Webinar
Mengoperasikan Microsoft Excel Untuk Pegawai Personalia
Oleh: LPK Tikom
Pelatihan di Pijar Mahir
Highlight
Info Penting Kursus di Pijar Mahir
- Anda bisa mengerjakan kursus ini langsung di platform Pijar Mahir
- Sertifikat bisa Anda akses di Profil pada menu Sertifikat Saya setelah menyelesaikan kursus
Detail Pelatihan
Deskripsi Pelatihan
Pelatihan "Mengoperasikan Microsoft Excel Untuk Pegawai Personalia" disusun untuk para pegawai personalia di semua sektor perusahaan maupun industri, sesuai dengan rujukan okupasi Indonesia’s Occupational Tasks and Skills (IndoTaSK) 2020 pada okupasi pegawai personalia dan sesuai standar kurikulumyang merujuk berdasarkan SKKNI Nomor 056 Tahun 2018 tentang Bidang Pengoperasian Komputer. Peserta akan menguasai unit unit kompetensi Menggunakan perangkat lunak lembar kerja tingkat dasar, dan menggunakan perangkat lunak lembar kerja tingkat lanjut. Adapun tujuan umum dari pelatihan ini yaitu peserta pelatihan mampu mengoperasikan microsoft excel dengan menunjukkan minimal 60 persen penguasaan materi pada saat unjuk keterampilan. Sedangkan tujuan khususnya yaitu peserta mampu Menggunakan fitur-fitur dalam microsoft excel untuk mengolah dokumen kepegawaian, mengoperasikan rumus rumus matematika dalam menghitung pengelolaan penggajian kepegawaian, mengopeasikan fungsi-fungsi rumus logika dalam mengolah dataset kepegawaian, Menggunakan fungsi sort dan filter dalam menampilkan dataset kepegawaian, menggunakan diagram dan pivot tabel untuk menyajikan laporan kepegawaian secara informatif.
Tujuan Umum Pelatihan
Peserta pelatihan mampu mengoperasikan microsoft excel dengan menunjukkan minimal 60 persen penguasaan materi pada saat unjuk keterampilan.
Tujuan Khusus Pelatihan
Menggunakan fitur-fitur dalam microsoft excel untuk mengolah dokumen kepegawaian
Mengoperasikan rumus rumus matematika dalam menghitung pengelolaan penggajian kepegawaian
Mengopeasikan fungsi-fungsi rumus logika dalam mengolah dataset kepegawaian
Menggunakan fungsi sort dan filter dalam menampilkan dataset kepegawaian
Menggunakan diagram dan pivot tabel untuk menyajikan laporan kepegawaian secara informatif
Aspek Kompetensi: Pengetahuan (Knowledge)
- Fitur-fitur dalam Microsoft Excel
- Dokumen yang rapi menggunakan Microsoft Excel
- Dokumen Microsoft Excel yang rapi
- Rumus-rumus matematika dalam membuat dokumen di Microsoft Excel
- Rumus shortcut dalam membuat dokumen di Microsoft Excel
- Rumus-rumus logika dalam membuat dokumen di Microsoft Excel
- Fungsi sort dan filter dalam menyajikan dokumen di Microsoft Excel
- Diagram dan pivot tabel dalam menyajikan informasi dokumen di Microsoft Excel
Aspek Kompetensi: Keterampilan (Skill)
- Melakukan penyesuaian fitur-fitur dalam Microsoft Excel
- Mengkalibrasi penguasaan dalam menyusun dokumen yang rapi menggunakan Microsoft Excel
- Mengkalibrasi penguasaan dalam mengoperasikan rumus matematika di Microsoft Excel
- Mengkalibrasi penguasaan dalam mengoperasikan rumus logika di Microsoft Excel
- Mengkalibrasi penguasaan dalam mengoperasikan sort dan filter di Microsoft Excel
- Mengkalibrasi penguasaan dalam mengoperasikan diagram dan pivot tabel di Microsoft Excel
Aspek Kompetensi: Sikap (Attitude)
- Menunjukkan komunikasi secara efektif
- Menunjukkan pentingnya ketelitian dalam bekerja
- Menunjukkan pentingnya mempraktikkan keterampilan dalam Microsoft Excel
- Menunjukkan pemahaman fitur-fitur dalam Microsoft Excel
- Menunjukkan keterampilan menggunakan rumus-rumus penting Microsoft Excel
- Menunjukkan pentingnya menunjukkan inisiatif dalam memperdalam pengetahuan menggunakan Microsoft Excel
- Menunjukkan pentingnya menunjukkan inisiatif dalam memperdalam pengetahuan menggunakan teknologi lain jika diperlukan
- Menunjukkan pentingnya menunjukkan inisiatif dalam menyelesaikan persoalan
- Menunjukkan kemampuan mengintegrasikan Microsoft Excel sesuai dengan kebutuhan
Kelompok Sasaran
1. Peserta memiliki latar belakang SMA atau setara.
2. Peserta minimal 18 tahun dan maksimal 50 tahun
3. Memiliki Laptop / Pc, Dapat mengoperasikan Micrsoft Office
Durasi Per Sesi
1. Microsoft Excel -1 untuk Pegawai Personalia : 180 menit
2. Microsoft Excel -2 untuk Pegawai Personalia : 180 menit
3. Microsoft Excel -3 untuk Pegawai Personalia : 180 menit
4. Microsoft Excel -4 untuk Pegawai Personalia ; 180 menit
5. Microsoft Excel -5 untuk Pegawai Personalia : 180 menit
Kapasitas Peserta
50 Peserta
Metode Pembelajaran
Daring
Metode Evaluasi
1. Pre Test
2. Quiz
3. Post Test
Unjuk Keterampilan
Pelatihan Mengoperasikan Microsoft Excel Untuk Pegawai Personalia",
peserta harus memiliki unjuk keterampilan membuat dokumen
kepegawaian dengan menggunakan fitur microsoft excel, membuat olah data penggajian kepegawaian dengan menerapkan rumus matematika,
membuat olah dataset kepegawaian dengan fungsi rumus logika,
menampilkan dataset tertentu dengan menerapkan fungsi sort dan filter,
menampilkan dataset dalam bentuk diagram dan pivot tabel.
Jenis/Klasifikasi Sertifikat
Sertifikat Penyelesaian
Jadwal Pelatihan
11-03-2024 s.d 15-03-2024(Pagi)
18-03-2024 s.d 22-03-2024(Pagi)
25-03-2024 s.d 29-03-2024(Pagi)
04-03-2024 s.d 08-03-2024(Sore)
11-03-2024 s.d 15-03-2024(Sore)
18-03-2024 s.d 22-03-2024(Sore)
25-03-2024 s.d 29-03-2024(Sore)
Profil Pengajar
Romadani
Kontak Lembaga Pelatihan
Info Lainnya
Materi Pelatihan
Materi
Rating & Ulasan
5.0
/5
(2 Rating)
0
0
0
0
0
Rp1.500.000