Download di playstore

Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Merancang dan Mengelola Website bagi pengembang Perangkat Lunak

Webinar

Merancang dan Mengelola Website bagi pengembang Perangkat Lunak

Oleh: Shaka Training Center

Pelatihan di Pijar Mahir

0

5.0(2)
43 Peserta
Usia 18 - 60 Tahun
MinimalSMA/SMAK sederajat

Highlight

Info Penting Kursus di Pijar Mahir

  • Anda bisa mengerjakan kursus ini langsung di platform Pijar Mahir
  • Sertifikat bisa Anda akses di Profil pada menu Sertifikat Saya setelah menyelesaikan kursus

Detail Pelatihan

Deskripsi Pelatihan
Kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang pengembang perangkat lunak yaitu harus memiliki kemampuan mengenai perencanaan pemrograman dan mampu melakukan pengoperasian serta pemeliharaan website sehari-hari berdasarkan SKKNI Nomor 44 Tahun 2017 tentang Software Development.
Dengan mengikuti pelatihan ini, peserta akan mempelajari secara lengkap tentang kompetensi pengembang perangkat lunak. Adapun kompetensi pelatihan sebagai berikut:
1. Memahami konsep dan bagian-bagian penting dari perangkat lunak
2. Memodelkan dan menganalisis perancangan terstruktur dan perancangan berorientasi obyek (contoh: UML dan DFD)
3. Menerapkan konsep dan strategi Perancangan Normalisasi  dan ERD, 
4. Merancangan dan membuat perangkat lunak website sederhana sesuai dengan sketsa layout desain
5. Melakukan ujicoba fungsionalitas sebuah aplikasi menggunakan blackbox dan whitebox testing. 
Sehingga setelah mengikuti pelatihan ini peserta lebih siap bekerja sebagai seorang pengembang perangkat lunak di perusahaan. Pelatihan ini akan dilaksanakan secara daring selama 5 hari.

Tujuan Umum Pelatihan
Peserta pelatihan (A) mampu membuat website sederhana menggunakan html dan css, sesuai dengan kriteria website yang baik (B) dengan menunjukkan minimal 60 persen penguasaan materi (D) pada saat unjuk keterampilan (C)

Tujuan Khusus Pelatihan
Setelah mengikuti pelatihan, peserta :
1. Memiliki keterampilan dalam melakukan pengamatan dan mengidentifikasi spesifikasi kebutuhan perangkat lunak secara objektif dan teliti, serta mampu melakukan analisis kritis dan memberikan solusi yang efektif terhadap kebutuhan perangkat lunak
2. Mampu melakukan perancangan dan pemodelan menggunakan UML
3. Mampu melakukan perancangan normalisasi 
4. Mampu membuat website sederhana menggunakan HTML dan CSS.
5. Mampu melakukan pengujian website dengan blackbox dan whitebox testing

Aspek Kompetensi: Pengetahuan (Kognitif)
Memahami konsep dan bagian-bagian penting dari perangkat lunak
Memodelkan dan menganalisis perancangan terstruktur dan perancangan berorientasi obyek (contoh: UML dan DFD)
Menerapkan konsep dan strategi Perancangan Normalisasi  dan ERD
Menggunakan HTML dan CSS dalam merancang dan membangun website sesuai dengan sketsa layout desain
Memahami ujicoba fungsionalitas sebuah aplikasi menggunakan blackbox dan whitebox testing

Aspek Kompetensi: Sikap Kerja (Afektif)
Mampu merespon dan mengikuti etika dan tugas seorang pengembang perangkat lunak
Mampu menganalisa dan mengidentifikasi kebutuhan website secara tepat dengan pemodelan dan perancangan
Mampu melakukan perancangan normalisasi dan ERD
Mampu menggunakan dan mengkombinasikan kode HTML dan CSS untuk pembuatan website
Mampu melakukan ujicoba fungsionalitas website yang dibangun menggunakan blackbox dan whitebox testing

Aspek Kompetensi: Keterampilan (Psikomotor)
Mematuhi aturan dan etika sebagai pengembang perangkat lunak
Objektif, cermat, dan disiplin dalam melakukan pemodelan dan analisis dan perancangan
Ketelitian dalam mengatur rancangan normalisasi, ERD
Tepat dan teliti memformulasikan dalam menulis kode sesuai panduan dan best practice
Tepat dan teliti dalam melakukan ujicoba testing website yang dibangun sesuai kebutuhan pengguna

