Mengoperasikan Microsoft Office (Microsoft Word, Excel dan PowerPoint) untuk Pegawai Kantor Umum
Webinar
Mengoperasikan Microsoft Office (Microsoft Word, Excel dan PowerPoint) untuk Pegawai Kantor Umum
Oleh: Albar College
Pelatihan di Albar College
Highlight
Info Penting Kursus di Mitra Pelatihan
- Kursus ini akan sepenuhnya Anda kerjakan di platform Mitra Pelatihan
- Kami akan memberimu Kode Kursus untuk Anda tukarkan di platform Mitra Pelatihan
- Sertifikat dari kursus ini juga hanya akan Anda terima di platform Mitra Pelatihan
Detail Pelatihan
Deskripsi Pelatihan
Program ini membantu peserta yang tertarik untuk menjadi seorang
pegawai kantor umum maupun Tenaga Tata Usaha di suatu perusahaan,
perkantoran, atau organisasi lainnya. Di kelas ini peserta akan
mempelajari Aplikasi Microsoft Office. Sebagai seorang pegawai kantor
sangat disarankan untuk menguasai penggunaan Microsoft Office,
terutama Microsoft Word, Microsoft Excel, dan Microsoft PowerPoint.
Tujuan Umum Pelatihan
Peserta pelatihan mampu menunjukkan minimal 60 persen terampil dalam mengolah data dan informasi yang diberikan menggunakan Microsoft Office pada saat Unjuk Keterampilan.
Tujuan Khusus Pelatihan
- Peserta mampu mengintegrasikan penggunaan peralatan peripheral
- Peserta memahami setiap bagian - bagian File Explorer sesuai dengan fungsinya
- Peserta mampu mengidentifikasi lebih dalam, bagian jendela dan fungsi Microsoft Word.
- Peserta memahami fungsi dan keuntungan penggunaan perangkat lunak presentasi (Microsoft Powerpoint)
- Peserta mampu menggunakan setiap fitur – fitur dari aplikasi Microsoft Word
- Peserta mampu mengoperasikan aplikasi perangkat lunak pengolah kata (Microsoft Word)
- Peserta mampu membuat dokumen pada aplikasi Microsoft Word
- Peserta mampu menyisipkan objek ke dalam lembaran aplikasi Microsoft Word
- Peserta mampu mengidentifikasi lebih dalam integrasi antar aplikasi office (pengolah kata dan angka)
- Peserta mampu menentukan fitur umum yang sering digunakan pada perangkat lunak dengan tepat
- Peserta mampu membuat slide yang sesuai dengan pesan yang akan disampaikan dengan penuh responsive (berpikir kritis) dan kreatif
- Peserta tanggap terhadap tugas-tugas yang mendukung pekerjaan
- Peserta rapi dalam menyiapkan dokumen pada lembar kerja Microsoft Word, Microsoft Excel dan PowerPoint.
Aspek Kompetensi: Pengetahuan (Knowledge)
- Mampu menguraikan penggunaan sistem operasi Windows
- Menganalisis tampilan dan bagian-bagian jendela perangkat lunak pengolah kata Ms Word 2019 beserta fungsi-fungsinya
- Menggunakan perangkat lunak pengolah kata Ms Word 2019 untuk mengolah dan menghasilkan informasi.
