Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Menguasai Bahasa Inggris Untuk Berkomunikasi Sebagai Pramusaji

Pembelajaran Mandiri & Webinar

Menguasai Bahasa Inggris Untuk Berkomunikasi Sebagai Pramusaji

Oleh: Yayasan IPC

Pelatihan di Yayasan IPC

0

5.0(2)
2 Peserta

Highlight

Info Penting Kursus di Mitra Pelatihan

  • Kursus ini akan sepenuhnya kamu kerjakan di platform Mitra Pelatihan
  • Kami akan memberimu Kode Kursus untuk kamu tukarkan di platform Mitra Pelatihan
  • Sertifikat dari kursus ini juga hanya akan kamu terima di platform Mitra Pelatihan

Detail

Deskripsi Pelatihan

Pelatihan bahasa Inggris dengan tujuan khusus, yakni pramusaji guna memberikan kemampuan pendukung, dalam hal ini komuniaksi berbahasa asing, bagi seorang pramusaji dalam menjalankan tugasnya di dunia industri restoran dan/atau hospitality dengan cakupan yang lebih luas serta untuk pengembangan karir

Tujuan Umum Pelatihan

Setelah selesai mengikuti pelatihan ini, peserta dapat melakukan komunikasi menggunakan bahasa Inggris saat menangani tamu asing di restoran dan/atau untuk berkerja di industri terkait di luar negeri.

Tujuan Khusus Pelatihan

1. Mampu menyapa dan memperkenalkan diri sebagai pramusaji di restoran

2. Mampu menawarkan bantuan

3. Mampu melakukan Taking Order

4. Mampu melakukan Recommending & Upselling

5. Mampu melakukan percakapan kecil saat clear up

6. Mampu menangani keluhan

7. Mampu menangani pesan dan/atau keluhan via telepon

8. Mampu mengucapkan terima kasih dan memberikan kesan terkahir kepada tamu.

Aspek Kompetensi: Pengetahuan (Knowledge)

1. Greeting and Introduction, mempelajari macam-macam sapaan (formal/non) dalam bahasa Inggris serta ungkapan memperkenalkan diri yang digunakan oleh seorang pramusaji di restoran; 00:25-2:48

2. Offering Help and Service, mempelajari variasi ungkapan menawarkan bantuan yang dapat digunakan kepada tamu di restoran serta ungkapan khusus untuk tamu yang memiliki kebutuhan khusus; 00:20-2:05; 3:42-4:00

3. Taking Order, langkah dan ungkapan yang digunaakan saat proses penanganan pesanan makanan/minuman tamu mulai dari memberikan menu, menanyakan sudah siap untuk pesan/belum, menanyakan pesanan, mengulangi pesanan, dan meminta untuk menunggu; 00:15-1:38

4. Recommending & Upselling, mempelajari degree of comparison dan ungkapan recommending untuk merekomendasikan makanan; 00:19- 1:06; 3:31-4:05

5. Small Talks while Clear Up, mempelajari obrolan/percakapn kecil yang dapat dilakukan/ditanyakan oleh pramusaji saat proses clearing up table; 0:16-0:41; 1:47-2:59;

6. Handling complaint, mempelajari ungkapan permintaan maaf serta langkah dan ungkapan saat menerima keluhan dari tamu terkait makanan dan minuman; 0:21-2:23

7. Handling Telephone, mempelajari ungkapan yang digunakan saat taking phone call seperti company greeting, asking to wait, asking the caller’s name, taking order via telephone serta ending phone call; 00:18-00:43

8. Thanking the Guest, mempelajari ungkapan terima kasih serta memberikan ksan yang baik pada tamu. 00:15-1:07; 2:05-2:56; 3:46-4:07; 4:44- 4:53

Aspek Kompetensi: Keterampilan (Skill)

1. Greeting and Introduction, menyapa tamu dengan ramah; 2:49-3:59; 4:01- 4:19; 4:24-5:00

2. Offering help and Service, menawarkan dan memberikan bantuan setelah mengidentifikasi tamu; 2:06-5:45; 5:68- 7:58; 7:59-8:41;

3. Taking Order, meminta izin, menjelaskan produk/menu, mencatat pesanan serta mengulangi pesanan; 1:39-3:54; 4:30- 5:04; 5:56-7:25; 7:35-9:27

4. Recommending & Upselling, mengidentifikasi menu, merekomendasikan makanan/minuman; 1:45-3:30; 4:06-5:11

5. Small Talks while Clear Up, bertanya pada tamu mengenai makanan dan pertanyaan kecil lain jika memungkinkan; 00:58-1:46; 2:59-3:09

6. Handling Complaint, mendengarkan keluhan, menunjukkan empati, meminta maaf, melapor (jika perlu), dan memberikan alternatif solusi untuk keluhan tersebut; 2:47-5:58; 6:21-8:20; 3:25-4:53

7. Handling Telephone, menyapa via telepon, mengidentifikasi tamu via telepon, menawarkan menu dan mencatat makanan, serta memberikan kesan baik via telepon; 1:42-6:45

8. Thanking the Guest, mengucapkan terima kasih kepada tamu setelah menikmati hidangan di restaurant dan memberikan ucapan farewell untuk memberikan kesan yang baik. 1:08-1:53; 4:22-4:29.

