Download di playstore

Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Menjadi Pramusaji Handal untuk Usaha Restoran

Webinar

Menjadi Pramusaji Handal untuk Usaha Restoran

Oleh: Edukasi Masa Depan

Pelatihan di Edukasi Masa Depan

0

4.8(80)
191 Peserta
Usia 18 - 50 Tahun
MinimalSMA/SMAK sederajat

Highlight

Info Penting Kursus di Mitra Pelatihan

  • Kursus ini akan sepenuhnya Anda kerjakan di platform Mitra Pelatihan
  • Kami akan memberimu Kode Kursus untuk Anda tukarkan di platform Mitra Pelatihan
  • Sertifikat dari kursus ini juga hanya akan Anda terima di platform Mitra Pelatihan

Detail Pelatihan

Deskripsi Pelatihan

Setiap orang yang akan bekerja di bidang restoran untuk posisi pelayan atau pramusaji mampu menguasai teknik pelayanan di restoran, mulai dari persiapan pelayanan, teknik penyajian makanan dan minuman, urutan pelayanan, keamanan pangan, hingga komunikasi yang efektif dalam menjalankan operasional dan pekerjaannya sehari-hari sebagai pramusaji


Tujuan Umum Pelatihan

Peserta mampu menjadi pramusaji handal dengan menjalani prosedur dan teknik yang diajarkan dimulai dari sistem pelayanan restoran, pengenalan jenis dan fungsi peralatan di restoran, persiapan pelayanan hingga teknik penyajian makanan dan minuman sesuai standar nasional hotel dan restoran. Peserta mampu menjalankan setidaknya 80% prosedur dan teknik tersebut pada saat melakukan unjuk keterampilan.


Tujuan Khusus Pelatihan

1. Peserta mampu menyediakan layanan makanan dan minuman

2. Peserta mampu mengenali jenis dan fungsi peralatan restoran 

3. Peserta mampu menyajikan makanan 

4. Peserta mampu melakukan kerjasama dengan kolega dan pelanggan 

5. Peserta mampu melakukan kerja dalam lingkungan sosial yang beragam 

6. Peserta mampu mengikuti prosedur kesehatan, keselamatan dan keamanan di tempat kerja 

7. Peserta mampu melakukan praktek penanganan pangan yang aman


Aspek Kompetensi: Pengetahuan (Knowledge)

- Pengetahuan pelayanan (service) di restoran

- Pemahaman sistem pelayanan restoran

- Pemahaman  jenis dan fungsi  peralatan restoran

- Pemahaman persiapan pelayanan

- Pemahaman teknik penyajian makanan dan minuman

- Penilaian kepercayaan diri 

- Pemahaman  urutan pelayanan

- Pengetahuan keamanan pangan

 

Aspek Kompetensi: Keterampilan (Skill)

- Memperbaiki bentuk pelayanan yang kurang baik menjadi lebih  baik

- Melakukan standar pelayanan restoran yang baik

- Menggunakan peralatan sesuai fungsi

- Mengikuti langkah-langkah dalam mempersiapkan area kerja yang akan digunakan

- Mendemonstrasikan teknik yang digunakan dalam menyajikan makanan dan minuman

- Menunjukan penampilan diri/grooming yang baik pada saat melakukan pekerjaan

- Menunjukan urutan pelayanan dan bagaimana menangani keluhan pelanggan

- Melaksanakan prinsip/ praktik food safety di lingkungan pekerjaan 


Aspek Kompetensi: Sikap (Attitude)

- Patuh terhadap aturan pelayanan yang baik

- Patuh terhadap standar pelayanan restoran yang baik

- Teliti dan hati-hati dalam menggunakan peralatan

- Patuh terhadap aturan persiapan area pelayanan

- Mengikuti langkah-langkah bagaimana cara menyajikan makanan dan minuman dengan baik

- Sadar terhadap penampilan atau performa  diri

- Patuh terhadap urutan pelayanan

- Tanggap terhadap hal yang mengancam keamanan pangan 


Kelompok Sasaran
- Pendidikan minimal SMA/SMK sederajat (min. 18 tahun)
- Sehat jasmani dan rohani
- Tidak dibutuhkan pengalaman khusus
- Mampu mengikuti pelatihan dengan baik
- Memiliki ketertarikan di bidang food & beverage


