Download di playstore

Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Menulis Notulensi bagi Seorang Pegawai

Webinar

Menulis Notulensi bagi Seorang Pegawai

Oleh: Kelas.com .

Pelatihan di Kelas.com .

0

5.0(2)
2 Peserta
Usia 18 - 64 Tahun
MinimalSMA/SMAK sederajat

Highlight

Info Penting Kursus di Mitra Pelatihan

  • Kursus ini akan sepenuhnya Anda kerjakan di platform Mitra Pelatihan
  • Kami akan memberimu Kode Kursus untuk Anda tukarkan di platform Mitra Pelatihan
  • Sertifikat dari kursus ini juga hanya akan Anda terima di platform Mitra Pelatihan

Detail Pelatihan

Deskripsi Pelatihan

Program ini memberikan pengetahuan dasar terkait pekerjaan sebagai seorang pegawai kantor, antara lain adalah pemahaman perangkat TIK di kantor dan pengelolaan dokumen di komputer. Selain itu, peserta juga akan mempelajari pencatatan dan pelaporan surat masuk dan keluar, pembuatan dokumen atau surat di Microsoft Word / Google Docs seperti surat, pengumuman, brosur, dan laporan, persiapan rapat/pertemuan, serta pembuatan notulensi hasil rapat.

Kompetensi yang Dilatih

Peserta akan dibekali dengan kompetensi penggunaan komputer dan perangkat lunak pengolah kata, penerimaan dan pengiriman dokumen/surat, pembuatan dokumen administrasi, persiapan rapat/pertemuan, serta pembuatan notulen rapat.

Tujuan Pembelajaran

Peserta pelatihan mampu menunjukkan penguasaan peran sebagai seorang pegawai kantor dalam mempersiapkan rapat, melakukan pencatatan surat keluar, menulis notulensi rapat pada Microsoft Word dan mendistribusikan hasil notulensi.


Tujuan Umum Pelatihan

Peserta pelatihan mampu  menunjukkan penguasaan peran sebagai seorang pegawai kantor dalam mempersiapkan rapat, melakukan pencatatan surat keluar, menulis notulensi rapat pada Microsoft Word dan mendistribusikan hasil notulensi dengan 80% penguasaan materi pada saat unjuk keterampilan.


Tujuan Khusus Pelatihan

Di akhir pelatihan peserta mampu :

Menunjukkan peran, tugas, tanggung jawab, fungsi strategis, etika sebagai seorang pegawai kantor terhadap pemahaman perangkat teknologi dan informasi di kantor, serta pengelolaan dan penyimpanan data/dokumen di komputer. 

Mempraktikkan aktivitas korespondensi berupa pencatatan dan pelaporan dokumen/surat masuk dan keluar.

Mencoba langkah-langkah dan fungsi-fungsi dashboard perangkat lunak pengolah kata Microsoft Word / Google Docs dalam aktivitas pembuatan dokumen atau surat.

Mengerjakan proses pembuatan berbagai jenis dokumen seperti surat, pengumuman, brosur, dan laporan dengan memperhatikan jenis, format, tata bahasa dan redaksi dalam pembuatan dokumen.

Melengkapi kebutuhan dalam penyelenggaraan rapat/pertemuan seperti undangan, peralatan, perlengkapan, tenaga ahli, biaya, dan laporan rapat/pertemuan.

Membuat notulensi hasil rapat dengan memperhatikan peran, jenis, dan kerangka pencatatan, serta proses distribusi hasil notulensi rapat.


Aspek Kompetensi: Pengetahuan (Knowledge)

Definisi, tugas, dan tanggung jawab pegawai perkantoran, perangkat teknologi informasi dan komunikasi di kantor, data/dokumen di file eksplorer.

Perangkat lunak pengolah kata, dokumen atau surat dengan Microsoft Word dan Google Docs, fungsi-fungsi dashboard yang ada pada Microsoft Word dan Google Docs.

Surat korespondensi, sistem pencatatan atau pelaporan surat masuk dan keluar.

Jenis - jenis dokumen, format dalam desain dokumen, tata bahasa dan redaksi dalam dokumen, salinan surat/dokumen, distribusi surat/dokumen.

Undangan, peralatan, perlengkapan, tenaga ahli, biaya dan laporan pertemuan.

Pencatatan notulensi, fungsi  dan jenis notulensi, peralatan pendukung dalam pembuatan notulensi, kerangka notulensi, dan distribusi notulensi rapat.


Aspek Kompetensi: Keterampilan (Skill)

Mempraktikkan penggunaan perangkat komputer.

Mencoba perangkat lunak  pengolah kata tingkat dasar.

Mempraktikkan penerimaan dan pengiriman dokumen/surat

Membuat dokumen administrasi.

