Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Merancang Perangkat Lunak dan Aplikasi untuk Desainer Software (UX Designer)

Pembelajaran Mandiri

Merancang Perangkat Lunak dan Aplikasi untuk Desainer Software (UX Designer)

Oleh: Skill Academy

Pelatihan di Skill Academy

0

5.0(2)
2 Peserta

Highlight

Info Penting Kursus di Mitra Pelatihan

  • Kursus ini akan sepenuhnya kamu kerjakan di platform Mitra Pelatihan
  • Kami akan memberimu Kode Kursus untuk kamu tukarkan di platform Mitra Pelatihan
  • Sertifikat dari kursus ini juga hanya akan kamu terima di platform Mitra Pelatihan

Detail Pelatihan

Deskripsi Pelatihan

Berdasarkan Outlook Lapangan Pekerjaan Indonesia (OLPI) 2020, pengembang perangkat lunak berada pada kategori cerah, artinya terdapat pertumbuhan pekerjaan yang tinggi jika dibandingkan dengan persediaan tenaga kerja yang ada. Salah satu okupasi pada pengembang perangkat lunak adalah desainer software. Pekerjaan ini kian populer karena pertumbuhan teknologi dan informasi yang begitu cepat dan perannya yang penting dalam organisasi. Sesuai dengan Klasifikasi Jabatan Baku Indonesia (KBJI) 2014, tugasnya meliputi: merancang sistem perangkat lunak (software) komputer dengan mendeskripsikan arsitektur software, menggambarkan software, mengorganisasi dan mengidentifikasi berbagai komponen, menggambarkan tiap komponen secara cukup mendetail untuk konstruksinya; melakukan konsultasi dengan staf teknik untuk mengevaluasi antarmuka antara hardware dan software; dan mengarahkan pengujian perangkat lunak dan prosedur validasi.

Okupasi Desainer Software memiliki beberapa role yang bermacam-macam di perusahaan, diantaranya adalah UX Researcher, UX Designer dan UX Writer. Kelas ini khusus dirancang untuk peserta yang ingin mempersiapkan diri berkarir menjadi UX Designer.

Pada kelas ini peserta akan mempelajari penggunaan agile dan scrum, gambaran umum UX designer, user centric design, konsep customer journey, identifikasi persona, prototyping, pembuatan portofolio UX, wawancara kerja, serta bagaimana sikap-sikap yang perlu ditampilkan untuk dapat bekerja dalam sebuah tim.


Tujuan Umum Pelatihan

Peserta mampu mengembangkan perangkat lunak dan aplikasi berdasarkan standar pengembangan software sesuai SKKNI Nomor 44 Tahun 2017.


Tujuan Khusus Pelatihan

1. Menentukan metodologi pengembangan perangkat lunak

2. Menerapkan metodologi pengembangan perangkat lunak

3. Mengidentifikasi tujuan

4. Mengidentifikasi pemangku kepentingan

5. Menentukan teknik wawancara (interview)

6. Menentukan teknik prototipe

7. Melakukan validasi spesifikasi kebutuhan perangkat lunak

8. Meninjau ulang (review) kebutuhan perangkat lunak dengan membuat prototipe

9. Mendefinisikan User Experience (UX)


Aspek Kompetensi:  Pengetahuan (Knowledge)

1. Memahami value dan prinsip agile development

2. Menjelaskan scrum framework

3. Mengetahui peran tim dalam scrum


Aspek Kompetensi:  Keterampilan (Skill)

1. Menerapkan pelaksanaan scrum framework

2. Menentukan persona produk yang akan dikembangkan

3. Menerapkan teknik wawancara untuk mengidentifikasi kebutuhan


Aspek Kompetensi:  Sikap (Attitude)

1. Menunjukkan sikap kerjasama/kolaborasi tim menggunakan agile mindset

2. Tanggap dalam mengambil keputusan berdasarkan data (data-driven)

3. Menunjukkan sikap empati saat mengamati users


Kelompok Sasaran

1. Pendidikan minimal SMA/sederajat

2. Memiliki ketertarikan bekerja sebagai desainer software (UX designer)

3. Memiliki gadget (PC, laptop, atau smartphone) dengan aplikasi untuk menulis (notepad/microsoft word/ google docs) atau menyusun presentasi (microsoft power point/google slides))


