Webinar
Menyediakan Layanan Housekeeping untuk Tenaga Kebersihan Hotel
Highlight
Info Penting Kursus di Mitra Pelatihan
- Kursus ini akan sepenuhnya Anda kerjakan di platform Mitra Pelatihan
- Kami akan memberimu Kode Kursus untuk Anda tukarkan di platform Mitra Pelatihan
- Sertifikat dari kursus ini juga hanya akan Anda terima di platform Mitra Pelatihan
Detail Pelatihan
Deskripsi Pelatihan
Dalam program pelatihan ini peserta fokus menyediakan layanan housekeeping untuk tamu, membersihkan lokasi/area dan peralatan, menyiapkan kamar untuk tamu, menerapkan proses kesehatan, keselamatan, dan keamanan kerja, menerima dan menyimpan barang, dan berkomunikasi secara lisan dalam bahasa Inggris pada tingkat operasional dasar.
Tujuan Umum Pelatihan
Peserta pelatihan (A) mampu mengaplikasikan prinsip, prosedur, dan sikap profesional dalam menyiapkan dan membersihkan area hotel sebagai housekeeper (B) dengan menunjukkan minimal 60 persen penguasaan materi (D) pada saat praktik mandiri (C).
Tujuan Khusus Pelatihan
Setelah menyelesaikan pelatihan ini, peserta diharapkan mampu:
1. Mendemonstrasikan penerapan K3 dan pelayanan paripurna dalam housekeeping
2. Menerapkan cara membersihkan, menjaga dan menyimpan peralatan pembersih, serta membuang sisa limbah
3. Menerapkan prosedur dalam memberikan pelayanan housekeeping bagi tamu
4. Melakukan prosedur membersihkan dan merapikan tempat tidur dan kamar hotel
5. Melakukan praktik memberikan layanan housekeeping khusus tamu VIP sesuai dengan studi kasus yang diberikan
Aspek Kompetensi: Pengetahuan (Knowledge)
- Peranan Housekeeping dalam Industri Perhotelan
- Tugas seorang Housekeeping
- Keterampilan yang dibutuhkan Housekeeping
- Jenjang Karir Housekeeping
- Hubungan Housekeeping dengan Divisi Lain
- K3 Dalam Housekeeping
Aspek Kompetensi: Keterampilan (Skill)
- Melakukan roleplay pelayanan paripurna bagi profesi housekeeper
- Mendemonstrasikan penerapan K3 dalam housekeeping
- Melakukan roleplay dalam menangani keluhan tamu
- Menerapkan cara menangani permintaan housekeeping dengan teliti
- Melakukan prosedur membersihkan kamar mandi hotel
- Melakukan prosedur membersihkan dan merapikan tempat tidur
- Mendemonstrasikan prosedur menata perlengkapan dan trolley
- Melakukan roleplay penggunaan Bahasa Inggris dasar untuk pelayanan tamu VIP
- Melakukan praktik memberikan layanan housekeeping khusus tamu VIP sesuai dengan studi kasus yang diberikan
Aspek Kompetensi: Sikap (Attitude)
- Bertanggung jawab
- Tanggap dan Responsif
- Rapi dan bersih
- Teliti dan cermat
- Telaten
- Manajerial
Kelompok Sasaran
1. Usia 18-60 tahun
2. Peserta dengan minimal pendidikan SMA
3. Peserta dengan latar belakang Perhotelan, Pariwisata, atau memiliki ketartarikan pada industri Pariwisata
4. Peserta yang bekerja sebagai petugas kebersihan pada akomodasi perhotelan tingkat dasar
5. Peserta yang memiliki gawai dan akses internet untuk mengikuti pelatihanDurasi Per Sesi
