Download di playstore

Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Mengoptimalkan Area Layanan Restoran untuk Pramusaji

Webinar

Mengoptimalkan Area Layanan Restoran untuk Pramusaji

Oleh: Cakap -

Pelatihan di Cakap -

0

5.0(2)
2 Peserta
Usia 18 - 64 Tahun
MinimalSMA/SMAK sederajat

Highlight

Info Penting Kursus di Mitra Pelatihan

  • Kursus ini akan sepenuhnya Anda kerjakan di platform Mitra Pelatihan
  • Kami akan memberimu Kode Kursus untuk Anda tukarkan di platform Mitra Pelatihan
  • Sertifikat dari kursus ini juga hanya akan Anda terima di platform Mitra Pelatihan

Detail Pelatihan

Deskripsi Pelatihan
Pada pelatihan ini, peserta akan belajar mengelola area layanan restoran untuk Pramusaji. Tujuan dari pelatihan ini adalah peserta mampu mengaplikasikan prinsip, prosedur, dan sikap profesional dalam mengelola area layanan restoran sesuai dengan kompetensi seorang pramusaji berdasarkan standar pengelolaan layanan yang baik dengan menunjukkan minimal 60 persen penguasaan materi saat uji praktik. Kompetensi yang akan dilatih selama pembelajaran sesuai dengan SKKNI Nomor 145 Tahun 2018 Hotel dan Restoran, di antaranya Membersihkan Lokasi/Area dan Peralatan, Menyediakan Layanan Makanan dan Minuman, Mengorganisir dan Menyiapkan Makanan, Mengelola Operasional Layanan Makanan, Mengangkut dan Menyimpan Makanan dengan Cara yang Aman, Mengikuti Prosedur Kesehatan, Keselamatan dan Keamanan di Tempat Kerja, dan Mengikuti Prosedur Kebersihan di Tempat Kerja. Selama pembelajaran, peserta akan mengaplikasikan prinsip dalam mengelola area layanan restoran, mengaplikasikan prosedur dalam mengelola area layanan restoran, mengaplikasikan sikap profesional mengelola layanan restoran, dan menerapkan kompetensi seorang pramusaji berdasarkan standar pengelolaan area layanan restoran yang baik.

Tujuan Umum
Peserta (A) mampu mengaplikasikan prinsip, prosedur, dan sikap profesional dalam mengelola area layanan restoran (B) sesuai dengan kompetensi seorang pramusaji berdasarkan standar pengelolaan layanan yang baik (C) dengan menunjukkan minimal 60 persen penguasaan materi saat uji praktik. (D)

Tujuan Khusus Pelatihan
Setelah mengikuti pelatihan, peserta mampu:
Peserta mampu memahami sikap profesionalisme seorang pramusaji
Peserta mampu mengaplikasikan prinsip dalam mengelola area layanan restoran
Peserta mampu mengaplikasikan prosedur dalam mengelola area layanan restoran.
Peserta mampu mengaplikasikan sikap profesional mengelola layanan restoran.
Peserta mampu menerapkan kompetensi seorang pramusaji berdasarkan standar pengelolaan area layanan restoran yang baik.

Aspek Kompetensi: Pengetahuan (Knowledge)
Konsep dasar pramusaji
Tugas dan tanggung jawab pramusaji 
Kriteria seorang pramusaji
Area restoran dan fasilitas pelanggan dengan pengaturan yang sesuai dengan prosedur yang ada
Alat  pembayaran yang digunakan oleh tamu restoran
Jenis layanan restoran
Prosedur penyiapan meja dan kursi 
Penyiapan peralatan hidangan untuk tamu restoran
Konsep dalam mempersiapkan dan membersihkan minuman serta makanan
Peralatan yang dibutuhkan berdasarkan pesanan tamu
Cara penyajian minuman dan makanan untuk tamu restoran
Evaluasi kepuasan tamu yang telah datang ke restoran 
Prosedur dalam membersihkan makanan dan minuman di restoran 
Proses pembayaran pesanan tamu sesuai dengan prosedur yang berlaku
K3 pada area layanan makanan
Area yang perlu dibersihkan pada restoran
Penyimpanan makanan pada suhu yang ditentukan
Peralatan yang perlu dibersihkan
Area yang perlu diperhatikan sebelum menutup restoran
Prosedur dalam menutup restoran

Aspek Kompetensi: Keterampilan (Skill)
Menunjukkan ketentuan penampilan dari seorang pramusaji
Mendeskripsikan jenis-jenis pelayan restoran
Menata display makanan dan minuman sesuai arahan tim
Menunjukkan cara dalam menyajikan pesanan tamu
memilih bahan makanan yang harus disimpan dan dibuang 
Melakukan debriefing untuk menutup area restoran
Melakukan handover task untuk keperluan menutup area restoran

Aspek Kompetensi: Sikap (Attitude)
Tepat
Baik & Komunikatif 
Rapi
Hati-hati
Ramah
Sopan
Teliti
Kooperatif

Kelompok Sasaran
Minimal usia 18 tahun dan maksimal 64 tahun 
Min pendidikan SMA

Syarat dan Ketentuan lainnya
Peserta dengan minimal pendidikan SMA/SMK/Sederajat
Peserta yang memiliki ketertarikan untuk menjadi pramusaji 
Peserta yang memiliki peralatan makan sederhana termasuk napkin 
Peserta yang memiliki akses internet dan HP/Laptop

