Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Menjadi Pengemudi Sepeda Motor (Ojek) di Era Digital

Pembelajaran Mandiri

Menjadi Pengemudi Sepeda Motor (Ojek) di Era Digital

Oleh: STUDiLMU -

Pelatihan di STUDiLMU -

0

4.9(2K)
1545 Peserta

Highlight

Info Penting Kursus di Mitra Pelatihan

  • Kursus ini akan sepenuhnya kamu kerjakan di platform Mitra Pelatihan
  • Kami akan memberimu Kode Kursus untuk kamu tukarkan di platform Mitra Pelatihan
  • Sertifikat dari kursus ini juga hanya akan kamu terima di platform Mitra Pelatihan

Detail

Deskripsi Pelatihan

Menurut data yang dilansir oleh DaraReportal, pada Januari 2021, jumlah pengguna internet di Indonesia mencapai 202,6 juta pengguna. Jumlah pengguna internet ini melingkupi sekitar 73,7% dari total penduduk Indonesia yang berjumlah 274,9 juta penduduk. Ditambah lagi, pengguna internet pada Januari 2021 ini menunjukkan pertambahan 15,5% jika dibandingkan dari Januari 2020.

Secara lebih spesifik, jumlah pengguna jasa transportasi online pada Januari 2021 mencapai 15,79 juta pengguna. Tentunya ini bukan jumlah yang sedikit. Dengan kecenderungan pengguna internet yang terus meningkat, maka jumlah pengguna jasa transportasi online juga akan cenderung meningkat. Hal ini tentunya akan menjadi kesempata yang sangat baik bagi para pengemudi ojek di era digital.

Dalam course ini, Anda akan belajar mengenal profesi pengemudi ojek, mempersiapkan perlengkapan untuk mengangkut penumpang, sampai ke lokasi tujuan dengan aman dan selamat, memberikan pelayanan pelanggan yang prima kepada penumpang, serta melakukan negosiasi untuk mencapai tarif perjalanan yang disepakati bersama.


Tujuan Umum Pelatihan

Tujuan umum dari course ini adalah peserta mampu mengemudikan kendaraan bermotor roda dua untuk mengangkut penumpang dalam kota sesuai dengan rute dan tujuan, serta menarik tarif perjalanan yang telah disepakati.


Tujuan Khusus Pelatihan

1. Menyebutkan tanggung jawab pengemudi ojek

2. Menyebutkan sikap kerja yang perlu dikembangkan oleh pengemudi ojek

3. Mempersiapkan perlengkapan yang perlu dimiliki oleh pengemudi ojek dalam mengangkut penumpang

4. Menjelaskan teknik berkendara untuk memastikan keselamatan penumpang

5. Menggunakan peta digital (Google Maps) dalam navigasi jalur tujuan penumpang

6. Menjelaskan teknik mengingat rute/jalur perjalanan

7. Menjelaskan tipe rambu lalu lintas beserta dengan fungsi dan ciri-cirinya

8. Menjelaskan definisi layanan pelanggan

9. Menjelaskan manfaat layanan pelanggan yang baik

10. Menjelaskan tingkat layanan pelanggan

11. Membuat rencana layanan penumpang sesuai dengan elemen layanan pelanggan (RATER)

12. Menjelaskan teknik menangani keluhan pelanggan

13. Menjelaskan teknik menghadapi pelanggan yang sulit

14. Menjelaskan penentuan tarif yang berlaku dan sesuai dengan kebutuhan pelanggan

15. Melakukan negosiasi untuk mencapai kesepakatan tarif dengan pelanggan

16. Menjelaskan contoh pengemudi ojek yang baik


Aspek Kompetensi: Pengetahuan (Knowledge)

1. Tanggung jawab pengemudi ojek

materi: sikap kerja dan tanggung jawab pengemudi sepeda motor (ojek)

2. Sikap kerja yang perlu dikembangkan oleh pengemudi ojek

materi: sikap kerja dan tanggung jawab pengemudi sepeda motor (ojek)

