Download di playstore

Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Pelatihan Membuat Rencana Pemajangan Barang untuk Menjadi Visual Merchandiser (Webinar)

Webinar

Pelatihan Membuat Rencana Pemajangan Barang untuk Menjadi Visual Merchandiser (Webinar)

Oleh: Cariilmu -

Pelatihan di Cariilmu -

0

5.0(2)
2 Peserta

Highlight

Info Penting Kursus di Mitra Pelatihan

  • Kursus ini akan sepenuhnya Anda kerjakan di platform Mitra Pelatihan
  • Kami akan memberimu Kode Kursus untuk Anda tukarkan di platform Mitra Pelatihan
  • Sertifikat dari kursus ini juga hanya akan Anda terima di platform Mitra Pelatihan

Detail Pelatihan

Deskripsi Pelatihan
Hai Sobat Ilmu! Pernahkah sobat berfikir bahwa cara display, layout toko dan suasana yang dihadirkan dalam sebuah toko sangat berpengaruh dalam meningkatkan penjualan sebuah toko ritel atau departemen store? Tahukah sobat bahwa semua display, layout dan suasana tersebut sudah diatur sedemikian rupa sehingga bisa menarik pelanggan untuk datang dan berbelanja? Lalu siapa yang mengerjakan itu semua? Dia adalah visual merchandiser. Sobat Ilmu! kali ini kami hadir dalam rangka membantu meningkatkan kemampuan dan keahlian Tenaga Visual Merchandiser yang merupakan salah satu pekerjaan yang sangat vital dalam keberlangsungan usaha toko ritel. Dalam pelatihan ini, peserta akan mendapatkan pengetahuan dan keterampilan dalam membuat rencana pemajangan (display) barang, memadupadankan produk, mengembangkan pengetahuan produk untuk kenyamanan berbelanja, membuat signage untuk mendukung visual merchandising, dan mengoperasikan berbagai peralatan dasar dalam kegiatan visual merchandising. Selain itu peserta juga akan diberikan pengetahuan dan keterampilan dalam berkomunikasi aktif dilingkungan ritel serta bagaimana sikap kerja yang harus dimiliki oleh seorang tenaga visual merchandiser.

Tujuan Umum Pelatihan
Peserta pelatihan mampu melakukan tugas dan tanggungjawab seorang tenaga visual merchandiser yang berkualitas dalam membuat rencana pemajangan (Display) barang hingga implementasinya sesuai dengan prosedur yang berlaku.

Tujuan Khusus Pelatihan
1. Peserta dapat berkomunikasi aktif dalam lingkungan kerja ritel untuk mendukung Visual Merchandising
2. Peserta dapat membuat rencana pemajangan barang (layout/planogram)
3. Peserta dapat membuat kategorisasi/pengelompokkan produk 
4. Peserta mampu melakukan kegiatan pemajangan barang (Display) sesuai dengan rencana yang sudah dibuat
5. Peserta mampu membuat signage untuk mendukung visual merchandising
6. Peserta dapat mengetahui peralatan dasar yang digunakan dalam visual merchandising
7. Peserta dapat memadupadankan produk dengan karakteristik pelanggan dalam penerapan Visual Merchandising

Aspek Kompetensi: Pengetahuan (Knowledge)

1. Memahami teknik-teknik komunikasi efektif

2. Memahami Prosedur pengoperasian telepon dan peralatan komunikasi lainnya

3. Memahami dokumen ritel yang digunakan dalam kegiatan visual merchandising

4. Memahami product knowledge dari sisi Fitur, keunggulan, manfaat, kekuatan, kelemahan dari jajaran produk dan pelayanan tertentu dalam sebuah bisnis ritel

5. Memahami kategorisasi/pengelompokkan produk

6. Memahami peraturan dasar design dalam display, termasuk warna, produk, bentuk, dan penggunaan ruang

7. Memahami standar visual merchandising

8. Mengetahui persyaratan signage untuk visual merchandising

9. Memahami rinsip-prinsip warna, tata letak, gaya huruf yang digunakan dalam membuat signage.

10. Mengetahui peralatan dan bahan yang digunakan untuk memproduksi signage.

11. Mengetahui bauran produk dan pelayanan yang disediakan pada gerai

12. Memahami teknik-teknik dalam menjual dan menutup penjualan


Aspek Kompetensi: Keterampilan (Skill)

