Webinar
Merancang Desain Aplikasi sebagai UI/UX Designer
Highlight
Info Penting Kursus di Pijar Mahir
- Anda bisa mengerjakan kursus ini langsung di platform Pijar Mahir
- Sertifikat bisa Anda akses di Profil pada menu Sertifikat Saya setelah menyelesaikan kursus
Detail Pelatihan
Deskripsi Pelatihan
Berdasarkan Indonesia's Critical Occupation List (COL) 2018, terdapat permintaan yang tinggi untuk peran UI/UX Designer. Pelatihan ini dirancang untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk menjadi seorang UI/UX Designer yang profesional.
Selama 6 sesi pelatihan, peserta akan mempelajari rangkaian modul yang mencakup berbagai topik, seperti Design Process Framework, Identifying User & Design Requirement (User Persona), Redefining Problem & Conceptual Model (Affinity Diagram), Design Principle dan Interface structure (Wireframe), Figma Introduction Interface Dimension, dan Mobile Guides.
Pada akhir pelatihan, peserta diharapkan dapat menciptakan desain UI/UX menggunakan Figma sesuai dengan petunjuk yang diberikan dan mampu menunjukkan kemahiran mereka dengan mencapai nilai minimal 60% saat Unjuk Keterampilan. Setelah berhasil menyelesaikan pelatihan ini, peserta akan memperoleh kompetensi yang mencakup Merencanakan arah tampilan pengguna, Melakukan riset kreatif multimedia, dan Membuat aset visual berdasarkan langkah kerja yang telah ditetapkan. Dengan demikian, peserta akan siap untuk memenuhi tuntutan pasar kerja dan berkembang di bidang UI/UX Design.
Tujuan Umum Pelatihan
Peserta pelatihan mampu membuat desain menggunakan figma sesuai instruksi yang diberikan dengan menunjukkan nilai minimal 60% pada saat unjuk keterampilan.
Tujuan Khusus Pelatihan
Mampu menggunakan Design Process Framework dalam perencanaan pembuatan UI dan UX.
Mampu mengetahui user yang akan menggunakan aplikasi.
Mampu menerapkan pembuatan Affinity Diagram pada aplikasi yang dibuat.
Mampu membuat wireframe berdasarkan affinity diagram yang telah dibuat. Mengajarkan juga terkait color, typeface, font, grid, dan layouting.
Mampu membuat wireframe pada figma dan desain sistem dalam sebuah interface yang menarik.
Mampu menggunakan figma untuk membuat design mobile dan membuat prototyping dengan baik.
Aspek Kompetensi: Pengetahuan (Kognitif)
Menganalisis proses pembuatan design process framework
Menganalisis jalur pembuatan user persona
Menganalisis dasar-dasar pembuatan user journey
Menganalisis pembuatan interface sesuai design principle yang ada
Mengaplikasikan penggunaan tools yang digunakan untuk melakukan implementasi interface
Mengaplikasikan design untuk pengguna mobile
Aspek Kompetensi: Keterampilan (Psikomotor)
Merespon penggunaan design process framework dalam dunia UI UX Desainer.
Menyusun user persona sebagai dasar pembuatan user journey.
Menyusun user journey/information architecture sebuah produk.
Membangun user interface dengan menerapkan design principle.
Membangun user interface dengan memanfaatkan tools bernama figma.
Membangung user interface dan user experience untuk pengguna mobile.
Aspek Kompetensi: Sikap Kerja (Afektif)
Kreatif, Inovatif, Detail-oriented, Mampu bekerja dalam team
Bertanggung jawab, Terbuka
Dedikasi, Analitis
Profesional, Berpikir kritis
Fleksibel, Profesional
Berorientasi pada solusi, Terus belajar.
