Webinar
•Microsoft Office Untuk Pegawai Kantor Umum
Oleh: Bhumanyu Institute
Pelatihan di Pijar Mahir
Highlight
Info Penting Kursus di Pijar Mahir
- Anda bisa mengerjakan kursus ini langsung di platform Pijar Mahir
- Sertifikat bisa Anda akses di Profil pada menu Sertifikat Saya setelah menyelesaikan kursus
Detail Pelatihan
Deskripsi Pelatihan
Pelatihan Microsoft Office sangat bermanfat bagi pegawai kantor umum, serta masyarakat. Peserta pelatihan diharapkan dapat mengoperasikan Ms. Word lebih cepat bisa membuat dokumen, surat, tabel, daftar isi, mail marge, dan mencetak dokumen, dapat mengoperasikan Ms. Excel lebih cepat bisa membuat laporan keuangan, grafik chart, dan mencetak laporan, dapat mengoperasikan Ms. Powert Point lebih cepat bisa membuat presentasi yang menarik dan mencetak file presentasi. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) peserta pelatihan yang sesuai dengan tuntutan kebutuhan pasar kerja global dibidang teknologi informasi dan komunikasi. Materi memfokuskan untuk dunia perkantoran maupun dunia usaha yang masih sangat dibutuhkan saat ini, semakin majunya penggunaan komputer terutama laptop pada masyarakat diberbagai instansi pemerintah maupun swasta, kemampuan mengoperasikan komputer untuk menyelesaikan pekerjaan perkantoran sehari-hari kini menjadi tuntutan dan kebutuhan untuk dikuasai oleh semua personil dalam organisasi, baik staf hingga level pimpinan. Dapat juga membuka usaha baru dibidang rental pengetikan maupun kebutuhan perkantoran.
Tujuan Umum Pelatihan
Peserta pelatihan mampu mengoperasikan microsoft office (ms. word, ms. excel, ms. power point) dengan menunjukkan minimal 60 persen penguasaan materi pada saat praktek mandiri.
Tujuan Khusus Pelatihan
- Peserta mampu memahami penggunaan perangkat lunak kata (Ms. Word) tingkat dasar dengan membuat sebuah dokumen, tabel, dan mencetak dokumen.
- Peserta mampu mengoperasikan perangkat lunak pengolah kata (Ms. Word) tingkat lanjut dengan membuat surat menyurat, dokumen tamplate, mail marge, daftar isi.
- Peserta mampu menjalankan perangkat lunak lembar kerja (Ms. Excel) tingkat dasar dengan membuat dokumen dan mencetak dokumen.
- Peserta mampu menjalankan perangkat lunak lembar kerja (Ms. Excel) tingkat lanjut membuat laporan keuangan dengan rumus, dan membuat grafik chart.
- Peserta mampu menggunakan perangkat lunak presentasi (Ms. Power Point) tingkat dasar dengan membuat slide presentasi sederhana, mencetak file presentasi, dan menjalankan presentasi.
Peserta cermat mengoperasikan perangkat lunak presentasi (Ms. Power Point) tingkat lanjut membuat slide presentasi menarik dengan teliti.
Aspek Kompetensi: Pengetahuan (Knowledge)
- Mampu memahami penggunaan perangkat lunak kata (Ms. Word) tingkat dasar dengan membuat sebuah dokumen, tabel, dan mencetak dokumen.
- Mampu memahami dan menjelaskan penggunaan perangkat lunak kata (Ms. Word) tingkat lanjut.
- Mampu menjelaskan penggunaan perangkat lunak lembar kerja (Ms. Excel) tingkat dasar dengan membuat dokumen dan mencetak dokumen.
- Mampu menjelaskan penggunaan perangkat lunak lembar kerja (Ms. Excel) tingkat lanjut dengan membuat laporan keuangan dan grafik chart.
- Mampu menjelaskan penggunaan Perangkat Lunak Presentasi (Ms. Power Point) tingkat dasar dengan membuat slide presentasi sederhana, mencetak file presentasi, dan menjalankan presentasi.
- Mampu menjelaskan penggunaan perangkat lunak presentasi (Microsoft Power Point) tingkat lanjut dalam membuat presentasi.
Aspek Kompetensi: Keterampilan (Skill)
- Mengoperasikan perangkat lunak pengolah kata (Ms. Word) tingkat dasar dengan membuat sebuah dokumen, tabel, dan mencetak dokumen.
- Mengoperasikan perangkat lunak pengolah kata (Ms. Word) tingkat lanjut dengan membuat surat, dokumen tamplate, mail marge, daftar isi.
- Peserta menjalankan perangkat lunak lembar kerja (Ms. Excel) tingkat dasar dengan membuat dokumen dan mencetak dokumen.
- Menjalankan perangkat lunak lembar kerja (Ms. Excel) tingkat lanjut membuat laporan keuangan dengan rumus, dan membuat grafik chart.
- Peserta menggunakan perangkat lunak presentasi (Ms. Power Point) tingkat dasar dan tingkat lanjut dengan membuat slide presentasi sederhana, mencetak file presentasi, dan menjalankan presentasi.
- Menggunakan perangkat lunak presentasi (Ms. Power Point) tingkat lanjut dengan membuat slide presentasi dengan menarik.
Aspek Kompetensi: Sikap (Attitude)
- Teliti dalam mengoperasikan perangkat lunak pengolah kata (Ms. Word) tingkat dasar.
- Teliti dalam mengoperasikan perangkat lunak pengolah kata (Ms. Word) tingkat lanjut dengan dokumentation skills.
- Cermat mengoperasikan perangkat lunak lembar kerja (Ms. Excel) tingkat dasar dengan membuat dan mencetak dokumen.
