Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Mengoptimalkan Strategi Penjualan untuk Spesialis Pemasaran

Pembelajaran Mandiri

Mengoptimalkan Strategi Penjualan untuk Spesialis Pemasaran

Oleh: Yayasan Pendidikan Fitri Al-Baasitu

Pelatihan di Yayasan Pendidikan Fitri Al-Baasitu

0

5.0(2)
2 Peserta

Highlight

Info Penting Kursus di Mitra Pelatihan

  • Kursus ini akan sepenuhnya kamu kerjakan di platform Mitra Pelatihan
  • Kami akan memberimu Kode Kursus untuk kamu tukarkan di platform Mitra Pelatihan
  • Sertifikat dari kursus ini juga hanya akan kamu terima di platform Mitra Pelatihan

Detail

Deskripsi Pelatihan

Saat ini Indonesia memasuki era digital yang mengharuskan pebisnis untuk memahami perkembangan dan penerapan teknologi baru. Perkembangan teknologi memicu tren baru dalam dunia pemasaran khususnya digital marketing. Salah satu profesi yang menjanjikan di bidang marketing adalah spesialis pemasaran (merujuk pada KBJI: 2431.03). Spesialis pemasaran merupakan seseorang yang meneliti dan menganalisa kondisi pasar dan mengumpulkan informasi untuk menentukan potensi penjualan dari produk atau layanan, atau membuat kampanye pemasaran. Tidak hanya itu, spesialis pemasaran merupakan salah satu profesi yang cukup popular dan paling diminati. Berdasarkan proyeksi kebutuhan tenaga kerja menurut sektor dan jabatan tahun 2019-2024, jenis jabatan profesional periklanan dan pemasaran mengalami peningkatan kebutuhan pekerja terbesar di sektor informasi dan komunikasi Indonesia tahun 2018-2024, yaitu pada tahun 2018 sejumlah 7.957, tahun 2024 sejumlah 18.627, dan pertambahan 2018-2024 (orang/tahun) adalah 1.778. (KEMNAKER 2019, Hal.93). Selain itu, berdasarkan Pandangan Lapangan Pekerjaan Indonesia, bidang professional periklanan dan pemasaran menduduki peringkat pertama pekerjaan dengan prospek jangka pendek yang lebih baik. Kompetensi yang akan dipelajari dalam program pelatihan ini meliputi, mengidentifikasi keinginan konsumen, penggunaan media sosial, memantau pencapaian pemasaran, dan memantau pencapaian target penjualan. Pelatihan ini menggunakan metode self paced learning. Melalui program pelatihan ini peserta akan lebih mudah dalam mempelajari teknik pemasaran produk maupun jasa baik perusahaan sendiri maupun perusahaan tempat mereka bekerja. Teknik periklanan dan pemasaran ini semakin berkembang dalam dunia digital, sehingga dapat dilakukan secara online untuk mempermudah dalam mengimbangi perkembangan teknologi, menjangkau pasar secara online, mudah menemukan konsumen sesuai dengan target yang direncanakan, menempatkan posisi strategis dalam persaingan bisnis, meningkatkan profit bisnis yang dijalankan, memudahkan dalam melakukan evaluasi dan membuat bisnis terlihat lebih professional.


Tujuan Umum Pelatihan

1. Peserta mampu mengidentifikasi keinginan konsumen sesuai kebutuhan pasar minimal sebanyak 1 kali dalam simulasi.

2. Peserta mampu mendukung pertumbuhan bisnis dan pengembangan melalui penyusunan dan pelaksanaan tujuan, kebijakan dan program pemasaran sesuai dengan prosedur penjualan minimal sebanyak 1 kali dalam simulasi.

3. Peserta mampu memberi saran tentang semua elemen pemasaran sesuai kebutuhan konsumen minimal sebanyak 1 kali dalam simulasi.


Tujuan Khusus Pelatihan

1. Menyiapkan hal-hal yang dibutuhkan untuk menggunakan media sosial

2. Menggunakan media sosial untuk meningkatkan keterlibatan pelanggan ritel

3. Mempromosikan produk dan pelayanan ritel di media sosial

4. Meninjau penggunaan media sosial

5. Menerapkan kebijakan dan prosedur penjualan

6. Menerapkan perbaikan implentasi prosedur dan kebijakan

7. Memantau pencapaian target penjualan

8. Melakukan riset pasar dan tren pemasaran digital

9. Meninjau aktivitas pemasaran digital

10. Melakukan aktivitas pemasaran digital


Aspek Kompetensi: Pengetahuan (Knowledge)

1. Memahami cara mengidentifikasi keinginan konsumen

2. Memahami cara mendukung pertumbuhan bisnis dan pengembangan melalui penyusunan dan pelaksanaan tujuan, kebijakan dan program pemasaran

