Pembelajaran Mandiri & Webinar
Menguasai Bahasa Inggris Untuk Berkomunikasi Sebagai Pramusaji
Highlight
Info Penting Kursus di Mitra Pelatihan
- Kursus ini akan sepenuhnya Anda kerjakan di platform Mitra Pelatihan
- Kami akan memberimu Kode Kursus untuk Anda tukarkan di platform Mitra Pelatihan
- Sertifikat dari kursus ini juga hanya akan Anda terima di platform Mitra Pelatihan
Detail Pelatihan
Deskripsi Pelatihan
Pelatihan bahasa Inggris dengan tujuan khusus,
yakni pramusaji guna memberikan kemampuan
pendukung, dalam hal ini komuniaksi berbahasa
asing, bagi seorang pramusaji dalam
menjalankan tugasnya di dunia industri restoran
dan/atau hospitality dengan cakupan yang lebih
luas serta untuk pengembangan karir
Tujuan Umum Pelatihan
Setelah selesai mengikuti pelatihan ini, peserta
dapat melakukan komunikasi menggunakan
bahasa Inggris saat menangani tamu asing di
restoran dan/atau untuk berkerja di industri
terkait di luar negeri.
Tujuan Khusus Pelatihan
1. Mampu menyapa dan memperkenalkan diri sebagai pramusaji di restoran
2. Mampu menawarkan bantuan
3. Mampu melakukan Taking Order
4. Mampu melakukan Recommending & Upselling
5. Mampu melakukan percakapan kecil saat clear up
6. Mampu menangani keluhan
7. Mampu menangani pesan dan/atau keluhan via telepon
8. Mampu mengucapkan terima kasih dan
memberikan kesan terkahir kepada
tamu.
Aspek Kompetensi: Pengetahuan (Knowledge)
1. Greeting and Introduction, mempelajari macam-macam sapaan (formal/non) dalam bahasa Inggris serta ungkapan memperkenalkan diri yang digunakan oleh seorang pramusaji di restoran; 00:25-2:48
2. Offering Help and Service, mempelajari variasi ungkapan menawarkan bantuan yang dapat digunakan kepada tamu di restoran serta ungkapan khusus untuk tamu yang memiliki kebutuhan khusus; 00:20-2:05; 3:42-4:00
3. Taking Order, langkah dan ungkapan yang digunaakan saat proses penanganan pesanan makanan/minuman tamu mulai dari memberikan menu, menanyakan sudah siap untuk pesan/belum, menanyakan pesanan, mengulangi pesanan, dan meminta untuk menunggu; 00:15-1:38
4. Recommending & Upselling, mempelajari degree of comparison dan ungkapan recommending untuk merekomendasikan makanan; 00:19- 1:06; 3:31-4:05
5. Small Talks while Clear Up, mempelajari obrolan/percakapn kecil yang dapat dilakukan/ditanyakan oleh pramusaji saat proses clearing up table; 0:16-0:41; 1:47-2:59;
6. Handling complaint, mempelajari ungkapan permintaan maaf serta langkah dan ungkapan saat menerima keluhan dari tamu terkait makanan dan minuman; 0:21-2:23
7. Handling Telephone, mempelajari ungkapan yang digunakan saat taking phone call seperti company greeting, asking to wait, asking the caller’s name, taking order via telephone serta ending phone call; 00:18-00:43
8. Thanking the Guest, mempelajari ungkapan terima kasih serta memberikan ksan yang baik pada tamu. 00:15-1:07; 2:05-2:56; 3:46-4:07; 4:44- 4:53
Aspek Kompetensi: Keterampilan (Skill)
1. Greeting and Introduction, menyapa tamu dengan ramah; 2:49-3:59; 4:01- 4:19; 4:24-5:00
2. Offering help and Service, menawarkan dan memberikan bantuan setelah mengidentifikasi tamu; 2:06-5:45; 5:68- 7:58; 7:59-8:41;
3. Taking Order, meminta izin, menjelaskan produk/menu, mencatat pesanan serta mengulangi pesanan; 1:39-3:54; 4:30- 5:04; 5:56-7:25; 7:35-9:27
4. Recommending & Upselling, mengidentifikasi menu, merekomendasikan makanan/minuman; 1:45-3:30; 4:06-5:11
5. Small Talks while Clear Up, bertanya pada tamu mengenai makanan dan pertanyaan kecil lain jika memungkinkan; 00:58-1:46; 2:59-3:09
6. Handling Complaint, mendengarkan keluhan, menunjukkan empati, meminta maaf, melapor (jika perlu), dan memberikan alternatif solusi untuk keluhan tersebut; 2:47-5:58; 6:21-8:20; 3:25-4:53
7. Handling Telephone, menyapa via telepon, mengidentifikasi tamu via telepon, menawarkan menu dan mencatat makanan, serta memberikan kesan baik via telepon; 1:42-6:45
8. Thanking the Guest, mengucapkan
terima kasih kepada tamu setelah
menikmati hidangan di restaurant dan
memberikan ucapan farewell untuk
memberikan kesan yang baik. 1:08-1:53;
4:22-4:29.
