Webinar
Menyusun Laporan Keuangan Praktis bagi Akuntan
Oleh: Hi Colleagues
Pelatihan di Hi Colleagues
Highlight
Info Penting Kursus di Mitra Pelatihan
- Kursus ini akan sepenuhnya Anda kerjakan di platform Mitra Pelatihan
- Kami akan memberimu Kode Kursus untuk Anda tukarkan di platform Mitra Pelatihan
- Sertifikat dari kursus ini juga hanya akan Anda terima di platform Mitra Pelatihan
Detail Pelatihan
Deskripsi Pelatihan
Pelatihan ini melebihi fokus pada membangun landasan yang kuat dalam pemahaman dasar-dasar Akuntansi dan siklus Akuntansi dalam konteks perusahaan yang terkait dengan penyusunan laporan keuangan. Sebagian besar pelatihan akan difokuskan pada pengenalan konsep-konsep dasar Akuntansi. Peserta akan mendapatkan wawasan mendalam mengenai bagaimana siklus Akuntansi berjalan, dari pengumpulan data transaksi, pengolahan hingga penyusunan laporan keuangan akhir.Selain itu, peserta juga akan diberikan pelatihan yang intensif dalam penggunaan Microsoft Excel, dengan fokus pada dasar-dasar penggunaan, editing, formatting, dan formula. Penekanan pada penggunaan Excel memungkinkan mereka untuk mengelola data keuangan dengan lebih efisien dan akurat. Profesi akuntan selain menangani masalah keuangan, juga harus ahli dalam menangani pembukuan klien dan mampu mengelola dokumen keuangan dengan baik dan benar. Seorang akuntan dalam sebuah perusahaan harus mampu membuat dan menyiapkan laporan keuangan akhir tahun perusahaan seperti neraca, laporan arus kas, dan laporan laba rugi. Seorang profesi akuntan harus senantiasa adaptif dan tanggap terhadap masalah keuangan di suatu perusahaan. Mempunyai karakter yang jeli dalam menganalisa suatu keuangan.
Tujuan Umum Pelatihan
Peserta pelatihan mampu melakukan penyusunan laporan keuangan berdasarkan prinsip dasar, siklus dan alur proses akuntansi, mulai dari pencatatan transaksi hingga pembuatan laporan keuangan menggunakan microsoft excel dengan menunjukkan minimum 60% penguasaan materi pada saat Unjuk Keterampilan.Tujuan Khusus Pelatihan
Setelah mengikuti pelatihan ini peserta mampu :
Menguasai dan mengaplikasikan prinsip dasar akuntansi
Mengaplikasikan siklus akuntansi di dalam sebuah perusahaan.
Menguasai pengaplikasian Microsoft Excel sebagai alat untuk proses pembuatan laporan keuangan
Membuat rekapan seluruh transaksi, jurnal dan laporan keuangan dengan cara proses editing, formatting dan menggunakan formula melalui Microsoft Excel
Menyusun laporan keuangan melalui Microsoft Excel dengan rapi, teliti dan sesuai dengan standar yang berlaku
Aspek Kompetensi: Pengetahuan (Knowledge)
Peserta dapat menguasai dasar-dasar akuntansi sebagai pondasi dalam menyusun Laporan Keuangan
Peserta dapat menguasai siklus akuntansi dalam sebuah perusahaan dimulai dan terjadinya transaksi, jurnal umum, buku besar, neraca saldo, jurnal penyesuaian, kertas kerja, laporan keuangan, dan neraca.
Aspek Kompetensi: Keterampilan (Skill)
Peserta mampu menganalisis dan menentukan jurnal yang tepat dalam proses pencatatan Akuntansi
Peserta mampu mengidentifikasi data dan menentukan suatu informasi data keuangan sesuai dengan jenis-jenis laporan dalam siklus akuntansi
Peserta dapat membuat spreadsheet baru dalam penyusunan laporan keuangan dengan formula yang tepat
Aspek Kompetensi: Sikap (Attitude)
Peserta dapat menjadi cermat dalam membuat laporan keuangan
Peserta diajarkan untuk memiliki tingkat akurat yang tinggi dalam menentukan dan menyajikan sebuah data yang berisi mengenai informasi keuangan (laporan keuangan)
Peserta dapat menjadi teliti ketika melakukan proses editing dan menggunakan rumus Microsoft Excel dalam menyusun laporan keuanganPeserta dapat menyusun laporan keuangan dengan sistematis dan rapi
Syarat dan Ketentuan Lainnya
1. Pelatihan ini dapat diikuti oleh peserta yang memiliki minat untuk membangun karir sebagai seorang Akuntan.2. Tidak ada keahlian awal yang diperlukan.
3. Memiliki komputer atau laptop
Durasi Per Sesi
Pengenalan dan dasar akuntansi 180 menit
Siklus Akuntansi pada Perusahaan 180 menit
Pengenalan Microsoft Excel 180 menit
Menyusun Laporan Keuangan Menggunakan Microsoft Excel 180 menit
Penyusunan Laporan Keuangan untuk Studi Kasus Dari Sebuah Rumah Makan 180 menit
Total Durasi
900 menit
Kapasitas Peserta
50 Peserta
Metode Pembelajaran
Daring
Metode Evaluasi
1. Pre Test
2. Quiz
3. Post Test
Unjuk Keterampilan
Membuat laporan keuangan di Excel. Laporan keuangan tersebut dibuat dengan tab terpisah. Sebagai contoh: tab 1 dibuatkan judul: Jurnal Umum, tab. 2 Buku Besar, dan seterusnya. Setiap laporan harus memperoleh hasil yang seimbang/balance. Setelah itu, laporan keuangan yang telah selesai di upload ke dalam LMS.Jenis/Klasifikasi Sertifikat
Sertifikat Penyelesaian
Muhammad Zulhazmi Zamzami
Berpengalaman dalam dunia akuntansi selama 5 tahun dengan keahlian administrasi akuntansi, cost accounting, dan staf general accounting. Menguasai SAP (Finance, Accounting, inventory & logistic), microsoft dynamics AX (ERP Software, Finance & Accounting), dan e-SPT& e-Faktur (Perpajakan).
Cara Redeem Voucher
Diisi dengan tata cara redeem voucher dalam bentuk rincian poin
1. Di website Pijar Mahir (https://pijarmahir.id/), klik menu profil HiColleagues pada pojok kanan atas kemudian klik menu Voucher Saya dan klik Salin Kode (atau catat kode voucher secara manual)
2. Masuk ke halaman www.hicolleagues.com
3. Pilih menu kelas lalu pilih bagian menu prakerja
4. Setelah itu pilih kelas yang sudah kamu beli sebelumnya
5. Isi data-data dan salin salin kode voucher lalu submit
6. Kemudian klik 'Tukarkan Voucher'
7. Sistem akan mengirimkan email verifikasi data lalu klik verifikasi pada email
Kontak Lembaga Pelatihan
WA: +62 821 2727 4632
Email: prakerja@hicolleagues.com
Info Lainnya
Materi Pelatihan
Materi
Rating & Ulasan
5.0
/5
(2 Rating)
0
0
0
0
0
Rp1.500.000