Download di playstore

Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Pelatihan Menangani Transaksi Penjualan Untuk Menjadi Tenaga Kasir Ritel Modern (Webinar)

Webinar

Pelatihan Menangani Transaksi Penjualan Untuk Menjadi Tenaga Kasir Ritel Modern (Webinar)

Oleh: Cariilmu -

Pelatihan di Cariilmu -

0

4.8(126)
141 Peserta

Highlight

Info Penting Kursus di Mitra Pelatihan

  • Kursus ini akan sepenuhnya Anda kerjakan di platform Mitra Pelatihan
  • Kami akan memberimu Kode Kursus untuk Anda tukarkan di platform Mitra Pelatihan
  • Sertifikat dari kursus ini juga hanya akan Anda terima di platform Mitra Pelatihan

Detail Pelatihan

Deskripsi Pelatihan

Hai Sobat Ilmu! Industri ritel modern menjadi salah satu bidang usaha yang mampu menyerap banyak tenaga kerja dan relative tahan terhadap berbagai krisis, termasuk krisis akibat pandemic covid-19 yang saat ini masih berlangsung. Salah satu tenaga kerja yang banyak dibutuhkan oleh industry ritel modern adalah tenaga kasir. Keterampilan Tenaga Kasir tidak hanya dituntut dalam aspek kemampuan menjalankan proses penjualan dan pembayaran, namun lebih dari itu seorang tenaga kasir dituntut harus mampu melakukan pencatatan atas semua transaksi, membantu pelanggan dalam memberikan informasi mengenai suatu produk, melakukan proses transaksi pelayanan jual beli serta melakukan pembungkusan, melakukan pencatatan kas fisik serta melakukan pelaporan kepada atasan. Dalam pelatihan ini, peserta akan mendapatkan pengetahuan dan keterampilan dalam melakukan pencatatan atas semua transaksi, melakukan proses transaksi pelayanan jual beli serta melakukan pembungkusan. Peserta juga akan dibekali pengetahuan tambahan dalam membantu pelanggan mendapatkan informasi mengenai suatu produk, melakukan pencatatan kas fisik, melakukan pelaporan kepada atasan serta bagaimana sikap kerja yang harus dimiliki saat bekerja sebagai tenaga kasir ritel modern.

Tujuan Umum Pelatihan

Peserta pelatihan mampu melakukan penanganan transaksi penjualan sesuai dengan alur/proses yang benar dengan menerapkan prinsip-prinsip dasar seorang kasir di gerai ritel modern.

Tujuan Khusus Pelatihan

1) Peserta dapat memahami prosedur penanganan transaksi penjualan

2) Peserta dapat mengembangkan kebiasaan kerja yang efektif dalam penanganan transaksi penjualan

3) Peserta dapat melakukan komunikasi tatap muka dengan pelanggan dan rekan kerja

4) Peserta dapat menggunakan teknologi untuk berkomunikasi dengan pelanggan dan rekan kerja

5) Peserta dapat mengoperasikan terminal penjualan (POS) sesuai dengan prosedur

6) Peserta dapat memastikan ketepatan transaksi penjualan

7) Peserta dapat melakukan pembungkusan dan pengepakan barang

8) Peserta dapat menutup transaksi pada terminal penjualan

9) Peserta dapat dengan teliti mencocokkan data pada terminal penjualan dengan rekapitulasi fisik transaksi tunai dan nontunai


Aspek Kompetensi: Pengetahuan (Knowledge)

1.Mengetahui tugas dan tanggungjawab tenaga kasir sesuai persyaratan perusahaan

2. Memahami prosedur penanganan transaksi penjualan

3. Mengetahui apa saja form penjualan, voucher dan dokumen yang digunakan dalam transaksi penjualan

4. Memahami prosedur inspeksi dalam memeriksa dan memastikan akurasi dalam pencatatan transaksi penjualan.

5. Memahami prosedur pelaporan transaksi penjualan


Aspek Kompetensi: Keterampilan (Skill)