Kelompok Sasaran
Minimal usia 18 tahun dan maksimal 60 tahun 
Min pendidikan SMA/SMK

Syarat dan Ketentuan lainnya
Memiliki PC berupa laptop atau komputer dengan minimal kapasitas RAM 4 Gb
Memiliki gawai atau smartphone
Mampu mengoperasikan komputer khususnya mengoperasikan web browser (Mozilla Firefox, Google Chrome, Microsoft Edge, dll) untuk mengakses html
Memiliki jaringan internet Memiliki akun google mail (gmail)
Memiliki Aplikasi IDE visual studio code
Memiliki Alat Tulis Kantor Memiliki ketertarikan di industri pengembang website

Total Durasi
900 Menit

Durasi Pelatihan Per Sesi
Pengelolaan Perangkat Lunak: 180 menit
Perancangan DFD dan UML: 180 menit
Normalisasi ERD: 180 menit
Perancangan Website Sederhana: 180 menit
Uji Fungsional Perangkat Lunak: 180 menit

Kapasitas Peserta
150 Peserta

Metode Pembelajaran
Daring

Metode Evaluasi
1. Pre Test
2. Quiz
3. Post Test
4. Tugas Praktik Mandiri
5. Unjuk Keterampilan

Unjuk Keterampilan
Peserta diminta mendemonstrasikan Perancangan dan Pembuatan Website, dimana peserta adalah seorang pengembang perangkat lunak yang diminta untuk membuat website .Tugas peserta membuat halaman tentangsaya.html yang berisi data diri peserta. Membuat website “Tentang Saya” dengan menyebutkan dengan lengkap, nama, gambaran tentang diri peserta, daftar acara favorit, foto diri, yang menarik tentang teman peserta, dan daftar pelatihan yang pernah diikuti. Setelah website jadi, peserta mendemontrasikan dan merekam dengan maksimal durasi 2 menit tampilan websitenya, upload video ke Google Drive dan kumpulkan linknya melalui LMS. Batas waktu pengumpulan paling lambat 3x24 jam setelah intruksi diberikan.

Jenis/Klasifikasi Sertifikat
Sertifikat Penyelesaian

Profil Pengajar
1. Agung Wibowo, S.Kom., M.Kom, lulusan S2 Sistem Informasi Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga Tahun 2018-2020, seorang Dosen yang memiliki pengalaman mengajar bidang IT seperti Pemrograman Mobile, Logika Informatika, Decision Support System, Pattern Recognition Web Development, yang sejak tahun 2018 hingga sekarang mengajar sebagai Dosen di Universitas Ngudi Waluyo Kabupaten Semarang yang telah mengampu puluhan hingga ratusan siswa.
2. Cristeddy Asa Bakti, S.T., M.Kom. lulusan S2 Sistem Informasi Universitas Diponegoro Semarang Tahun 2013-2016, memiliki pengalaman bekerja dan mengajar dibidang IT Pemrograman Web dan Sistem Informasi, Pemrograman Web dan Rekayasa Perangkat Lunak. Mengampu puluhan hingga ratusan siswa di Universitas AKI Semarang, Institute Teknologi dan Bisnis Semaran dari tahun 2022 hingga sekarang, memiliki pengalaman mengajar pada pelatihan Program Pengembangan Profesional MGBK SMA/SMK Se-Kota Pekalongant di MGBK Pekalongan, berpengalaman sebagai System Developer RS. Ken Saras pada bidang Pengembang Sistem Informasi Rumah Sakit tahun 2012-2019.
3. Adityo Putro Wicaksono, lulusan S2 Magister Teknik Informatika Universitas Dian Nuswantoro Semarang Tahun 2014-2017, memiliki pengalaman bekerja dan mengajar sebagai Dosen dibidang IT Pemrograman Perangkat Bergerak, Mobile Programming Lanjut, AI Programming, dan Pemrosesan Bahasa Alam sejak tahun 2017 sampai sekarang di Universitas AKI Semarang sejak 2017- Sekarang, sebagai Dosen matakuliah presentasi Multimedia Audio dan Video Editing, Data Science di STT Abdiel, dan mengajar kursus di kelas Mobile Programming dan Java Desktop di Kursus Plugin Universitas AKI Semarang.

Kontak Lembaga Pelatihan
081320690808


Info Lainnya

Materi Pelatihan

Rating & Ulasan

0

5.0

/5

(2 Rating)

profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
course thumbnail

Rp1.500.000