Download di playstore

Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Meningkatkan Pelayanan Profesional bagi Resepsionis Kantor

Webinar

Meningkatkan Pelayanan Profesional bagi Resepsionis Kantor

Oleh: Politeknik Aisyah Sumatera Barat

Pelatihan di Pijar Mahir

0

5.0(2)
43 Peserta
Usia 18 - 55 Tahun
MinimalSMA/SMAK sederajat

Highlight

Info Penting Kursus di Pijar Mahir

  • Anda bisa mengerjakan kursus ini langsung di platform Pijar Mahir
  • Sertifikat bisa Anda akses di Profil pada menu Sertifikat Saya setelah menyelesaikan kursus

Detail Pelatihan

Deskripsi Pelatihan

Pelatihan ini menggunakan moda Daring

Okupasi Pelatihan: Receptionist (General)

Rujukan Okupasi: Indonesia’s Occupational Online Vacancy Outlook 2020

Gambaran Pelatihan

Program ini memberikan pemahaman mendalam tentang peran seorang receptionist dalam memberikan pelayanan profesional kepada pelanggan. Materi mencakup tugas, peran, dan tanggung jawab seorang resepsionis kantor, strategi komunikasi yang efektif, manajemen waktu yang baik, teknik penanganan konflik dengan tamu, serta prinsip etika kerja dan profesionalisme dalam setiap interaksi dengan tamu atau klien.

Kompetensi yang dilatih

Dalam pelatihan ini, peserta akan memperoleh pengetahuan dan keterampilan terkait dengan komunikasi, etika profesi resepsionis kantor, layanan pelanggan, dan manajemen waktu. Pelatihan ini dirancang untuk membekali mereka yang ingin berkarir sebagai receptionist dengan kemampuan memberikan pelayanan profesional kepada pelanggan dan menangani keluhan pelanggan dengan solusi yang efektif.

Urutan Pembelajaran

Sesi 1: Tugas, peran, dan tanggung jawab resepsionis

Sesi 2: Cara berkomunikasi yang efektif

Sesi 3: Manajemen waktu yang Efisien

Sesi 4: Teknik mengelola konflik tamu

Sesi 5: Etika kerja


Tujuan Umum Pelatihan

Peserta pelatihan (A)mampu memberikan pelayanan profesional kepada pelanggan dan memberikan problem solving terhadap keluhan pelanggan (B) dan menunjukkan minimal 60 persen penguasaan materi (D) pada saat unjuk keterampilan (C)


Tujuan Khusus Pelatihan

Melakukan  Tugas, Peran, dan tanggung Jawab seorang Resepsionis kantor.

Mempraktikkan cara Komunikasi yang efektif dalam menerima dan menyambut tamu di kantor.

Melaksanakan manajemen waktu dengan tepat sebagai seorang resepsionis.

Mendemonstrasikan teknik mengelola konflik/situasi sulit dengan tamu atau klien.

Mengimplementasikan etika kerja dan profesionalisme dalam setiap interaksi dengan tamu atau klien.


Aspek Kompetensi: Pengetahuan (Knowledge)

Kemampuan Dasar Komunikasi

Etika  Profesi Resepsionis Kantor

Layanan Pelanggan Berkualitas

Manajemen Pengelolaan waktu


Aspek Kompetensi: Keterampilan (Skill)

Menunjukkan Etika Profesi dalam menerima tamu

Mengoperasikan peralatan Kantor: komputer,telepon,printer

Menunjukan Tata cara berkomunikasi dengan baik dan benar saat bertatap muka maupun via telepon dengan pelanggan

Melakukan pelayanan kepada pelanggan dengan profesional


Aspek Kompetensi: Sikap (Attitude)

Cakap dalam berkomunikasi Secara Efektif

Bersikap positif saat menerima keluhan pelanggan

Teliti dalam mencatat dan memenuhi kebutuhan customer

Efektif dan Efisien dalam menyelesaikan suatu permasalahan yang berkaitan dengan keluhan pelanggan


Kelompok Sasaran

Minimal usia 18 tahun dan maksimal 55 tahun 
Min pendidikan SMA/SMK Sederajat


Syarat dan Ketentuan lainnya

Peserta memiliki alat sendiri berupa smartphone/PC

Peserta mampu mengoperasikan laptop/PC dan dapat mengetik dengan baik untuk menunjang pelaksanaan pelatihan

Memiliki laptop/PC, yang terinstall microsoft office untuk menunjang aktivitas practice, praktice mandiri, dan unjuk keterampilan

Peserta memiliki jaringan/koneksi internet untuk menunjang kelas webinar pada pelatihan ini

Tidak buta warna


Total Durasi

900 Menit


Kapasitas Peserta

50 Peserta


Metode Pembelajaran

Daring


Metode Evaluasi

1. Pre Test
2. Quiz
3. Post Test


Unjuk Keterampilan

Seorang pelanggan bernama Sarah mengunjungi kantor ABC Inc. untuk menghadiri pertemuan bisnis penting.Namun dia mengalami sejumlah masalah selama kunjungannya yang menyebabkan ketidakpuasan.Sarah kemudian mengajukan keluhan kepada resepsionis kantor mengenai pengalaman kunjungannya. Sebagai seorang resepsionis berikan problem solving terkait keluhan pelanggan a.n Sarah tersebut diatas.


Jenis/Klasifikasi Sertifikat

Sertifikat Penyelesaian


Profil Pengajar

Tenaga pelatih Rina Merdekawati, S.Pd., MM. merupakan tenaga pengajar yang aktif mengajar yang fokus pada pengajaran keterampilan komunikasi efektif, khususnya dalam konteks pelayanan profesional. Selain itu, ia juga membimbing peserta dalam memahami prinsip dasar komunikasi interpersonal.


Kontak Lembaga Pelatihan

087758691161




Info Lainnya

Materi Pelatihan

Rating & Ulasan

0

5.0

/5

(2 Rating)

profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
course thumbnail

Rp1.500.000