Aspek Kompetensi: Sikap (Attitude)

1. Greeting and Introduction, sesuai waktu dan SOP restoran;3:01-3:10; 3:51-4:00

2. Offering help and Service, memperhatikan jenis tamu seperti vip, repeater, dll; 2-55:2:59

3. Taking Order, mengikuti SOP restoran, seperti dimulai dari menawarkan appetizer, main course sampai dessert, serta sesuai permintaan khusus tamu; 3:55-4:30; 5:05-5:55; 7:26-7:34

4. Recommending & Upselling, sesuai ketentuan restoran seperti signature dish, makanan termahal harus ditawarkan terlebih dahulu, tema tertentu, dll. 1:07-1:43

5. Small Talks while Clear Up, memperhatikan kondisi tamu dan keramah-tamahan; 0:42-00:57; 1:47- 2:05; 3:17-3:26

6. Handling Complaints, fokus pada tamu, mengikuti SOP penanganan keluhan di restoran; 2:24-2:46; 5:59-6:20

7. Handling Telephone, sesuai SOP/ketentuan perusahaan dan fokus pada pelanggan; 00:44-1:41

8. Thanking the Guest, focus pada tamu/pelanggan, sesuai SOP perusahaan. 1:54-2:04.

Kelompok Sasaran

1. Pendidikan minimal SMA

2. Memiliki Kemampuan bahasa inggris dasar.

3. Yang sudah memiliki pengalaman sebagai pramusaji namun berhenti berkerja

4. Yang belum memiliki pengalaman sebagai pramusaji. 5) Memiliki Minat Bekerja di restoran.

Durasi Per Sesi

1. Greeting and Introduction : 45 Menit

2. Offering Help and Service : 45 Menit

3. Taking Order : 45 Menit

4. Recommending & Upselling : 45 Menit

5. Small Talks while Clear Up : 45 Menit

6. Handling complaint : 45 Menit

7. Handling Telephone : 45 Menit

8. Thanking the Guest : 45 Menit

9. Mempelajari Slide PPT yang Diberikan Sebelum Webinar : 60 Menit

Total Durasi

420 Menit

Kapasitas Peserta

100 Orang Pada waktu Sesi Menggunakan GoogleMeet

Profil Pengajar

Bayu Putra Munggaran

Tertarik dengan bahasa Inggris, menempuh pendidikan sastra inggris selama 3,5 tahun dan lulus sebagai lulusan tercepat dengan kategori summa cum laude pada tahun 2016. Selain itu, pariwisata juga menjadi hal yang diminati salah satunya bidang perhotelan. Pernah memiliki pengalaman bekerja di dunia hotel dan sangat senang mengimplementasikan apa yang sudah diketahui kepada orang lain dan menjadikannya bermanfaat, salah satunya di dunia pendidikan, khususnya bahasa Inggris bidang hospitality yang sudah ditekuni beberapa tahun ini.

Jadwal Mingguan Konsultasi dengan Tenaga Pelatih

Setiap Hari Senin & Kamis Pukul 14.00 – 15.00 WIB Melalui Google Meet
Setiap Hari Senin Sampai Jum’at di Jam Kerja 09.00 – 15.00 WIB Melalui Chat via WhatsApp. Diluar Jadwal Google Meet

Level Pelatihan

Intermediate / Tingkat Menengah

Kontak Lembaga Pelatihan

WhatsApp : 087878098106 (Admin IPC)

Panduan Redeem Voucher

1. Di website Pijar Mahir (https://pijarmahir.id/), klik menu profil (nama anda) pada pojok kanan atas kemudian klik menu Voucher Saya dan klik Salin Kode (atau catat kode voucher secara manual)

2. Masuk ke link https://pelatihanprakerja.ipi.ac.id/

3. Masukan kode voucher yang sudah di dapat

4. Isi Biodata yang diminta (Biodata yang diisikan wajib sama dengan yang terdaftar di akun prakerja)

5. Pelatihan sudah bisa di mulai.


Materi Pelatihan

0 Materi

Rating & Ulasan

0

5.0

/5

(2 Rating)

profile picture


0





profile picture


0





profile picture


0





profile picture


0





profile picture


0





course thumbnail

Rp350.000

Benefit yang Didapat:

  • Video Pelatihan
  • Dokumen Pelatihan
  • Tes Evaluasi Pelatihan
  • Sertifikasi Penyelesaian

©2020-2022 Pijar Mahir. All Right Reserved