Download di playstore

Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Menguasai Sofware Microsoft Office untuk Tenaga Administrasi

Webinar

Menguasai Sofware Microsoft Office untuk Tenaga Administrasi

Oleh: LPK Azam Com

Pelatihan di Pijar Mahir

0

5.0(2)
10 Peserta
Usia 18 - 50 Tahun
MinimalSMA/SMAK sederajat

Highlight

Info Penting Kursus di Pijar Mahir

  • Anda bisa mengerjakan kursus ini langsung di platform Pijar Mahir
  • Sertifikat bisa Anda akses di Profil pada menu Sertifikat Saya setelah menyelesaikan kursus

Detail Pelatihan

Deskripsi Pelatihan
Pelatihan ini dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan keterampilan dan tugas yang terkait dengan Okupasi Pegawai Kantor Umum, sejalan dengan pedoman Indonesia's Occupational Tasks and Skills (IndoTaSK) 2020. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi kerja para pegawai kantor umum melalui penguasaan keterampilan Microsoft Office yang esensial dan menciptakan lingkungan belajar yang mendukung pertumbuhan profesional dan memastikan bahwa para pegawai kantor umum dapat mengintegrasikan keterampilan Microsoft Office dengan baik dalam pekerjaan mereka sesuai dengan standar IndoTaSK 2020.
Urutan Pembelajaran 
Sesi 1: Menggunakan Sistem Operasi dan Menggunakan Perangkat Lunak Pengolah Kata Tingkat Dasar : 180 menit
Sesi 2:  Menggunakan Perangkat Lunak Pengolah Kata Tingkat Lanjut dan Menggunakan Perangkat Lunak Spreadsheet Tingkat Dasar : 180 menit
Sesi 3: Menggunakan Perangkat Lembar Kerja Tingkat Lanjut : 180 menit
Sesi 4: Menggunakan Perangkat Lunak Presentasi Tingkat Dasar : 180 menit
Sesi 5: Menggunakan Perangkat Lunak Presentasi Tingkat Lanjut dan Mengirim Berkas Menggunakan E-Mail : 180 menit

Tujuan Umum Pelatihan
Peserta pelatihan mampu menunjukkan minimal 60 persen terampil dalam mengolah data dan informasi yang diberikan menggunakan Microsoft Office pada saat Unjuk Keterampilan yang mencangkup 3 aspek kompetensi yaitu : 
1. Aspek Kognitif (Pengetahuan):
Meningkatkan pemahaman tentang fitur dan fungsi utama dari Microsoft Office, seperti Word, Excel, PowerPoint, dan Outlook.
Memperdalam pengetahuan tentang teknik pengelolaan dokumen, spreadsheet, presentasi, dan komunikasi melalui Microsoft Office.
Mengembangkan pemahaman tentang integrasi antar aplikasi Microsoft Office untuk meningkatkan keterhubungan dan keefektifan pekerjaan administratif.
2. Aspek Afektif (Sikap Kerja):
Mendorong kesadaran akan pentingnya keterampilan Microsoft Office dalam meningkatkan profesionalisme dan kompetensi tenaga administrasi.
Mengembangkan sikap positif terhadap adaptasi teknologi dengan memotivasi partisipan untuk aktif belajar dan mengembangkan diri.
Mendorong rasa tanggung jawab, ketelitian, dan kehati-hatian dalam menggunakan Microsoft Office untuk memastikan keakuratan dan kualitas pekerjaan administratif
3.  Aspek Psikomotor (Keterampilan):
Meningkatkan keterampilan praktis dalam menggunakan berbagai fitur dan perintah dalam setiap aplikasi Microsoft Office.
Mengembangkan kemampuan dalam membuat dan mengedit dokumen teks, spreadsheet, presentasi, serta mengelola email dengan menggunakan Microsoft Office.
Menyediakan latihan praktis dan proyek nyata untuk memastikan penerapan langsung keterampilan yang diperoleh dalam situasi kerja sehari-hari.
Integrasi Selaras dengan Tugas Administratif Menyesuaikan konten pelatihan dengan tugas administratif yang umumnya dihadapi oleh tenaga administrasi, Mengajarkan strategi penggunaan Microsoft Office yang optimal dalam menangani pekerjaan administratif sehari-hari dan Memastikan bahwa peserta pelatihan dapat mengintegrasikan langsung keterampilan yang diperoleh ke dalam pekerjaan mereka untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas.