Durasi Per Sesi 
1/ 15.00 - 15.10 WIB Sesi pembuka 10 menit
1 / 15.10 -16.35 WIB Pengenalan Mengenai Pelayanan (Service) di Restoran 85 menit
1/16.35 - 18.00 WIB Pengenalan Jenis dan Fungsi  Peralatan Restora 85 menit
2/15.00- 16.30 WIB Sistem Pelayanan Restoran 90 menit
2/16.30 - 18.00 WIB Persiapan Pelayanan 90 menit
3/15.00 - 16.40 WIB Teknik Penyajian Makanan dan Minuman 100 menit
3/16.40 – 18.00 WIB Kepribadian 80 menit
4/15.00 - 18.00 WIB Pelayanan (Hospitality) 180 menit
5/15.00 - 17.55 WIB Basic Food Safety Part  175 menit

5/17.55 - 18.00 WIB Sesi Penutup 5 menit

 

Total Durasi

915 menit


Kapasitas Peserta

50


Metode Pembelajaran

Daring


Metode Evaluasi

1. Pre Test
2. Quiz
3. Post Test


Unjuk Keterampilan

Seluruh peserta membuat urutan pelayanan dimulai dari pelanggan datang sampai dengan meninggalkan area restoran dengan baik dan benar.Peserta juga mempraktikan lalu mendokumentasikan dalam bentuk video dengan minimal durasi selama 3 menit bagaimana cara menyajikan makanan atau minuman di atas meja pelanggan dengan baik dan benar,hasil dari unjuk keterampilan secara penilaian mengikuti aspek penilaian yang sudah di buat


Jenis/Klasifikasi Sertifikat

Sertifikat Penyelesaian


Syarat Peserta untuk mendapatkan sertifikat : 

- Peserta wajib mengikuti seluruh rangkaian pelatihan untuk mendapat Sertifikat Penyelesaian dan insentif Prakerja
- Peserta wajib mengerjakan Tugas "Unjuk Keterampilan". Penyertaan hasil "Unjuk Keterampilan" dilakukan oleh peserta maksimal 3 x 24 jam setelah instruksi diberikan, dengan tata cara penyertaan hasil yang diatur sesuai pada Instruksi Unjuk Keterampilan.
- Sertifikat akan diberikan paling lambat H+7 setelah Tenaga Pelatih memberikan nilai "Unjuk Keterampilan" yang sudah dikumpulkan peserta.


Jadwal Pelatihan

Batch 1 ;
1 Mei - 5 Mei 2023
Batch 2 ;
15 Mei - 23 Mei 2023
Batch 3 ;
2 Juni - 13 Juni 2023
Batch 4 ;
22 Juni - 28 Juni 2023
Batch 5 ;
3 Juli - 11 Juli 2023
Batch 6 ;
17 Juli - 25 Juli 2023


Profil Pengajar

Eko Kosasih
Merupakan profesional di bidang restoran dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Berbagai posisi yang pernah diduduki antara lain: instruktur training juru masak, supervisor training, manager outlet, dan lain sebagainya di perusahaan kuliner nasional maupun internasional.


Cara Redeem Voucher

1. Masuk ke Pintar.co

2. Akses link kelas: https://skills.pintar.co/id/menjadi-pramusaji-handal-untuk-usaha-restoran-daring

3. Klik "Beli"

4. Masukkan data diri jika belum menjadi member

5. Masukkan kode voucher dalam laman pembelian 

6. Setelah sukses, kelas bisa di akses dalam menu "Kursus Saya"


Panduan Redem Code Redem

- Redem kode redem dilakukan langsung di platform Edukasi Masa Depan


Kontak Lembaga Pelatihan

+62 813-8002-0113


Info Lainnya

Benefit yang Didapat:

  • Link Webinar
  • Tes Evaluasi Pelatihan
  • Sertifikasi Penyelesaian

Materi Pelatihan

Pilihan Event

Kursus ini belum memiliki Event

Rating & Ulasan

0

4.8

/5

(80 Rating)

profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
course thumbnail

Rp1.500.000

Benefit yang Didapat:

  • Link Webinar
  • Tes Evaluasi Pelatihan
  • Sertifikasi Penyelesaian
logo pijarmahir

Powered By

logo telkom

WhatsApp

0812 8899 9576

Email

info@pijarmahir.id

Ikuti Kami di

InstagramLinkedinFacebookTwitter

Download Sekarang

Play Store

Layanan Pengaduan Konsumen

Gedung Telkom Direktorat Business and Technology

Jl. Prof. DR. Soepomo No.139, RT.13/RW.2, Tebet Bar., Kec. Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12810

Kontak Pelanggaran Usaha

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan Republik Indonesia

Whatsapp: 0853 1111 1010

©2020-2024 Pijar Mahir. All Right Reserved