Highlight
Info Penting Kursus di Mitra Pelatihan
- Kursus ini akan sepenuhnya Anda kerjakan di platform Mitra Pelatihan
- Kami akan memberimu Kode Kursus untuk Anda tukarkan di platform Mitra Pelatihan
- Sertifikat dari kursus ini juga hanya akan Anda terima di platform Mitra Pelatihan
Detail Pelatihan
Deskripsi Pelatihan
Salah satu tugas pegawai perkantoran yang umum dikerjakan adalah menulis notulensi. Notulensi sangat diperlukan ketika rapat atau diskusi berlangsung. Dalam kelas ini, peserta akan dilatih untuk menulis notulensi untuk meningkatkan kemampuan menyimak dan menulis yang sama baiknya.
Tujuan Umum Pelatihan
Setelah mengikuti pelatihan, peserta mampu menunjukkan penguasaan peran sebagai seorang pegawai kantor dalam menulis notulensi yang interaktif dengan menunjukkan 80% penguasaan materi pada saat unjuk keterampilan.
Tujuan Khusus Pelatihan
Di akhir pelatihan peserta mampu :
Mempraktekkan peran, tugas, dan tanggung jawab sebagai seorang pegawai kantor dengan memahami teknologi, informasi di kantor.
Menunjukkan pengelolaan dokumen/surat masuk dan keluar secara efektif.
Menunjukkan kemampuan mengoperasikan perangkat lunak pengolah kata Microsoft Word / Google Docs.
Mengerjakan proses pembuatan berbagai jenis dokumen seperti surat, pengumuman, brosur, dan laporan.
Membuat dan mempersiapkan undangan, peralatan, perlengkapan, tenaga ahli, biaya dan laporan rapat/pertemuan.
Membuat notulensi hasil rapat dengan memperhatikan peran, jenis, dan kerangka pencatatan, serta mengontrol proses distribusi hasil notulensi rapat.
Aspek Kompetensi: Pengetahuan (Knowledge)
Definisi, tugas, dan tanggung jawab pegawai perkantoran, perangkat teknologi informasi dan komunikasi di kantor, pengelolaan dan penyimpanan data/dokumen di file eksplorer.
Pengelolaan surat korespondensi, sistem pencatatan atau pelaporan surat masuk dan keluar.
Perangkat lunak pengolah kata, langkah-langkah dalam membuat suatu dokumen atau surat menggunakan Microsoft Word dan Google Docs, fungsi-fungsi dashboard yang ada pada Microsoft Word dan Google Docs.
Menyiapkan dokumen, jenis - jenis dokumen, format dalam mendesain dokumen, tata bahasa dan redaksi dalam pembuatan dokumen, membuat salinan surat/dokumen, mendistribusikan surat/dokumen.
Undangan, peralatan, perlengkapan, tenaga ahli, biaya dan laporan pertemuan.
Pencatatan notulensi, fungsi dan jenis notulensi, peralatan pendukung dalam pembuatan notulensi, kerangka notulensi, dan distribusi notulensi rapat.
Aspek Kompetensi: Keterampilan (Skill)
Menunjukkan peran, tugas, tanggung jawab, fungsi strategis, etika sebagai seorang pegawai kantor terhadap pemahaman teknologi dan informasi di kantor.
Mencoba melakukan aktivitas pengelolaan dokumen/surat masuk dan keluar.
Mencoba mengeksplorasi perangkat lunak pengolah kata Microsoft Word / Google Docs
Mengendalikan proses penyusunan dokumen termasuk surat, pengumuman, brosur, dan laporan.
Melengkapi kebutuhan dalam penyelenggaraan rapat/pertemuan.
Mengerjakan notulensi rapat dengan memperhatikan fungsi, jenis, dan kerangka notulensi, serta mengendalikan pendistribusian notulensi rapat.
