Menjadi Pramusaji Handal untuk Usaha Restoran (Luring) Kota Jakarta
Kelas Offline
Menjadi Pramusaji Handal untuk Usaha Restoran (Luring) Kota Jakarta
Oleh: Edukasi Masa Depan
Pelatihan di Jakarta
Highlight
Info Penting Kursus di Mitra Pelatihan
- Kursus Offline ini merupakan kursus tatap muka yang mewajibkan kehadiran peserta secara fisik dan tidak boleh diwakilkan pada lokasi pelatihan yang telah dipilih
- Mohon perhatikan jadwal lokasi kota & tempat yang hendak dipilih, karena jadwal yang telah dipilih tidak dapat diubah
- Kami akan memberimu Kode Kursus untuk Anda tukarkan di platform Mitra Pelatihan
- Sertifikat dari kursus ini juga hanya akan Anda terima di platform Mitra Pelatihan
Detail Pelatihan
Deskripsi Pelatihan
Orang yang akan bekerja di restoran khususnya posisi server atau pramusaji harus menguasai teknik pelayanan di restoran. Banyak keluhan yang terjadi terhadap pelayanan restoran dikarenakan staff tidak menguasai teknik pelayanan yang baik dan benar di restoran, sehingga hal ini dapat mempengaruhi pandangan pelanggan terhadap restoran tersebut dan dapat mempengaruhi omset yang didapat. Oleh karena itu pelatihan ini penting diikuti oleh orang yang tertarik berprofesi sebagai pramusaji restoran.
Tujuan Umum Pelatihan
Peserta mampu menjadi Pramusaji Handal, dengan menjalani teknik-teknik dan prosedur yang diajarkan dimulai dari sistem pelayanan restoran, pengenalan jenis dan fungsi peralatan di restoran, persiapan pelayanan hingga teknik penyajian makanan dan minuman sesuai standar nasional hotel dan restoran. Peserta mampu menjalankan setidaknya 75 persen teknik dan prosedur tersebut.
Tujuan Khusus Pelatihan
1. Peserta mampu menyediakan layanan makanan dan minuman
2. Peserta mampu menyajikan makanan
3. Peserta mampu melakukan kerjasama dengan kolega dan pelanggan
4. Peserta mampu melakukan kerja dalam lingkungan sosial yang beragam
5. Peserta mampu mengikuti prosedur kesehatan, keselamatan dan keamanan di tempat kerja
6. Peserta mampu melakukan praktek penanganan pangan yang aman
Aspek Kompetensi: Pengetahuan (Knowledge)
1. Membuat hipotesis mengenai pengertian dan tujuan dari pelayanan yang baik
2. Menganalisis perbedaan dari system pelayanan restoran
3. Mengimplementasikan peralatan alat makan dan furniture yang digunakan dalam kegiatan operasional sehari-hari
4. Melakukan persiapan pelayanan sebelum pelanggan datang ke restoran
5. Melakukan langkah-langkah bagaimana cara menyajikan makanan dan minuman
6. Membangun kepercayaan diri dalam bekerja dengan menjaga penampilan, mengembangkaan diri dan menjaga kerjasama tim
7. Mengimplementasikan langkah-langkah bagaimana menangani pelanggan dari mulai masuk sampai dengan keluar restoran
8. Melaksanakan bagaimana menjaga food safety dilingkungan pekerjaan
Aspek Kompetensi: Keterampilan (Skill)
1. Mengikuti langkah-langkah bagaimana menciptakan pelayanan yang baik, agar tercapainya kepuasan pelanggan
2. Mengikuti apa yang menjadi standard pelayanan yang baik dari table service, self service dan counter service
3. Menata area pelayanan sesuai dengan jenis dan fungsi peralatan yang digunakan
4. Mengikuti langkah-langkah di dalam mempersiapkan area kerja yang akan digunakan
5. Mengikuti langkah-langkah bagaimana cara menyajikan makanan dan minuman dengan baik
6. Melakukan penyesuaian standard grooming sesuai dengan kebutuhan ditempat kerja
7. Mengikuti langkah-langkah melakukan pelayanan dan menangani keluhan kepada pelanggan
8. Mengikuti aturan-aturan yang ada, agar food safety dilingkungan pekerjaan tetap terjaga
Aspek Kompetensi: Sikap (Attitude)
1. Membedakan antara pengertian dan apa yang menjadi tujuan dari pelayanan yang baik
2. Membedakan pelayanan restoran table service, self service & counter service
3. Membedakan jenis dan fungsi dari peralatan makan yang digunakan
4. Mematuhi aturan dalam persiapan area kerja sebelum melakukan pelayanan
5. Mendemonstrasikan teknik yang digunakan dalam menyajikan makanan dan minuman
6. Menunjukan penampilan diri/grooming yang baik pada saat melakukan pekerjaan