3. perlengkapan yang perlu dimiliki oleh pengemudi ojek dalam mengangkut penumpang

materi: perlengkapan pengemudi sepeda motor (ojek) untuk mengangkut penumpang

4. Teknik berkendara untuk memastikan keselamatan penumpang

materi: menjaga keselamatan penumpang dalam perjalanan

5. Teknik mengingat rute/jalur perjalanan

materi: mengingat rute/jalur perjalanan

6. Tipe rambu lalu lintas beserta dengan fungsi dan ciri-cirinya

materi: memahami rambu lalu lintas

7. Definisi layanan pelanggan

materi: definisi layanan pelanggan

8. Manfaat layanan pelanggan yang baik

materi: manfaat layanan pelanggan yang baik

9. Tingkat layanan pelanggan

materi: tingkatan kepuasan pelanggan

10. Teknik menangani keluhan pelanggan

materi: menangani keluhan pelanggan

11. Teknik menghadapi pelanggan yang sulit

materi: menghadapi pelanggan sulit

12. Penentuan tarif yang berlaku dan sesuai dengan kebutuhan pelanggan

materi: menentukan tarif yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan

13. Contoh pengemudi ojek yang baik

materi: contoh pengemudi sepeda motor (ojek) yang baik


Aspek Kompetensi: Keterampilan (Skill)

1. Menggunakan peta digital (Google Maps) dalam navigasi jalur tujuan penumpang

materi: membaca peta digital

2. Membuat rencana layanan penumpang sesuai dengan elemen layanan pelanggan (RATER)

materi: elemen layanan pelanggan

3. Melakukan negosiasi untuk mencapai kesepakatan tarif dengan pelanggan

materi: melakukan negosiasi tarif untuk mencapai kesepakatan


Aspek Kompetensi: Sikap (Attitude)

1. Tekun

materi: sikap kerja dan tanggung jawab pengemudi sepeda motor (ojek)

2. Disiplin

materi: sikap kerja dan tanggung jawab pengemudi sepeda motor (ojek)

3. Empati

materi: menangani keluhan pelanggan


Kelompok Sasaran

1. Pengemudi ojek, baik pengemudi ojek pangkalan maupun pengemudi ojek online

2. Setiap orang yang beraktivitas dengan menggunakan sepeda motor

3. Tingkat Pendidikan: minimal SMA/SMK/yang setara


Durasi Per Sesi

1. Mengenal Profesi Pengemudi Speda Motor (Ojek) 60 menit

2. Mengemudikan sepeda motor untuk mengangkut penumpang 42 menit

3. Mengantarkan penumpang dalam kota sesuai rute dan tujuan 55 menit

4. Menciptakan kepuasan pelanggan melalui pelayanan prima 150 menit

5. Menarik tarif sesuai kesepakatan pelanggan 65 menit


Total Durasi

372 Menit


Kapasitas Peserta

Unlimited


Profil Pengajar

Alberto Christopher, S.T.

Dengan latar belakang pendidikan chemical engineering dari Universitas Indonesia ini, Berto adalah sosok yang aktif dan senang berkomunikasi. Semasa studi pun, Berto sudah aktif berbagi ilmu yang dimilikinya bersama para dosen di kampusnya. Tidak hanya itu, Berto juga sering membawakan acara pada beberapa event team building. Pengalamannya mengajar di depan kelas dan memimpin berbagai event team building membawa Berto untuk berkecimpung di bidang training and people development. Mengawali karirnya sebelum bergabung di Studilmu BusinessGrowth, Berto merupakan seorang leader pada lini produksi di PT CS2 Pola Sehat (Orang Tua Group). Tidak hanya berkutat dengan data dan laporan, pengalamannya sebagai leader pada lini produksi membuat Berto terbiasa untuk berkomunikasi dengan berbagai macam karyawan dan cukup familiar dengan kondisi lapangan. Semasa kerjanya pun Berto telah mengikuti berbagai macam pembelajaran leadership sehingga Berto memiliki kemampuan berpikir kritis yang baik dan pola pikir problem solving yang luar biasa. Sebagai fasilitator Studilmu BusinessGrowth, Berto telah berpengalaman melayani berbagai kelas dengan perusahaan-perusahaan besar di Indonesia. Berto dikenal sebagai fasilitator yang energik dan lugas dalam memfasilitasi pembelajaran peserta di kelas melalui pengalaman-pengalaman yang pernah beliau jalani.

