Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Menjadi Tenaga Kebersihan Hotel (Housekeeping)

Pembelajaran Mandiri

logo-prakerja

Menjadi Tenaga Kebersihan Hotel (Housekeeping)

Oleh: Cakap -

Pelatihan di Cakap -

0

4.9(67)
72 Peserta

Highlight

Info Penting Kursus di Mitra Pelatihan

  • Kursus ini akan sepenuhnya kamu kerjakan di platform Mitra Pelatihan
  • Kami akan memberimu Kode Kursus untuk kamu tukarkan di platform Mitra Pelatihan
  • Sertifikat dari kursus ini juga hanya akan kamu terima di platform Mitra Pelatihan

Detail

Deskripsi Pelatihan
Pelatihan ini berfokus melatih peserta untuk menjadi housekeeping hotel yang mampu merawat dan membersihkan bagian bagian hotel sesuai dengan prosedur yang ada. Dalam pelatihan ini peserta akan mempelajari tentang Tugas harian, bagaimana membersihkan lokasi area dan peralatan yang digunakan, menyediakan kamar untuk tamu, mempersiapkan kamar VIP serta menyediakan layanan housekeeping untuk tamu. Setelah mengikuti pelatihan ini peserta bisa mengisi peluang kerja menjadi seorang housekeeping.

Indonesia merupakan negara yang memiliki wisata dengan daya tarik luar biasa untuk para turis lokal dan turis asing. Meningkatnya kunjungan turis untuk berwisata mengakibatkan meningkat pula persebaran hotel di beberapa kota. Industri perhotelan indonesia tidak akan pernah mati selama keindahan dan daya tarik wisata indonesia tetap lestari.

Dalam perhotelan sendiri ada beberapa jabatan dan posisi yang berperan penting dalam kelangsungan dan reputasi hotel. Housekeeping adalah salah satunya . Kebutuhan housekeeping dalam perhotelan akan selalu ada dan selalu dibutuhkan mengingat kinerja seorang housekeeping akan mempengaruhi kepuasan tamu terhadap pelayanan hotel. ketika kinerja housekeeping bagus dan membuat tamu puas, maka besar kemungkinan tamu akan kembali menginap di hotel dan merekomendasikan pada rekan-rekan tamu tersebut. Maka dari itu pelatihan ini menyiapkan peserta untuk mampu membersihkan bagian bagian hotel sesuai dengan prosedur yang ada.


Tujuan Umum Pelatihan
Peserta mampu mengaplikasikan prinsip, prosedur, dan sikap profesional dalam menyiapkan dan membersihkan area hotel sebagai housekeeping dengan standar nasional perhotelan (SKKNI akomodasi perhotelan)

Tujuan Khusus Pelatihan
1. Peserta mampu melaksanakan tugas harian / job desk umum seorang housekeeping
2. peserta mampu menyebutkan prosedur pengisian lembar kerja harian
3. Peserta mampu menyebutkan alat yang digunakan untuk membersihkan kamar
4. peserta mampu menyebutkan prosedur membersihkan lokasi area hotel
5. Peserta mampu menyebutkan prosedur Ketika memeriksa dan membersihkan kamar tamu
6. Peserta mampu menyebutkan prosedur Ketika memeriksa dan membersihkan kamar VIP
7. Peserta mampu mencontohkan pelayanan housekeeping untuk tamu hotel
8. Peserta mampu melaksanakan persiapan kamar tamu dan VIP
9. peserta mampu menunjukkan sikap teliti dan cermat dalam mengisi lembar kerja harian publik
10. peserta mampu menunjukkan sikap bertanggung jawab terhadap semua area hotel yang dibersihkan.

Aspek Kompetensi: Pengetahuan (Knowledge)
1. Tugas harian area publik
2. Membersihkan lokasi area dan peralatan
3. Menyediakan layanan housekeeping untuk tamu

Aspek Kompetensi: Keterampilan (Skill)
1. Tugas harian Area Publik
2. Membersihkan lokasi area dan peralatan
3. Menyediakan layanan housekeeping untuk tamu

Aspek Kompetensi: Sikap (Attitude)
1. Tugas harian Area Publik
2. Membersihkan lokasi area dan peralatan
3. Menyediakan layanan housekeeping untuk tamu

Kelompok Sasaran
Pelatihan ini dapat diikuti oleh : 
1. Pendidikan Minimal SMA 

2. Memiliki smartphone/laptop dan jaringan internet. 

3. Bekerja atau memiliki latar belakang pendidikan bidang perhotelan & pariwisata tingkat dasar

Durasi Per Sesi
Topik 1 : Tugas Harian Public Area : 60 Menit
Topik 2 : Membersihkan Lokasi Area dan Peralatan : 63 Menit
Toipk 3 : Menyediakan Layanan Housekeeping Untuk Tamu : 59 Menit
Topik 4 : Tugas Harian Room Attendant : 45 Menit
Topik 5 : Menyediakan Kamar untuk Tamu : 68 Menit
Topik 6 : Pengecekan dan Penyediaan Kamar VIP : 74 Menit

Total Durasi
373 Menit

Kapasitas Kelas
500 Peserta


Level Pelatihan
Basic / Tingkat Dasar


Metode Pembelajaran

Self Paced Learning: Metode ajar yang digunakan adalah ceramah interaktif, roleplay, dan bahan bacaan dengan penugasan praktek.


Metode Evaluasi : 

1. Pre Test

2. Post Test

3. Formative Test

4. Tugas Praktik


Jenis/Klasifikasi Sertifikat

Sertifikat Penyelesaian, Sertifikat Kompetensi Lulus


Profil Pengajar
Bandu Mardriarso
Bandu Mardriarso adalah seorang profesional yang berpengalaman dalam bidang perhotelan. Dari jabatan sebagai Front Office Manager, Housekeeping, Sales Director hingga saat ini menjadi Hotel Consultant dan juga menjadi Tenaga Pengajar di salah satu Sekolah Pariwisata.


Jadwal Mingguan 
Konsultasi dengan Tenaga Pelatih
Hari : Rabu
Pukul : 15.00 - 16.00


Panduan Redeem Voucher

1. Masuk ke link web https://upskill.cakap.com/tukar-kode-belajar

2. Registrasikan dirimu

3. Masukan kode belajar dari pembelian kamu

4. Klik tombol "Tukar Kode"

Atau

1. Download aplikasi pada link https://bit.ly/CakapPijarmahir  

2. Lakukan registrasi dengan mengisi data kamu

3. Jika sudah masuk ke aplikasi, masukan kode voucher dan klik "redeem"


Kontak Lembaga Pelatihan
Apabila mengalami kesulitan dapat menghubungi tim support kami di +6281287160055


Materi Pelatihan

0 Materi

Rating & Ulasan

0

4.9

/5

(67 Rating)

profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
course thumbnail

Rp500.000

Benefit yang Didapat:

  • Video Pelatihan
  • Dokumen Pelatihan
  • Tes Evaluasi Pelatihan
  • Sertifikasi Penyelesaian
logo pijarmahir

Powered By

logo telkom

WhatsApp

0812 8899 9576

Email

helpdesk@pijarmahir.id

Ikuti Kami di

InstagramLinkedinFacebookTwitter

Download Sekarang

Play Store

Layanan Pengaduan Konsumen

Gedung Telkom Direktorat Business and Technology

Jl. Prof. DR. Soepomo No.139, RT.13/RW.2, Tebet Bar., Kec. Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12810

Kontak Pelanggaran Usaha

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan Republik Indonesia

Whatsapp: 0853 1111 1010

©2020-2022 Pijar Mahir. All Right Reserved