Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Merancang Perangkat Lunak dan Aplikasi untuk Desainer Software (UX Designer)

Pembelajaran Mandiri

Merancang Perangkat Lunak dan Aplikasi untuk Desainer Software (UX Designer)

Oleh: Skill Academy

Pelatihan di Skill Academy

0

5.0(2)
2 Peserta

Highlight

Info Penting Kursus di Mitra Pelatihan

  • Kursus ini akan sepenuhnya kamu kerjakan di platform Mitra Pelatihan
  • Kami akan memberimu Kode Kursus untuk kamu tukarkan di platform Mitra Pelatihan
  • Sertifikat dari kursus ini juga hanya akan kamu terima di platform Mitra Pelatihan

Detail

Deskripsi Pelatihan

Berdasarkan Outlook Lapangan Pekerjaan Indonesia (OLPI) 2020, pengembang perangkat lunak berada pada kategori cerah, artinya terdapat pertumbuhan pekerjaan yang tinggi jika dibandingkan dengan persediaan tenaga kerja yang ada. Salah satu okupasi pada pengembang perangkat lunak adalah desainer software.

Pekerjaan ini kian populer karena pertumbuhan teknologi dan informasi yang begitu cepat dan perannya yang penting dalam organisasi. Sesuai dengan Klasifikasi Jabatan Baku Indonesia (KBJI) 2014, tugasnya meliputi: merancang system perangkat lunak (software) komputer dengan mendeskripsikan arsitektur software, menggambarkan software, mengorganisasi dan mengidentifikasi berbagai komponen, menggambarkan tiap komponen secara cukup mendetail untuk konstruksinya; melakukan konsultasi dengan staf teknik untuk mengevaluasi antarmuka antara hardware dan software; dan mengarahkan pengujian perangkat lunak dan prosedur validasi.

Okupasi Desainer Software memiliki beberapa role yang bermacam-macam di perusahaan, diantaranya adalah UX Researcher, UX Designer dan UX Writer. Kelas ini khusus dirancang untuk peserta yang ingin mempersiapkan diri berkarir menjadi UX Designer.

Pada kelas ini peserta akan mempelajari penggunaan agile dan scrum, gambaran umum UX designer, user centric design, konsep customer journey, identifikasi persona, prototyping, pembuatan portofolio UX, wawancara kerja, serta bagaimana sikap-sikap yang perlu ditampilkan untuk dapat bekerja dalam sebuah tim.


Tujuan Umum Pelatihan

Peserta mampu mengembangkan perangkat lunak dan aplikasi berdasarkan standar pengembangan software sesuai SKKNI Nomor 44 Tahun 2017.


Tujuan Khusus Pelatihan

1. Menentukan metodologi pengembangan perangkat lunak

2. Menerapkan metodologi pengembangan perangkat lunak

3. Mengidentifikasi tujuan

4. Mengidentifikasi pemangku kepentingan

5. Menentukan teknik wawancara (interview)

6. Menentukan teknik prototipe


Aspek Kompetensi: Pengetahuan (Knowledge)

1. Mengetahui peran-peran yang terlibat dalam pengembangan produk

2. Memahami proses pengembangan produk

3. Mengenal tools dalam pengembangan produk


Aspek Kompetensi: Keterampilan (Skill)

1. Menerapkan pelaksanaan scrum framework

2. Menentukan persona produk yang akan dikembangkan

3. Menerapkan teknik wawancara untuk mengidentifikasi kebutuhan


Aspek Kompetensi: Sikap (Attitude)

