Download di playstore

Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Menjadi Barista Profesional & Kreatif

Webinar

Menjadi Barista Profesional & Kreatif

Oleh: The Bencoolen Coffee

Pelatihan di The Bencoolen Coffee

0

5.0(2)
2 Peserta
Usia 18 - 65 Tahun
MinimalSMA/SMAK sederajat

Highlight

Info Penting Kursus di Mitra Pelatihan

  • Kursus ini akan sepenuhnya Anda kerjakan di platform Mitra Pelatihan
  • Kami akan memberimu Kode Kursus untuk Anda tukarkan di platform Mitra Pelatihan
  • Sertifikat dari kursus ini juga hanya akan Anda terima di platform Mitra Pelatihan

Detail Pelatihan

Deskripsi Pelatihan

The bencoolen coffee memberikan pelatihan "Menjadi Barista Profesional & Kreatif ". Dengan mengikuti pelatihan ini, peserta diharapkan mengetahui jenis kopi, mampu mempraktikkan penyeduhan minumam kopi manual brew yaitu metode immersion, metode inverted, metode vietnam drip, metode moka pot, dan metode seduh kopi tubruk. Memiliki sikap dalam menaati prosedur menangani pelanggan dan menangani situasi konflik.


Tujuan Umum Pelatihan

Peserta mampu menerapkan teknik seduh kopi minimal lima metode (immersion, inverted, vietnam drip, moka pot dan seduh kopi tubruk) menggunakan alat penyeduh kopi sesuai dengan standar barista yang berlaku.


Tujuan Khusus Pelatihan

Setelah mengikuti pelatihan, peserta mampu:

1. Memahami pengenalan profesi Barista, meliputi: Pemahaman Profesi Barista, Perkembangan Barista, Tugas & Tanggung Jawab Seorang Barista¸ Cara Menjadi Barista ber-Karakteristik, dan pengetahuan Dasar Minuman Non Alkohol

2. Memahami grooming dan attitude barista meliputi: Personal Hygiene (Kesehatan Pribadi), Pemahaman grooming, Nilai Nilai moral, norma norma yang mendorong kualitas etika. (Grooming), Pentingnya Etika & Etiket di dalam bekerja. (Grooming), Cara Mengekspresikan Etika dalam hubungan sehari hari. (Grooming), Dasar Dasar Etiket. (Grooming), Standart Grooming Barista, Contoh penampilan diri yang baik untuk barista, Jenis grooming (grooming statis dan grooming dinamis) dan Peran penting attitude dalam dunia kerja

3. Memahami dan menganalisis cara untuk menangai situasi konflik, meliputi: Definisi Konflik, Ciri-ciri dan Faktor-faktor Konflik, Akibat-akibat Konflik, Cara analisis ketidak puasan pelanggan, Penyelesaian Konflik, Cara menanggapi komplain pelanggan serta Tips & Trik Mendapatkan Review Baik

4. Memahami proses Sanitasi, Hygiene dan Keselamatan Kerja Bidang Makanan, meliputi: Keselamatan dan kecelakaan kerja, Api dan kebakaran, Alat pelindung diri, Kesehatan kerja, Penyakit akibat kerja, Hygiene dan sanitasi makanan serta Resiko hygiene (kerusakan makanan )

5. Memahami cara untuk mengelola bahan baku, meliputi: Sejarah kopi, Jenis - jenis kopi di indonesia (arabika, robusta, liberika, exselsa, stenophylla), Keunikan & Penyebaran Kopi Robusta di Indonesia, Keunikan & Penyebaran Kopi Arabica di Indonesia, Keunikan & Penyebaran Kopi Liberika di Indonesia, Keunikan & Penyebaran Kopi Exselsa di Indonesia, Pengaruh Ketinggian, Penanaman Kopi pada rasa kopi, Karakteristik ragam varietas biji kopi, Proses pasca panen (dry proses, honey proses, wet proses), Perbedaan antara kopi robusta dan arabica, Pengenalan Cupping, Mengenali kopi rusak menggunakan metode cupping dan Menyimpan bahan baku dengan benar

6. Melayani dan menangani pelanggan secara profesional, meliputi: Pemahaman Keluhan Pelanggan, Bentuk Penyampaian Keluhan Pelanggan, Proses Penanganan Keluhan Pelanggan, Menentukan standar pelayanan., konsep pelayanan secara umum serta Pencegahan Terjadinya Keluhan Pelanggan di Masa Depan