3. Memahami cara memberi saran tentang semua elemen pemasaran seperti campuran produk, harga, periklanan, dan promosi penjualan, dan saluran distribusi


Aspek Kompetensi: Keterampilan (Skill)

1. Mendukung pertumbuhan bisnis dan pengembangan melalui penyusunan dan pelaksanaan tujuan, kebijakan dan program pemasaran 

2. Memberi saran tentang semua elemen pemasaran seperti campuran produk, harga, periklanan, dan promosi penjualan, dan saluran distribusi


Aspek Kompetensi:  Sikap (Attitude)

1. Konsisten dalam memberi saran tentang semua elemen pemasaran seperti campuran produk, harga, periklanan, dan promosi penjualan, dan saluran distribusi


Kelompok Sasaran

1).Pendidikan minimal SMA;

2) Memiliki koneksi internet yang stabil;

3) Memiliki ponsel android / smartphone;

4) Memiliki perangkat komputer atau laptop dengan aplikasi web browser yang terinstal;

5) Program pelatihan ini diperuntukkan oleh peserta baik yang belum memiliki pengetahuan tentang pemasaran online maupun yang sudah memiliki kemampuan di bidang pemasaran online.


Durasi Per Sesi

Kompetensi 1. Mengidentifikasi keinginan konsumen (37,12 menit)

Kompetensi 2. Penggunaan media sosial (144,39 menit)

Kompetensi 3. Memantau pencapaian pemasaran (107,48 menit)

Kompetensi 4. Memantau pencapaian target penjualan (100,48 menit)


Total Durasi

390,27 menit


Kapasitas Peserta

Unlimited


Jadwal Mingguan Konsultasi dengan Pelatih

Hari : Sabtu

Pukul 09:00 – 10.00 WIB


Level Pelatihan

Basic / Tingkat Dasar


Profil Pengajar

Fitri Wahyuningsih

Fitri Wahyuningsih adalah seorang instruktur digital marketing di Yayasan Pendidikan Fitri Al Baasitu. Beliau telah memiliki banyak wawasan tentang digital marketing. Awalnya beliau melihat banyaknya orang yang menggunakan gadget untuk segala keperluannya hingga kini semua dapat diperoleh dengan mudah melalui media sosial. Selain itu beliau menularkan ilmunya melalui pelatihan digital marketing guna memaksimalkan penggunaan smartphone yang bisa digunakan untuk memberikan income tambahan bagi masyarakat terutama pelaku usaha UMKM dan masyarakat umum.


Panduan Redeem Voucher

1. Di website Pijar Mahir (https://pijarmahir.id/), klik menu profil (nama anda) pada pojok kanan atas kemudian klik menu Voucher Saya dan klik Salin Kode (atau catat kode voucher secara manual)

2. Kunjungi LMS YP FITRI AL BAASITU https://fitrialbaasitu.com/

3. Klik tombol “Redeem Voucher”.

4. Lengkapi data diri Anda, masukkan :

• Kode Kupon -> Isi dengan kode kupon atau voucher

• Nomor PraKerja -> Isi dengan 16 digit angka dan pastikan nomor prakerja Anda belum terdaftar di LMS YP FITRI AL-BAASITU (Untuk nomor prakerja bisa diisi dengan 16 digit angka bebas)

• Nama Lengkap -> Sesuaikan dengan nama lengkap Anda pada akun Prakerja

• Nomor Whatsapp -> Isi dengan nomor Whatsapp Anda

• Email -> Pastikan alamat email Anda belum pernah terdaftar di LMS YP FITRI AL-BAASITU, jika sudah pernah terdaftar mohon untuk mengisi dengan alamat email yang lain

• Password -> Buatlah kata sandi yang mudah diingat

• Konfirmasi Password -> Isi dengan kata sandi yang sama

5. Klik tombol “Daftar”

6. Jika berhasil melakukan pendaftaran, secara otomatis peserta akan menerima email pemberitahuan bahwa Anda telah berhasil redeem dan membuat akun di LMS YP Fitri Al-Baasitu.

7. Setelah berhasil melakukan pendaftaran, peserta bisa langsung masuk ke dashboard pelatihannya, lalu klik tombol “Pilih” pada program pelatihan, dan Anda bisa langsung mengikuti kelas pelatihan.


Kontak Lembaga Pelatihan
0351-2816658


Materi Pelatihan

0 Materi

Rating & Ulasan

0

5.0

/5

(2 Rating)

profile picture


0





profile picture


0





profile picture


0





profile picture


0





profile picture


0





course thumbnail

Rp550.000

Benefit yang Didapat:

  • Video Pelatihan
  • Dokumen Pelatihan
  • Tes Evaluasi Pelatihan
  • Sertifikasi Penyelesaian

©2020-2022 Pijar Mahir. All Right Reserved