Webinar
Meningkatkan Pelayanan Profesional bagi Resepsionis Kantor
Oleh: Politeknik Aisyah Sumatera Barat
Pelatihan di Pijar Mahir
Highlight
Info Penting Kursus di Pijar Mahir
- Anda bisa mengerjakan kursus ini langsung di platform Pijar Mahir
- Sertifikat bisa Anda akses di Profil pada menu Sertifikat Saya setelah menyelesaikan kursus
Detail Pelatihan
Deskripsi Pelatihan
Pelatihan ini menggunakan moda DaringOkupasi Pelatihan: Receptionist (General)
Rujukan Okupasi: Indonesia’s Occupational Online Vacancy Outlook 2020
Gambaran Pelatihan
Program ini memberikan pemahaman mendalam tentang peran seorang receptionist dalam memberikan pelayanan profesional kepada pelanggan. Materi mencakup tugas, peran, dan tanggung jawab seorang resepsionis kantor, strategi komunikasi yang efektif, manajemen waktu yang baik, teknik penanganan konflik dengan tamu, serta prinsip etika kerja dan profesionalisme dalam setiap interaksi dengan tamu atau klien.
Kompetensi yang dilatih
Dalam pelatihan ini, peserta akan memperoleh pengetahuan dan keterampilan terkait dengan komunikasi, etika profesi resepsionis kantor, layanan pelanggan, dan manajemen waktu. Pelatihan ini dirancang untuk membekali mereka yang ingin berkarir sebagai receptionist dengan kemampuan memberikan pelayanan profesional kepada pelanggan dan menangani keluhan pelanggan dengan solusi yang efektif.
Urutan Pembelajaran
Sesi 1: Tugas, peran, dan tanggung jawab resepsionis
Sesi 2: Cara berkomunikasi yang efektif
Sesi 3: Manajemen waktu yang Efisien
Sesi 4: Teknik mengelola konflik tamu
Sesi 5: Etika kerja
Tujuan Umum Pelatihan
Peserta pelatihan (A)mampu memberikan pelayanan profesional kepada pelanggan dan memberikan problem solving terhadap keluhan pelanggan (B) dan menunjukkan minimal 60 persen penguasaan materi (D) pada saat unjuk keterampilan (C)
Tujuan Khusus Pelatihan
Melakukan Tugas, Peran, dan tanggung Jawab seorang Resepsionis kantor.
Mempraktikkan cara Komunikasi yang efektif dalam menerima dan menyambut tamu di kantor.
Melaksanakan manajemen waktu dengan tepat sebagai seorang resepsionis.
Mendemonstrasikan teknik mengelola konflik/situasi sulit dengan tamu atau klien.
Mengimplementasikan etika kerja dan profesionalisme dalam setiap interaksi dengan tamu atau klien.
Aspek Kompetensi: Pengetahuan (Knowledge)
Kemampuan Dasar Komunikasi
Etika Profesi Resepsionis Kantor
Layanan Pelanggan Berkualitas
Manajemen Pengelolaan waktu
Aspek Kompetensi: Keterampilan (Skill)
Menunjukkan Etika Profesi dalam menerima tamu
Mengoperasikan peralatan Kantor: komputer,telepon,printer
Menunjukan Tata cara berkomunikasi dengan baik dan benar saat bertatap muka maupun via telepon dengan pelanggan
Melakukan pelayanan kepada pelanggan dengan profesional
Aspek Kompetensi: Sikap (Attitude)
Cakap dalam berkomunikasi Secara Efektif
Bersikap positif saat menerima keluhan pelanggan
Teliti dalam mencatat dan memenuhi kebutuhan customer
Efektif dan Efisien dalam menyelesaikan suatu permasalahan yang berkaitan dengan keluhan pelanggan
Kelompok Sasaran
Minimal usia 18 tahun dan maksimal 55 tahun
Min pendidikan SMA/SMK Sederajat
Syarat dan Ketentuan lainnya
Peserta memiliki alat sendiri berupa smartphone/PCPeserta mampu mengoperasikan laptop/PC dan dapat mengetik dengan baik untuk menunjang pelaksanaan pelatihan
Memiliki laptop/PC, yang terinstall microsoft office untuk menunjang aktivitas practice, praktice mandiri, dan unjuk keterampilan
Peserta memiliki jaringan/koneksi internet untuk menunjang kelas webinar pada pelatihan ini
Tidak buta warna
Total Durasi
900 Menit
Kapasitas Peserta
50 Peserta
Metode Pembelajaran
Daring
Metode Evaluasi
1. Pre Test
2. Quiz
3. Post Test
Unjuk Keterampilan
Seorang pelanggan bernama Sarah mengunjungi kantor ABC Inc. untuk menghadiri pertemuan bisnis penting.Namun dia mengalami sejumlah masalah selama kunjungannya yang menyebabkan ketidakpuasan.Sarah kemudian mengajukan keluhan kepada resepsionis kantor mengenai pengalaman kunjungannya. Sebagai seorang resepsionis berikan problem solving terkait keluhan pelanggan a.n Sarah tersebut diatas.
Jenis/Klasifikasi Sertifikat
Sertifikat Penyelesaian
Profil Pengajar
Tenaga pelatih Rina Merdekawati, S.Pd., MM. merupakan tenaga pengajar yang aktif mengajar yang fokus pada pengajaran keterampilan komunikasi efektif, khususnya dalam konteks pelayanan profesional. Selain itu, ia juga membimbing peserta dalam memahami prinsip dasar komunikasi interpersonal.
Kontak Lembaga Pelatihan
Info Lainnya
Materi Pelatihan
Materi
Rating & Ulasan
5.0
/5
(2 Rating)
0
0
0
0
0
Rp1.500.000