Total Durasi
900 Menit

Durasi per Sesi Pelatihan
Sesi 1. Pengenalan Ruang Lingkup Pramusaji Restoran : 180 menit
Sesi 2. Mempersiapkan Area Restoran : 180 menit
Sesi 3. Mempersiapkan dan Membersihkan Minuman dan Makanan : 180 menit
Sesi 4. Membersihkan Area Layanan Makanan dan Menutup Area Restoran (1) : 180 menit
Sesi 5. Menutup Area Restoran (2) : 180 menit

Kapasitas Peserta
150 Peserta

Metode Pembelajaran
Daring

Metode Evaluasi
1. Pre Test
2. Quiz
3. Post Test
4. Unjuk Keterampilan

Unjuk Keterampilan
1. Buatlah video yang mendemonstrasikan bagaimana proses membersihkan meja (crumbing down) setelah pelanggan selesai menghabiskan hidangannya dan meninggalkan area makan, 
2. Perhatikan dan ikutilah prosedur berikut ini: Lipatlah Service cloth menyerupai bantal (pad), peganglah service cloth yang terlipat tersebut pada tangan kanan, peganglah dessert plate dengan tangan kiri, dan seterusnya.

Jenis/Klasifikasi Sertifikat
Sertifikat Penyelesaian

Profil Pengajar
Aska Bayu Laksita
Aska Bayu Laksita merupakan praktisi di bidang perhotelan sejak tahun 2007. Bertanggung jawab atas berbagai posisi di beberapa hotel membuat dia memahami sistem kerja dan SOP yang berlaku di bidang tersebut. Saat ini beliau menjadi salah satu instruktur di Royal Seasons Hotel Education sebagai pemateri
Artha Mahran Soeratin
Artha Soeratin adalah seorang profesional yang bermotivasi tinggi dan didorong oleh proses, memiliki rekam jejak yang terbukti dalam bidang konsultasi, sumber daya manusia, kewirausahaan, layanan pelanggan, dan penulis.. Sepanjang pengalaman sebagai co-owner, Artha telah mempelajari perhotelan dan manajemen, dan juga berperan sebagai pelatih untuk melatih karyawan baru tentang cara menyajikan kopi.
Redziki Ari Wardhana 
Redziki Ari Wardhana adalah seseorang yang berpengalaman dalam dunia profesional selama kurang lebih 12 tahun. Telah memiliki pengalaman bekerja di berbagai perusahaan di Indonesia, serta memiliki keahlian yang dibutuhkan oleh seorang profesional bidang pelayanan.

Tata Cara Redem Kode Voucher
Masuk ke website https://upskill.cakap.com/
Lakukan registrasi dengan mengisi data diri
Setelah berhasil, temukan tombol ‘tukar kode’ pada homepage https://upskill.cakap.com/
Masukkan kode belajar (kode: BLJ) dan klik ""Tukarkan / Redeem""
Setelah penukaran kode belajar berhasil, masuk ke Kursus Saya untuk menukar kode Prakerja di kursus yang kamu punya
Setelah memasukkan kode dengan benar, kamu akan diminta untuk melakukan verifikasi wajah
Kamu hanya dapat menukar kode redeem/kode prakerja 60 menit sebelum kelas dimulai hingga 60 menit pada saat kelas berlangsung
Untuk melihat cara menukar kode belajar & kode Prakerja dapat mengakses link berikut https://upskill.cakap.com/informasi
Atau
Download aplikasi pada link https://bit.ly/ApsCakap
Lakukan registrasi dengan mengisi data kamu
Pilih kategori Prakerja
Di beranda Cakap, pilih tab Upskill
Klik tukarkan kode belajar dan masukkan kode belajar (kode : BLJ) dan klik ""Tukarkan”
Setelah penukaran kode berhasil, masuk ke Kelas Saya dan tukarkan kode prakerja di kursus yang kamu punya.
Klik tukar kode dan masukkan “kode redeem” dari dasbor Prakerja
Kamu hanya dapat menukar kode redeem/kode prakerja 60 menit sebelum kelas dimulai hingga 60 menit pada saat kelas berlangsung
Untuk melihat cara menukar kode belajar & kode Prakerja dapat mengakses link berikut  
https://upskill.cakap.com/informasi

Kontak Lembaga Pelatihan
https://cakap.com/prakerja/
Hotline: +6281287160055
Jam Pelayanan: (08:00 – 22:00 WIB)


Info Lainnya

Benefit yang Didapat:

  • Link Webinar
  • Tes Evaluasi Pelatihan
  • Sertifikasi Penyelesaian

Materi Pelatihan

Rating & Ulasan

0

5.0

/5

(2 Rating)

profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
course thumbnail

Rp1.400.000

Benefit yang Didapat:

  • Link Webinar
  • Tes Evaluasi Pelatihan
  • Sertifikasi Penyelesaian
logo pijarmahir

Powered By

logo telkom

WhatsApp

0812 8899 9576

Email

info@pijarmahir.id

Ikuti Kami di

InstagramLinkedinFacebookTwitter

Download Sekarang

Play Store

Layanan Pengaduan Konsumen

Gedung Telkom Direktorat Business and Technology

Jl. Prof. DR. Soepomo No.139, RT.13/RW.2, Tebet Bar., Kec. Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12810

Kontak Pelanggaran Usaha

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan Republik Indonesia

Whatsapp: 0853 1111 1010

©2020-2024 Pijar Mahir. All Right Reserved