1. Melakukan komunikasi tatap muka dengan pelanggan dan rekan kerja menggunakan teknologi yang relevan

2. Menerapkan prosedur dalam penanganan transaksi penjualan

3. Mengoperasikan terminal penjualan dalam menangani transaksi penjualan

4. Membungkus dan mengepak barang

5. Mencocokkan data pada terminal penjualan dengan rekapitulasi fisik transaksi tunai dan nontunai

6. Dapat memeriksa setiap catatan transaksi penjualan untuk memastikan akurasi transaksi penjualan

7. Menerapkan prosedur pelaporan transaksi penjualan


Aspek Kompetensi: Sikap (Attitude)

1. Melakukan komunikasi tatap muka dengan pelanggan dan rekan kerja menggunakan teknologi yang relevan

2. Menerapkan prosedur dalam penanganan transaksi penjualan

3. Mengoperasikan terminal penjualan dalam menangani transaksi penjualan

4. Membungkus dan mengepak barang

5. Mencocokkan data pada terminal penjualan dengan rekapitulasi fisik transaksi tunai dan nontunai

6. Dapat memeriksa setiap catatan transaksi penjualan untuk memastikan akurasi transaksi penjualan

7. Menerapkan prosedur pelaporan transaksi penjualan


Kelompok Sasaran

Pelatihan ini dapat diikuti oleh peserta dengan tingkat Pendidikan minimal lulus SMA/ sederajat, memiliki gadget minimum smartphone berbasiskan Android/IOS, memiliki pengetahuan dasar tentang ritel, dan minimal telah memiliki pengalaman sebagai pelanggan di salah satu ritel modern


Durasi Per Sesi

BAB 1 Membangun Perilaku Kerja Ritel yang Efektif  : 90  menit

BAB 2 Melakukan Komunikasi Aktif dalam Lingkungan Kerja Ritel : 90  menit

BAB 3 Menerapkan Prosedur Penanganan Terminal Penjualan (Point Of Sale-POS) : 120 menit

BAB 4 Menyelesaikan Transaksi pada Terminal Penjualan (Point Of Sale-POS) : 60 menit


Total Durasi
360 menit

Kapasitas Peserta
500 Peserta

Jadwal Mingguan Konsultasi dengan Tenaga Pelatih
Sabtu, Pukul 16.00 sd 17.00 WIB

Jadwal Webinar

29 Januari 2022 (08.00 - 12.00 WIB) & 30 Januari 2022 (13.00 - 17.00 WIB)


Level Pelatihan
Basic / Tingkat Dasar

Metode Pembelajaran
Webinar: Metode ajar yang digunakan adalah ceramah interaktif peragaan dan penugasan

Metode Evaluasi
1. Pre Test
2. Post Test
3. Formative Test
4. Tugas Praktik

Jenis/Klasifikasi Sertifikat
Sertifikat Penyelesaian, Sertifikat Kompetensi Lulus

Profil Pengajar
Rosanni Osderia Sinaga, M.AB:
Berpengalaman lebih dari 20 tahun bekerja di industry ritel, dan saat ini masih aktif di salah satu perusahaan ritel dengan jabatan sebagai Manajer Pengembangan Usaha. Berpengalaman juga dalam mengelola tim toko sebagai store manager di toko ritel modern yang bertanggung jawab penuh terhadap pemenuhan kebutuhan pramuniaga serta kinerja ybs.

Panduan Redeem Voucher

1. Kunjungi https://cariilmu.co.id/ atau download aplikasi Cariilmu di Play Store

2. Pilih "Masuk" apabila sudah memiliki akun di Cariilmu pilih "Daftar" jika anda belum memiliki akun

3. Klik Tukar Kode Voucher pada penukaran voucher di halaman utama

4. Masukan kode voucher yang sudah dibeli

5. Setelah kode voucher berhasil ditukarkan akan diarahkan ke halaman "Kelas Saya" untuk mengikuti kelasnya


Kontak Lembaga Pelatihan
Customer Services Cariilmu: +62 812-9615-4675 (via Whatsapp)
Telegram Chat Bot: @cariilmu_bot
Email: support@cariilmu.co.id
Instagram: @cariilmu.co.id 
Website: https://prakerja.cariilmu.co.id/

Info Lainnya

Materi Pelatihan

Rating & Ulasan

0

4.8

/5

(126 Rating)

profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
course thumbnail

Rp400.000