Heria Windasuri, S.I.Kom.

Heria Windasuri (Winda) mengawali karir dengan bersentuhan langsung dengan pelanggan, dunia pemasaran, dan layanan pelanggan. Dengan latar belakang dunia otomotif, Winda berpengalaman belasan tahun di berbagai bidang, antara lain pemasaran bagi brand yamaha. Dengan pengalamannya tersebut, Winda kemudian dipercaya bergabung dalam tim Honda Customer Care Center di salah satu dealer utama. Tidak hanya mengemban spesialisasi dalam penanganan keluhan, pemeliharaan tingkat layanan jaringan, dan program retensi pelanggan, Winda juga merambah area pengembangan manusia dan bertanggung jawab atas pelatihan dan pembekalan seluruh garda depan Honda area Lampung. Hingga sebelum bergabung bersama BusinessGrowth sebagai fasilitator, Winda dipercaya sebagai Customer Care Department Head di Honda Four Wheels. Winda telah mengajar di beberapa perusahaan antara lain Bank Indonesia, PT Astra International Tbk, PT Bank Ekonomi Raharja Tbk, PT Asuransi Jiwa Sinarmas MSIG, PT Panin Dai-Chi Life, PT Bussan Auto Finance, dan lainnya. Beberapa sertifikasi yang dimiliki penulis adalah: Service Excellence for Network Train the Trainer Customer Relation Officer Programme – Certified Trainer for Wileys Everything DiSC. Winda juga menulis buku Excellent Service: The Secrets of Building a Service Organization (Gramedia Pustaka Utama, 2016).


Jadwal Mingguan Konsultasi dengan Tenaga Pelatih

Setiap Jumat, 17.00 – 18.00 WIB


Level Pelatihan 
Basic / Tingkat Dasar


Panduan Redeem Voucher

1. Download aplikasi STUDiLMU for Business & Prakerja di Play Store / AppStore. Silakan Download Aplikasi STUDiLMU di Play Store (https://bit.ly/STUDiLMU-Android) atau App Store (https://bit.ly/STUDiLMU-iOS)

2. Buka aplikasi STUDiLMU, pilih “PRAKERJA” lalu pilih “DAFTAR” untuk penukaran voucher pertama kali. Masukan data-data yang diperlukan di sana.

3. Masukkan kode voucher yang sudah dibeli. Salin tempel/Copy paste langsung dari akun kakak di sana ke kode voucher yang kakak isi (sebaiknya jangan mengetik lagi, tapi langsung kopi dari sumbernya).

4. Setelah Anda berhasil masuk, silahkan Anda pilih kursus tersedia. Lalu klik mulai kursus untuk memulai pelatihan Anda. Selanjutnya jika Anda akan melanjutkan pelatihan di kemudian hari. Maka Anda dapat temukan pelatihan aktif Anda pada pilihan kursus yang diambil.


Kontak Lembaga Pelatihan

WhatsApp: 081338387750

E-Mail: cs.prakerja@studilmu.com

Telegram: @STUDiLMU1


Materi Pelatihan

0 Materi

Rating & Ulasan

0

4.9

/5

(1500 Rating)

profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
course thumbnail

Rp400.000

Benefit yang Didapat:

  • Video Pelatihan
  • Dokumen Pelatihan
  • Tes Evaluasi Pelatihan
  • Sertifikasi Penyelesaian
logo pijarmahir

Powered By

logo telkom

WhatsApp

0812 8899 9576

Email

helpdesk@pijarmahir.id

Ikuti Kami di

InstagramLinkedinFacebookTwitter

Download Sekarang

Play Store

Layanan Pengaduan Konsumen

Gedung Telkom Direktorat Business and Technology

Jl. Prof. DR. Soepomo No.139, RT.13/RW.2, Tebet Bar., Kec. Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12810

Kontak Pelanggaran Usaha

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan Republik Indonesia

Whatsapp: 0853 1111 1010

©2020-2022 Pijar Mahir. All Right Reserved