Webinar
Menyusun Indikator Kinerja Pegawai bagi Manajer SDM
Oleh: Aswaja Nusantara Career Development Center
Pelatihan di Pijar Mahir
Highlight
Info Penting Kursus di Pijar Mahir
- Anda bisa mengerjakan kursus ini langsung di platform Pijar Mahir
- Sertifikat bisa Anda akses di Profil pada menu Sertifikat Saya setelah menyelesaikan kursus
Detail Pelatihan
Deskripsi Pelatihan
Rujukan Okupasi: Indonesia’s Critical Occupation List (COL) 2018 / Manager Sumber Daya Manusia
Gambaran Pelatihan:
Pelatihan dirancang untuk meningkatkan keterampilan dan pemahaman holistik dalam menyusun indikator kinerja pegawai, mendukung efektivitas manajemen SDM dan pencapaian tujuan organisasi. Dengan tujuan umum agar peserta mampu menyusun indikator dan prosedur penilaian kinerja pegawai berdasarkan KPI organisasi, indikator individu, dan core competency. pelatihan dimulai dengan pemahaman praktis hubungan antara KPI dan core competency dalam penilaian kinerja. Peserta kemudian dibimbing dalam merumuskan KPI organisasi dengan objektif, menyusun KPI individu pegawai sesuai struktur jabatan, membentuk indikator kinerja pegawai berdasarkan core competencies organisasi, dan merancang prosedur teknis pelaksanaan penilaian kinerja pegawai.
Urutan Pembelajaran:
Pembuka dan Perkenalan
Sesi 1 : Kinerja Pegawai menggunakan KPI dan Core Competency : 180 menit
Sesi 2 : Formulasi KPI Organisasi : 180 menit
Sesi 3 : Formulasi KPI INdividu Pegawai : 180 menit
Sesi 4 : Indikator Kinerja Berbasis Core Competency Organisasi : 180 menit
Sesi 5 : Prosedur Teknis Pengukuran Kinerja Pegawai : 180 menit
Tujuan Umum Pelatihan
Peserta pelatihan (A) mampu menyusun indikator dan prosedur teknis penilaian kinerja pegawai menurut KPI (key performance indicators) organisasi, individu pegawai, dan core competency organisasi (B) dengan menunjukkan 60% penguasaan materi (D) pada saat unjuk keterampilan (C).
Tujuan Khusus Pelatihan
Setelah mengikuti pelatihan;
1. Peserta membuat sketsa hubungan praktis penggunaan KPI (key performance indicators) dan core competency dalam penilaian kinerja pegawai.
2. Peserta memformulasikan KPI (Key Performance Indicators) organisasi sesuai lingkup tugas dan fungsi dari unit kerja secara objektif.
3. Peserta menyusun KPI (Key Performance Indicators) individu pegawai sesuai struktur jabatan dengan cermat.
4. Peserta membentuk indikator kinerja pegawai sesuai core competencies organisasi berdasarkan nilai dan budaya organisasi.
5. Peserta merancang prosedur teknis pelaksanaan penilaian kinerja pegawai.
Aspek Kompetensi: Pengetahuan (Kognitif)
- Prinsip, metode, dan proses penyusunan indikator kinerja pegawai menggunakan KPI (key performance indicators) dan core competency.
- Key Performance Indicators (KPI) organisasi dengan kriteria SMART
- Key Performance Indicators (KPI) Individu Pegawai dengan kriteria SMART
- Indikator kinerja pegawai berdasarkan core competency organisasi dengan kriteria SMART
- Prosedur teknis penilaian kinerja pegawai menggunakan Key Performance Indicator (KPI) dan core competency.
Aspek Kompetensi: Keterampilan (Psikomotor)
- Membuat skema hubungan praktis antara KPI (key performance indicators) dan core competency dalam penilaian kinerja pegawai.
- Memformulasikan Key Performance Indicators (KPI) organisasi.
- Menyusun Key Performance Indicators (KPI) individu pegawai dalam 2 layer jabatan.
- Membentuk indikator kinerja pegawai berbasis core competency organisasi.
- Merancang prosedur teknis penilaian kinerja.
Aspek Kompetensi: Sikap Kerja (Afektif)
- Kritis terkait prinsip, metode, dan proses penilaian kinerja.
- Objektif dan logis dalam mengidentifikasi komponen penilaian kinerja.