Mengendalikan rapat/pertemuan.

Membuat notulen rapat.


Aspek Kompetensi: Sikap (Attitude)

Adaptif dalam praktik penggunaan perangkat komputer.

Cermat dalam penggunaan perangkat lunak  pengolah kata tingkat dasar.

Rapi dalam aktivitas korespondensi pencatatan surat masuk dan keluar.

Produktif, tanggung jawab, kompeten

Pemecahan masalah, kreatif, dan inisiatif

Teliti, aktif, dan interaktif


Syarat dan Ketentuan Lainnya

Peserta memiliki usia minimal 18 tahun ke atas.

Syarat pendidikan minimal peserta mengikuti webinar adalah minimal SMA/SMK sederajat.

Peserta yang ingin mengemban profesi sebagai pegawai kantor / yang sudah mengemban profesi sebagai pegawai kantor dan ingin mengupgrade skill dan kemampuannya.

Peserta yang tertarik pada bidang administrasi dan memiliki dasar pengetahuan pada pembuatan notulensi serta operasi Microsoft Word.

Memiliki gawai / perangkat elektronik yang sudah terinstall Zoom, Microsoft Word/Google Docs untuk mengikuti webinar, mengerjakan Tugas/Praktik Mandiri, dan Unjuk Keterampilan.


Durasi per Sesi

1. Mengenal TIK di Kantor serta Menangani Penerimaan dan Pengiriman Dokumen/Surat 180 menit

2. Perangkat Lunak Pengolah Kata untuk Administrasi Kantor 180 menit

3. Membuat dan Mengelola Dokumen Perkantoran 180 menit

4. Mengelola Penyelenggaraan Rapat atau Pertemuan 180 menit

5. Penyusunan Notulensi Rapat Secara Efektif 180 menit


Total Durasi

900 menit


Kapasitas Peserta

100


Metode Pembelajaran

Daring


Metode Evaluasi

1. Pre Test

2. Quiz

3. Post Test


Unjuk Keterampilan

Pada sesi unjuk keterampilan, peserta diminta untuk diminta untuk melakukan persiapan penyelenggaraan rapat, membuat pencatatan atau pelaporan surat keluar, membuat notulensi rapat, menjelaskan rencana distribusikan hasil notulensi.


Jenis/Klasifikasi Sertifikat

Sertifikat Penyelesaian


Profil Pengajar

Masyitah Ismed

Masyitah Ismed merupakan seorang tenaga profesional dalam bidang administrasi. Pengalaman bekerja beliau yaitu bekerja di SMK Negeri 1 Langsa sebagai staff administrasi selama lebih dari sepuluh tahun. Sebagai seorang tenaga administrasi, Masyitah sangat berpengalaman dalam membuat notulensi.


Langkah Redeem Voucher

1. Buka link http://www.kelas.com/  

2. Lakukan login atau daftar akun (apabila kamu belum memiliki akun kelas.com)

3. Masuk ke katalog prakerja

4. Pilih kelas yang ingin kamu redeem

5. Pilih tombol redeem kelas

6. Kamu akan diarahkan ke halaman Form Aktivasi Kelas Kartu Prakerja

7. Masukan Kode Voucher yang dikirimkan mitra KELAS.COM melalui halaman transaksi, email atau pun sms 

8. Masukan Kode Redeem yang didapatkan dari dashboard Prakerja.

9. Klik tombol "Tukarkan" (pastikan kamu redeem sesuai jam redeem yang sudah ditentukan Prakerja)

*Note : untuk 1 kode voucher hanya dapat ditukarkan 1x


Kontak Lembaga Pelatihan

Whatsapp : 085881486280
Email : support@kelas.com

Info Lainnya

Benefit yang Didapat:

  • Link Webinar
  • Tes Evaluasi Pelatihan
  • Sertifikasi Penyelesaian

Materi Pelatihan

Rating & Ulasan

0

5.0

/5

(2 Rating)

profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
course thumbnail

Rp1.500.000

Benefit yang Didapat:

  • Link Webinar
  • Tes Evaluasi Pelatihan
  • Sertifikasi Penyelesaian
logo pijarmahir

Powered By

logo telkom

WhatsApp

0812 8899 9576

Email

info@pijarmahir.id

Ikuti Kami di

InstagramLinkedinFacebookTwitter

Download Sekarang

Play Store

Layanan Pengaduan Konsumen

Gedung Telkom Direktorat Business and Technology

Jl. Prof. DR. Soepomo No.139, RT.13/RW.2, Tebet Bar., Kec. Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12810

Kontak Pelanggaran Usaha

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan Republik Indonesia

Whatsapp: 0853 1111 1010

©2020-2024 Pijar Mahir. All Right Reserved