Webinar
Mengoptimalkan Potensi Bisnis bagi Spesialis Pengembangan Bisnis
Highlight
Info Penting Kursus di Pijar Mahir
- Anda bisa mengerjakan kursus ini langsung di platform Pijar Mahir
- Sertifikat bisa Anda akses di Profil pada menu Sertifikat Saya setelah menyelesaikan kursus
Detail Pelatihan
Deskripsi Pelatihan
Judul Pelatihan Mengoptimalkan Potensi Bisnis bagi Spesialis Pengembangan Bisnis
Pelatihan ini menggunakan moda Daring
Okupasi Pelatihan 2619 - Tenaga Profesional di Bidang Manajemen Bisnis
Rujukan Okupasi Critical Occupations List 2018
Gambaran Pelatihan
Program ini memberi pengetahuan dasar terkait profesi seorang Spesialis Pengembangan Bisnis. Program ini memberi gambaran untuk profesi serupa seperti Manajer Pengembangan Bisnis,Manajer Strategi Bisnis, hingga Pengembang Pasar
Kompetensi yang Dilatih
Pada pelatihan ini, peserta diberi bekal terkait konsep dasar, tugas dan tanggung jawab sebagai seorang Spesialis Pengembangan Bisnis. Ini agar peserta mampu melakukan pekerjaan sebagai seorang Spesialis Pengembangan Bisnis. Peserta akan memperoleh pengetahuan terkait Perbedaan Bisnis B2B dan B2C, Analisis Risiko Bisnis, Strategi Pemasaran Internasional, Strategi mengoptimalkan relasi pelanggan dan jejaring bisnis, hingga Pengukuran Kinerja Pengembangan Bisnis.
Urutan Pembelajaran:
Sesi 1: Pengenalan Ruang lingkup Profesi Business Development : 180 menit
Sesi 2: Analisis Lingkungan Bisnis : 180 menit
Sesi 3: Strategi Pemasaran : 180 menit
Sesi 4: Membangun Relasi Pelanggan dan Jejaring Bisnis : 180 menit
Sesi 5: Evaluasi Pengembangan Bisnis : 180 menit
Tujuan Umum Pelatihan
Peserta pelatihan (A) mampu mengimplementasikan strategi pemasaran inovatif untuk meningkatkan kinerja bisnis (B) dan mencapai nilai 60% pada saat penguasaan materi (D) dan unjuk keterampilan (C)
Tujuan Khusus Pelatihan
Di akhir pelatihan, peserta akan mampu untuk:
Mengaplikasikan keterampilan dan kompetensi yang diperlukan dalam profesi Business Development
Melaksanakan analisis bisnis untuk mengidentifikasi peluang dan resiko yang mempengaruhi pengembangan bisnis
Mendemonstrasikan penyusunan strategi pemasaran yang sesuai dengan analisis lingkungan bisnis
Menyusun rencana dalam membangun hubungan bisnis
Membuat evaluasi hasil dari strategi pengembangan bisnis
Aspek Kompetensi: Pengetahuan (Knowledge)
Konsep Dasar Business Development
Manfaat Pengembangan Bisnis
Perbedaan Bisnis B2B dan B2C
Tantangan dalam Pengembangan Bisnis
Tugas dan Tanggung Jawab, dan Skill Business Development dalam Sebuah Perusahaan
Analisis Lingkungan Internal & Analisis Kompetitor (strategi bisnis kompetitor, dll)
Analisa Tren Pasar dan Risiko Bisnis
Strategi Pemasaran: Produk, Harga, Promosi
Strategi Pemasaran Internasional dan Digital
Strategi relasi pelanggan dan jejaring bisnis
Manfaat optimalisasi relasi pelanggan dan jejaring bisnis
Ukuran Kinerja Pengembangan Bisnis
Analisis Dampak lingkungan dan sosial pengembangan bisnis
Aspek Kompetensi: Keterampilan (Skill)
Mengikuti peran dan tanggung jawab seorang business development perusahaan
Meniru skill seorang Business Development
Membuat strategi pengelolaan risiko bisnis yang efektif
Mempraktekan strategi pemasaran digital
Mengembangkan strategi pemasaran yang sesuai dengan konteks pasar internasional
Mempraktekkan teknik dalam membangun dan mengelola jejaring bisnis
Mengatasi kendala yang mungkin terjadi saat membangun hubungan dengan pelanggan dan jejaring bisnis
Melakukan pengukuran kinerja pengembangan bisnis
Mengembangkan rencana perbaikan dan pemantauan berkelanjutan berdasarkan hasil evaluasi
Aspek Kompetensi: Sikap (Attitude)
Tepat dalam membedakan Bisnis B2B dan B2
Proaktif dalam menghadapi tantangan yang mungkin muncul dalam pengembangan bisnis
Cekatan dalam memilih penilaian etis strategi bisnis kompetitor
Cermat dalam mengatur perubahan tren pasar dalam identifikasi peluang bisnis yang muncul
Cakap dalam mengusulkan penetapan strategi harga yang tepat
Cerdik dalam memilih kreativitas strategi promosi yang menarik
Teliti dalam merencanakan strategi dalam mengoptimalkan relasi pelanggan dan jejaring bisnis
Cermat dalam menunjukkan empati dan memahami kebutuhan pelanggan secara mendalam
Cakap dalam menganalisis dampak lingkungan dan sosial dalam pengembangan bisnis
Cerdik dalam mengaitkan hasil evaluasi dengan dampak lingkungan dan sosial pengembangan bisnis
Kelompok Sasaran
Minimal usia 18 tahun dan maksimal 60 tahun
Min pendidikan SMA/SMK sederajat
Syarat dan pendidikan lainnya
1. Peserta dengan minimal pendidikan SMA/SMK sederajat
2. Peserta tertarik dengan pengelolaan toko ritel
3. Peserta memiliki latar belakang sebagai shopkeeper
4. Peserta memiliki laptop/smartphone dengan koneksi internet yang memadai
5. Peserta memiliki akun Zoom/Google Meet untuk mengikuti pelatihan
Total Durasi
900 Menit
Kapasitas Peserta
150 Peserta
Metode Pembelajaran
Daring
Metode Evaluasi
1. Pre Test
2. Quiz
3. Post Test
4. Unjuk Keterampilan
Unjuk Keterampilan
Peserta diminta untuk mengidentifikasi elemen penting dari kasus tentang tantangan pemasaran aplikasi e-commerce di atas. Buatlah rencana strategi pemasaran yang komprehensif
Jenis/Klasifikasi Sertifikat
Sertifikat Penyelesaian
Profil Pengajar
1. Crisda Yana, merupakan seorang Bisdev B2B yang berpengalaman lebih dari 4 tahun. Saat ini Crisda Yana bekerja sebagai Business Development Coach di The GreaterHub sejak tahun 2023.
2. Hasrul Hasra, sebagai COO & Co-Founder di PT Mall Sampah Indonesia sejak Nov 2016, memimpin perusahaan dalam misi untuk mengurangi limbah dan mendorong kesadaran lingkungan
3. Sandy Wahyudi Tanudjaja merupakan seorang Chief Executife Officer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun. Saat ini Sandy Wahyudi bekerja sebagai Founder Komunitas Bisnis Connectpedia sejak tahun 2017.
Kontak Lembaga Pelatihan
PIC : Chaterine
Contact Support : +62 816 1777 8602
Email : customerservice@lpkcerdas.com
Info Lainnya
Materi Pelatihan
Materi
Rating & Ulasan
5.0
/5
(2 Rating)
0
0
0
0
0
Rp1.350.000