkat komputer
- Memahami penggunaan peralatan peripheral
2. Materi: Menggunakan Sistem Operasi
- Memahami Perangkat komputer
- Memahami Jenis-jenis sistem operasi
- Memahami antar muka pengguna
3. Materi: Menggunakan Perangkat Lunak Pengolah Kata Tingkat Dasar
- Memahami pengoperasian perangkat lunak pengolah kata

Aspek Kompetensi: Keterampilan (Skill)
1. Materi: Menggunakan Peralatan Peripheral
- Terampil dalam mengoperasikan komputer
- Terampil dalam mengoperasikan perangkat peripheral
2. Materi: Menggunakan Sistem Operasi
- Terampil dalam mengetik pada keyboard
- Terampil menggunakan mouse/ touch
3. Materi: Menggunakan Perangkat Lunak Pengolah Kata Tingkat Dasar
- Terampil dalam menyiapkan korespondensi sederhana.
- Terampil dalam menggabungkan informasi penting dalam format dan gaya yang sesuai dengan Kebutuhan.

Aspek Kompetensi: Sikap (Attitude)
1. Materi: Menggunakan Peralatan Peripheral
- Teliti
- Disiplin
2. Materi: Menggunakan Sistem Operasi
- Disiplin
- Teliti
- Tanggung Jawab
3. Materi: Menggunakan Perangkat Lunak Pengolah Kata Tingkat Dasar 
- Menyelesaikan Masalah
- Keterampilan dokumentasi

Kelompok Sasaran
1. Minimal pendidikan SMA dan sederajat
2. Memiliki pengetahuan dasar tentang pengoperasian komputer
3. Sehat jasmani dan rohani
4. Memiliki Perangkat Komputer/ Laptop dengan aplikasi Microsoft Office

Durasi Per Sesi
Bab 1. Menggunakan Peralatan Peripheral (26:06)
Bab 2. Menggunakan Sistem Operasi (89:57 menit)
Bab 3. Perangkat Lunak Pengolah Kata Tingkat Dasar (74:48 menit)
Bab 4. Perangkat Lunak Pengolah Kata Tingkat Lanjut (39:37 menit)
Bab 5. Menggunakan Perangkat Lunak Lembar Sebar (Spreadsheet) Tingkat Dasar (81:38 menit)
Bab 6. Perangkat Lunak Lembar Kerja Tingkat Lanjut (59:40 menit)
Bab 7. Perangkat Lunak Presentasi Tingkat Dasar (76:43 menit)
Bab 8. Perangkat Lunak Presentasi Tingkat Lanjut (50:48 menit)
Bab 9. Menggunakan Perangkat Lunak Pengakses Surat Elaktronik (E-mail Client) : (15 menit)

Total Durasi
514 Menit

Kapasitas Peserta
Unlimited

Profil Pengajar
Aan Khusna Attabis
Lahir di Lampung 25 September 1988, menyelesaikan pendidikan dasar dan menengah pertama di Lampung dan melanjutkan pendidikan menengah atas di Jawa Tengah. Menyelesaikan pendidikan S1 jurusan Teknik Informatika di Universitas Islam Indonesia Yogyakarta tahun 2011. Saat ini aktif sebaga CEO LPK Abar College, yang sudah berpengalaman 10 tahun menjadi Trainer di bidang teknologi informasi, sebagai mentor Bisnis dan Manajemen serta menjadi mentor pengembangan Sumber Daya Manusia dan potensi diri. Sebagai instruktur pada kelas Microsoft Office berbekal pengalaman dan memiliki sertifikat kompetensi bidang Operation and System Tools dan Metodologi Pelatihan dari LSP dan BNSP.

Jadwal Mingguan 
Konsultasi dengan Tenaga Pelatih
Setiap Selasa, Jam 16.00 – 17.00 WIB

Level Pelatihan
Advance / Tingkat Lanjut

Mode Penyampaian
Self paced learning : Metode ajar yang digunakan adalah ceramah interaktif roleplay dan bahan bacaan dengan penugasan praktek

Metode Evaluasi
1. Pre-Test
2. Post-Test
3. Quiz
4. Tugas praktik

Jenis/Klasifikasi Sertifikat 
Sertifikat Penyelesaian, Sertifikat Kompetensi Lulus

Panduan Redeem Voucher
1. Di website Pijar Mahir (https://pijarmahir.id/), klik menu profil (nama anda) pada pojok kanan atas kemudian klik menu Voucher Saya dan klik Salin Kode (atau catat kode voucher secara manual)
2. Selanjutnya Buka website (https://albarcollege.com/)
3. Klik menu Login/ Register kemudian Klik Daftar Akun untuk membuat akun Albar College, lalu isi form yang diminta sesuai Identitas Pribadi
4. Setelah Register Berhasil, Selanjutnya silahkan Login kembali mengunakan Email dan Password yang telah dibuat
5. Kemudian Klik Redeem Voucher yang ada di bagian atas website
6. Masukkan kode KUPON lalu klik SUBMIT
7. Setelah berhasil menukarkan kupon, silahkan klik menu Kelas Saya untuk mengakses dan memulai Kursus
8. Anda siap belajar di Albar College.

Kontak Lembaga Pelatihan
WhatsApps : 
1. 085839337600
2. 085874049042
E-mail : 
cs.albarcollege@gmail.com

Info Lainnya

Materi Pelatihan

Rating & Ulasan

0

4.6

/5

(51 Rating)

profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
course thumbnail

Rp500.000