Pembelajaran Mandiri
•Menguasai Copywriting Dasar hingga Strategi Pemasaran Konten
Oleh: Cakap -
Pelatihan di Cakap -
Highlight
Info Penting Kursus di Mitra Pelatihan
- Kursus ini akan sepenuhnya Anda kerjakan di platform Mitra Pelatihan
- Kami akan memberimu Kode Kursus untuk Anda tukarkan di platform Mitra Pelatihan
- Sertifikat dari kursus ini juga hanya akan Anda terima di platform Mitra Pelatihan
Detail Pelatihan
Deskripsi Pelatihan
Pelatihan ini menggunakan moda Pembelajaran Mandiri
Okupasi Pelatihan Advertising and Marketing Professional
Rujukan Okupasi Indonesia’s Online Vacancy Outlook 2020
Gambaran Pelatihan
Program ini memberi pengetahuan dasar terkait profesi seorang Copywriter, antara lain karir sebagai Spesialis Periklanan dan Pemasaran, Content Writer, Content Planner, dan SEO Copywriting.
Kompetensi yang Dilatih
Pada pelatihan ini, peserta akan diberi bekal terkait konsep dasar serta tugas dan tanggung jawab sebagai seorang Copywriter. Hal ini perlu dilakukan agar peserta mampu mendapatkan gambaran umum terkait tugas dan tanggung jawab profesi Copywriter. Kemudian, peserta akan memperoleh pengetahuan terkait perencanaan dan penulisan naskah iklan, SEO Copywriting dan Advance SEO Copywriting, hingga UX Writing dan strategi pemasaran konten.
Urutan Pembelajaran:
Sesi 1: Modul 1: Konsep Dasar Copywriting
Sesi 2: Modul 2: Perencanaan Naskah Iklan (Copywriting)
Sesi 3: Modul 3: SEO Copywriting
Sesi 4: Modul 4: Advance SEO Copywriting
Sesi 5: Modul 5: Menulis Naskah Iklan (Copywriting)
Sesi 6: Modul 6: Storytelling dalam Naskah Iklan Copywriting
Sesi 7: Modul 7: Menerapkan UX Writing dan Strategi Pemasaran Konten
Tujuan Umum Pelatihan
Peserta pelatihan mampu melakukan perencanaan naskah iklan dan optimasi iklan secara digital untuk menampilkan skill yang dibutuhkan sebagai seorang Copywriter dengan menunjukkan minimal 60 persen penguasaan materi pada saat praktik mandiri sesuai dengan standar nasional (SKKNI Bidang Periklanan yang berlaku).
Tujuan Khusus Pelatihan
1. Menguraikan konteks dan komponen teks copywriting, serta mengasah kemampuan dalam berpikir kreatif
2. Melakukan perencanaan naskah iklan, dimulai dari pemenuhan kebutuhan iklan hingga proses komunikasi dan negosiasi
3. Mengimplementasikan penerapan SEO Copywriting mulai dari riset kata kunci hingga penggunaan SEO On Page dan Off Page
4. Mempraktikkan penerapan SEO Copywriting lanjutan, seperti keywords pada SEO, Backlink Building, hingga SEO Analytics dan Reporting
5. Mendemonstrasikan penulisan naskah iklan dengan mempertimbangkan elemen penting seperti psikologi warna, desain visual, hingga implementasi copy editing dan proofreading.
6. Melakukan storytelling dalam naskah iklan copywriting menggunakan perangkat dan struktur naratif, dan strategi komunikasi yang tepat.
