Webinar
•Menguasai Strategi Pengawasan Kebersihan Gedung
Oleh: Edukasi Masa Depan
Pelatihan di Edukasi Masa Depan
Highlight
Info Penting Kursus di Mitra Pelatihan
- Kursus ini akan sepenuhnya Anda kerjakan di platform Mitra Pelatihan
- Kami akan memberimu Kode Kursus untuk Anda tukarkan di platform Mitra Pelatihan
- Sertifikat dari kursus ini juga hanya akan Anda terima di platform Mitra Pelatihan
Detail Pelatihan
Deskripsi Pelatihan Dilaksanakan setelah melakukan postest dan di kumpulkan maksimal 3 hari setelah instruksi unjuk keterampilan diberikan atau setelah webinar sesi terakhir selesai dilaksanakan.
Pelatihan ini berisi tentang pengenalan, gambaran umum public area sebagai cleaning service,bagaimana cara membersihkan kaca dan lantai, membersihkan furniture, toilet, pembersihan sampah dan fasilitas lain, general cleaning area umum,Serta peserta diharapkan mampu membuat rencana kerja, membuat dan mengisi form kerja serta membuat laporan penilaian maupun evaluasi kerja sebagai pengawas kebersihan dan tata graha di area kantor,hotel dan lainnya
Tujuan Umum Pelatihan
Peserta mampu menjadi pengawas kebersihan di area kantor maupun hotel yang handal dengan mengetahui prinsip dan kaidah kerja proses pembersihan dengan menggunakan bahan pembersih yang sesuai, kemampuan menggunakan alat kerja yang aman, mampu membuat struktur organisasi sesuai kebutuhan, perencanaan dan pembagian kerja dengan baik, membuat form check list maupun mengisi form kerja dan penilaian dengan objektif dan teliti sehingga hasil kerja sesuai dengan standar yang ditentukan. Peserta mampu menjalankan setidaknya 80% prosedur dan teknik tersebut pada saat melakukan unjuk keterampilan.
Tujuan Khusus Pelatihan
Peserta mampu melaksanakan prinsip-prinsip dasar bekerja pada cleaning service dengan baik
Peserta mampu melaksanakan prosedur keselamatan dan kesehatan kerja di tempat kerja dengan baik
Peserta mampu menggunakan peralatan makinal sesuai dengan prosedur yang berlaku dan aman
Peserta mampu membersihkan lantai dengan benar
Peserta mampu membersihkan toilet beserta fasilitasnya sesuai prosedur yang berlaku.
Peserta mampu mengorganisir pekerjaan, disesuaikan dengan kebutuhan dan keadaan
Peserta mampu melaksanakan tugas pengawasan dengan baik serta menggunakan alat pengawasan dengan teliti dan konsisten.
Peserta mampu mengevaluasi penilaian kinerja staf dengan membuat serta menggunakan perangkat penilaian yang benar dan objektif.
Peserta mampu menangani keluhan pelanggan sesuai urutan dan peraturan perusahaan
Peserta mampu menjalankan prosedur penanganan barang temuan, serta mengisi form yang sesuai
Peserta mampu melaksanakan tugas pengawasan operasi tempat kerja rutin
Aspek Kompetensi: Pengetahuan (Kognitif)
- Pengetahuan prinsip-prinsip dasar bekerja pada cleaning service
- Pemahaman prosedur keselamatan dan kesehatan kerja di tempat kerja
- Pengetahuan menggunakan peralatan makinal
- Pengetahuan membersihkan lantai
- Pengetahuan membersihkan ruangan toilet dan fasilitasnya
- Pengetahuan mengorganisasikan pekerjaan
- Pemahaman melaksanakan pengawasan
- Pemahaman menangani keluhan pelanggan
- Pemahaman menangani penemuan barang
- Pemahaman mengawasi operasi tempat kerja rutin
- Pemahaman mengevaluasi penilaian kinerja staf
Aspek Kompetensi: Keterampilan (Psikomotor)
- Melaksanakan semua prinsip-prinsip dasar cleaning service dengan baik
- Melaksanakan semua prosedur keselamatan dan kesehatan kerja di tempat kerja dengan baik
- Menggunakan peralatan makinal sesuai dengan prosedur yang berlaku
- Membersihkan lantai dengan benar
- Membersihkan toilet beserta fasilitasnya sesuai prosedur yang berlaku
- Melaksanakan kegiatan mengorganisir pekerjaan, disesuaikan dengan kebutuhan dan keadaan
- Melaksanakan tugas pengawasan dengan baik serta menggunakan alat pengawasan dengan teliti dan konsisten
- Menangani keluhan pelanggan sesuai urutan dan peraturan yang ada
