Download di playstore

Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Menyediakan Layanan Makanan dan Minuman Bagi Seorang Pramusaji

Webinar

Menyediakan Layanan Makanan dan Minuman Bagi Seorang Pramusaji

Oleh: Taruna Jaya Indonesia

Pelatihan di Pijar Mahir

0

5.0(2)
11 Peserta
Usia 18 - 60 Tahun
MinimalSMA/SMAK sederajat

Highlight

Info Penting Kursus di Pijar Mahir

  • Anda bisa mengerjakan kursus ini langsung di platform Pijar Mahir
  • Sertifikat bisa Anda akses di Profil pada menu Sertifikat Saya setelah menyelesaikan kursus

Detail Pelatihan

Deskripsi Pelatihan

Pramusaji adalah salah satu pekerjaan yang bisa anda pilih untuk memulai berkarir di industri perhotelan dan kapal pesiar baik dalam negeri maupun luar negeri. Jenjang karir di industri perhotelan dan kapal pesiar sangat menjanjikan, anda bisa memulai karir dari seorang Pramusaji hingga menjadi seorang General Manager Hotel atau Kapal Pesiar. Namun untuk bisa bekerja sebagai seorang Pramusaji di hotel atau kapal pesiar dibutuhkan calon tenaga kerja yang kompeten dan profesional dalam memberikan layanan pada bidang Food & Beverage Service, sehingga seorang yang ingin bekerja sebagai pramusaji di hotel atau kapal pesiar harus mengikuti pendidikan dan pelatihan bidang Food & Beverage Service agar dapat memberikan layanan yang memuaskan kepada tamu di hotel atau kapal pesiar sesuai dengan standar yang berlaku. Dalam program pelatihan ini peserta akan fokus untuk menyediakan layanan makanan dan minuman, mampu mengaplikasikan prinsip, prosedur, dan sikap profesional dalam menyediakan layanan makanan dan minuman sesuai dengan kompetensi seorang pramusaji berdasarkan standar menyediakan layanan makanan dan minuman yang baik serta menerapkan keterampilan sebagai seorang pramusaji.


Tujuan Umum Pelatihan
Peserta pelatihan (A) mampu mengaplikasikan prinsip, prosedur, dan sikap profesional dalam menyediakan layanan makanan dan minuman (B) sesuai dengan kompetensi seorang pramusaji berdasarkan standar menyediakan layanan makanan dan minuman yang baik (D) dengan menunjukkan keberhasilan minimal 60% saat unjuk keterampilan (C)


Tujuan Khusus Pelatihan
Peserta mampu mengaplikasikan prosedur menyiapkan hidangan /area restoran untuk layanan
Peserta mengaplikasikan prinsip dalam mengelola area pelayanan restoran untuk mempersiapkan Area Restoran
Peserta mampu mengaplikasikan prosedur dalam menyambut pelanggan
Peserta mampu mengaplikasikan sikap profesional menyediakan layanan makanan dan minuman restoran yang baik dalam mengambil pesanan
Peserta mampu menerapkan kompetensi seorang pramusaji berdasarkan standar menyediakan layanan makanan dan minuman restoran yang baik untuk membersihkan makanan dan minuman serta menutup area restoran



Aspek Kompetensi: Pengetahuan 
(Knowledge)
Prosedur menyiapkan hidangan /area restoran untuk layanan
Tugas dan tanggung jawab pramusaji
Area restoran dan fasilitas pelanggan dengan pengaturan yang sesuai dengan prosedur yang ada
Cara berkomunikasi dengan staf dapur
Cara mencari informasi tentang variasi menu
Prosedur mengatur meja
Cara melaporkan masalah yang timbul kepada orang yang berwenang
Prosedur menyambut pelanggan
Prosedur pelayanan dan pengantaran hidangan
Cara membuat rekomendasi untuk pelanggan guna membantu mereka dalam pemilihan minuman dan makanan
Prosedur dalam membersihkan makanan dan minuman di restoran
Konsep dalam mempersiapkan dan membersihkan minuman serta makanan
Cara menyiapkan tagihan kepada pelanggan sesuai dengan pesanan dan permintaan
Proses tagihan sesuai dengan prosedur perusahaan
Area yang perlu diperhatikan sebelum menutup restoran
Prosedur dalam menutup area restoran/ruang makan



