Download di playstore

Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Menulis Notulensi bagi Seorang Pegawai

Webinar

Menulis Notulensi bagi Seorang Pegawai

Oleh: Kelas.com .

Pelatihan di Kelas.com .

0

5.0(2)
2 Peserta
Usia 18 - 64 Tahun
MinimalSMA/SMAK sederajat

Highlight

Info Penting Kursus di Mitra Pelatihan

  • Kursus ini akan sepenuhnya Anda kerjakan di platform Mitra Pelatihan
  • Kami akan memberimu Kode Kursus untuk Anda tukarkan di platform Mitra Pelatihan
  • Sertifikat dari kursus ini juga hanya akan Anda terima di platform Mitra Pelatihan

Detail Pelatihan

Deskripsi Pelatihan
Program ini memberikan pengetahuan dasar terkait pekerjaan sebagai seorang pegawai kantor, antara lain adalah pemahaman perangkat TIK di kantor dan pengelolaan dokumen di komputer. Selain itu, peserta juga akan mempelajari pencatatan dan pelaporan surat masuk dan keluar, pembuatan dokumen atau surat di Microsoft Word / Google Docs seperti surat, pengumuman, brosur, dan laporan, persiapan rapat/pertemuan, serta pembuatan notulensi hasil rapat.
Kompetensi yang Dilatih
Peserta akan dibekali dengan kompetensi penggunaan komputer dan perangkat lunak pengolah kata, penerimaan dan pengiriman dokumen/surat, pembuatan dokumen administrasi, persiapan rapat/pertemuan, serta pembuatan notulen rapat.
Tujuan Pembelajaran
Peserta pelatihan mampu menunjukkan penguasaan peran sebagai seorang pegawai kantor dalam mempersiapkan rapat, melakukan pencatatan surat keluar, menulis notulensi rapat pada Microsoft Word dan mendistribusikan hasil notulensi.

Tujuan Umum Pelatihan
Peserta pelatihan mampu  menunjukkan penguasaan peran sebagai seorang pegawai kantor dalam mempersiapkan rapat, melakukan pencatatan surat keluar, menulis notulensi rapat pada Microsoft Word dan mendistribusikan hasil notulensi dengan 80% penguasaan materi pada saat unjuk keterampilan.

Tujuan Khusus Pelatihan
Mempraktikkan peran dan tanggung jawab pegawai kantor dalam memahami teknologi informasi dan pengelolaan data, serta mempraktikkan pencatatan dan pelaporan dokumen/surat masuk dan keluar.
Mencoba langkah-langkah dan fungsi-fungsi dashboard perangkat lunak pengolah kata Microsoft Word / Google Docs dalam aktivitas pembuatan dokumen atau surat.
Mengerjakan proses pembuatan berbagai jenis dokumen seperti surat, pengumuman, brosur, dan laporan dengan memperhatikan jenis, format, tata bahasa dan redaksi dalam pembuatan dokumen.
Melengkapi kebutuhan dalam penyelenggaraan rapat/pertemuan seperti undangan, peralatan, perlengkapan, tenaga ahli, biaya, dan laporan rapat/pertemuan.
Membuat notulensi hasil rapat dengan memperhatikan peran, jenis, dan kerangka pencatatan, serta proses distribusi hasil notulensi rapat.

Aspek Kompetensi: Pengetahuan (Kognitif)
Definisi, tugas, dan tanggung jawab pegawai perkantoran, perangkat teknologi informasi dan komunikasi di kantor, data/dokumen di file eksplorer.
Perangkat lunak pengolah kata, dokumen atau surat dengan Microsoft Word dan Google Docs, fungsi-fungsi dashboard yang ada pada Microsoft Word dan Google Docs.
Surat korespondensi, sistem pencatatan atau pelaporan surat masuk dan keluar.
Jenis - jenis dokumen, format dalam desain dokumen, tata bahasa dan redaksi dalam dokumen, salinan surat/dokumen, distribusi surat/dokumen.
Undangan, peralatan, perlengkapan, tenaga ahli, biaya dan laporan pertemuan.
Pencatatan notulensi, fungsi  dan jenis notulensi, peralatan pendukung dalam pembuatan notulensi, kerangka notulensi, dan distribusi notulensi rapat.