7. Melayani serta menganalisis cara untuk menangai situasi konflik pelanggan secara profesional, meliputi: Definisi Konflik, Ciri-ciri dan Faktor-faktor Konflik, Akibat-akibat Konflik, Cara analisis ketidak puasan pelanggan, Penyelesaian Konflik, Cara menanggapi komplain pelanggan serta Tips & Trik Mendapatkan Review Baik

8. Mempraktekkan cara mengelola peralatan dan perlengkapan, meliputi: Mempersiapkan area kerja, Menyiapkan peralatan & perlengkapan, Memeriksa peralatan & perlengkapan dan Memelihara peralatan & perlengkapan

9. Mempraktekkan cara untuk mengoperasikan peralatan, meliputi: Manual brew, mengenal alat & tehnik pembuatan, Jenis-jenis espresso (ristretto, espresso, lungo), Dose bean atau ukuran gilingan, Pengertian latte art dan macam-macam latte art, Penggunan jenis susu untuk pembuatan latte, froating milk dan teknik pouring serta Flushing mesin setelah penggunaan dan contoh mesin yang jarang dibersihkan

10. Membuat variasi minuman racikan kopi, meliputi: Membuat minuman kopi dengan metode V60, Membuat minuman kopi dengan metode tubruk dan merasakan aroma kopi dan mencicipi, Membuat minuman kopi dengan metode immersion, Membuat minuman kopi dengan metode moka pot, Membuat minuman kopi dengan metode vietnam drip, Membuat minuman kopi dengan metode aeropress, Membuat minimunan kopi dengan teknik manual dengan metode moka pot dan pembuatan latte art serta Membuat minuman kopi dengan espresso dengan metode kompresor dan pembuatan latte art


Aspek Kompetensi: Pengetahuan (Knowledge)

1. Mengelola Bahan Baku

2. Mengelola peralatan dan perlengkapan kopi

3. Menggunakan dan mengoperasikan macam-macam peralatan kopi


Aspek Kompetensi: Keterampilan (Skill)

1. Mendiskripsikan dan mengimplementasikan menjadi barista yg handal

2. Menerapkan grooming dan penampilan barista

3. Mampu membuat dan meracik berbagai macam Minuman Kopi dengan metode Manual Brew, V60, tubruk, moka pot, vietnam drip, aerospress dan lain lain

4. Menyusun dan Mengelola peralatan dan perlengkapan barista

5. Mampu memberikan penjelasan dan menyelesaikan permasalahan pelanggan


Aspek Kompetensi: Sikap (Attitude)

1. Pentingnya komunikasi yang baik dengan konsumen

2. Pentingnya pelayanan yang baik pada konsumen

3. Pentingnya ketelitian dalam mengelola bahan baku dan perlengkapan kopi


Kelompok Sasaran

Usia minimum 18 tahun

Usia maksimum 65 tahun


Durasi Per Sesi

1/ 09.00 - 12.00 WIB 1/ 13.00 - 16.00 WIB 1/ 17.00 - 20.00 WIB 

● Pelatihan Pengenalan Profesi Barista 90 menit

● Pelatihan Grooming dan Attitude Barista 90 menit

2/ 09.00 - 12.00 WIB 2/ 13.00 - 16.00 WIB 2/ 17.00 - 20.00 WIB

● Pelatihan Mengelola Bahan Baku 90 menit

● Pelatihan Mengelola Peralatan dan Perlengkapan 90 menit

3/ 09.00 - 12.00 WIB 3/ 13.00 - 16.00 WIB 3/ 17.00 - 20.00 WIB

● Pelatihan Mengoperasikan Peralatan 90 menit

● Praktek Racikan Kopi  90 menit

4/ 09.00 - 12.00 WIB 4/ 13.00 - 16.00 WIB 4/ 17.00 - 20.00 WIB 

● Praktek Racikan Kopi 90 menit

● Pelatihan Menangani Pelanggan 90 menit

5/ 09.00 - 12.00 WIB 5/ 13.00 - 16.00 WIB 5/ 17.00 - 20.00 WIB

● Pelatihan Menangani Situasi Konflik 90 menit

● Sanitasi, Hygiene dan Keselamatan Kerja Bidang Makanan 90 menit


Total Durasi

900 menit


Kapasitas Peserta

150 peserta


Metode Pembelajaran

Daring


Metode Evaluasi
1. Pre Test

2. Quiz

3. Post Test


Unjuk Keterampilan

Peserta dipersilahkan mempersiapkan peralatan dan produk yang akan digunakan. Buatlah satu video dengan durasi 5 menit yang menampilkan cara pembuatan minimal satu kreasi minuman dengan bahan dasar kopi. silahkan mengirimkan video dengan ukuran maksimal 10mb ke alamat email: cs.bencoolencoffee@gmail.com


