Menjadi Tenaga Penjual Ritel
Pembelajaran Mandiri
Menjadi Tenaga Penjual Ritel
Highlight
Info Penting Kursus di Mitra Pelatihan
- Kursus ini akan sepenuhnya Anda kerjakan di platform Mitra Pelatihan
- Kami akan memberimu Kode Kursus untuk Anda tukarkan di platform Mitra Pelatihan
- Sertifikat dari kursus ini juga hanya akan Anda terima di platform Mitra Pelatihan
Detail Pelatihan
Deskripsi Pelatihan
Menurut data Trend Rekrutmen, yang dilansir www.prakerja.com pada bulan Juni 2021 khususnya dari karir.com, kategori PENJUALAN menduduki peringkat pertama untuk pekerjaan yang paling dicari. Hal ini menunjukkan bahwa banyak orang telah memilih bidang penjualan sebagai karier mereka. Tak bisa dipungkri, penjualan merupakan posisi strategis yang dibutuhkan oleh hampir semua bisnis dan perusahaan.
Penjualan retail atau ritel, atau mungkin Anda lebih sering menggunakan istilah eceran, merupakan ujung tombak pemasaran produk. Karena langsung berhubungan dengan konsumen terakhir, bisnis ritel ini memiliki karakteristik yang khas. Tenaga penjual ritel perlu memiliki dan menguasai berbagai keterampilan, bukan hanya tentang penjualan, namun juga bagaimana menciptakan kepuasan pelanggan.
Untuk itulah, tenaga penjual ritel perlu dilengkapi dengan pengetahuan, keterampilan dan sikap-sikap yang tepat demi menunjang kesuksesan bisnis. Kursus ini bertujuan untuk memperlengkapi para tenaga penjual ritel dengan kompetensi-kompetensi yang membuatnya mampu berkomunikasi efektif dengan pelanggan, menjual barang dan jasa hingga menyelesaikan transaksi dengan efektif.
Tujuan Umum Pelatihan
Tujuan umum dari pelatihan ini adalah untuk memperlengkapi para tenaga penjual ritel dengan kompetensi-kompetensi yang membuatnya mampu berkomunikasi efektif dengan pelanggan, menjual barang dan jasa hingga menyelesaikan transaksi dengan efektif.
Tujuan Khusus Pelatihan
Peserta mampu:
1. Menjelaskan kepada pelanggan mengenai barang dan jasa
2. Menjual barang dan jasa
3. Menampilkan barang untuk dijual
4. Menerima pembayaran dengan berbagai metode pembayaran
5. Membungkus dan mengepak barang yang dijual
Aspek Kompetensi: Pengetahuan (Knowledge)
1. Menjelaskan kepada pelanggan mengenai barang dan jasa
Materi: memahami kebutuhan pelanggan
Aspek Kompetensi: Keterampilan (Skill)
1. Menjual barang dan jasa
materi: teknik menjual barang dan jasa yang efektif
2. Menampilkan barang untuk dijual
materi: menampilkan barang untuk dijual
3. Menerima pembayaran dengan berbagai metode pebayaran
materi: menerima pembayaran dengan berbagai metode pembayaran
materi: membungkus dan mengepak barang yang dijual
Aspek Kompetensi: Sikap (Attitude)
1. Empati
materi: memehami kebutuhan pelanggan
2. Disiplin
materi: tugas-tugas tenaga penjual ritel
materi: memanfaatkan peluang penjualan
Kelompok Sasaran
1. Fresh graduate yang hendak menekuni profesi tenaga penjual ritel
2. Pencari kerja yang hendak menjadi tenaga penjual ritel
3. Tenaga penjual ritel yang hendak mengembangkan kompetensinya4. Tingkat Pendidikan: minimal SMA/SMK/yang setara
Durasi Per Sesi
Section 1: Menjadi Tenaga Penjual Ritel yang Terampil 33 menit
Section 2: Berkomunikasi Efektif dengan Pelanggan 71 menit
Section 3: Berkomunikasi Efektif dengan Berbagai Tipe Pelanggan 51 menit
Section 4: Menjual Barang dan Jasa 205 menit
Section 5: Teknik Melayani dan Memahami Kebutuhan Pelanggan 86 menit
Section 6: Teknik Memengaruhi Pelanggan Anda 55 menit
Section 7: Teknik Menghadapi Pelanggan Sulit 64 menit
Section 8: Kompetensi Tenaga Penjual Ritel Lainnya yang Wajib Dikuasai 95 menit
Section 9: Menjalin Hubungan Baik dengan Pelanggan 90 menit
Total Durasi
393 Menit
Kapasitas Peserta
Unlimited
Profil Pengajar
Ike Widyawati Riyaningrum, S.T.
