Download di playstore

Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Meningkatkan Kemampuan Public Speaking untuk Humas Profesional

Webinar

Meningkatkan Kemampuan Public Speaking untuk Humas Profesional

Oleh: LPK Cerdas

Pelatihan di Pijar Mahir

0

5.0(2)
12 Peserta
Usia 18 - 60 Tahun
MinimalSMA/SMAK sederajat

Highlight

Info Penting Kursus di Pijar Mahir

  • Anda bisa mengerjakan kursus ini langsung di platform Pijar Mahir
  • Sertifikat bisa Anda akses di Profil pada menu Sertifikat Saya setelah menyelesaikan kursus

Detail Pelatihan

Deskripsi Pelatihan

Pelatihan ini menggunakan moda Daring

Okupasi Pelatihan: Humas Professional

Rujukan Okupasi: Indonesia Online Vacancy Outlook 2020

Gambaran Pelatihan

Program ini memberikan pengetahuan dasar terkait kemampuan berbicara didepan umum untuk humas professional, diantaranya Merancang pemetaan dalam merespon informasi publik, Menyesuaikan kemampuan komunikasi publik sesuai skala dan jenis acara, Menyusun naskah kehumasan yang efektif sesuai skala dan jenis acara, Membuat naskah kehumasan komunikasi krisis kepada publik.

Kompetensi yang Dilatih

Melalui pelatihan ini, peserta akan diberikan bekal mengenai cara merancang konsep, aspek, strategi dan taktik dalam komunikasi publik sebagai seorang humas, mengkritisi penggunaan variasi media digital sebagai humas, menilai teknik dan metode yang tepat dalam melakukan komunikasi publik pada acara, lalu juga belajar untuk mengorganisasikan metode, tahapan dan strategi yang tepat dalam berkomunikasi publik sebagai seorang representatif perusahaan, dan merancang strategi yang optimal dalam melakukan komunikasi krisis kepada publik.



Tujuan Umum Pelatihan
Peserta pelatihan mampu menunjukkan penguasaan materi mengenai teknik, taktik dan strategi komunikasi publik sebagai humas yang merepresentasikan organisasinya (spokesperson) dengan menunjukkan minimal 60% penguasaan materi saat unjuk keterampilan


Tujuan Khusus Pelatihan
Mendekonstruksikan konsep, aspek, strategi dan taktik dalam komunikasi publik sebagai seorang humas
Mengkritisi penggunaan variasi media digital sebagai humas
Menilai teknik dan metode yang tepat dalam melakukan komunikasi publik pada acara
Mengorganisasikan metode, tahapan dan strategi yang tepat dalam berkomunikasi publik sebagai seorang representatif perusahaan
Merancang strategi yang optimal dalam melakukan komunikasi krisis kepada publik



Aspek Kompetensi: Pengetahuan 
(Knowledge)
"Apa yang terjadi di sekitar ?" : Pengantar riset dan analisis media untuk humas
Merespon informasi : Penyusunan strategi proaktif, reaktif dan taktik-taktik komunikas
Mari mengemas pesan : Penyusunan rencana program komunikasi kehumasan
Mari mengemas pesan II : Perancangan Naskah Kehumasan untuk Publikasi
Pemilihan kanal dan distribusi publikasi umum

The New Media : Pendekatan dalam pembuatan konten media digital dan elektronik
Corporate Social Media : Pengelolaan Media Sosial Perusahaan
Media Relations in Social Media Era : Bekerja sama dengan media digital
In Hands of Followers : Pengelolaan komunitas dan audiens media sosial
Power of Ads & Endorsement : Perancangan dan pengelolaan media publikasi berbayar digital
Personal Involvement Skill I : Peran perwakilan dalam acara-acara perusahaan
Personal Involvement Skill II : Akomodasi peserta dan tamu dalam acara-acara perusahaan
Special Event I : Prosedur Protokole
Special Event II : MC & Moderator Profesional
Manajemen Relasi dalam pelaksanaan Industrial Relation
Berkolaborasi dengan pihak pemerintahan & Institusi
Customer Relation untuk pelayanan, pemasaran dan penjaminan mutu
Komunikasi dengan Investor


Aspek Kompetensi: Keterampilan (Skill)
Merancang pemetaan dalam merespon informasi publik
Menyusun sebuah rancangan acara kehumasan
Membuat konsep approaching Key Leader Opinion (KOL) untuk kepentingan kerja sama
Merancang visualisasi dan copy publikasi bagi sosial media korporat
Merancang visualisasi dan copy publikasi bagi sosial media korporat
Menyesuaikan kemampuan komunikasi publik sesuai skala dan jenis acara
Menyusun naskah kehumasan yang efektif sesuai skala dan jenis acara
Mengonstruksikan alur koordinasi dalam komunikasi publik sebagai seorang representatif
Membuat personal branding yang profesional dan menarik sebagai seorang representatif
Mengonstruksikan aspek, komponen dan perihal yang perlu disampaikan dalam komunikasi krisis kepada publik
Membuat naskah kehumasan komunikasi krisis kepada publik