Durasi Per Sesi

1. Bab 1 Pengenalan terhadap Agile 48 menit

2. Bab 2 Menjadi Agile 12 menit

3. Bab 3 Fundamental dalam Scrum 29 menit

4. Bab 4 Peran-peran dalam Scrum 13 menit

5. Bab 5 Dokumen dalam Scrum 7 menit

6. Bab 6 Proses Pelaksanaan Scrum 38 menit

7. Bab 7 Pengantar UX Designer 9 menit

8. Bab 8 User Centric Design 5 menit

9. Bab 9 Identifikasi Pesona 5 menit

10. Bab 10 Wawancara dan Survei Pengguna 15 menit

11. Bab 11 Customer Journey 9 menit

12. Bab 12 IA & User Flow 5 menit

13. Bab 13 Membuat Prototipe 10 menit

14. Bab 14 Pengujian 48 menit

15. Bab 15 Pentingnya Memiliki UX Portofolio 14 menit

16. Bab 16 Menuliskan Konten Portofolio 32 menit

17. Bab 17 Memilih Konten yang ingin Disertakan 14 menit

18. Bab 18 Menentukan Medium Portofolio 11 menit

19. Bab 19 Menghadapi Wawancara Kerja dalam Bidang UI/UX Design 22 menit

20. Bab 20 Ringkasan UX Portofolio 10 menit


Total Durasi

363 menit 


Kapasitas Peserta 

Unlimited


Metode Pembelajaran

Self paced learning : Metode ajar yang digunakan adalah ceramah interaktif roleplay dan bahan bacaan dengan penugasan praktek


Metode Evaluasi

- Pretest

- Formative test

- Post test


Jenis/Klasifikasi Sertifikat

Sertifikat Penyelesaian


Profil Pengajar

Ugeng Wijaya

Ugeng Wijaya merupakan seorang Professional Scrum Master sekaligus Certified Indonesia Scrum Master dengan perolehan skor tertinggi yang juga seorang Profesional Scrum. Ugeng Wijaya telah banyak membantu implementasi Agile dan Scrum di beberapa perusahaan besar di Indonesia dan menjadi dosen tamu di beberapa kampus terbaik di Indonesia. Di Skill Academy, Ugeng WIjaya berkesempatan untuk membagikan ilmunya mengenai Penggunaan Agile dan Scrum untuk Development Project.


Panduan Redeem Voucher

1. Di website Pijar Mahir (https://pijarmahir.id/), klik menu profil (nama anda) pada pojok kanan atas kemudian klik menu Voucher Saya dan klik Salin Kode (atau catat kode voucher secara manual)

2. Kunjungi website www.skillacademy.com atau download Aplikasi Skill Academy di Play Store

2. Pilih “Masuk” apabila sebelumnya sudah mendaftar akun Skill Academy atau pilih “Daftar” jika sebelumnya Anda belum pernah mendaftar akun Skill Academy

3. Klik "Tukarkan" pada bagian penukaran voucher di homepage atau halaman prakerja

4. Masukkan kode voucher yang sudah Anda dapatkan dari Pijar Mahir lalu klik "Gunakan Voucher"

5. Setelah penukaran berhasil silakan klik ''Lihat Kelas'' atau cek pada bagian “Kelas Saya” untuk mengikuti kelasnya

6. Selamat Anda dapat langsung mulai belajar dan mengikuti pelatihan di Skill Academy


Kontak Lembaga Pelatihan

021-4000-8000 atau email: info@skillacademy.com


Materi Pelatihan

0 Materi

Rating & Ulasan

0

5.0

/5

(2 Rating)

profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
course thumbnail

Rp625.000

Benefit yang Didapat:

  • Video Pelatihan
  • Dokumen Pelatihan
  • Tes Evaluasi Pelatihan
  • Sertifikasi Penyelesaian
logo pijarmahir

Powered By

logo telkom

WhatsApp

0812 8899 9576

Email

info@pijarmahir.id

Ikuti Kami di

InstagramLinkedinFacebookTwitter

Download Sekarang

Play Store

Layanan Pengaduan Konsumen

Gedung Telkom Direktorat Business and Technology

Jl. Prof. DR. Soepomo No.139, RT.13/RW.2, Tebet Bar., Kec. Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12810

Kontak Pelanggaran Usaha

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan Republik Indonesia

Whatsapp: 0853 1111 1010

©2020-2023 Pijar Mahir. All Right Reserved