Menjadi Kasir dan Bekerja di Bidang Pelayanan
Pembelajaran Mandiri
Menjadi Kasir dan Bekerja di Bidang Pelayanan
Highlight
Info Penting Kursus di Mitra Pelatihan
- Kursus ini akan sepenuhnya Anda kerjakan di platform Mitra Pelatihan
- Kami akan memberimu Kode Kursus untuk Anda tukarkan di platform Mitra Pelatihan
- Sertifikat dari kursus ini juga hanya akan Anda terima di platform Mitra Pelatihan
Detail Pelatihan
Deskripsi Pelatihan
Lowongan kerja kasir akan selalu ada karena kasir memegang peran penting dalam keberlangsungan toko ritel modern. Pekerjaan ini memiliki tanggung jawab untuk menjalankan proses penjualan dan pembayaran di toko ritel modern. Selain itu, pekerjaan ini juga membutuhkan kemampuan untuk melayani pelanggan dengan baik, seperti dengan cara memberikan informasi produk yang dibutuhkan pelanggan, membantu pelanggan untuk dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan mereka, dan menyelesaikan permasalahan yang ditemui pelanggan dalam proses transaksi jual beli. Oleh karena itu, kelas ini dirancang agar peserta belajar mampu menguasai kompetensi menjadi kasir dengan pelayanan terbaik.
Di dalam kelas ini, peserta akan belajar bagaimana seorang kasir menangani transaksi penjualan, membantu dalam penataan barang, melakukan serangkaian proses stok opname, dan belajar bagaimana membentuk sikap dan penampilan kasir. Selain itu, peserta juga akan mendapatkan materi tentang teknik-teknik untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan, dan cara berkomunikasi dengan bahasa Inggris dasar ketika mereka menjumpai calon pelanggan yang berasal dari negara lain.
Setelah mengikuti kelas ini, peserta diharapkan untuk mampu menerapkan cara kerja yang dibutuhkan oleh seorang kasir dengan layanan terbaik.
Tujuan Umum Pelatihan
Setelah menyelesaikan video dan PDF serta mengerjakan tes, peserta mampu melakukan keterampilan dan cara kerja yang dibutuhkan oleh seorang kasir dengan layanan terbaik.
Tujuan Khusus Pelatihan
1 membandingkan perbedaan sistem POS dan cash register
2 menjabarkan keterampilan yang dibutuhkan dalam menjalankan transaksi penjualan
3 menerapkan keterampilan yang dibutuhkan dalam transaksi penjualan
4 mensimulasikan cara kerja dari transaksi penjualan
5 melakukan penawaran promo barang dan pengemasan barang
6 menerapkan keterampilan dan cara kerja dalam menata barang
7 menerapkan keterampilan dan cara kerja selama proses stock opname
8 menerapkan sikap yang harus dimiliki oleh seorang kasir
Aspek Kompetensi: Pengetahuan (Knowledge)
1. Mengenal okupasi kasir dan bekerja di bidang pelayanan
2. Mengetahui cara menggunakan mesin kasir
3. Memahami cara menjual produk dan berinteraksi dengan pelanggan ritel
Aspek Kompetensi: Keterampilan (Skill)
1. Mengoperasikan mesin kasir
2. Menawarkan promo
3. Menata barang dagangan
Aspek Kompetensi: Sikap (Attitude)
1. Patuh terhadap Standard Operating Proced
2. Teliti dan berhati-hati saat menggunakan peralatan sesuai dengan petunjuk penggunaan
3. Komunikatif saat berkomunikasi dengan pelanggan
1. Minimal pendidikan SMA/SMK/sederajat
2. Memiliki ketertarikan berkarir sebagai kasir atau customer service
3. Pemilik atau penjaga toko
Durasi Per Sesi
Bab 1 Pengenalan Profesi Kasir (07:22)
Bab 2 Transaksi Penjualan (01:00:10)
Bab 3 Penataan Barang (19:56)
Bab 4 Stock Opname (10:28)
Bab 5 Sikap dan Penampilan Kasir (07:50)
Bab 6 Melamar Menjadi kasir (18:46)
Bab 7 Mengenal Customer Service (17:53)
Bab 8 Memahami Sudut Pandang Pelanggan (14:02)
Bab 9 Memberikan Pelayanan Terbaik (06:24)Bab 10 Membangun Keakraban dengan Pelanggan (15:52)
Bab 11 Memahami Kebutuhan dan Keinginan Pelanggan (17:43)
Bab 12 Menghadapi Ekspektasi Pelanggan (13:20)
Bab 13 Menghadapi Masalah Pelanggan (18:09)
Bab 14 Percakapan Dasar untuk Berkomunikasi (01:33;58)
Bab 15 Berkomunikasi dengan Konsumen (11:07)
Total Durasi
363 menit
Kapasitas Peserta
Unlimited
Level Pelatihan
Basic
Metode Pembelajaran
Self Paced Learning: Metode ajar yang digunakan adalah menggunakan kombinasi antara ceramah interaktif, peragaan (demonstration), video animasi dan putar video.
