Download di playstore

Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Merancang Website bagi UX Designer

Webinar

Merancang Website bagi UX Designer

Oleh: Hacktiv8 .

Pelatihan di Hacktiv8 .

0

5.0(2)
2 Peserta
Usia 18 - 60 Tahun
MinimalSMA/SMAK sederajat

Highlight

Info Penting Kursus di Mitra Pelatihan

  • Kursus ini akan sepenuhnya Anda kerjakan di platform Mitra Pelatihan
  • Kami akan memberimu Kode Kursus untuk Anda tukarkan di platform Mitra Pelatihan
  • Sertifikat dari kursus ini juga hanya akan Anda terima di platform Mitra Pelatihan

Detail Pelatihan

Deskripsi Pelatihan

Pelatihan ini bertujuan memberikan pemahaman mendalam mengenai User Experience (UX) sebagai aspek krusial dalam penggunaan produk digital. Fokus utama pelatihan adalah membekali peserta dengan keterampilan sebagai Desainer UX, yang berperan penting dalam mengoptimalkan interaksi antara pengguna dan aplikasi. Dalam kelas ini, peserta akan menjelajahi peran Desainer UX dalam mengubah ide menjadi prototipe digital, dengan menggunakan Figma untuk merancang prototipe dari rapid prototype (Lo-Fidelity/Hi-Fidelity).
Program ini tidak hanya berfokus pada industri pemrograman, namun juga memperkenalkan konsep-konsep, tool, dan teknik Desain UX yang dapat diterapkan lintas industri di luar bidang teknologi informasi. Peserta akan memperoleh pengetahuan dan praktik yang memadai melalui berbagai sarana, latihan, dan proyek akhir. Tujuan khususnya adalah memberikan kompetensi kepada peserta agar dapat menjadi seorang Desainer UX yang sukses. Pembelajaran akan disampaikan melalui 8 sesi interaktif, studi kasus, dan proyek akhir untuk memastikan peserta dapat mengaplikasikan keterampilan yang diperoleh dalam konteks desain UX di dunia nyata.


Tujuan Umum Pelatihan

Lulusan program ini mampu mendesain layout aplikasi sesuai dengan dasar interaksi manusia dengan komputer untuk memberikan pengalaman yang nyaman bagi pengunjung aplikasi dengan menunjukkan minimal 60 persen penguasaan materi pada saat praktik mandiri.


Tujuan Khusus Pelatihan

1. Memahami definisi dan mindset seorang Desainer Website yang berfokus pada User Experience

2. Memiliki pengetahuan mendalam tentang seluruh siklus hidup desain, mencakup proses, tujuan & alat bantu desain

3. Mempelajari tentang cara pengambilan keputusan berdasarkan pengguna dengan dasar interaksi manusia-komputer dan aspek psikologis.

4. Peserta peka terhadap desain User Experience yang baik bagi pengunjung dengan fokus melakukan riset

5. Mampu menggunakan berbagai alat standar yang banyak digunakan di Industri dan hasil proyek yang ditampilkan untuk User Experience.

6. Mampu membuat layout aplikasi yang dapat memberikan pengalaman yang nyaman bagi pengunjung

7. Mampu mengikuti standar yang diminta oleh klien dengan manajemen waktu yang baik

8. Mampu menjelaskan bagaimana pengambilan keputusan desain melalui presentasi dari latihan dan tugas akhir yang bisa dijadikan portofolio pribadi


Aspek Kompetensi: Pengetahuan (Knowledge)

- Dasar desain dan tools UI/UX

- Pola pikir Desainer Website yang berfokus pada User Experience

- Strategi desain

- Rapid Prototyping

- Jenis interaksi desain

- Implementasi pembuatan wireframe Lo-Fidelity dan Hi-Fidelity


Aspek Kompetensi: Keterampilan (Skill)

- Menentukan ide dari tahapan design-thinking

- Menggunakan Figma untuk kebutuhan merancang website

- Melakukan tahapan inisialisasi user journey dengan tools Figma

- Melakukan tahapan pembuatan Wireframe Web/Apps Based

- Mengimplementasikan pembuatan wireframe dari kasus yang tersedia


Aspek Kompetensi: Sikap (Attitude)

- Fokus untuk melakukan riset sebagai seorang Desainer Website yang berfokus pada User Experience

- Mengikuti standar requirement fitur yang sudah ditentukan oleh klien

- Mengatur waktu pengerjaan setiap tugas pada saat mendesain layout aplikasi


Kelompok Sasaran

1. Pendidikan minimal SMA/sederajat.
2. Berusia minimal 18 tahun.
3. Diperuntukkan bagi mereka yang memiliki latar belakang di industri teknologi (pengembang, desainer, pemilik/manajer produk, dll) dan yang tidak memiliki latar belakang teknologi.
4. Apabila memiliki pengalaman dalam mengoperasikan Adobe Photoshop akan lebih baik.
5. Untuk persyaratan device minimal adalah Processor Core i3 (recommended: Core i5), RAM minimum 4GB dan setidaknya ada 128GB storage available.