Aspek Kompetensi: Sikap (Attitude)
Sigap, patuh dan adaptif
Teratur, rapih, dan administratif
Cermat, tanggap, dan cekatan
Produktif, tanggung jawab, kompeten
Memecahkan masalah, kreatif, dan inisiatif
Teliti, aktif, dan interaktif
Kelompok Sasaran
Usia minimum 18 tahun
Usia maksimum 64 tahun
Pendidikan min SD
Syarat dan ketentuan lainnya
1. Peserta memiliki usia minimal 18 tahun ke atas
2. Syarat pendidikan minimal peserta mengikuti webinar adalah minimal SD sederajat
3. Memiliki gawai/ perangkat elektronik untuk mengikuti webinar
Durasi Per Sesi
Mengenal Teknologi Informasi dan Komunikasi di Kantor serta Menangani Penerimaan dan Pengiriman Dokumen/Surat : 180 menit
Perangkat Lunak Pengolah Kata untuk Administrasi Kantor : 180 menit
Membuat dan Mengelola Dokumen Perkantoran : 180 menit
Mengelola Penyelenggaraan Rapat atau Pertemuan : 180 menit
Penyusunan Notulensi Rapat Secara Efektif : 180 menit
Total Durasi
900 menit
Kapasitas Peserta
60 peserta
Metode Pembelajaran
Daring
Metode Evaluasi
1. Pre Test
2. Quiz
3. Post Test
4. Unjuk Keterampilan
Unjuk Keterampilan
Pada sesi unjuk keterampilan, peserta pelatihan diminta untuk merencanakan rapat mulai undangan rapat, peralatan dan perlengkapan, tenaga ahli yang hadir pada rapat, serta rencana biaya pertemuan. Selanjutnya peserta diminta untuk melakukan pencatatan atau pelaporan surat keluar, membuat notulensi dan mendistribusikan hasil notulensi tersebut
Jenis/Klasifikasi Sertifikat
Sertifikat Penyelesaian
Jadwal Pelatihan
18-09-2023 – 22-09-2023
25-09-2023 – 29-09-2023
02-10-2023 – 06-10-2023
09-10-2023 – 13-10-2023
16-10-2023 – 20-10-2023
23-10-2023 – 27-10-2023
30-10-2023 – 03-11-2023
06-11-2023 – 10-11-2023
13-11-2023 – 17-11-2023
20-11-2023 – 24-11-2023
27-11-2023 – 01-12-2023
Profil Pengajar
Masyitah Ismed merupakan seorang tenaga profesional dalam bidang administrasi. Pengalaman bekerja beliau yaitu bekerja di SMK Negeri 1 Langsa sebagai staff administrasi selama lebih dari sepuluh tahun. Sebagai seorang tenaga administrasi, Masyitah sangat berpengalaman dalam membuat notulensi.
Panduan Redeem Voucher
1. Buka link prakerja.kelas.com
2. Lakukan login atau daftar akun
3. Masuk ke katalog prakerja
4. Pilih kelas yang ingin kamu redeem
5. Pilih tombol redeem kelas
6. Kamu akan diarahkan ke halaman Form Aktivasi Kelas Kartu Prakerja
7. Masukan Kode Voucher dan Kode Redeem yang sudah kamu terima dari Mitra Pembelian
8. Klik tombol "Tukarkan" (pastikan kamu redeem sesuai jam redeem yang sudah ditentukan Prakerja)
Kontak Lembaga Pelatihan
Email: support@kelas.zendesk.com
Whatsapp: 0811-100-606
Info Lainnya
Benefit yang Didapat:
- Link Webinar
- Tes Evaluasi Pelatihan
- Sertifikasi Penyelesaian
Materi Pelatihan
Materi
Rating & Ulasan
5.0
/5
(2 Rating)
0
0
0
0
0
Rp1.500.000
Benefit yang Didapat:
- Link Webinar
- Tes Evaluasi Pelatihan
- Sertifikasi Penyelesaian