Download di playstore

Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Menjadi Pramusaji Profesional dalam Mengelola Layanan Restoran

Webinar

Menjadi Pramusaji Profesional dalam Mengelola Layanan Restoran

Oleh: LPK Cerdas

Pelatihan di Pijar Mahir

0

5.0(2)
11 Peserta
Usia 18 - 60 Tahun
MinimalSD

Highlight

Info Penting Kursus di Pijar Mahir

  • Anda bisa mengerjakan kursus ini langsung di platform Pijar Mahir
  • Sertifikat bisa Anda akses di Profil pada menu Sertifikat Saya setelah menyelesaikan kursus

Detail Pelatihan

Deskripsi Pelatihan

Judul Pelatihan Menjadi Pramusaji Profesional dalam Mengelola Layanan Restoran
Pelatihan ini menggunakan moda Daring
Okupasi Pelatihan Shopkeeper
Rujukan Okupasi Indonesia's Online Vacancy Outlook
Gambaran Pelatihan
Program ini memberi pengetahuan dasar terkait profesi seorang Pramusaji, antara lain karir sebagai Pramusaji yang mengelola layanan restoran, pramusaji acara, resepsionis, dan petugas pelayanan pelanggan.
Kompetensi yang Dilatih
Pada pelatihan ini, peserta akan diberi bekal terkait konsep dasar serta tugas dan tanggung jawab sebagai seorang Pramusaji Profesional. Hal ini perlu dilakukan agar peserta mampu mendapatkan gambaran umum terkait tugas dan tanggung jawab profesi Pramusaji. Peserta akan memperoleh pengetahuan terkait keterampilan untuk menjadi pramusaji, proses mempersiapkan area restoran, tahapan menyambut pelanggan, menyiapkan pesanan pelanggan, hingga tahapan menutup restoran.
Urutan Pembelajaran:
Sesi 1: Modul 1: Mengenal Profesi Pramusaji Restoran
Sesi 2: Modul 2: Persiapan Area Restoran
Sesi 3: Modul 3: Menyambut Pelanggan
Sesi 4: Modul 4: Menyiapkan Pesanan Pelanggan dan Membersihkan Pesanan Pelanggan (Makanan dan Minuman)
Sesi 5: Modul 5: Menutup Area Restoran


Tujuan Umum Pelatihan

Peserta pelatihan mampu memahami cara mengelola layanan restoran untuk pramusaji dengan menunjukkan minimal 60 persen penguasaan materi pada saat unjuk keterampilan sesuai dengan standar nasional yang berlaku.


Tujuan Khusus Pelatihan

1. Peserta mampu menerapkan peran dan tanggung jawab pramusaji restoran

2. Peserta mampu mengimplementasikan table setting yang bisa diterapkan untuk menarik pelanggan

3. Peserta mampu mengorganisasikan hal yang harus dilakukan pramusaji ketika pelanggan datang

4. Peserta mampu memeriksa tingkat kepuasan pelanggan

5. Peserta mampu merencanakan handover task 


Aspek Kompetensi: Pengetahuan (Knowledge)

- Konsep Dasar Pramusaji Restoran

- Peran dan Tanggung Jawab Pramusaji Restoran

- Keterampilan yang dibutuhkan untuk menjadi pramusaji restoran

- K3 dalam restoran untuk pramusaji

- Table Setting dan persiapan display makanan dan minuman yang menarik pelanggan 

- Daftar area, peralatan, dan fasilitas yang perlu dibersihkan sebelum membuka dan menutup restoran

- Cara berkomunikasi dan melayani pelanggan dengan baik


Aspek Kompetensi: Keterampilan (Skill)

- Menyusun keterampilan yang dibutuhkan untuk menjadi pramusaji restoran

- Menata peralatan layanan

- Membuat ulang display makanan dan minuman

- Meniru cara taking order yang baik dan benar

- Menjiplak cara komunikasi yang baik dengan pelanggan

- Menyusun prosedur membersihkan makanan dan minuman

- Merevisi proses pelanggan meninggalkan area makan


Aspek Kompetensi:  Sikap (Attitude)

- Fasih dalam memahami konsep dasar pramusaji restoran

- Benar dalam menjalankan fungsi pramusaji restoran

- Cermat menjelaskan dan mendemonstrasikan area fasilitas pelanggan yang perlu dipersiapkan

- Handal dalam memahami cara melayani pelanggan dengan baik dari awal masuk restoran 

- Lugas dalam melengkapi evaluasi layanan penyajian dan menjelaskan cara menyajikan pesanan pelanggan

- Teliti dalam menjelaskan debriefing 

- Cekatan dalam membersihkan peralatan restoran


Kelompok Sasaran

1. Peserta dengan minimal pendidikan SD/SMP/Sederajat
2. Peserta yang tertarik dengan bidang pramusaji dan pelayanan restoran
3. Peserta memiliki laptop/smartphone dengan koneksi internet yang memadai
4. Peserta memiliki akun Zoom/Google Meet untuk mengikuti pelatihan


Total Durasi

900 Menit


Kapasitas Peserta

150 Peserta


Metode Pembelajaran

Daring


Metode Evaluasi

1. Pre Test

2. Quiz

3. Post Test


Unjuk Keterampilan

Peserta mengidentifikasi langkah-langkah yang harus dilakukan pramusaji agar dapat menerima pesanan dengan cepat dan akurat di tengah lonjakan pelanggan, kemudian merinci peran pramusaji dalam berkomunikasi dengan dapur untuk memastikan pesanan disiapkan dengan benar dan dalam waktu yang wajar, tindakan yang harus diambil oleh pramusaji jika ada masalah teknis dalam persiapan pesanan di dapur.


Jenis/Klasifikasi Sertifikat

Sertifikat Penyelesaian


Profil Pengajar

Muhammad Faizal Hasan Mujaddid merupakan seorang Restaurant Manager yang berpengalaman lebih dari 5 tahun. Saat ini Muhammad Faizal Hasan Mujaddid bekerja sebagai Senior Writer di Worldwhite Enterprise sejak tahun 2023.

Astri Agustina merupakan seorang yang berpengalaman lebih dari 5 tahun. Saat ini Astri Agustina bekerja sebagai Educational Consultant di Universitas Trisakti sejak tahun 2019.

Rezdki Ari Wardhana merupakan seorang Owner Restaurant yang berpengalaman lebih dari 5 tahun. Saat ini Rezdki Ari Wardhana bekerja sebagai Owner di PT Arbi Cahaya Gemintang Abadi sejak tahun 2017.


Kontak Lembaga Pelatihan

PIC : Chaterine

Contact Support : +62 816 1777 8602 

Email : customerservice@lpkcerdas.com 


Info Lainnya

Materi Pelatihan

Rating & Ulasan

0

5.0

/5

(2 Rating)

profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
course thumbnail

Rp1.350.000