Aspek Kompetensi: Keterampilan (Psikomotor)
Mempraktikkan penggunaan perangkat komputer.
Mencoba perangkat lunak  pengolah kata tingkat dasar.
Mempraktikkan penerimaan dan pengiriman dokumen/surat
Membuat dokumen administrasi.
Mengendalikan rapat/pertemuan.
Membuat notulen rapat

Aspek Kompetensi: Sikap Kerja (Afektif)
Adaptif dalam praktik penggunaan perangkat komputer.
Cermat dalam penggunaan perangkat lunak  pengolah kata tingkat dasar.
Rapi dalam aktivitas korespondensi pencatatan surat masuk dan keluar.
Produktif, tanggung jawab, kompeten
Pemecahan masalah, kreatif, dan inisiatif
Teliti, aktif, dan interaktif

Syarat dan Ketentuan Lainnya
Peserta memiliki usia minimal 18 tahun ke atas.
Syarat pendidikan minimal peserta mengikuti webinar adalah minimal SMA/SMK sederajat.
Peserta yang ingin mengemban profesi sebagai pegawai kantor / yang sudah mengemban profesi sebagai pegawai kantor dan ingin mengupgrade skill dan kemampuannya.
Peserta yang tertarik pada bidang administrasi dan memiliki dasar pengetahuan pada pembuatan notulensi serta operasi Microsoft Word.
Memiliki gawai / perangkat elektronik yang sudah terinstall Zoom, Microsoft Word/Google Docs untuk mengikuti webinar, mengerjakan Tugas/Praktik Mandiri, dan Unjuk Keterampilan.

Durasi per Sesi
1. Mengenal TIK di Kantor serta Menangani Penerimaan dan Pengiriman Dokumen/Surat: 180 menit
2. Perangkat Lunak Pengolah Kata untuk Administrasi Kantor: 180 menit
3. Membuat dan Mengelola Dokumen Perkantoran: 180 menit
4. Mengelola Penyelenggaraan Rapat atau Pertemuan: 180 menit
5. Penyusunan Notulensi Rapat Secara Efektif: 180 menit

Total Durasi
900 menit

Kapasitas Peserta
100

Metode Pembelajaran
Daring

Metode Evaluasi
1. Pre Test
2. Quiz
3. Post Test
4. Tugas Praktik Mandiri
5. Unjuk Keterampilan

Unjuk Keterampilan
Pada sesi unjuk keterampilan, peserta diminta untuk diminta untuk melakukan persiapan penyelenggaraan rapat, membuat pencatatan atau pelaporan surat keluar, membuat notulensi rapat, menjelaskan rencana distribusikan hasil notulensi.

Jenis/Klasifikasi Sertifikat
Sertifikat Penyelesaian

Profil Pengajar
Masyitah Ismed
Masyitah Ismed merupakan seorang tenaga profesional dalam bidang administrasi. Pengalaman bekerja beliau yaitu bekerja di SMK Negeri 1 Langsa sebagai staff administrasi selama lebih dari sepuluh tahun. Sebagai seorang tenaga administrasi, Masyitah sangat berpengalaman dalam membuat notulensi.

Langkah Redeem Voucher
1. Buka link http://www.kelas.com/  
2. Lakukan login atau daftar akun (apabila kamu belum memiliki akun kelas.com)
3. Masuk ke katalog prakerja
4. Pilih kelas yang ingin kamu redeem
5. Pilih tombol redeem kelas
6. Kamu akan diarahkan ke halaman Form Aktivasi Kelas Kartu Prakerja
7. Masukan Kode Voucher yang dikirimkan mitra KELAS.COM melalui halaman transaksi, email atau pun sms 
8. Masukan Kode Redeem yang didapatkan dari dashboard Prakerja.
9. Klik tombol "Tukarkan" (pastikan kamu redeem sesuai jam redeem yang sudah ditentukan Prakerja)
*Note : untuk 1 kode voucher hanya dapat ditukarkan 1x

Kontak Lembaga Pelatihan
Whatsapp : 085881486280
Email : support@kelas.com


Info Lainnya

Materi Pelatihan

Rating & Ulasan

0

5.0

/5

(2 Rating)

profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
course thumbnail

Rp1.500.000