Download di playstore

Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Menyusun Laporan Keuangan dengan MYOB untuk Admin Keuangan

Webinar

logo-prakerja

Menyusun Laporan Keuangan dengan MYOB untuk Admin Keuangan

Oleh: LPK Cerdas

logo-prakerja

Pelatihan di Pijar Mahir

0

5.0(2)
15 Peserta
Usia 18 - 60 Tahun
MinimalSMA/SMAK sederajat

Highlight

Info Penting Kursus di Pijar Mahir

  • Anda bisa mengerjakan kursus ini langsung di platform Pijar Mahir
  • Sertifikat bisa Anda akses di Profil pada menu Sertifikat Saya setelah menyelesaikan kursus

Detail Pelatihan

Deskripsi Pelatihan

Judul Pelatihan Menyusun Laporan Keuangan dengan MYOB untuk Admin Keuangan

Pelatihan ini menggunakan moda Daring

Okupasi Pelatihan Finance Staff

Rujukan Okupasi Indonesia’s Online Vacancy Outlook 2020

Gambaran Pelatihan

Program ini memberi pengetahuan dasar terkait profesi seorang Admin Keuangan, antara lain karir sebagai Asisten Keuangan, Staf Akuntansi, Analis Keuangan, Petugas Pembayaran, Spesialis Pengelolaan Risiko Keuangan, Hingga Administrator Anggaran.

Kompetensi yang Dilatih

Pada pelatihan ini, peserta akan diberi bekal terkait apa saja tugas serta skill yang harus dimiliki seorang Admin Keuangan. Hal ini perlu dilakukan agar peserta mampu menjalankan tugas dan tanggung jawab sebagai Admin Keuangan. Peserta akan memperoleh pengetahuan terkait instalasi dan konfigurasi MYOB, proses membuat dan menganalisis laporan keuangan, perencanaan dan pengendalian cash flow, hingga prosedur penyiapan anggaran tahunan.

Urutan Pembelajaran:

Sesi 1: Modul 1: Konsep Dasar Administrasi Keuangan

Sesi 2: Modul 2: Pembuatan Laporan Keuangan

Sesi 3: Modul 3: Menganalisis laporan keuangan

Sesi 4: Modul 4: Manajemen Cash Flow

Sesi 5: Modul 5: Manajemen Anggaran


Tujuan Umum Pelatihan

Peserta pelatihan (A) mampu menyusun laporan keuangan menggunakan MYOB (B) dengan menunjukkan minimal 60 persen  penguasaan materi pada saat unjuk keterampilan (C) sesuai dengan Standar Nasional (SKKNI Nomor 183 Tahun 2016 Administrasi Profesional) yang berlaku.


Tujuan Khusus Pelatihan

Pada akhir pelatihan, peserta mampu:

1. Menganalisis peran staf administrasi keuangan dalam perusahaan.

2. Mengimplementasikan penyusunan laporan keuangan dengan menggunakan MYOB. 

3. Menyusun laporan keuangan menggunakan berbagai macam rasio.

4. Menganalisis manajemen cash flow yang baik  melalui pengendalian dan perencanaan. 

5. Mengimplementasikan langkah-langkah yang diperlukan dalam menyusun anggaran dengan MYOB.


Aspek Kompetensi: Pengetahuan (Knowledge)

- Definisi dan fungsi administrasi keuangan

- Perbedaan admin akuntan dan admin keuangan

- Definisi, dan tujuan laporan keuangan

- Manfaat laporan keuangan

- Jenis-jenis laporan keuangan dasar (Laporan Posisi Keuangan, Laporan Laba Rugi,  dan Laporan Arus Kas)


Aspek Kompetensi: Keterampilan (Skill)

- Mengimplementasikan pembuatan berbagai macam bentuk perusahaan dalam MYOB. 

- Menyusun cash flow dengan MYOB. 

- Menghitung rasio dari laporan keuangan. 

- Menyusun analisis laporan keuangan

- Menyusun anggaran perusahaan dengan MYOB. 


Aspek Kompetensi:  Sikap (Attitude)

- Tekun dalam menyelesaikan tugas-tugas teknis seperti installasi dan konfigurasi perangkat lunak.

- Bertanggung Jawab dan berkomitmen untuk menerapkan perencanaan keuangan yang baik dalam perusahaan. 

- Berpikir strategis dalam menyusun perencanaan anggaran. 

- Bertanggung jawab dalam menjalankan peran sebagai staff admin keuangan dalam perusahaan.  

- Menghargai pentingnya analisis laporan keuangan dalam perusahaan.


Kelompok Sasaran

1. Peserta dengan minimal pendidikan SMA/SMK/Sederajat
2. Peserta tertarik dengan bidang penyusunan laporan keuangan dengan MYOB
3. Peserta memiliki latar belakang sebagai admin keuangan
4. Peserta memiliki laptop/smartphone dengan koneksi internet yang memadai
5. Peserta memiliki akun Zoom/Google Meet untuk mengikuti pelatihan


Durasi Per Sesi

1. Konsep Dasar Administrasi Keuangan 180 menit

2. Pembuatan Laporan Keuangan 180 menit

3. Menganalisis laporan keuangan 180 menit

4. Manajemen Cash Flow 180 menit

5. Manajemen Anggaran 180 menit


Total Durasi

900 Menit


Kapasitas Peserta

100 Peserta


Jadwal Pelatihan

01-04-2024 s.d 05-04-2024

08-04-2024 s.d 12-04-2024

15-04-2024 s.d 19-04-2024

22-04-2024 s.d 26-04-2024


Metode Pembelajaran

Daring


Metode Evaluasi

1. Pre Test
2. Post Test
3. Unjuk Keterampilan


Unjuk Keterampilan

Peserta diminta untuk mengisi daftar transaksi keuangan yang tertulis dalam skenario dan menggunakan data transaksi tersebut untuk membuat laporan keuangan menggunakan fitur yang disediakan oleh MYOB. Kemudia peserta menghitung rasio keuangan yang relevan berdasarkan laporan keuangan yang telah dibuat dan menuliskan kesimpulan dari analisis rasio keuangan yang dilakukan.


Jenis/Klasifikasi Sertifikat

Sertifikat Penyelesaian


Profil Pengajar

1. Syafmita Wahyuni Asri merupakan seorang Staf Admin Keuangan yang berpengalaman lebih dari 6 tahun. Saat ini Syafmita Wahyuni Asri bekerja sebagai Analis Bisnis di sektor Konstrusi MEP sejak tahun 2024.

2. Hairani Fitri merupakan seorang Staf Admin Keuangan yang berpengalaman lebih dari 1 tahun. Saat ini Hairani Fitri bekerja sebagai Staf Keuangan di sektor Teknologi Keuangan sejak tahun 2018.


Kontak Lembaga Pelatihan

PIC : Chaterine

Contact Support : +62 816 1777 8602 

Email : customerservice@lpkcerdas.com 


Info Lainnya

Materi Pelatihan

Pilihan Event

Kursus ini belum memiliki Event

Rating & Ulasan

0

5.0

/5

(2 Rating)

profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
course thumbnail

Rp1.350.000