Aspek Kompetensi:  Sikap (Attitude)
- Fleksibel dalam mengkombinasikan strategi dan taktik komunikasi untuk merespon informasi publik
Efektif dalam memformulasikan sebuah rancangan acara kehumasan
Efektif dalam memformulasikan sebuah rancangan acara kehumasan
Kreatif dalam merancang visualisasi dan copy publikasi sosial media
Dinamis dalam membuat suatu naskah kehumasan sesuai skala dan jenis acara
Profesional dalam menampilkan cara membawakan acara sesuai skala dan jenis acara
Kritis dalam penyelesaian masalah melalui koordinasi sebagai seorang representatif
Cermat dalam menunjukkan personal branding yang menarik dan kredibel sebagai seorang representatif
Terampil dalam menjadi representatif kepada publik dalam keadaan krisis
Jelas dalam memberikan verifikasi dan klarifikasi sebagai representatif kepada publik dalam keadaan krisis



Kelompok Sasaran
1. Peserta memiliki latar belakang SMA/SMK
2. Peserta memiliki ketertarikan di bidang kehumasan, terutama dalam lingkup berbicara didepan umum
3. Peserta memiliki smartphone/laptop/komputer dengan koneksi internet yang memadai
4. Peserta memiliki akun zoom/google meet untuk mengikuti pelatihan


Durasi Per Sesi
Sesi 1. Pengantar Komunikasi Publik untuk Humas : 180 menit
Sesi 2. Kehumasan digital : Public speaking menggunakan media digital : 180 menit
Sesi 3. Public Speaking untuk acara : 180 menit
Sesi 4. Public Speaking sebagai representatif perusahaan (Spokesperson) di lingkungan eksternal: 180 menit
Sesi 5. Public Speaking untuk Manajemen Reputasi : 180 menit



Total Durasi
900 Menit


Kapasitas Peserta
150 Peserta


Jadwal Pelatihan

Jadwal Pagi 08.00 - 11.00 Senin - Jumat
29-01-2024 s.d 02-02-2024
05-02-2024 s.d 09-02-2024
12-02-2024 s.d 16-02-2024
19-02-2024 s.d 23-02-2024
26-02-2024 s.d 01-03-2024
04-03-2024 s.d 08-03-2024
11-03-2024 s.d 15-03-2024
18-03-2024 s.d 22-03-2024
Jadwal Malam 18.00 - 21.00
29-01-2024 s.d 02-02-2024
05-02-2024 s.d 09-02-2024
12-02-2024 s.d 16-02-2024
19-02-2024 s.d 23-02-2024
26-02-2024 s.d 01-03-2024
04-03-2024 s.d 08-03-2024
11-03-2024 s.d 15-03-2024
18-03-2024 s.d 22-03-2024



Metode Pembelajaran
Daring


Metode Evaluasi
1. Pre Test
2. Post Test
3. Formative Test
4. Unjuk Keterampilan


Unjuk Keterampilan
Peserta diminta untuk teks percakapan antara Ia dan Pelanggan (Airline Customer Service dan Penumpang Pesawat) dalam menangani keluhan pelanggan, lalu setelah naskah dibuat, peserta diminta untuk merekam percakapan sesuai naskah yang dibuat.


Jenis/Klasifikasi Sertifikat
Sertifikat Penyelesaian


Profil Pengajar
Ricca Nourma Yusnitha

Sebagai pengajar, pengujian kompetensi, dan pemimpin organisasi berita, Ricca memiliki pemahaman yang mendalam tentang public speaking, content creation, digital marketing, dan manajemen media. Keberhasilannya mencerminkan dedikasinya terhadap pengembangan diri dan industri.

Ma’rifatun Qomariyah

Memiliki pemahaman yang mendalam mengenai public speaking. Keberhasilan nya sebagai reporter dan pengajar mencerminkan dedikasi terhadap pengembangan diri dalam bidang ini. Iskandar, Selain menjadi pemilik platform digital, Iskandar merupakan praktisi dalam bidang publik speaking. Pelatihan dan pengajaran dari kelas-kelas yang pernah dibuka menjadi cerminan bahwa beliau sayang memahami tentang bidang ini.


Kontak Lembaga Pelatihan

PIC : Chaterine

Contact Support : +62 816 1777 8602 

Email : customerservice@lpkcerdas.com 

Info Lainnya

Materi Pelatihan

Rating & Ulasan

0

5.0

/5

(2 Rating)

profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
course thumbnail

Rp1.400.000