7. Mengimplementasikan penerapan UX Writing dan strategi pemasaran konten
Aspek Kompetensi: Pengetahuan (Knowledge)
- Kompetensi Khusus Profesi Copywriter
- Konteks dan Komponen Teks Copywriting
- Jenis-Jenis Copywriting
- Kemampuan Dasar Menulis untuk Copywriting
- Kemampuan Berpikir Kreatif
- Teknik Identifikasi Kebutuhan Iklan
- Analisis Faktor Demography dan Psychography
- Perumusan Strategi Berdasarkan Kebutuhan Klien
- Konsep Kreatif dan Pesan Utama Iklan
Aspek Kompetensi: Keterampilan (Skill)
- Peserta mampu menunjukkan penggunaan parameter evaluasi
- Peserta mampu mengkonstruksi proses presentasi dan pengajuan persetujuan klien
- Peserta mampu mengimplementasikan penerapan riset kata kunci
- Peserta mampu menunjukkan proses eksekusi penerapan SEO Copywriting
- Peserta mampu menampilkan rancangan SEO Analytics dan Reporting
- Peserta mampu mendemonstrasikan proses optimasi konten dengan SEO
- Peserta mampu mengimplementasikan penerapan backlink building
- Peserta mampu mengimplementasikan penyusunan naskah iklan dengan rumusan AIDA
- Peserta mampu mendemonstrasikan langkah-langkah melakukan copy editing dan proofreading
Aspek Kompetensi: Sikap (Attitude)
- Cermat dalam menggunakan parameter evaluasi
- Efektif saat menunjukkan presentasi dan pengajuan persetujuan klien
- Akurat dalam melakukan penerapan riset kata kunci
- Tepat dalam mengeksekusi penerapan SEO Copywriting
- Percaya diri dalam menyimpulkan SEO Analytics dan Reporting
- Terampil dalam mengimplementasikan optimasi konten dengan SEO
- Cakap dalam menerapkan backlink building
- Efektif saat menyusun naskah iklan dengan rumusan AIDA
- Cermat dalam mengidentifikasi langkah-langkah melakukan copy editing dan proofreadin
Kelompok Sasaran
1. Peserta dengan latar belakang pendidikan minimal SLTA/SMA/SMK
2. Peserta yang memiliki berlatar belakang copywriter entry level
3. Peserta yang tertarik menjadi seorang copywriter
4. Peserta yang memiliki laptop atau komputer
5. Memiliki jaringan internet 6. Memiliki akun Zoom
Durasi Per Sesi
Modul 1: Konsep Dasar Copywriting : 1 jam 7 menit 54 detik
Modul 2: Perencanaan Naskah Iklan (Copywriting) : 1 jam 30 menit
Modul 3: Copywriting : 1 jam 7 menit 11 detik
Modul 4: Advance SEO Copywriting :1 jam 24 menit 21 detik
Modul 5: Menulis Naskah Iklan :1 jam 50 menit 13 detik
Modul 6: Storytelling dalam Naskah Iklan Copywriting : 56 menit
Modul 7: Menerapkan UX Writing dan Strategi Pemasaran Konten :1 jam 59 menit 15 detik
Total Durasi
960 menit
Metode Pembelajaran
Self Place Learning
Metode Evaluasi
1. Pre Test
2. Quiz
3. Post Test
Unjuk Keterampilan
Peserta melakukan praktik unjuk keterampilan membuat sebuah produk copywriting dalam salah satu media sosial berdasarkan langkah-langkah yang sudah dipelajari dalam sesi pelatihan, seperti menyesuaikan dengan creative brief, riset kata kunci, hingga proofreading
Jenis/Klasifikasi Sertifikat
Sertifikat Penyelesaian
Syarat Peserta untuk mendapatkan sertifikat :
- Peserta wajib mengikuti seluruh rangkaian pelatihan untuk mendapat Sertifikat Penyelesaian dan insentif Prakerja
- Peserta wajib mengerjakan Tugas "Unjuk Keterampilan". Penyertaan hasil "Unjuk Keterampilan" dilakukan oleh peserta maksimal 3 x 24 jam setelah instruksi diberikan, dengan tata cara penyertaan hasil yang diatur sesuai pada Instruksi Unjuk Keterampilan.
- Sertifikat akan diberikan paling lambat H+7 setelah Tenaga Pelatih memberikan nilai "Unjuk Keterampilan" yang sudah dikumpulkan peserta.