1. Memiliki sikap kerjasama/kolaborasi tim menggunakan agile mindset

2. Menunjukan komunikasi yang aktif dalam tim

3. Mengambil keputusan berdasarkan data (data-driven)


Kelompok Sasaran

1. Minimal pendidikan SMA/SMK/sederajat

2. Profesional muda/mahasiswa yang tertarik berkarir sebagai desainer software (UX designer)

3. Masyarakat umum yang tertarik mempelajari teknik perancangan perangkat lunak

4. Memiliki komputer/laptop dengan koneksi internet yang stabil serta aplikasi untuk menulis atau menyusun presentasi 

5. Memiliki pengetahuan dasar penggunaan komputer/laptop


Durasi Per Sesi

Bab 1 Pengenalan terhadap Agile 40 menit

Bab 2 Menjadi Agile 12 menit

Bab 3 Fundamental dalam Scrum 29 menit

Bab 4 Peran-Peran dalam Scrum 13 menit

Bab 5 Dokumen dalam Scrum 7 menit

Bab 6 Proses Pelaksanaan Scrum 52 menit

Bab 7 Pengantar UX Designer 19 menit

Bab 8 User Centric Design 5 menit

Bab 9 Identifikasi Persona 5 menit

Bab 10 Wawancara dan Survei Pengguna 28 menit

Bab 11 Customer Journey 9 menit

Bab 12 IA & User Flow 5 menit

Bab 13 Membuat Prototipe 17 menit

Bab 14 Pengujian 36 menit

Bab 15 Pentingnya Memiliki UX Portofolio 14 menit

Bab 16 Menuliskan Konten Portofolio 22 menit

Bab 17 Memilih Konten yang Ingin Disertakan 14 menit

Bab 18 Menentukan Medium Portofolio 11 menit

Bab 19 Menghadapi Wawancara Kerja dalam Bidang UI/UX Desi 22 menit 22 menit

Bab 20 Ringkasan UX Portofolio 2 menit


Total Durasi

369 menit


Kapasitas Peserta

Unlimited


Profil Pengajar

Ugeng Wijaya

Ugeng Wijaya merupakan seorang Professional Scrum Master sekaligus Certified Indonesia Scrum Master dengan perolehan skor tertinggi yang juga seorang Profesional Scrum. Ugeng Wijaya telah banyak membantu implementasi Agile dan Scrum di beberapa perusahaan besar di Indonesia dan menjadi dosen tamu di beberapa kampus terbaik di Indonesia. Di Skill Academy, Ugeng WIjaya berkesempatan untuk membagikan ilmunya mengenai Penggunaan Agile dan Scrum untuk Development Project


Jadwal Mingguan Konsultasi dengan Tenaga Pelatih

Tiap Jumat, jam 16.00-17.00 WIB


Level Pelatihan

Basic / Tingkat Dasar


Panduan Redeem Voucher
1. Kunjungi website www.skillacademy.com atau download Aplikasi Skill Academy di Play Store
2. Pilih “Masuk” apabila sebelumnya sudah mendaftar akun Skill Academy atau pilih “Daftar” jika sebelumnya Anda belum pernah mendaftar akun Skill Academy
3. Klik "Tukarkan" pada bagian penukaran voucher di homepage atau halaman prakerja
4. Masukkan kode voucher yang sudah Anda dapatkan dari  Pijar Mahir lalu klik "Gunakan Voucher"
5. Setelah penukaran berhasil silakan klik ''Lihat Kelas'' atau cek pada bagian “Kelas Saya” untuk mengikuti kelasnya
6. Selamat Anda dapat langsung mulai belajar dan mengikuti pelatihan di Skill Academy


Kontak Lembaga Pelatihan
Tel : 021-4000-8000
Email: info@skillacademy.com



Materi Pelatihan

0 Materi

Rating & Ulasan

0

5.0

/5

(2 Rating)

profile picture


0





profile picture


0





profile picture


0





profile picture


0





profile picture


0





course thumbnail

Rp625.000

Benefit yang Didapat:

  • Video Pelatihan
  • Dokumen Pelatihan
  • Tes Evaluasi Pelatihan
  • Sertifikasi Penyelesaian

©2020-2022 Pijar Mahir. All Right Reserved