- Mengidentifikasi antarmuka, menu dan icon aplikasi pengolah angka
- Menggunakan sintak formula dan fungsi
- Menggunakan fitur umum yang sering digunakan pada perangkat lunak presentasi
Aspek Kompetensi: Keterampilan (Skill)
- Mampu menunjukkan atau mendemonstrasikan penggunaan alat - alat peripheral sesuai dengan fungsi -fungsinya
- Mampu mengikuti penggunaan dari sistem operasi Windows
- Mampu menyesuaikan penggunaan Microsoft Word 2019 dengan Microsoft Word 2010 untuk mengolah data dan menghasilkan informasi
- Membuat lembar kerja sederhana pada perangkat lunak pengolah kata
- Membuat sheet yang berisi judul, table dan data yang sudah ditentukan
- Menunjukkan penguasaaan penggunaan fungsi (Statistik, Lookup/reference, text, logical) untuk tujuan yang sudah ditentukan
- Membuat slide presentasi yang dilengkapi dengan transisi dan animasi
Aspek Kompetensi: Sikap (Attitude)
- Tepat dalam mengintegrasikan penggunaan peralatan peripheral untuk mendukung pekerjaaan
- Tanggap terhadap tugas-tugas yang mendukung pekerjaan
- Dapat segera mengambil tindakan yang efektif untuk merespon suatu permasalahan
- Rapi dalam menyiapkan dokumen pada lembar kerja Microsoft Word Microsoft Excel dan PowerPoint
- Berpikir Kritis dalam membandingkan berbagai tipe data untuk mengolah angka
- Menunjukan sikap kritis dalam melakukan unjuk kerja entri data label, value dan formula
- Menunjukan sikap Kreatif dalam mengkombinasikan fitur yang tepat untuk pembuatan slide presentasi sesuai dengan pesan yang akan disampaikan
Kelompok Sasaran
Usia minimum 18 tahun
Usia maksimum 50 tahun
Syarat Peserta :
1. Peserta memiliki usia minimal 18 tahun ke atas
2. Syarat pendidikan minimal peserta mengikuti webinar adalah minimal SMA/SMK sederajat
3. Memiliki pengetahuan dasar tentang pengoperasian computer, Sehat jasmani dan rohani, Memiliki Perangkat Komputer/ Laptop dengan aplikasi Microsoft Office
Durasi Per Sesi
1/ 10.00 - 13.00 WIB
Topik 1. Menggunakan Peralatan Peripheral, Menggunakan Sistem Operasi dan Menggunakan Perangkat Lunak Pengolah Kata Tingkat Dasar : 180 menit
2 / 10.00 - 13.00 WIB
Topik 2. Menggunakan Perangkat Lunak Pengolah Kata Tingkat Lanjut dan Menggunakan Perangkat Lunak Spreadsheet Tingkat Dasar : 180 menit3 / 10.00 - 13.00 WIB
Topik 3. Menggunakan Perangkat Lembar Kerja Tingkat Lanjut : 180 menit4/ 10.00 - 13.00 WIB
Topik 4. Menggunakan Perangkat Lunak Presentasi Tingkat Dasar : 180 menit
5/ 09.00 - 12.00 WIB
Topik 5. Menggunakan Perangkat Lunak Presentasi Tingkat Lanjut dan Mengirim Berkas Menggunakan E-Mail : 180 menit
Total Durasi
900 menit
Kapasitas Peserta
150 Peserta
Metode Pembelajaran
Daring
Metode Evaluasi
1. Pre Test
2. Quiz
3. Post Test
Unjuk Keterampilan
Sesi unjuk keterampilan kali ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan peserta dalam menerapkan pengetahuannya dengan mengerjakan tugas membuat file presentasi. Alat yang digunakan untuk melakukan penilain adalah lembar pengamatan (Rubrik Penilaian).
Jenis/Klasifikasi Sertifikat
Sertifikat Penyelesaian
Jadwal Pelatihan
13-02-2023 s.d. 17-02-2023, 20-02-2023 s.d. 24-02-2023
27-02-2023 s.d. 03-03-2023, 06-03-2023 s.d. 10-03-2023
13-03-2023 s.d. 17-03-2023, 20-03-2023 s.d. 24-03-2023
27-03-2023 s.d. 31-03-2023, 03-04-2023 s.d. 08-04-2023
10-04-2023 s.d. 14-04-2023, 17-04-2023 s.d. 21-04-2023
01-05-2023 s.d. 05-05-2023, 08-05-2023 s.d. 12-05-2023
15-05-2023 s.d. 19-05-2023, 22-05-2023 s.d. 26-05-2023
Profil Pengajar
- Adi Setiawan
Lulusan S1 Manajemen Pendidikan, Memiliki pengalaman dan terbiasa dalam menggunakan
program apliksi Microsoft Office dan aplikasi desain seperti Adobe Illustrator, CorelDRAW,
Adobe Photoshop.