Jenis/Klasifikasi Sertifikat

Sertifikat Penyelesaian


Jadwal Pelatihan

1. 12-02-2023 s.d. 17-02-2023

2. 19-02-2023 s.d. 24-02-2023

3. 26-02-2023 s.d. 03-03-2023

4. 05-03-2023 s.d. 10-03-2023

5. 12-03-2023 s.d. 17-03-2023

6. 19-03-2023 s.d. 24-03-2023

7. 26-03-2023 s.d. 31-03-2023

8. 02-04-2023 s.d. 07-04-2023

9. 09-04-2023 s.d. 14-04-2023

10. 16-04-2023 s.d. 21-04-2023

11. 23-04-2023 s.d. 28-04-2023

12. 30-04-2023 s.d. 05-05-2023

13. 07-05-2023 s.d. 12-05-2023

14. 14-05-2023 s.d. 19-05-2023

15. 21-05-2023 s.d. 26-05-2023

16. 28-05-2023 s.d. 02-06-2023


Profil Pengajar

Andry Priyanto

Freelance Pengawas Produksi PT Kopi Ori Indonesia 2017 -2021

Bertugas menjadi seorang pengawas produksi untuk semua pengolahan produk kopi yang di produksi perusahaan yang mana PT. Kopi Ori Indonesia merupakan perusahaan retail yang memasarkan produk kopi


Panduan Redeem Voucher

1. Setelah melakukan pembelian kelas peserta akan mendapatkan Redeem Code dan juga Kode Voucher.

2. Masuk pada website https://prakerja.cybersacademy.id/

3. Setelah Beranda website terbuka lakukan Pendaftaran dengan menekan tombol Daftar pada bagian kanan atas, isi lengkap kolom yang tersedia, lalu cheklis Saya setuju dengan ketentuan & persyaratan dan lanjut klik tombol Mendaftar pada bagian bawah form.

4. Atau anda bisa melakukan login langsung tanpa mendaftar menggunakan akun Google maupun akun Facebook pada halaman Login/Masuk

5. Setelah pendaftaran dan login berhasil Kembali ke halaman beranda dengan menekan logo Cybers Academy pada bagian atas website atau tombol beranda pada bagian menu. Lalu cari kelas dengan judul yang sesuai anda beli sebelumnya dengan cara mengisi kolom pencarian yang ada pada beranda website ataupun scroll halaman kebawah.

6. Setelah kelas ditemukan, cari tombol Masukan ke Keranjang. Jika Berhasil maka otomatis pada bagian kanan atas icon troli akan aktif.

7. Setelah masuk ke menu keranjang lakukan penukaran Kode Voucher pada bagian Kupon dan lanjut tekan tombol Mengesahkan untuk melakukan penukaran Kode Voucher.

8. Setelah Berhasil selanjutnya akan diarahkan ke halaman Profil/Panel buka menu Pelatihan > Pembelian Saya atau dapat langsung melalui link: https://prakerja.cybersacademy.id/panel/webinars/purchases pada bagian kelas akan ada kolom input untuk Redeem Code, masukan Redeem Code yang sudah didapat saat pembelian lalu tekan Masuk ke halaman belajar, bila Redeem Code valid dan penukaran sukses akan otomatis diarahkan pada halaman kelas berisi segment mengikuti webinar dan pengerjaan soal.


Kontak Lembaga Pelatihan

+62 896-3075-1495 CS bencoolen



Info Lainnya

Benefit yang Didapat:

  • Link Webinar
  • Tes Evaluasi Pelatihan
  • Sertifikasi Penyelesaian

Materi Pelatihan

Pilihan Event

Kursus ini belum memiliki Event

Rating & Ulasan

0

5.0

/5

(2 Rating)

profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
course thumbnail

Rp1.500.000

Benefit yang Didapat:

  • Link Webinar
  • Tes Evaluasi Pelatihan
  • Sertifikasi Penyelesaian
logo pijarmahir

Powered By

logo telkom

WhatsApp

0812 8899 9576

Email

info@pijarmahir.id

Ikuti Kami di

InstagramLinkedinFacebookTwitter

Download Sekarang

Play Store

Layanan Pengaduan Konsumen

Gedung Telkom Direktorat Business and Technology

Jl. Prof. DR. Soepomo No.139, RT.13/RW.2, Tebet Bar., Kec. Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12810

Kontak Pelanggaran Usaha

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan Republik Indonesia

Whatsapp: 0853 1111 1010

©2020-2024 Pijar Mahir. All Right Reserved