Aspek Kompetensi: Keterampilan (Skill)
Menunjukkan cara dalam menyiapkan hidangan / area restoran untuk layanan
Menunjukkan cara dalam menyajikan pesanan tamu
Menata display makanan dan minuman sesuai arahan tim
Menunjukkan cara dalam membersihkan minuman dan makanan
Melakukan debriefing untuk menutup  area restoran
Melakukan handover task untuk keperluan menutup area restoran



Aspek Kompetensi:  Sikap (Attitude)
Sopan dalam menyambut pelangga
Teliti dalam mengambil pesanan
Ketepatan dalam menyajikan makanan dan minuman pelanggan


Kelompok Sasaran
1. Peserta yang memiliki ketertarikan untuk menjadi pramusaji
2. Peserta yang memiliki peralatan makan sederhana termasuk napkin
3. Peserta yang memiliki akses internet dan HP/Laptop


Durasi Per Sesi
Sesi 1. Pengenalan Ruang Lingkup Pramusaji Restoran : 180 menit
Sesi 2. Mempersiapkan Area Restoran : 180 menit
Sesi 3. Menyambut Pelanggan : 180 menit
Sesi 4. Mengambil Pesanan: 180 menit
Sesi 5. Membersihkan makanan dan minuman serta menutup area restoran : 180 menit



Total Durasi
900 Menit


Kapasitas Peserta
50 Peserta


Jadwal Pelatihan

24-02-2024 s.d. 29-02-2024
04-03-2024 s.d. 08-03-2024
12-03-2024 s.d. 16-03-2024
18-03-2024 s.d. 22-03-2024
25-03-2024 s.d. 30-03-2024
01-04-2024 s.d. 05-04-2024
13-04-2024 s.d. 18-04-2024
19-04-2024 s.d. 24-04-2024
25-04-2024 s.d. 30-04-2024



Metode Pembelajaran
Daring


Metode Evaluasi
1. Pre Test
2. Post Test
3. Formative Test
4. Unjuk Keterampilan


Unjuk Keterampilan



Jenis/Klasifikasi Sertifikat
Sertifikat Penyelesaian


Profil Pengajar

Wayan Agus Hariyanto
Mr. Wayan, seorang Praktisi Perhotelan dan Kapal Pesiar berpengalaman selama kurang lebih 10 tahun, telah berhasil menjabat sebagai supervisor di Costa Serena Cruise Line dan Costa Antatica Cruise Line di departemen Food & Beverage Service di Eropa. Selain itu, ia juga memiliki pengalaman mengajar selama 5 tahun



Kontak Lembaga Pelatihan

+6288287165882

Info Lainnya

Benefit yang Didapat:

  • Link Webinar
  • Tes Evaluasi Pelatihan
  • Sertifikasi Penyelesaian

Materi Pelatihan

Rating & Ulasan

0

5.0

/5

(2 Rating)

profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
course thumbnail

Rp1.500.000

Benefit yang Didapat:

  • Link Webinar
  • Tes Evaluasi Pelatihan
  • Sertifikasi Penyelesaian
logo pijarmahir

Powered By

logo telkom

WhatsApp

0812 8899 9576

Email

info@pijarmahir.id

Ikuti Kami di

InstagramLinkedinFacebookTwitter

Download Sekarang

Play Store

Layanan Pengaduan Konsumen

Gedung Telkom Direktorat Business and Technology

Jl. Prof. DR. Soepomo No.139, RT.13/RW.2, Tebet Bar., Kec. Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12810

Kontak Pelanggaran Usaha

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan Republik Indonesia

Whatsapp: 0853 1111 1010

©2020-2024 Pijar Mahir. All Right Reserved