Metode Evaluasi
1. Pre Test
2. Post Test
3. Formative Test
4. Tugas Praktik
Jenis/Klasifikasi Sertifikat
Sertifikat Penyelesaian, Sertifikat Kompetensi Lulus
Jadwal Mingguan Konsultasi dengan Tenaga Pelatih
Jumat, jam 16.00-17.00 WIB
1. Gana Pratama*
Gana Pratama sudah berkecimpung di dunia retail kurang lebih 6 tahun dan sekarang ini menjabat sebagai store general manager di salah satu perusahaan retail terbesar di Indonesia. Sebelumnya, Gana pernah menjabat pada posisi yang sama di perusahaan retail besar lainnya, yaitu Ranch Market. Melalui kelas ini, Gana akan membagi ilmu untuk para calon kasir agar bisa sukses dalam pekerjaannya sehari-hari.
2. Putri Lisa Erdiyanti
Lisa merupakan trainer Skill Academy yang juga adalah Mpok Kota Bekasi 2017 dan Mojang Pinilih Jawa Barat 2018. Selain aktif mengikuti ajang kompetisi, Lisa juga pernah menjadi Professional Dancer dalam acara Asian Games 2018. Dan sekarang ini, Lisa bekerja sebagai Commercial Operations di Lazada. Lisa akan berbagi pengetahuan mengenai pengembangan diri dalam lingkungan profesional di kelas-kelas Skill Academy.
3. Sekar Krisnauli
Sekar Krisnauli, atau yang kerap disapa Sekar adalah lulusan dari Boston University (2018). Sekar memang menekuni dunia tulis menulis. Bakatnya tersebut membawa Sekar memiliki berbagai pengalaman kerja di bidang jurnalistik, seperti di The Jakarta Post, The Daily Free Press, ABC News, Back Bay Publishing Company, Sekar Krisnauli juga pernah bekerja sebagai Public Relations Lead di Ruangguru.
1. Kunjungi website www.skillacademy.com atau download Aplikasi Skill Academy di Play Store
2. Pilih “Masuk” apabila sebelumnya sudah mendaftar akun Skill Academy atau pilih “Daftar” jika sebelumnya Anda belum pernah mendaftar akun Skill Academy
3. Klik "Tukarkan" pada bagian penukaran voucher di homepage atau halaman prakerja
4. Masukkan kode voucher yang sudah Anda dapatkan dari Pijar Mahir lalu klik "Gunakan Voucher"
5. Setelah penukaran berhasil silakan klik ''Lihat Kelas'' atau cek pada bagian “Kelas Saya” untuk mengikuti kelasnya
6. Selamat Anda dapat
langsung mulai belajar dan mengikuti pelatihan di Skill Academy
Kontak Lembaga Pelatihan
Tel :
021-4000-8000
Email: info@skillacademy.com
Info Lainnya
Materi Pelatihan
Materi
Rating & Ulasan
4.8
/5
(1134 Rating)
0
0
0
0
0
Rp515.000