Webinar
Meningkatkan Kemampuan Public Speaking untuk Humas Profesional
Oleh: LPK Cerdas
Pelatihan di Pijar Mahir
Highlight
Info Penting Kursus di Pijar Mahir
- Anda bisa mengerjakan kursus ini langsung di platform Pijar Mahir
- Sertifikat bisa Anda akses di Profil pada menu Sertifikat Saya setelah menyelesaikan kursus
Detail Pelatihan
Deskripsi Pelatihan
Okupasi Pelatihan: Humas Professional
Rujukan Okupasi: Indonesia Online Vacancy Outlook 2020
Gambaran Pelatihan
Program ini memberikan pengetahuan dasar terkait kemampuan berbicara didepan umum untuk humas professional, diantaranya Merancang pemetaan dalam merespon informasi publik, Menyesuaikan kemampuan komunikasi publik sesuai skala dan jenis acara, Menyusun naskah kehumasan yang efektif sesuai skala dan jenis acara, Membuat naskah kehumasan komunikasi krisis kepada publik.
Kompetensi yang Dilatih
Melalui pelatihan ini, peserta akan diberikan bekal mengenai cara merancang konsep, aspek, strategi dan taktik dalam komunikasi publik sebagai seorang humas, mengkritisi penggunaan variasi media digital sebagai humas, menilai teknik dan metode yang tepat dalam melakukan komunikasi publik pada acara, lalu juga belajar untuk mengorganisasikan metode, tahapan dan strategi yang tepat dalam berkomunikasi publik sebagai seorang representatif perusahaan, dan merancang strategi yang optimal dalam melakukan komunikasi krisis kepada publik.
Tujuan Umum Pelatihan
Peserta pelatihan mampu menunjukkan penguasaan materi mengenai teknik, taktik dan strategi komunikasi publik sebagai humas yang merepresentasikan organisasinya (spokesperson) dengan menunjukkan minimal 60% penguasaan materi saat unjuk keterampilan
Tujuan Khusus Pelatihan
- Mendekonstruksikan konsep, aspek, strategi dan taktik dalam komunikasi publik sebagai seorang humas
- Mengkritisi penggunaan variasi media digital sebagai humas
- Menilai teknik dan metode yang tepat dalam melakukan komunikasi publik pada acara
- Mengorganisasikan metode, tahapan dan strategi yang tepat dalam berkomunikasi publik sebagai seorang representatif perusahaan
- Merancang strategi yang optimal dalam melakukan komunikasi krisis kepada publik
Aspek Kompetensi: Pengetahuan (Knowledge)
- "Apa yang terjadi di sekitar ?" : Pengantar riset dan analisis media untuk humas
- Merespon informasi : Penyusunan strategi proaktif, reaktif dan taktik-taktik komunikas
- Mari mengemas pesan : Penyusunan rencana program komunikasi kehumasan
- Mari mengemas pesan II : Perancangan Naskah Kehumasan untuk Publikasi
- Pemilihan kanal dan distribusi publikasi umum
- The New Media : Pendekatan dalam pembuatan konten media digital dan elektronik
- Corporate Social Media : Pengelolaan Media Sosial Perusahaan
- Media Relations in Social Media Era : Bekerja sama dengan media digital
- In Hands of Followers : Pengelolaan komunitas dan audiens media sosial
- Power of Ads & Endorsement : Perancangan dan pengelolaan media publikasi berbayar digital
- Personal Involvement Skill I : Peran perwakilan dalam acara-acara perusahaan
- Personal Involvement Skill II : Akomodasi peserta dan tamu dalam acara-acara perusahaan
- Special Event I : Prosedur Protokole
- Special Event II : MC & Moderator Profesional
- Manajemen Relasi dalam pelaksanaan Industrial Relation
- Berkolaborasi dengan pihak pemerintahan & Institusi
- Customer Relation untuk pelayanan, pemasaran dan penjaminan mutu
- Komunikasi dengan Investor
Aspek Kompetensi: Keterampilan (Skill)
- Merancang pemetaan dalam merespon informasi publik
- Menyusun sebuah rancangan acara kehumasan
- Membuat konsep approaching Key Leader Opinion (KOL) untuk kepentingan kerja sama
- Merancang visualisasi dan copy publikasi bagi sosial media korporat
- Merancang visualisasi dan copy publikasi bagi sosial media korporat
- Menyesuaikan kemampuan komunikasi publik sesuai skala dan jenis acara