Saat ini bekerja sebagai instruktur yang telah mengajar lebih dari 7 tahun di salah satu
lembaga pendidikan swata di Lampung. Selalu menggunakan hati dan empati untuk mengajar,
mendengar keluh-kesah dari murid untuk menciptakan suasana belajar yang efektif dan
sesuai dengan setiap kebutuhan dan kemampuan anak-anak.
- Anton Sutrisno
Pengalaman kerja :
Staff Data Entri, STAI Al Ma’arif Way kanan | 2016 s.d 2021
Data Entri yang bertugas mengumpulkan dan menyiapkan data-data yang akan dimasukkan ke dalam komputer. membuat data cadangan dan menerima dan memroses semua pembayaran
Tenaga Administrasi (Operator Sekolah), Sekolah Dasar Negeri 05 Bukit kemuning | 2012 s.d 2020
Operator sekolah yang bertugas menginput sejumlah informasi berupa data sekolah serta mengirimnya secara online ke server pusat ataupun Kemendikbud dan Mengelola Inventaris Sarana dan Prasarana
Tenaga Administrasi (Operator Sekolah), Sekolah Dasar Negeri 06 Bukit Kemuning | 2017 s.d 2019 Operator sekolah yang bertugas menginput sejumlah informasi berupa data sekolah serta mengirimnya secara online ke server pusat ataupun Kemendikbud dan Mengelola Inventaris Sarana dan Prasarana
- Ibnu Anwardani
Lahir di Way Kanan – Lampung, 16 Desember 1992. Menyelesaikan pendidikan Sarjana Strata 1 Jurusan Pendidikan Matematika di Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung Tahun 2015. Berpengalaman tidak kurang selama 7 tahun dalam menggeluti dunia desain grafis, web desain, penggiat sosial media, dan YouTube konten kreator. Terampil dalam mengoperasikan berbagai platform aplikasi yang berkaitan dengan seni dan produksi konten kreatif, memiliki kemampuan komunikasi lisan dan verbal yang baik, dan mampu mengajar dengan penyampaian yang efektif dan aplikatif. Selain itu berpengalaman sejak 2017 sebagai Instruktur Desain Grafis di Lembaga Pendidikan LPK Albar College. Menguasai beragam software seperti CorelDRAW, Adobe Photoshop, Wordpress CMS, dan Adobe Premiere Pro untuk kebutuhan produksi konten kreatif dan sosial media. Salah satu penghargaan Nasional yang pernah diraih adalah menjadi Juara 1 dalam ajang kompetisi Danone Vloggers Academy 2019.
Panduan Redeem Voucher
1. Di website Pijar Mahir (https://pijarmahir.id/), klik menu profil (nama anda) pada pojok kanan atas kemudian klik menu Voucher Saya dan klik Salin Kode (atau catat kode voucher secara manual)
2. Registrasi terlebih dahulu ke ke prakerja.karier.mu
3. Klik "tukarkan kode voucher" atau masuk ke https://www.prakerja.karier.mu/tukar-voucher
4. Masukkan kode voucher pada kolom yang tersedia
5. Klik “Tukar Kode Voucher"
6. Klik “Mulai Belajar” dan program yang dibeli dapat dilihat juga pada menu “Programmu”
Kontak Lembaga Pelatihan
WhatApps :
1. 085839337600
2. 085874049042
Email : cs.albarcollege@gmail.com
Website: https://albarcollege.com
Info Lainnya
Materi Pelatihan
Materi
Pilihan Event
Kursus ini belum memiliki Event
Rating & Ulasan
5.0
/5
(2 Rating)
0
0
0
0
0
Rp1.500.000