Terlahir dengan nama lengkap Ike Widyawati Riyaningrum, atau lebih dikenal dengan Ike Widya, adalah seorang sarjana Teknik Kimia dari Universitas Negeri Sebelas Maret Surakarta. Pengalamannya sebagai penulis mengajarkannya untuk menuangkan ide-ide segar sehingga mudah dikomunikasikan dan diterima orang lain. Tak hanya itu, sebagai seorang yang aktif dan passionate, semasa studi pun sudah mulai berkecimpung di bidang presenting dengan membawakan sebuah acara otomotif di salah satu stasiun televisi. Keinginannya untuk berbagi membawanya ke dunia pendidikan selama lebih dari 10 tahun. Melanjutkan karirnya, sebelum bergabung di STUDILMU BusinessGrowth, Ike berpengalaman sebagai kepala cabang sebuah toko hobi dan mainan remaja. Lalu dia melanjutkan karirnya yang di dunia Edukasi, yaitu di Service Education Dept. PT Yamaha Indonesia Motor Mfg. selama kurang lebih 6 tahun. Di sini, selain merancang materi, Ike juga berperan sebagai instructor dengan spesialisasi bidang Customer Satisfaction, untuk para teknisi senior dan service advisor, serta facilitator untuk Yamaha Engineering School. Ike juga certified Trainer for WILEY’s Everything DiSC®, USA. Lisensi mengajar untuk beberapa topik khusus juga diperolehnya dari Yamaha Riding Academy, Jepang. Pengalamannya dalam dunia training dan kecintaannya untuk berbagi selalu terpancar di setiap sesi yang dibawakannya. Ike dikenal sebagai facilitator yang ramah, resourceful, dan senang berbagi pengalman dan ilmu-ilmu yang dimilikinya
Syahria Harini, S.E.
Syahria Harini adalah sarjana ekonomi dari salah satu perguruan tinggi di Indonesia. Mengawali karirnya pada sebuah bank swasta di Indonesia selama 19 tahun dengan jabatan terakhir sebagai Branch Manager pada akhir tahun 2013. Meraih berbagai prestasi diantaranya penghargaan di bidang service excellence dan komunikasi sebagai the best teller, the best sundries, the best customer service versi MRI banking industries dan the best branch manager dalam pencapaian target/profit dan volume penjualan skala nasional. Setelah itu melanjutkan karirnya sebagai Trainer & Relationship Manager di ExellenCia, sebuah lembaga learning centre & talent Assestment, lalu dilanjutkan di Lusaga, sebuah lembaga training centre & consulting sebagai Trainer & Marketing Manager. Ia berpengalaman dalam bidang Marketing dan Penjualan selama lebih dari 20 tahun Sampai akhirnya bergabung bersama BusinessGrowth, sebuah lembaga terkemuka TRAINING & TALENT DEVELOPMENT di Indonesia, sebagai Trainer. Harini menguasai bidang seputar leadership, selling skill strategy, communication, service excellence dan personality skills. Telah memimpin lebih dari 200 angkatan dalam pengembangan SDM pada perusahaan nasional maupun yang berskala internasional
Jadwal Mingguan Konsultasi dengan Tenaga Pelatih
Selasa, pukul : 16.00 – 17.00
Level Pelatihan
Basic / Tingkat Dasar
Metode Pembelajaran
Self paced learning : Metode ajar yang digunakan adalah ceramah interaktif roleplay dan bahan bacaan dengan penugasan praktek
Metode Evaluasi
1. Pre Test
2. Post Test
3. Formative Test
4. Tugas Praktik
Jenis/Klasifikasi Sertifikat
Sertifikat Penyelesaian, Sertifikat Kompetensi Lulus
Panduan Redeem Voucher
1. Download aplikasi STUDiLMU for Business & Prakerja di Play Store / AppStore. Silakan Download Aplikasi STUDiLMU di Play Store (https://bit.ly/STUDiLMU-Android) atau App Store (https://bit.ly/STUDiLMU-iOS)
2. Buka aplikasi STUDiLMU, pilih “PRAKERJA” lalu pilih “DAFTAR” untuk penukaran voucher pertama kali. Masukan data-data yang diperlukan di sana.
3. Masukkan kode voucher yang sudah dibeli. Salin tempel/Copy paste langsung dari akun kakak di sana ke kode voucher yang kakak isi (sebaiknya jangan mengetik lagi, tapi langsung kopi dari sumbernya).
4. Setelah Anda berhasil masuk, silahkan Anda pilih kursus tersedia. Lalu klik mulai kursus untuk memulai pelatihan Anda. Selanjutnya jika Anda akan melanjutkan pelatihan di kemudian hari. Maka Anda dapat temukan pelatihan aktif Anda pada pilihan kursus yang diambil.
Kontak Lembaga Pelatihan
WhatsApp: 081338387750
E-Mail: cs.prakerja@studilmu.com
Telegram: @STUDiLMU1
Info Lainnya
Materi Pelatihan
Materi
Rating & Ulasan
4.9
/5
(2630 Rating)
0
0
0
0
0
Rp700.000