- Menyusun naskah kehumasan yang efektif sesuai skala dan jenis acara
- Mengonstruksikan alur koordinasi dalam komunikasi publik sebagai seorang representatif
- Membuat personal branding yang profesional dan menarik sebagai seorang representatif
- Mengonstruksikan aspek, komponen dan perihal yang perlu disampaikan dalam komunikasi krisis kepada publik
- Membuat naskah kehumasan komunikasi krisis kepada publik
Aspek Kompetensi: Sikap (Attitude)
- Fleksibel dalam mengkombinasikan strategi dan taktik komunikasi untuk merespon informasi publik
- Efektif dalam memformulasikan sebuah rancangan acara kehumasan
- Efektif dalam memformulasikan sebuah rancangan acara kehumasan
- Kreatif dalam merancang visualisasi dan copy publikasi sosial media
- Dinamis dalam membuat suatu naskah kehumasan sesuai skala dan jenis acara
- Profesional dalam menampilkan cara membawakan acara sesuai skala dan jenis acara
- Kritis dalam penyelesaian masalah melalui koordinasi sebagai seorang representatif
- Cermat dalam menunjukkan personal branding yang menarik dan kredibel sebagai seorang representatif
- Terampil dalam menjadi representatif kepada publik dalam keadaan krisis
- Jelas dalam memberikan verifikasi dan klarifikasi sebagai representatif kepada publik dalam keadaan krisis
Kelompok Sasaran
1. Peserta memiliki latar belakang SMA/SMK
2. Peserta memiliki ketertarikan di bidang kehumasan, terutama dalam lingkup berbicara didepan umum
3. Peserta memiliki smartphone/laptop/komputer dengan koneksi internet yang memadai
4. Peserta memiliki akun zoom/google meet untuk mengikuti pelatihan
Durasi Per Sesi
Sesi 1. Pengantar Komunikasi Publik untuk Humas : 180 menit
Sesi 2. Kehumasan digital : Public speaking menggunakan media digital : 180 menit
Sesi 3. Public Speaking untuk acara : 180 menit
Sesi 4. Public Speaking sebagai representatif perusahaan (Spokesperson) di lingkungan eksternal: 180 menit
Sesi 5. Public Speaking untuk Manajemen Reputasi : 180 menit
Total Durasi
900 Menit
Kapasitas Peserta
150 Peserta
Jadwal Pelatihan
29-01-2024 s.d 02-02-2024
05-02-2024 s.d 09-02-2024
12-02-2024 s.d 16-02-2024
19-02-2024 s.d 23-02-2024
26-02-2024 s.d 01-03-2024
04-03-2024 s.d 08-03-2024
11-03-2024 s.d 15-03-2024
18-03-2024 s.d 22-03-2024
Jadwal Malam 18.00 - 21.00
29-01-2024 s.d 02-02-2024
05-02-2024 s.d 09-02-2024
12-02-2024 s.d 16-02-2024
19-02-2024 s.d 23-02-2024
26-02-2024 s.d 01-03-2024
04-03-2024 s.d 08-03-2024
11-03-2024 s.d 15-03-2024
18-03-2024 s.d 22-03-2024
Metode Pembelajaran
Daring
Metode Evaluasi
1. Pre Test
2. Post Test
3. Formative Test
4. Unjuk Keterampilan
Unjuk Keterampilan
Peserta diminta untuk teks percakapan antara Ia dan Pelanggan (Airline Customer Service dan Penumpang Pesawat) dalam menangani keluhan pelanggan, lalu setelah naskah dibuat, peserta diminta untuk merekam percakapan sesuai naskah yang dibuat.
Jenis/Klasifikasi Sertifikat
Sertifikat Penyelesaian
Profil Pengajar
Ricca Nourma Yusnitha
Sebagai pengajar, pengujian kompetensi, dan pemimpin organisasi berita, Ricca memiliki pemahaman yang mendalam tentang public speaking, content creation, digital marketing, dan manajemen media. Keberhasilannya mencerminkan dedikasinya terhadap pengembangan diri dan industri.
Ma’rifatun Qomariyah
Memiliki pemahaman yang mendalam mengenai public speaking. Keberhasilan nya sebagai reporter dan pengajar mencerminkan dedikasi terhadap pengembangan diri dalam bidang ini.
Iskandar, Selain menjadi pemilik platform digital, Iskandar merupakan praktisi dalam bidang publik speaking. Pelatihan dan pengajaran dari kelas-kelas yang pernah dibuka menjadi cerminan bahwa beliau sayang memahami tentang bidang ini.
Kontak Lembaga Pelatihan
PIC : Chaterine
Contact Support : +62 816 1777 8602
Email : customerservice@lpkcerdas.com
Info Lainnya
Materi Pelatihan
Materi
Rating & Ulasan
5.0
/5
(2 Rating)
0
0
0
0
0
Rp1.400.000