Durasi Per Sesi

1. Perkenalan: berbedaan antara UI dan UX Design, Tools UI/UX 120 menit

2. Role Kerja dan Fundamental Mindset Seorang UX Designer 120 menit

3. User Persona, Customer Journey Mapping, dan Research Flow 120 menit

4. Wireframe Lo-Fidelity dan Hi-Fidelity 120 menit

5. Digital Prototyping & Tools 120 menit

6. Interaction Design 120 menit

7. UX Designer: Design Sprints 120 menit

8. Langkah Awal Menjadi UX Designer 120 menit


Total Durasi

960 menit


Kapasitas Peserta

100 Peserta


Metode Pembelajaran

Daring


Metode Evaluasi

1. Pre Test
2. Quiz
3. Post Test


Unjuk Keterampilan

Pada unjuk keterampilan, peserta akan diminta untuk membuat sebuah design UX berupa Riset Docs, Persona Documentation, Wireframe Low-Fidelity dan Hi-Fidelity, dari study case yang ada. Aspek yang akan dinilai dari unjuk keterampilan buatan peserta adalah Dokumentasi Riset, User Persona, Trello, dan Wireframe


Jenis/Klasifikasi Sertifikat

Sertifikat Penyelesaian


Jadwal Pelatihan

04-03-2024 s.d. 20-03-2024, 

25-03-2024 s.d. 12-04-2024, 

22-04-2024 s.d. 08-05-2024,

13-05-2024 s.d. 28-05-2024


Profil Pengajar

1. Moh. Riansyah (utama)
a. Moh. Riansyah memiliki pengalaman yang kaya sebagai Supervisor Desain Produk di PT. Esensi Solusi Buana (ESB) sejak Desember 2021. Ia memimpin tim untuk mendesain produk teknologi F&B seperti POS (Internal & Starbucks), Backoffice, sistem pemesanan (esb order, kiosk), dan situs web keanggotaan dan food venture.
2. Rafiandra Widhiansyah
a. Rafiandra adalah seorang UX Designer dengan pengalaman 4 tahun yang mengkhususkan diri dalam menciptakan pengalaman digital yang luar biasa. Mahir berkolaborasi dengan tim multidisiplin untuk memberikan solusi berpusat pada pengguna. Terampil dalam menerjemahkan konsep-konsep kompleks menjadi antarmuka yang intuitif, saya berkomitmen untuk menciptakan desain yang berdampak dan resonan dengan pengguna.


Panduan Redeem Voucher

1. Di website Pijar Mahir (https://pijarmahir.id/), klik menu profil (nama anda) pada pojok kanan atas kemudian klik menu Voucher Saya dan klik Salin Kode (atau catat kode voucher secara manual)

2. Kunjungi auth.kode.id/signup, lakukan pendaftaran dengan memasukkan semua data yang dibutuhkan. Harap memasukkan nama yang sama dengan yang kamu daftarkan di website Prakerja. Perbedaan nama yang kamu berikan akan menghambat sertifikat kamu.

3. Setelah pendaftaran selesai kamu akan mendapatkan email untuk memverifikasi Akun kamu.

4. Bagi kamu yang sudah memiliki akun di KODE, pastikan kamu sudah sign in terlebih dahulu sebelum melakukan redeem voucher. Jika kamu belum sign in, maka kamu dapat sign in di https://auth.kode.id/signin

5. Setelah berhasil sign in maka kamu dapat langsung melakukan redeem voucher dengan mengakses link https://pay.kode.id/voucher-redeem-prakerja atau kamu dapat mengklik button “Redeem” di menu bar, kemudian pilih jenis voucher “Prakerja”.

6. Silakan memasukkan kode redemption yang kamu dapat dari dashboard Prakerja

7. Klik button “Redeem Voucher”. 

8. Setelah voucher berhasil di redeem, Klik “Mulai Belajar” untuk langsung belajar di platform KODE

9. Setelah itu, kamu akan mendapat email berupa informasi seputar kelas. Pastikan selalu mengecek inbox email kamu


Kontak Lembaga Pelatihan

Email: halo@hacktiv8.ac.id
WhatsApp: (021) 8067 5787

Info Lainnya

Materi Pelatihan

Rating & Ulasan

0

5.0

/5

(2 Rating)

profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
course thumbnail

Rp1.500.000