Tujuan Khusus Pelatihan
Di akhir pelatihan peserta mampu:- Peserta memahami setiap bagian - bagian File Explorer sesuai dengan fungsinya 
- Peserta mampu mengidentifikasi lebih dalam, bagian jendela dan fungsi Microsoft Word. 
- Peserta mampu menyisipkan objek ke dalam lembaran aplikasi Microsoft Word 
- Peserta mampu menggunakan setiap fitur – fitur dari aplikasi Microsoft Word 
- Peserta mampu mengoperasikan aplikasi perangkat lunak pengolah kata (Microsoft Word)
- Peserta mampu membuat dokumen pada aplikasi Microsoft Word 
- Peserta mampu membuat sheet yang berisi judul, tabel dan data yang sudah ditentukan 
- Peserta mampu menggunakan formula dan fungsi pada aplikasi pengolah angka (Microsoft Excel) 
- Peserta mampu mengoperasikan dan mempratikkan/ unjuk kerja entri data label value dan formula 
- Peserta mampu menggunakan fungsi statistic, lookup/references 

Aspek Kompetensi: Pengetahuan (Knowledge)
- Sistem operasi Windows 
- Perangkat lunak  Ms Word 2019 
- Perangkat lunak pengolah kata Ms Word 2019 untuk mengolah dan menghasilkan informasi. 
- Menu dan icon aplikasi pengolah angka 
- Sintak formula dan fungsi 
- Power Point

Aspek Kompetensi: Keterampilan (Skill)
- Mampu mengikuti penggunaan dari sistem operasi Windows
- Mampu menyesuaikan penggunaan  Microsoft Word 2019 dengan Microsoft Word 2010 untuk mengolah data dan menghasilkan informasi
- Membuat lembar kerja sederhana pada perangkat lunak pengolah kata
- Membuat sheet yang berisi judul, table dan data yang sudah ditentukan
- Menunjukkan penguasaaan penggunaan fungsi (Statistik, Lookup/reference, text, logical) untuk tujuan yang sudah ditentukan
- Membuat slide presentasi yang dilengkapi dengan transisi dan animasi

Aspek Kompetensi: Sikap (Attitude)
- Tanggap terhadap tugas-tugas yang mendukung pekerjaan
- Dapat segera mengambil tindakan yang efektif untuk merespon suatu permasalahan.
- Rapi dalam menyiapkan dokumen pada lembar kerja Microsoft Word Microsoft Excel dan PowerPoint.
- Berpikir Kritis dalam membandingkan berbagai tipe data untuk mengolah angka 
- Menunjukan sikap kritis dalam melakukan unjuk kerja entri data label, value dan formula
- Menunjukan sikap Kreatif dalam mengkombinasikan  fitur yang tepat untuk pembuatan slide presentasi sesuai dengan pesan yang akan disampaikan

Kelompok Sasaran
Usia minimum 18 tahun
Usia maksimum 50 tahun
Pendidikan minimal SMA/SMK/Sederajat

Syarat dan ketentuan lainnya
Memiliki Perangkat Komputer/Laptop dengan Spesifikasi Minimal
CPU: Intel Core 2 Duo 2.6GHz / AMD Athlon 64 2.8GHz
RAM: 4 GB
GPU: Intel / AMD / NVIDIA dengan memori grafis 512 MB
Sistem Operasi: Windows 10 32Bit,64Bit / Windows 8.1 32Bit,64Bit / Windows 8 32Bit,64Bit / Windows 7 32Bit,64Bit
Memiliki Jaringan Internet yang Stabil
Memiliki Minat di Bidang Administrasi Perkantoran
Terinstal Aplikasi Microsoft Office

Total Durasi
900 menit

Kapasitas Peserta
50 peserta

Metode Pembelajaran
Daring

Metode Evaluasi
1. Pre Test

2. Quiz
3. Post Test
4. Unjuk Keterampilan

Unjuk Keterampilan
Unjuk Keterampilan:
Buatlah sebuah File Presentasi (minimal 5-6 slide) menggunakan peralatan komputer/PC dengan Aplikasi Microsoft PowerPoint tentang Company Profile sebuah Perusahaan/ Lembaga/ Instansi/ Industri lainnya.
Yang di dalam slide tersebut memuat Deskripsi, sejarah, visi misi, Struktur organisasi dan Tabel harga barang atau jasa yang ditawarkan
Upload hasil pengerjaan tugas yang sudah dikerjakan melalui halaman Unjuk Keterampilan pada LMS dengan format penyimpanan file “Unjuk Keterampilan_NamaLengkap.pdf”.
Keterangan: “Maksimal waktu pengumpulan adalah 3x24 jam setelah instruksi diberikan”.

Jenis/Klasifikasi Sertifikat
Sertifikat Penyelesaian

Profil Pengajar
Anton sutrisno
Lahir di Bukitkemuning – Lampung pada 17 Oktober 1990, Menyelesaikan pendidikan Sarjana Strata 1 jurusan Pendidikan di STKIP Dharma Wacana Metro Lampung.
Berpengalaman lebih dari 7 tahun sebagai Mentor Administrasi Perkantoran dan Digital Printing

Kontak Lembaga Pelatihan
0813-2745-5807
0858-7507-6593


Info Lainnya

Materi Pelatihan

Rating & Ulasan

0

5.0

/5

(2 Rating)

profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
course thumbnail

Rp1.500.000