Kelompok Sasaran
Minimal usia 18 tahun dan maksimal 60 tahun
Min pendidikan SMP
Syarat dan Ketentuan lainnya
Pendidikan minimal SMP
Dianjurkan Memiliki laptop dengan spesifikasi Core i3 2.5Ghz atau lebih, ram 4 Gb atau lebih, storage SSD/HDD 500 GB
Memiliki koneksi internet upload 1 Mb dan download 4 Gb
Memiliki ketertarikan dengan branding, desain, dan UI.UX atau dunia industri IT
Total Durasi
900 Menit
Durasi Sesi-sesi Pelatihan
Sesi 1: Design Process Framework: 180 menit
Sesi 2: Identifying User & Design Requirement (User Persona): 180 menit
Sesi 3: Redefining Problem & Conceptual Model(Affinity Diagram): 180 menit
Sesi 4: Design Principle dan Interface structure(Wireframe): 180 menit
Sesi 5: Figma Introduction Interface Dimension: 180 menit
Sesi 6: Mobile Guides: 180 menit
Kapasitas Peserta
50 Peserta
Metode Pembelajaran
Daring
Metode Evaluasi
1. Pre Test
2. Quiz
3. Post Test
4. Unjuk Keterampilan
Unjuk Keterampilan
Peserta harus menyelesaikan 4 proyek dalam waktu 3x24 jam.
Proyek 1: identifikasi masalah, buat user persona, selesaikan dengan infinity diagram.
Proyek 2: buat user flow dan wireframe dari data Proyek 1.
Proyek 3: detail wire flow dari Proyek 2, kembangkan desain dan aliran aplikasi.
Proyek 4: menyusun interface dengan Figma
Melalui proyek ini, peserta menunjukkan pemahaman desain produk dari identifikasi masalah hingga interface responsif.
Jenis/Klasifikasi Sertifikat
Sertifikat Penyelesaian
Profil Pengajar
Arif Lutfhansah
Sebagai UI/UX Designer, Mas Arif bertanggung jawab menciptakan antarmuka yang efektif dan intuitif. Dengan keterampilannya, Mas Arif telah mengembangkan berbagai website dan aplikasi mobile di industri media.
Saat ini, Mas Arif aktif sebagai Assistant Manager UI/UX Designer di PT. Indonusa Telemedia. Dalam perannya, Mas Arif memimpin tim UI/UX Design dan secara rutin meninjau hasil kerja tim untuk memberikan implementasi desain terbaik. Ia juga berkolaborasi dengan berbagai divisi untuk memastikan desain yang diterapkan sesuai.
Dengan pengalaman lebih dari 8 tahun, Mas Arif telah mengembangkan keahliannya dalam berbagai bidang UI/UX Design, menggunakan alat seperti Figma, Dreamweaver, Zeplin, dll.
Kontak Lembaga Pelatihan
0813-5882-4163
Berdasarkan Indonesia's Critical Occupation List (COL) 2018, terdapat permintaan yang tinggi untuk peran UI/UX Designer. Pelatihan ini dirancang untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk menjadi seorang UI/UX Designer yang profesional.
Selama 6 sesi pelatihan, peserta akan mempelajari rangkaian modul yang mencakup berbagai topik, seperti Design Process Framework, Identifying User & Design Requirement (User Persona), Redefining Problem & Conceptual Model (Affinity Diagram), Design Principle dan Interface structure (Wireframe), Figma Introduction Interface Dimension, dan Mobile Guides.
Pada akhir pelatihan, peserta diharapkan dapat menciptakan desain UI/UX menggunakan Figma sesuai dengan petunjuk yang diberikan dan mampu menunjukkan kemahiran mereka dengan mencapai nilai minimal 60% saat Unjuk Keterampilan. Setelah berhasil menyelesaikan pelatihan ini, peserta akan memperoleh kompetensi yang mencakup Merencanakan arah tampilan pengguna, Melakukan riset kreatif multimedia, dan Membuat aset visual berdasarkan langkah kerja yang telah ditetapkan. Dengan demikian, peserta akan siap untuk memenuhi tuntutan pasar kerja dan berkembang di bidang UI/UX Design.
Tujuan Umum Pelatihan
Peserta pelatihan mampu membuat desain menggunakan figma sesuai instruksi yang diberikan dengan menunjukkan nilai minimal 60% pada saat unjuk keterampilan.
Tujuan Khusus Pelatihan
Mampu menggunakan Design Process Framework dalam perencanaan pembuatan UI dan UX.
Mampu mengetahui user yang akan menggunakan aplikasi.
Mampu menerapkan pembuatan Affinity Diagram pada aplikasi yang dibuat.
Mampu membuat wireframe berdasarkan affinity diagram yang telah dibuat. Mengajarkan juga terkait color, typeface, font, grid, dan layouting.
Mampu membuat wireframe pada figma dan desain sistem dalam sebuah interface yang menarik.
Mampu menggunakan figma untuk membuat design mobile dan membuat prototyping dengan baik.
