Pembelajaran Mandiri
Pelatihan Dasar Operasional Bisnis Kuliner Untuk Menjadi Manajer Restoran
Highlight
Info Penting Kursus di Mitra Pelatihan
- Kursus ini akan sepenuhnya Anda kerjakan di platform Mitra Pelatihan
- Kami akan memberimu Kode Kursus untuk Anda tukarkan di platform Mitra Pelatihan
- Sertifikat dari kursus ini juga hanya akan Anda terima di platform Mitra Pelatihan
Detail Pelatihan
Deskripsi Pelatihan
Hai Sobat Ilmu! Makanan dan minuman menjadi kebutuhan pokok manusia, maka tak heran jika bisnis kuliner selalu berkembang dari tahun ke tahun. Kini, semakin banyak orang yang ingin mulai berbisnis kuliner, mulai dari bisnis kuliner rumahan, franchise, sampai membuka outlet yang beratus-ratus cabang.
Badan Ekonomi Kreatif tahun 2016 mengatakan bahwa bisnis kuliner menjadi penyumbang PDB Ekonomi Kreatif terbesar, yaitu 41,4%. Peluang berbisnis di bidang kuliner yang sangat besar, membuat persaingan di sektor bisnis tersebut menjadi lebih ketat. Saat ini, modal nekat saja tentu tidak cukup, tapi kita juga harus memiliki pengetahuan yang luas mengenai bisnis kuliner yang akan kita jalankan, agar dapat bersaing serta survive di pasar.
Salah satu kunci sukses dari sebuah bisnis kuliner adalah membuat konsumen datang kembali, terus melakukan pembelian dan merekomendasikan brand kita ke orang lain. Oleh karena itu penting bagi kita untuk menjaga loyalitas konsumen dengan menerapkan operational excellence.
Dalam operational excellence di bisnis kuliner ini, meliputi penetapan planning dan menyiapkan pondasi mengenai set-up, running, dan kontrol operasional restoran yang menjadi poin penting kesuksesan bisnis kuliner dalam jangka panjang. Selain itu, SQC (Service , Quality, Cleanliness) juga menjadi 3 hal yang wajib dijaga oleh sebuah bisnis kuliner. Tak luput untuk menjalankan operasional excellent ini dibutuhkan seorang restaurant manager untuk menjadi nahkoda dalam menjalankan restaurant/cafe/ghost kitchen. Peran Restaurant Manager terhadap kelangsungan restaurant atau cafe kita sangat penting karena Restaurant Manager yang menjalankan dan bertanggung jawab terhadap profitabilitas dan kepuasan pelanggan.
Selain Restaurant Manager, tentu diperlukan juga SOP dan Sistem Kontrol yang benar dan terencana. Maka dari itu di kelas ini, Anda akan mempelajari mengenai bagaimana menyusun goal restaurant, mengoptimalkan revenue, mengefisienkan cost, serta Prinsip Dasar SQC (Service, Quality, Cleanliness).
Kelas ini juga dibawakan langsung oleh praktisi bisnis kuliner yang sudah memiliki banyak pengalaman dalam membangun berbagai bisnis kuliner dari nol hingga omset ratusan Miliar per tahun.
Dikemas dengan kurikulum terpadu dan pengalaman praktisi, membuat kelas ini akan mudah untuk dipahami dan diimplementasikan. Selain itu, Ilmu operasional ini juga dapat diterapkan pada banyak kategori bisnis seperti, restoran, cafe, coffee shop, fast food, dan juga cloud kitchen.
Tujuan Umum Pelatihan
Peserta pelatihan mampu mengimplementasikan dasar operasional bisnis kuliner sesuai dengan proses yang benar.
Tujuan Khusus Pelatihan
1. Peserta dapat mengetahui prinsip dasar SQC (Service, Quality, Cleanliness)
2. Peserta dapat mengetahui cara menciptakan sistem kontrol berlapis
3. Peserta dapat mengelola sistem shift yang efisien, dan mengoptimalkan profit dan sales
4. Peserta dapat melakukan analisis profit and loss store
5. Peserta dapat menyusun menu yang bisa mendatangkan sales dan profit optima
Aspek Kompetensi: Pengetahuan (Knowledge)
1) Peserta mengetahui fundamental operasional restoran
2) Peserta mengetahui prinsip dasar SQC (Service, Quality, Cleanliness)
3) Peserta mengetahui cara menyusun SOP
Aspek Kompetensi: Keterampilan (Skill)
1) Kemampuan untuk menjalankan sistem operasional restoran yang baik dan benar
2) Kemampuan membuat SQC (Service,Quality,Cleanliness) konsisten
3) Kemampuan mengoptimalisasi SDM
Aspek Kompetensi: Sikap (Attitude)
1) Komunikatif
2) Bertanggung jawab
3) Teliti
Kelompok Sasaran
1) Tingkat Pendidikan minimal lulus SMA.
2) Memiliki keinginan untuk membangun bisnis kuliner
Durasi Per Sesi
Chapter 1 31 menit
Chapter 2 132 menit
Chapter 3 73 menit
Chapter 4 89 menit
Total Durasi
428 menit
Kapasitas Peserta
Unlimited
Jadwal Mingguan Konsultasi dengan Tenaga Pelatih
Senin, Pukul 13.30-14.30
Level Pelatihan
Basic / Tingkat Dasar
Metode Pembelajaran
Self paced learning : Metode ajar yang digunakan adalah ceramah interaktif roleplay dan bahan bacaan dengan penugasan praktek
Metode Evaluasi
1. Pre Test
2. Post Test
3. Formative Test
4. Tugas Praktik
Jenis/Klasifikasi Sertifikat
Sertifikat Penyelesaian, Sertifikat Kompetensi Lulus
Profil Pengajar
Danis Puntoadi
Praktisi Bisnis Kuliner yang kini menjabat sebagai Chief Curriculum Officer Foodizz – The 1st F&B Education Platform in Indonesia sekaligus pengajar. Memiliki latar belakang pendidikan sebagai seorang Akuntan, menjadikan Danis seorang pribadi yang fokus pada detail operasional terkecil dari suatu bisnis. Mengawali perjalanan karier sebagai Senior Consultant di Creasionbrand, Danis melanjutkan jalan di dunia wirausaha sebagai Co-Founder dan Direktur Operasional dari PT Cita Rasa Prima, Holding Company dari Warunk Upnormal, Bakso Boedjangan, Nasi Goreng Mafia, dan puluhan brand lainnya.
Panduan Redeem Voucher
1. Kunjungi https://cariilmu.co.id/
atau download aplikasi Cariilmu di Play Store
2. Pilih "Masuk" apabila sudah memiliki akun di
Cariilmu pilih "Daftar" jika anda belum memiliki akun
3. Klik Tukar Kode Voucher pada penukaran voucher di halaman
utama
4. Masukan kode voucher yang sudah dibeli
5. Setelah kode voucher berhasil ditukarkan akan diarahkan
ke halaman "Kelas Saya" untuk mengikuti kelasnya
Kontak Lembaga Pelatihan
Customer Services Cariilmu: +62 812-9615-4675 (via Whatsapp)
Telegram Chat Bot: @cariilmu_bot
Email: support@cariilmu.co.id
Instagram: @cariilmu.co.id
Website: https://cariilmu.co.id
Info Lainnya
Materi Pelatihan
Materi
Rating & Ulasan
5.0
/5
(2 Rating)
0
0
0
0
0
Rp400.000