Download di playstore

Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Menyusun Kurikulum Inklusi untuk Perancang Kurikulum Pendidikan

Webinar

Menyusun Kurikulum Inklusi untuk Perancang Kurikulum Pendidikan

Oleh: Screenesia .

Pelatihan di Pijar Mahir

0

5.0(2)
44 Peserta
Usia 18 - 64 Tahun
MinimalSMA/SMAK sederajat

Highlight

Info Penting Kursus di Pijar Mahir

  • Anda bisa mengerjakan kursus ini langsung di platform Pijar Mahir
  • Sertifikat bisa Anda akses di Profil pada menu Sertifikat Saya setelah menyelesaikan kursus

Detail Pelatihan

Deskripsi Pelatihan

Judul Pelatihan Menyusun Kurikulum Inklusi Untuk Perancang Kurikulum Pendidikan

Pelatihan ini menggunakan moda Daring

Okupasi Pelatihan Spesialis Metode Pendidikan/Perencana Kurikulum

Rujukan Okupasi Indonesia’s Critical Occupation List (COL) 2018

Gambaran Pelatihan

Pada pelatihan ini peserta akan mempelajari bagaimana seorang perancang kurikulum menyusun rancangan kurikulum untuk pendidikan inklusi mulai dari mengidentifikasi kebutuhan khusus siswa hingga proses evaluasi rancangan kurikulum yang disusun.

Kompetensi yang dilatih Pada pelatihan ini, peserta diberi bekal terkait merumuskan standar kompetensi, merancang strategi pembelajaran dan melaksanakan evaluasi asesmen

Urutan Pembelajaran

Sesi 1 : Sejarah, Konsep, Prinsip Pendidikan Inklusi, dan kategori ABK

Sesi 2 : Metode identifikasi kebutuhan khusus siswa

Sesi 3 : Prinsip Kurikulum Inklusi

Sesi 4 : Tenaga Pendidikan dalam pendidikan inklusi

Sesi 5 : Peranan kebijakan pemerintah dan stakeholder lain dalam pengembangan pendidikan inklusi


Tujuan Umum Pelatihan

Peserta pelatihan  mampu menyusun kurikulum inklusi yang mencakup tujuan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa dari berbagai latar belakang dengan menunjukkan keberhasilan penguasaan materi minimal 70% pada saat unjuk keterampilan


Tujuan Khusus Pelatihan

Setelah mengikuti pelatihan, peserta mampu mengetahui:

Mampu memahami tentang sejarah, konsep dan prinsip pendidikan inklusi

Mampu menggunakan  metode identifikasi kebutuhan khusus siswa

Mampu menerapkan prinsip kurikulum inklusi

Mampu memahami tentang tenaga pendidikan dalam pendidikan inklusi

Mampu memahami peranan kebijakan pemerintah dan stakeholder lain dalam pengembangan pendidikan inklusi


Aspek Kompetensi: Pengetahuan (Knowledge)

Pemahaman konsep teori-teori dasar dalam pendidikan inklusi

Pengetahuan mendalam tentang prinsip-prinsip inklusi

Penguasaan konsep-konsep kurikulum diferensial dan penyesuaian yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan beragam siswa


Aspek Kompetensi: Keterampilan (Skill)

Melibatkan pelatihan keterampilan praktis yang diperlukan dalam implementasi kurikulum inklusi

Mengembangkan keterampilan pengelolaan kelas yang mendukung partisipasi semua siswa

Merancang aktivitas pembelajaran dengan berbagai gaya belajar dan kemampuan siswa


Aspek Kompetensi: Sikap (Attitude)

Proaktif dalam memahami dan merespon kebutuhan inklusi di lingkungan pendidikan

Responsif terhadap perubahan sosial, budaya, dan kebutuhan individu dalam merancang kurikulum inklus

Teliti dalam merencanakan dan mengevaluasi kurikulum inklusi, serta memperhatikan detail penting yang dapat mempengaruhi keberhasilan implementasi kurikulum tersebut


Syarat dan Ketentuan lainnya

- Usia minimun 18 tahun dan maksimal 64 tahun

- Memiliki Laptop/ HP

- Memiliki jaringan internet yang stabil agar webinar berjalan dengan lancar

- Pendidikan terakhir minimun SMA/SMK Sederajat

- Peserta memiliki minat di bidang pendidikan


Total Durasi

900 Menit


Kapasitas Peserta

100 Peserta


Metode Pembelajaran

Daring


Metode Evaluasi

1. Pre Test
2. Quiz
3. Post Test


Unjuk Keterampilan

Pada sesi unjuk keterampilan, peserta diminta untuk membuat rancangan kurikulum pendidikan inklusi untuk siswa yang berkebutuhan khusus gangguan perilaku, mulai dari merancang identifikasi kebutuhan siswa yang gangguan perilaku, rancangan sebuah pelajaran inklusi berdasarkan hasil identifikasi kebutuhan siswa dengan gangguan perilaku, sampai rancangan penilaian dan tahap evaluasi untuk rancangan pembelajaran siswa gangguan perilaku yang telah dibuat sebelumnya.


Jenis/Klasifikasi Sertifikat

Sertifikat Penyelesaian


Profil Pengajar

Chaerizanisazi adalah seorang dosen yang aktif dalam kegiatan mengajar, meneliti dan mengabdi kepada masyarakat selama 5 tahun. Untuk kegiatan mengajar ia berkonsentrasi mengajar mata kuliah yang berkaitan dengan pemenuhan kebutuhan disabilitas, seperti mata kuliah pekerja sosial disabilitas dan keterampilan bahasa isyarat.


Kontak Lembaga Pelatihan

082217076246

screenesia1@gmail.com


Info Lainnya

Materi Pelatihan

Rating & Ulasan

0

5.0

/5

(2 Rating)

profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
course thumbnail

Rp1.500.000