- Ketepatan dalam mengoperasikan perangkat lunak lembar kerja (Ms. Excel) tingkat lanjut dengan teliti.
- Ketepatan dalam mengoperasikan Perangkat Lunak Presentasi (Ms. Power Point) tingkat dasar membuat slide presentasi sederhana, mencetak file presentasi, dan menjalankan presentasi dengan teliti.
- Cermat mengoperasikan Perangkat Lunak Presentasi (Ms. Power Point) tingkat lanjut membuat slide presentasi menarik dengan teliti.
Kelompok Sasaran
- Minimal Usia 18 - 64 Tahun
- Memiliki perangkat HP/Laptop/Tablet
- Memiliki jaringan internet yang memadai
Durasi Per Sesi
1 / 14.00 - 17.00 WIB Menggunakan Perangkat Lunak Pengolah Kata (Ms. Word) Tingkat Dasar 180 menit
2 / 14.00 - 17.00 WIB Menggunakan Perangkat Lunak Pengolah Kata (Ms. Word) Tingkat Lanjut 180 menit
3 / 14.00 - 17.00 WIB Perangkat Lunak Lembar Sebar (Ms. Excel) Tingkat Dasar 180 menit
4 / 14.00 - 17.00 WIB Menggunakan Perangkat Lunak Lembar Sebar (Ms. Excel) Tingkat Lanjut 180 menit
5 / 14.00 - 17.00 WIB Menggunakan Perangkat Lunak Presentasi (Ms. Power Point) Tingkat Dasar 180 menit
6 / 14.00 - 16.40 WIB Menggunakan Perangkat Lunak Presentasi (Ms. Power Point) Tingkat Lanjut 180 menit
Total Durasi
900 menit
Kapasitas Peserta
50
Metode Pembelajaran
Daring
Metode Evaluasi
1. Pre Test
2. Quiz
3. Post Test
Unjuk Keterampilan
Tugas : Membuat Surat Pada Ms. Word, Membuat Laporan Keuangan Pada Ms. Excel dan Membuat Presentasi Pada Ms. Power Point sesuai dengan soal yang telah diberikan.
Aspek &Bobot Penilaian : Membuat Surat (25%) Membuat Laporan Keuangan (25%) Membuat Presentasi (25%) Kemampuan Menggunakan Software (25%)
Tugas dikumpulkan maksimal 3 x 24 jam setelah pemberian instruksi.
Waktu penyelenggaraan Unjuk Keterampilan :
Dilaksanakan setelah melakukan postest dan di kumpulkan maksimal 3 hari setelah instruksi unjuk keterampilan diberikan atau setelah webinar sesi terakhir selesai dilaksanakan.
Jenis/Klasifikasi Sertifikat
Sertifikat Penyelesaian
Syarat Peserta untuk mendapatkan sertifikat :
- Peserta wajib mengikuti seluruh rangkaian pelatihan untuk mendapat Sertifikat Penyelesaian dan insentif Prakerja
- Peserta wajib mengerjakan Tugas "Unjuk Keterampilan". Penyertaan hasil "Unjuk Keterampilan" dilakukan oleh peserta maksimal 3 x 24 jam setelah instruksi diberikan, dengan tata cara penyertaan hasil yang diatur sesuai pada Instruksi Unjuk Keterampilan.
- Sertifikat akan diberikan paling lambat H+7 setelah Tenaga Pelatih memberikan nilai "Unjuk Keterampilan" yang sudah dikumpulkan peserta.
Jadwal Pelatihan
2023-08-21 s/d 2023-08-25
2023-09-18 s/d 2023-09-23
2023-09-25 s/d 2023-09-30
2023-10-02 s/d 2023-10-07
2023-10-09 s/d 2023-10-14
2023-10-16 s/d 2023-10-21
2023-10-23 s/d 2023-10-28
Batas Waktu Redem Code Prakerja :
1. Peserta wajib melakukan redeem code untuk mengikuti pelatihan dan mendapat insentif Prakerja.
2. Redeem code bisa dilakukan paling cepat 1 jam sebelum pelatihan berlangsung, dan paling lambat 1 jam setelah pelatihan berlangsung. Contoh : Jadwal pelatihan pukul 08.00-11.00, maka peserta bisa redem paling cepat pukul 07.00 WIB, dan paling lambat pukul 09.00 WIB
Tata Cara Redeem, Redeem Code untuk Peserta Prakerja (Daring/Online/Webinar) :
- Klik Kursus Saya
- Klik Kursus online
- Kemudian pilih kursus yang kode redeemnya akan diredeem
- Kemudian klik "mulai kursus", lalu masukan kode redeem prakerja dan klik "redeem kursus"
Tata Cara Redeem, Redeem code untuk Peserta Prakerja (Luring/Offline)
- Peserta wajib datang langsung ke lokasi pelatihan dan redem akan dilakukan menggunakan aplikasi SHIVA di lokasi/tempat pelatihan berlangsung
Profil Pengajar
M. EDHI PURWANTO, A.Ma., S.Pd.
MOCH. TAUFIK ASOFI
NOWO HERIYONO, S.Sos.
Instruktur bersertifikat BNSP, mengajar di LPK Bhumanyu Berkarya, menjadi instruktur di Dinas Perinaker Bojonegoro, berpengalaman mengajar lebih dari 8 tahun, berkeliling ke setiap kecamatan, memberikan edukasi dan praktek pelatihan Microsoft office pada pemuda-pemudi agar mempunyai keterampilan untuk bekerja maupun beriwirausaha.untuk bekerja maupun beriwirausaha.
Kontak Lembaga Pelatihan
6285233186600
Info Lainnya
Materi Pelatihan
Materi
Pilihan Event
Kursus ini belum memiliki Event
Rating & Ulasan
4.8
/5
(126 Rating)
0
0
0
0
0