7. Menunjukan bagaimana melakukan urutan pelayanan dan bagaimana menangani keluhan pelanggan
8. Menjelaskan pentingnya menjaga food safety dan faktor-faktor yang mempengaruhinya
Kelompok Sasaran
- Minimal Usia 18 - 50 Tahun
- Sehat jasmani dan rohani
- Tidak dibutuhkan pengalaman khusus
- Mampu mengikuti pelatihan dengan baik
- Memiliki ketertarikan di bidang food & beverage
Informasi Tambahan:
Perlengkapan dan fasilitas disediakan oleh Edukasi Masa Depan
Durasi Per Sesi
1 / 08.00 - 09.00. Pembukaan : 60 menit
1 / 09.00 - 10.00 WIB. Pengenalan Mengenai Pelayanan (Service) di Restoran : 60 menit
1 / 10.00 - 11.15 WIB. Sistem Pelayanan Restoran : 75 menit
1 / 11.15 - 12.00 WIB. Pengenalan Jenis dan Fungsi Peralatan Restoran : 45 menit
1 / 13.00 - 14.25 WIB. Persiapan Pelayanan : 85 menit
1 / 14.25 - 15.30 WIB. Teknik Penyajian Makanan dan Minuman : 65 menit
1 / 15.45 – 16.45 WIB. Kepribadian : 60 menit
2 / 08.30 - 10.15 WIB. Pelayanan (Hospitality) : 105 menit
2 / 10.15 - 12.00 WIB. Basic Food Safety Part 1 : 105 menit
2 / 14:00 - 14:55 WIB. Basic Food Safety Part 2 : 55 menit
2 / 15.30 - 17.30 WIB. Unjuk Keterampilan : 120 menit
2 / 17.30 - 17.45 WIB. Penutupan : 15 menit
Total Durasi
915 menit
Kapasitas Peserta
20
Metode Pembelajaran
Luring
Metode Evaluasi
1. Pre Test
2. Quiz
3. Post Test
Unjuk Keterampilan
Di akhir pelatihan, peserta akan diuji untuk melakukan role play (bermain peran) sebagai pramusaji. Alat peraga disiapkan oleh penyelenggara pelatihan. Masing-masing mempraktikkan seluruh urutan pelayanan, mulai dari customer datang ke restoran, cara menyapa, memberikan buku menu, melakukan pengorderan, pengantaran makanan, pemberian bill sampai sapaan saat customer meninggalkan restoran.
Waktu penyelenggaraan Unjuk Keterampilan :
Dilaksanakan setelah melakukan postest dan di kumpulkan maksimal 3 hari setelah instruksi unjuk keterampilan diberikan atau setelah webinar sesi terakhir selesai dilaksanakan.
Jenis/Klasifikasi Sertifikat
Sertifikat Penyelesaian
Syarat Peserta untuk mendapatkan sertifikat :
- Peserta wajib mengikuti seluruh rangkaian pelatihan untuk mendapat Sertifikat Penyelesaian dan insentif Prakerja
- Peserta wajib mengerjakan Tugas "Unjuk Keterampilan". Penyertaan hasil "Unjuk Keterampilan" dilakukan oleh peserta maksimal 3 x 24 jam setelah instruksi diberikan, dengan tata cara penyertaan hasil yang diatur sesuai pada Instruksi Unjuk Keterampilan.
- Sertifikat akan diberikan paling lambat H+7 setelah Tenaga Pelatih memberikan nilai "Unjuk Keterampilan" yang sudah dikumpulkan peserta.
Jadwal Pelatihan
Jakarta :
04-03-2023 sd 05-03-2023
07-03-2023 sd 08-03-2023
10-03-2023 sd 11-03-2023
14-03-2023 sd 15-03-2023
18-03-2023 sd 19-03-2023
21-03-2023 sd 22-03-2023
24-03-2023 sd 25-03-2023
28-03-2023 sd 29-03-2023
01-04-2023 sd 02-04-2023
04-04-2023 sd 05-04-2023
11-04-2023 sd 12-04-2023
14-04-2023 sd 15-04-2023
Profil Pengajar
Eko Kosasih
Berpengalaman kerja di F&B kurang lebih sekitar 15 tahun,meniti karir dimulai dari posisi server,ledaer,spv,restaurant Manager sampai dengan posisi Trainer. Pengelaman tersebut yang membuat saya sangat mengerti akan kebutuhan apa saja dan kendala apa saja selama bekerja di F&B
Cara Redeem Voucher
1. Di website Pijar Mahir (https://pijarmahir.id/), klik menu profil (nama anda) pada pojok kanan atas kemudian klik menu Voucher Saya dan klik Salin Kode (atau catat kode voucher secara manual)
2. Di website Masadepan (https://masadepan.com/),login dengan username dan password anda, apabila belum mempunyai akun, silahkan signup terlebih dahulu. klik menu pelatihan pada menu bar, pilih pelatihan ingin dibeli, kemudian isi detail chekout dengan lengkap, lalu masukan kode voucher disisi kanan halaman tersebut
Panduan Redem Code Redem
- Redem kode redem dilakukan langsung di platform Edukasi Masa Depan
Kontak Lembaga Pelatihan
+62 813-8002-0113
Info Lainnya
Materi Pelatihan
Materi
Pilihan Event
Kursus ini belum memiliki Event
Rating & Ulasan
4.3
/5
(3 Rating)
0
0
0
0
0