Aspek Kompetensi: Sikap (Attitude)
1. Greeting and Introduction, sesuai waktu dan SOP restoran;3:01-3:10; 3:51-4:00
2. Offering help and Service, memperhatikan jenis tamu seperti vip, repeater, dll; 2-55:2:59
3. Taking Order, mengikuti SOP restoran, seperti dimulai dari menawarkan appetizer, main course sampai dessert, serta sesuai permintaan khusus tamu; 3:55-4:30; 5:05-5:55; 7:26-7:34
4. Recommending & Upselling, sesuai ketentuan restoran seperti signature dish, makanan termahal harus ditawarkan terlebih dahulu, tema tertentu, dll. 1:07-1:43
5. Small Talks while Clear Up, memperhatikan kondisi tamu dan keramah-tamahan; 0:42-00:57; 1:47- 2:05; 3:17-3:26
6. Handling Complaints, fokus pada tamu, mengikuti SOP penanganan keluhan di restoran; 2:24-2:46; 5:59-6:20
7. Handling Telephone, sesuai SOP/ketentuan perusahaan dan fokus pada pelanggan; 00:44-1:41
8. Thanking the Guest, focus pada
tamu/pelanggan, sesuai SOP
perusahaan. 1:54-2:04.
Kelompok Sasaran
1. Pendidikan minimal SMA
2. Memiliki Kemampuan bahasa inggris dasar.
3. Yang sudah memiliki pengalaman sebagai pramusaji namun berhenti berkerja
4. Yang belum memiliki pengalaman
sebagai pramusaji.
5) Memiliki Minat Bekerja di restoran.
Durasi Per Sesi
1. Greeting and Introduction : 45 Menit
2. Offering Help and Service : 45 Menit
3. Taking Order : 45 Menit
4. Recommending & Upselling : 45 Menit
5. Small Talks while Clear Up : 45 Menit
6. Handling complaint : 45 Menit
7. Handling Telephone : 45 Menit
8. Thanking the Guest : 45 Menit
9. Mempelajari Slide PPT yang Diberikan Sebelum Webinar : 60 Menit
Total Durasi
420 Menit
Kapasitas Peserta
100 Orang Pada waktu Sesi Menggunakan
GoogleMeet
Profil Pengajar
Bayu Putra Munggaran
Tertarik dengan bahasa Inggris, menempuh pendidikan sastra inggris selama 3,5 tahun dan lulus sebagai lulusan tercepat dengan kategori summa cum laude pada tahun 2016. Selain itu, pariwisata juga menjadi hal yang diminati salah satunya bidang perhotelan. Pernah memiliki pengalaman bekerja di dunia hotel dan sangat senang mengimplementasikan apa yang sudah diketahui kepada orang lain dan menjadikannya bermanfaat, salah satunya di dunia pendidikan, khususnya bahasa Inggris bidang hospitality yang sudah ditekuni beberapa tahun ini.
Jadwal Mingguan Konsultasi dengan Tenaga Pelatih
Setiap Hari Senin & Kamis Pukul 14.00 – 15.00
WIB Melalui Google Meet
Setiap Hari Senin Sampai Jum’at di Jam Kerja
09.00 – 15.00 WIB Melalui Chat via WhatsApp.
Diluar Jadwal Google Meet
Level Pelatihan
Intermediate / Tingkat Menengah
Kontak Lembaga Pelatihan
WhatsApp : 087878098106 (Admin IPC)
Panduan Redeem Voucher
1. Di website Pijar Mahir (https://pijarmahir.id/), klik menu profil (nama anda) pada pojok kanan atas kemudian klik menu Voucher Saya dan klik Salin Kode (atau catat kode voucher secara manual)
2. Masuk ke link https://pelatihanprakerja.ipi.ac.id/
3. Masukan kode voucher yang sudah di dapat
4. Isi Biodata yang diminta (Biodata yang diisikan wajib sama dengan yang terdaftar di akun prakerja)
5. Pelatihan sudah bisa di mulai.
Info Lainnya
Materi Pelatihan
Materi
Rating & Ulasan
5.0
/5
(2 Rating)
0
0
0
0
0
Rp350.000