Aspek Kompetensi: Pengetahuan (Kognitif)
Menganalisis proses pembuatan design process framework
Menganalisis jalur pembuatan user persona
Menganalisis dasar-dasar pembuatan user journey
Menganalisis pembuatan interface sesuai design principle yang ada
Mengaplikasikan penggunaan tools yang digunakan untuk melakukan implementasi interface
Mengaplikasikan design untuk pengguna mobile
Aspek Kompetensi: Keterampilan (Psikomotor)
Merespon penggunaan design process framework dalam dunia UI UX Desainer.
Menyusun user persona sebagai dasar pembuatan user journey.
Menyusun user journey/information architecture sebuah produk.
Membangun user interface dengan menerapkan design principle.
Membangun user interface dengan memanfaatkan tools bernama figma.
Membangung user interface dan user experience untuk pengguna mobile.
Aspek Kompetensi: Sikap Kerja (Afektif)
Kreatif, Inovatif, Detail-oriented, Mampu bekerja dalam team
Bertanggung jawab, Terbuka
Dedikasi, Analitis
Profesional, Berpikir kritis
Fleksibel, Profesional
Berorientasi pada solusi, Terus belajar.
Kelompok Sasaran
Minimal usia 18 tahun dan maksimal 60 tahun
Min pendidikan SMP
Syarat dan Ketentuan lainnya
Pendidikan minimal SMP
Dianjurkan Memiliki laptop dengan spesifikasi Core i3 2.5Ghz atau lebih, ram 4 Gb atau lebih, storage SSD/HDD 500 GB
Memiliki koneksi internet upload 1 Mb dan download 4 Gb
Memiliki ketertarikan dengan branding, desain, dan UI.UX atau dunia industri IT
Total Durasi
900 Menit
Durasi Sesi-sesi Pelatihan
Sesi 1: Design Process Framework: 180 menit
Sesi 2: Identifying User & Design Requirement (User Persona): 180 menit
Sesi 3: Redefining Problem & Conceptual Model(Affinity Diagram): 180 menit
Sesi 4: Design Principle dan Interface structure(Wireframe): 180 menit
Sesi 5: Figma Introduction Interface Dimension: 180 menit
Sesi 6: Mobile Guides: 180 menit
Kapasitas Peserta
50 Peserta
Metode Pembelajaran
Daring
Metode Evaluasi
1. Pre Test
2. Quiz
3. Post Test
4. Unjuk Keterampilan
Unjuk Keterampilan
Peserta harus menyelesaikan 4 proyek dalam waktu 3x24 jam.
Proyek 1: identifikasi masalah, buat user persona, selesaikan dengan infinity diagram.
Proyek 2: buat user flow dan wireframe dari data Proyek 1.
Proyek 3: detail wire flow dari Proyek 2, kembangkan desain dan aliran aplikasi.
Proyek 4: menyusun interface dengan Figma
Melalui proyek ini, peserta menunjukkan pemahaman desain produk dari identifikasi masalah hingga interface responsif.
Jenis/Klasifikasi Sertifikat
Sertifikat Penyelesaian
Profil Pengajar
Arif Lutfhansah
Sebagai UI/UX Designer, Mas Arif bertanggung jawab menciptakan antarmuka yang efektif dan intuitif. Dengan keterampilannya, Mas Arif telah mengembangkan berbagai website dan aplikasi mobile di industri media.
Saat ini, Mas Arif aktif sebagai Assistant Manager UI/UX Designer di PT. Indonusa Telemedia. Dalam perannya, Mas Arif memimpin tim UI/UX Design dan secara rutin meninjau hasil kerja tim untuk memberikan implementasi desain terbaik. Ia juga berkolaborasi dengan berbagai divisi untuk memastikan desain yang diterapkan sesuai.
Dengan pengalaman lebih dari 8 tahun, Mas Arif telah mengembangkan keahliannya dalam berbagai bidang UI/UX Design, menggunakan alat seperti Figma, Dreamweaver, Zeplin, dll.
Kontak Lembaga Pelatihan
0813-5882-4163
Info Lainnya
Materi Pelatihan
Materi
Pilihan Event
Kursus ini belum memiliki Event
Rating & Ulasan
5.0
/5
(2 Rating)
0
Laporkan
0
Laporkan
0
Laporkan
0
Laporkan
0
Laporkan