Waktu penyelenggaraan Unjuk Keterampilan :
Dilaksanakan setelah melakukan postest dan di kumpulkan maksimal 3 hari setelah instruksi unjuk keterampilan diberikan atau setelah webinar sesi terakhir selesai dilaksanakan.
Profil Pengajar
1. Hilda Khairunnisa seorang Penulis Kreatif dengan pengalaman 5 tahun menulis artikel dan salinan untuk branding, pemasaran, dan iklan digital. menghabiskan banyak waktu bekerja dengan Sistem Manajemen Konten (WordPress), Search Engine Optimization (SEO), dan Pemasaran Media Sosial
2. Eva Christy seorang Penulis Kreatif dengan pengalaman 5 tahun menulis artikel dan salinan untuk branding, pemasaran, dan iklan digital. menghabiskan banyak waktu bekerja dengan Sistem Manajemen Konten (WordPress), Search Engine Optimization (SEO), dan Pemasaran Media Sosial.
3. Julian Rinaldi seorang Penulis Kreatif dengan pengalaman 5 tahun menulis artikel dan salinan untuk branding, pemasaran, dan iklan digital. menghabiskan banyak waktu bekerja dengan Sistem Manajemen Konten (WordPress), Search Engine Optimization (SEO), dan Pemasaran Media Sosial.
Panduan Redeem Voucher
1. Masuk ke website upskill.cakap.com
2. Lakukan registrasi dengan mengisi data diri
3. Setelah berhasil, temukan tombol ‘tukar kode’ pada homepage upskill.cakap.com
4. Masukkan kode belajar (kode: BLJ) dan klik "Tukarkan / Redeem
5. Setelah penukaran kode belajar berhasil, masuk ke Kursus Saya untuk menukar kode Prakerja di kursus yang kamu punya
6. Setelah memasukkan kode dengan benar, kamu akan diminta untuk melakukan verifikasi wajah
7. Untuk melihat cara menukar kode belajar & kode Prakerja dapat mengakses link berikut https://upskill.cakap.com/informasi
Atau
1. Download aplikasi pada link https://bit.ly/ApsCakap
2. Lakukan registrasi dengan mengisi data kamu
3. Pilih kategori Prakerja
4. Di beranda Cakap, pilih tab Upskill
5. Klik tukarkan kode belajar dan masukkan kode belajar (kode : BLJ) dan klik "Tukarkan”
6. Setelah penukaran kode berhasil, masuk ke Kelas Saya dan tukarkan kode prakerja di kursus yang kamu punya.
7. Klik tukar kode dan masukkan “kode redeem” dari dasbor Prakerja
8. Untuk melihat cara menukar kode belajar &kode Prakerja dapat mengakses link berikut https://upskill.cakap.com/informasi
Batas Waktu redem code Prakerja :
1. Peserta wajib melakukan redeem code untuk mengikuti pelatihan dan mendapat insentif Prakerja.
2. Redeem code bisa dilakukan paling cepat 1 jam sebelum pelatihan berlangsung, dan paling lambat 1 jam setelah pelatihan berlangsung. Contoh : Jadwal pelatihan pukul 08.00-11.00, maka peserta bisa redem paling cepat pukul 07.00 WIB, dan paling lambat pukul 09.00 WIB
Tata cara reedem, redem code untuk peserta Prakerja (Daring/Online/Webinar) :
- Redem kode redem dilakukan langsung di platform Cakap
Tata cara reedem, redem code untuk peserta Prakerja (Luring/Offline) :
- Peserta wajib datang langsung ke lokasi pelatihan dan redem akan dilakukan menggunakan aplikasi SHIVA di lokasi/tempat pelatihan berlangsung.
Kontak Lembaga Pelatihan
Hotline: +6281287160055
Jam Pelayanan: (08:00 – 22:00 WIB)
Info Lainnya
Materi Pelatihan
Materi
Rating & Ulasan
4.6
/5
(140 Rating)
0
0
0
0
0
Rp1.000.000