1. Mendengarkan permintaan dan keluhan pelanggan dengan seksama

2. Menjawab pertanyaan pelanggan dengan sopan dan menggunakan Bahasa yang baik dan benar

3. Membuat dokumen ritel dalam kegiatan visual merchandising

4. Menggunakan teknologi informasi dan komunikasi dasar seperti email dan telepon

5. Mengidentifikasi dan menggali data dan informasi dalam memahami product knowledge

6. Melakukan kategorisasi/pengelompokkan produk

7. Melakukan komunikasi efektif dalam mengkomunikasikan ide display kepada pemangku kepentingan (stakeholder) serta meminta dan menerima umpan balik

8. Melakukan pengamatan waktu terbaik untuk mengganti, memperbaharui, atau mengubah display

9. Membuat huruf-huruf di tanda-tanda secara manual.

10. Menggunakan teknologi informasi komunikasi beserta aplikasi yang tepat untuk menghasilkan signage

11. Mengaplikasikan teknik menjual sesuai dengan situasi dan keadaan


Aspek Kompetensi: Sikap (Attitude)

1. Ramah dan sopan ketika berkomunikasi

2. Aktif bertanya dan seksama mendengarkan kebutuhan dan permintaan pelanggan

3. Mandiri menyelesaikan tugas-tugas sesuai kerangka waktu yang telah ditentukan

4. Inovatif dan kreatif

5. Bertanggungjawab menggunakan anggaran untuk kegiatan pemajangan display.

6. Cermat mengidentifikasi keperluan untuk display

7. Empati ketika mendengarkan keluhan pelanggan


Kelompok Sasaran
Pelatihan ini dapat diikuti oleh peserta dengan tingkat Pendidikan minimal lulus SMA/ sederajat, memiliki gadget minimum smartphone berbasiskan Android/IOS, dan memiliki pengetahuan dasar tentang ritel dan minimal telah memiliki pengalaman sebagai pelanggan di salah satu ritel modern.

Durasi Per Sesi
Berkomunikasi Aktif dalam Lingkungan Kerja Ritel : 90 Menit

Melakukan kegiatan pemajangan barang dagangan (Display) : 90 Menit

Membuat Signage untuk Mendukung Visual Merchandising : 90 Menit

Mengoperasikan Peralatan Dasar Ritel dan Memadupadankan Produk dengan Karakteristik Pelanggan : 90 Menit


Total Durasi
360 Menit

Kapasitas Peserta
500 Peserta

Jadwal Mingguan Konsultasi dengan Tenaga Pelatih
Sabtu, Pukul 16.00 sd 17.00 WIB

Jadwal Webinar
Sesi 1: 27 Januari 2022 (13.00 – 17.00)
Sesi 2: 28 Januari 2022 (13.00 – 17.00)

Level Pelatihan
Basic / Tingkat Dasar


Metode Pembelajaran

Webinar: Metode ajar yang digunakan adalah ceramah interaktif peragaan dan penugasan

 

Metode Evaluasi

1. Pre Test
2. Post Test
3. Formative Test
4. Tugas Praktik

 

Jenis/Klasifikasi Sertifikat

Sertifikat Penyelesaian, Sertifikat Kompetensi Lulus


Profil Pengajar
Ainissa’adah, SE.
Berpengalaman selama 8 tahun bekerja di salah satu perusahaan ritel terkemuka dengan jabatan terakhir sebagai Sales Manager Textile Division. Sebagai sales manager, kualifikasi dan skill yang dimiliki berkaitan erat dengan masalah sales, human capital management, inventory control, purchase order, visual merchandising dan stock management. Saat ini bekerja sebagai Trainer dan Assessor di LSP Insan Ritel Indonesia. Sebagai trainer, salah satu materi yang pernah diajarkan adalah terkait pramuniaga dan staff visual merchandising.

Panduan Redeem Voucher

1. Kunjungi https://cariilmu.co.id/ atau download aplikasi Cariilmu di Play Store

2. Pilih "Masuk" apabila sudah memiliki akun di Cariilmu pilih "Daftar" jika anda belum memiliki akun

3. Klik Tukar Kode Voucher pada penukaran voucher di halaman utama

4. Masukan kode voucher yang sudah dibeli

5. Setelah kode voucher berhasil ditukarkan akan diarahkan ke halaman "Kelas Saya" untuk mengikuti kelasnya


Kontak Lembaga Pelatihan
Customer Services Cariilmu: +62 812-9615-4675 (via Whatsapp)
Telegram Chat Bot: @cariilmu_bot
Email: support@cariilmu.co.id
Instagram: @cariilmu.co.id
Website: https://cariilmu.co.id/

Info Lainnya

Materi Pelatihan

Rating & Ulasan

0

5.0

/5

(2 Rating)

profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
course thumbnail

Rp400.000