1. 13.00 - 16.00 WIB Pengenalan Housekeeping 180 menit
2. 13.00 - 16.00 WIB Membersihkan Lokasi Area dan Peralatan 180 menit
3. 13.00 - 16.00 WIB Menyediakan Layanan Housekeeping Bagi Tamu 180 menit
4. 13.00 - 16.00 WIB Menyiapkan Kamar untuk Tamu Bagian 180 menit
5. 13.00 - 16.00 WIB Pengecekan dan Penyediaan Kamar VIP 180 menit
Total Durasi
900 Menit
Kapasitas Peserta
50 Peserta
Metode Pembelajaran
Daring
Metode Evaluasi
1. Pre Test
2. Quiz
3. Post Test
Unjuk Keterampilan
2. Peserta diminta untuk menuliskan alat, bahan, dan langkah-langkah dalam membersihkan area kering dan basah pada kolom yang telah disediakan
Jenis/Klasifikasi Sertifikat
Sertifikat Penyelesaian
Jadwal Pelatihan
10 Juli 23 s.d 14 Juli 23
24 Juli 23 s.d 28 Juli 23
31 Juli 23 s.d 4 Agustus 23
7 Agustus 23 s.d 11 Agustus 23
21 Agustus 23 s.d 25 Agustus 23
28 Agustus 23 s.d 1 September 23
4 September 23 s.d 8 September 23
11 September 23 s.d 15 September 23
18 September 23 s.d 22 September 23
Profil Pengajar
Merupakan seorang praktisi handal di bidang perhotelan. Deden saat ini masih menjadi instruktur kursus di lembaga pelatihan perhotelan yaitu Royale Marin. Dia bertanggung jawab untuk
menyusun dan merancang program pelatihan sesuai kebutuhan peserta di bidang Housekeeping
Cara Redem Kode Voucher
1. Masuk ke website upskill.cakap.com
2. Lakukan registrasi terlebih dahulu dengan mengisi data kamu
3. Kamu akan menemukan tombol ‘tukar kode’ pada homepage upskill.cakap.com, klik tombol ‘tukar kode’ tersebut
4. Selanjutnya masukan kode belajar (kode yang berawalan BLJ..) dan klik;Tukarkan / Redeem
5. Kode belajar berhasil ditukar, selanjutnya akan muncul pop-up yang menunjukkan informasi jadwal/batch yang telah kamu pilih di digital platform (Tokopedia, Pintar, Pijar Mahir, Sekolah.mu, Bukalapak)
6. Setelah konfirmasi berhasil, Langkah selanjutnya adalah masukkan kode redeem/kode prakerja yang bisa dilihat pada dashboard prakerja kamu
7. Kode redeem/prakerja berhasil ditukar, silahkan akses ‘kursus saya’ untuk melihat detail kelas yang telah kamu beli
Atau
1. Download aplikasi pada link https://bit.ly/ApsCakap
2. Lakukan registrasi dengan mengisi data kamu
3. Masuk ke Menu Cakap Upskill
4. Jika sudah masuk ke menu Cakap Upskill, masukan kode belajar (kode yang berawalan BLJ…) dan klik "Tukarkan / Redeem
5. Kode belajar berhasil ditukar, selanjutnya akan muncul pop-up yang menunjukkan informasi jadwal/batch yang telah kamu pilih di di digital platform (Tokopedia, Pintar, Pijar Mahir, Sekolah.mu, Bukalapak)
6. Setelah konfirmasi berhasil, Langkah selanjutnya adalah masukkan kode redeem/kode prakerja yang bisa dilihat pada dashboard prakerja kamu
7. Kode redeem/prakerja berhasil ditukar, silahkan akses kursus saya untuk melihat detail kelas yang telah kamu beli
Kontak Lembaga Pelatihan
Thnkps://cakap.com/prakerja/
Hotline: +6282325898644
Jam Pelayanan: (08:00 – 22:00 WIB)
Info Lainnya
Materi Pelatihan
Materi
Rating & Ulasan
5.0
/5
(2 Rating)
0
0
0
0
0
Rp1.200.000