- Cermat, teliti, dan solutif dalam memperlakukan karakteristik komponen penilaian kinerja.
Kelompok Sasaran
1. Usia 18-60 tahun
2. Pendidikan minimal SMA/SMK/Sederajat
3. Peserta memiliki ketertarikan terhadap Manajemen Sumber Daya Manusia,
4. Peserta memiliki perangkat HP atau Laptop dan jaringan internet.
5. Peserta memiliki aplikasi ms word atau sejenisnya untuk mengedit tulisan
Syarat dan Ketentuan Lainnya
1. Peserta memiliki ketertarikan terhadap Manajemen Sumber Daya Manusia suatu organisasi.
2. Memiliki pengalaman organisasi boleh lembaga swasta, publik, pemerintah, non profit, for profit, lsm, osis, bem, dsb.. (minimum pengalaman 1 tahun).
3. Peserta memiliki perangkat HP atau Laptop dan jaringan internet.
4. Peserta memiliki aplikasi ms word atau sejenisnya untuk mengedit tulisan
Total Durasi
900 Menit
Kapasitas Peserta
150 Peserta
Metode Pembelajaran
Daring
Metode Evaluasi
1. Pre Test
2. Post Test
3. Formative Test
4. Unjuk Keterampilan
Unjuk Keterampilan
Silahkan pilih satu kasus organisasi antara organisasi publik (organisasi pemerintah daerah) atau privat (perusahaan) untuk disusun indikator kinerja menggunakan KPI Organisasi, KPI Individu Pegawai, dan indikator kinerja core competency beserta prosedur teknis pengukurannya.
Pengumpulan tugas dalam format pdf, dikerjakan dalam waktu 3 hari setelah diberikan instruksi.
Jenis/Klasifikasi Sertifikat
Sertifikat Penyelesaian
Syarat Kelulusan dan Mendapat Sertifikat
Sertifikat akan didapat setelah kamu mengikuti seluruh rangkaian pelatihan
MInimal kehadiran 100% pada webinar
Melakukan Face Recognition/Verifikasi Wajah pada sesi 1-sesi terakhir dan pada saat akan mengerjakan Post Test
Cara Mengakses dan Mendownload Sertifikat
Klik Icon Profil dipojok kanan
Klik Sertifikat Saya
Klik download sertifikat
Profil Pengajar
Achmad Musyaddad adalah
Lulusan Sarjana Ilmu Politik Universitas Gadjah Mada. Syaddad berpengalaman dalam memimipin dan mengelola organisasi. berpengalaman menjabat sebagai Direktur Yayasan Sanggar Innovasi Desa (2023 - saat ini), Peneliti sosial di LPPM UNU Yogyakarta (2018 - 2022), dan menjabat menjadi direktur Center for LEAD (2012 - 2018).
Pusvyta Sari adalah lulusan Magister Teknlologi Pembelajaran Universitas Negeri Yogyakarta tahun 2012. pengalaman keorganisasian Vyta sangat kuat sebagai salah saru pendiri Rumah Belajar Kreatif KAGEM Yogyakarta (2011 - 2012), sebagai Koordinator Divisi Media dan Budaya Yayasan Lembaga Kajian Islam dan Sosial (2008 - 2011), dan menjabat sebagai dosen tetap program studi manajemen pendidikan islam Institut Pesantren Sunan Drajat (2014 - Sekarang)
Saeroni adalah lulusan Magister Ilmu Hukum Universitas Gadjah Mada tahun 2014. Beliau menjabat sebagai direktut pelaksanan Laboratorium Sosial UNU Yogyakarta (2022 - Sekarang), Peneliti di UNU Yogyakarta (2020 - sekarang), Koordinator Nasional Aliansi Laki Laki Baru (2020 - sekarang), Sekretaris Yayasan Bumi Aswaja Yogyakarta (2018 - sekarang), Kepala Pusat Studi Keluarga dan Kesejahteraan Sosial UNU Yogyakarta (2019 - 2020), dan berbagai pengalaman jabatan struktural penting lainnya. Sehingga Saeroni memiliki pengalaman yang kuat untuk melakukan manajemen sumber daya manusia.
Kontak Lembaga Pelatihan
Email Lembaga : aswaja.nusantaradev@gmail.com
No HP : 082245511083
Info Lainnya
Materi Pelatihan
Materi
Rating & Ulasan
5.0
/5
(2 Rating)
0
0
0
0
0
Rp1.500.000