- Menjalankan prosedur penanganan barang temuan, serta mengisi form yang sesuai
- Melaksanakan tugas pengawasan operasi tempat kerja rutin
- Mengevaluasi penilaian kinerja staf dengan membuat serta menggunakan perangkat penilaian yang benar
Aspek Kompetensi: Sikap (Attitude)
- Patuh terhadap prinsip-prinsip dasar cleaning service yang baik
- Patuh terhadap prosedur keselamatan dan kesehatan di tempat kerja dengan baik
- Tepat dalam menggunakan peralatan makinal
- Hati-hati dalam membersihkan lantai
- Patuh terhadap prosedur membersihkan toilet beserta fasilitasnya
- Teliti dalam mengorganisir pekerjaan
- Cermat, teliti dan konsisten dalam melaksananaan pengawasan
- Tanggap/ responsif terhadap keluhan pelanggan
- Patuh terhadap prosedur dan tanggung jawab terhadap penemuan barang
- Patuh terhadap proses pengawasan operasi di tempat kerja rutin
- Teliti dan objektif dalam mengevaluasi penilaian kinerja staf
Kelompok Sasaran
- Pendidikan minimal SMA sederajat
- Minimal 18 tahun, Maksimal 45 tahun
Syarat dan Ketentuan Lainnya
- Sehat jasmani dan rohani
- Tidak dibutuhkan pengalaman khusus
- Mampu mengikuti pelatihan dengan baik
- Memiliki ketertarikan di bidang kebersihan (Cleaning Service)
Durasi Per Sesi
Pengenaan Prinsip Dasar Layanan Kebersihan & Mengikuti Prosedur Kesehatan dan Keselamatan Kerja: 180 menit
Menggunakan Alat Makinal, Membersihkan Lantai dan, Membersihkan Toilet dan Fasilitasnya: 120 menit
Mengorganisasikan Pekerjaan & Memantau Kinerja Staf: 180 menit
Menangani Keluhan & Evaluasi Penilaian Kinerja Staf: 180 menit
Mengawasi Operasi Tempat Kerja Rutin & Menyediakan Fasilitas Kehilangan dan Penemuan: 180 menit
Total Durasi
900 menit
Kapasitas Peserta
50
Metode Pembelajaran
Daring
Metode Evaluasi
1. Pre Test
2. Quiz
3. Post Test
4. Tugas Praktik Mandiri
5. Unjuk Keterampilan
Unjuk Keterampilan
Buat dan isilah form lost & found secara lengkap (penemuan barang di public area kerja, seperti: toilet, lantai atau area parkir )!
- Lampirkan foto jenis barang yang ditemukan pada form yang dibuat.
- Item atau barang yang ditemukan dapat berupa hp,tas atau dompet (pilih salah satu).
- Tugas dikumpulkan dalam bentuk foto, pdf atau ms.excel dan diupload pada LMS Edukasi Masa Depan.
- Tugas wajib dikirimkan maksimal H+3 setelah pertemuan terakhir.
- Waktu penyelenggaraan Unjuk Keterampilan :
Jenis/Klasifikasi Sertifikat
Sertifikat Penyelesaian
Syarat Peserta untuk mendapatkan sertifikat :
- Peserta wajib mengikuti seluruh rangkaian pelatihan untuk mendapat Sertifikat Penyelesaian dan insentif Prakerja
- Peserta wajib mengerjakan Tugas "Unjuk Keterampilan". Penyertaan hasil "Unjuk Keterampilan" dilakukan oleh peserta maksimal 3 x 24 jam setelah instruksi diberikan, dengan tata cara penyertaan hasil yang diatur sesuai pada Instruksi Unjuk Keterampilan.
- Sertifikat akan diberikan paling lambat H+7 setelah Tenaga Pelatih memberikan nilai "Unjuk Keterampilan" yang sudah dikumpulkan peserta.
Profil Pengajar
Eko Kosasih merupakan profesional di bidang restoran dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Berbagai posisi yang pernah diduduki antara lain: instruktur training juru masak, supervisor training, manager outlet, dan lain sebagainya di perusahaan kuliner nasional maupun internasional.
Cara Redeem Voucher
1. Masuk ke Pintar.co
2. Akses link kelas: https://skills.pintar.co/id/menguasai-strategi-pengawasan-kebersihan-gedung-daring?slug=menguasai-strategi-pengawasan-kebersihan-gedung-daring
3. Klik "Beli"
4. Masukkan data diri jika belum menjadi member
5. Masukkan kode voucher dalam laman pembelian 6. Setelah sukses, kelas bisa di akses dalam menu "Kursus Saya"
Panduan Redem Code Redem
- Redem kode redem dilakukan langsung di platform Edukasi Masa Depan
Kontak Lembaga Pelatihan
021-758 700 22
0813 8002 0113
Info Lainnya
Materi Pelatihan
Materi
Pilihan Event
Kursus ini belum memiliki Event
Rating & Ulasan
4.7
/5
(365 Rating)
0
0
0
0
0