Download di playstore

Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Pelayanan & Pengolahan Kopi Untuk Barista Pemula

Webinar

Pelayanan & Pengolahan Kopi Untuk Barista Pemula

Oleh: BTP School

Pelatihan di Pijar Mahir

0

5.0(2)
11 Peserta
Usia 18 - 45 Tahun
MinimalSMP

Highlight

Info Penting Kursus di Pijar Mahir

  • Anda bisa mengerjakan kursus ini langsung di platform Pijar Mahir
  • Sertifikat bisa Anda akses di Profil pada menu Sertifikat Saya setelah menyelesaikan kursus

Detail Pelatihan

Deskripsi Pelatihan

Merupakan konten keterampilan, pengetahuan dan sikap dalam mengolah minuman kopi yang diperuntukan bagi pemula, agar dapat berkarier menjadi Barista kompeten di Industri pengolahan minuman.


Tujuan Umum Pelatihan

Peserta memiliki keterampilan dan sikap tanggung jawab dalam mengolah minuman kopi dan berkarir menjadi barista profesional dalam industri kedai kopi dengan menunjukkan minimal 60% penguasaan materi pada saat Unjuk Keterampilan


Tujuan Khusus Pelatihan

1. Mampu mengetahui sejarah dan prinsip dasar menjadi seorang barista professional

2. Mampu membedakan karakteristik dan jenis kopi

3. Mampu mengoperasikan Peralatan dan perlengkapan kerja

4. Mampu mengaplikasikan teknik brewing / meracik kopi dan membuat berbagai jenis menu berbahan dasar kopi

5. Mampu melayani kepada pelanggan dengan kualitas yg baik juga menangani situasi konflik


Aspek Kompetensi: Pengetahuan (Knowledge)

1. Mampu memahami prinsip dasar menjadi seorang barista

2. Mampu memahami tanggung jawab dan tugas utama menjadi barista professional

3. Mampu memahami pengelolaan tempat kerja dan menjaga peralatan

4. Mampu memahami teknik brewing dan juga mengoprasikan mesin

5. Mampu memahami pelayanan kepada pelanggan dengan kualitas yg baik juga  situasi konflik


Aspek Kompetensi: Keterampilan (Skill)

1. Melayani pelanggan dengan kualitas yg baik juga  situasi konflik

2. Mempraktekan cara merasakan karakteristik dan jenis kopi sebelum dibrewing

3. Membuat berbagai macam jenis produk kopi dengan Teknik manual maupun mesin.


Aspek Kompetensi: Sikap (Attitude)

1. Teliti dalam menjaga kualitas tiap produk yang dihasilkan

2. Memiliki sikap ramah dan menjaga sikap yang bertanggung jawab kepada pelanggan

3. Berfikir kritis dan solutif terhadap kendala yang muncul dalam melayani pelanggan

4. Bersikap komunikatif dalam menyajikan kopi

5. Bertanggungjawab terhadap penyajian yang dihasilkan


Kelompok Sasaran

Usia minimal 18 tahun

Usia maksimal 45 tahun

Memiliki perangkat HP/Laptop/Tablet

Memiliki jaringan internet yang memadai 

Memiliki ketertarikan di bidang Pengolahan Minuman Kopi 

Memiliki waktu untuk mengikuti pembelajaran hingga selesai


Durasi Per Sesi

1 / 09.00 - 12.00 (180 Menit)

Topik 1 : 

  • Pelatihan Pengenalan Profesi Barista

  • Pelatihan Grooming dan Attitude Barista

2 / 09.00 - 12.00 WIB (180 Menit)

Topik 2 : 

  • Sejarah kopi dan perkembangannya 

  • Pelatihan Mengelola Bahan Baku

3 / 09.00 - 12.00 WIB (180 Menit)

Topik 3 : 

  • Pelatihan Mengelola Peralatan dan Perlengkapan

  • Pelatihan Mengoperasikan Peralatan

4 / 08.00 - 12.00 WIB (180 Menit)

Topik 4 : 

  • Mengoperasikan Peralatan

5/ 08.00 - 10.30 WIB (180 Menit)

Topik 5 :

  • Pelatihan Menangani Situasi Konflik

  • Pelatihan Menangani Pelanggan

  • Sesi Penutup (20 Menit)


Total Durasi

900 Menit


Kapasitas Peserta

150 Peserta


Metode Pembelajaran

Daring


Metode Evaluasi

1. Pre Test
2. Quiz
3. Post Test


Unjuk Keterampilan

Peserta mempersiapkan peralatan dan produk yang akan digunakan. Buatlah satu video dengan durasi 5 menit yang menampilkan cara pembuatan minimal satu kreasi minuman kekinian dengan bahan dasar kopi. Kumpulkan hasil kreasi tersebut dalam format file MP4. Hasil Unjuk Keterampilan dikumpulkan (maksimal 20mb) ke alamat : btpschool.ind@gmail.com


Jenis/Klasifikasi Sertifikat

Sertifikat Penyelesaian


Jadwal Pelatihan

10-04-2023 s.d. 14-04-2023, 16-04-2023 s.d. 20-04-2023

01-05-2023 s.d 05-05-2023, 08-05-2023 s.d. 12-05-2023

15-05-2023 s.d. 19-05-2023, 22-05-2023 s.d. 26-05-2023

29-05-2023 s.d. 02-06-2023, 05-06-2023 s.d. 09-06-2023

12-06-2023 s.d. 16-06-2023, 19-06-2023 s.d. 23-06-2023

26-06-2023 s.d. 30-06-2023, 03-07-2023 s.d. 07-07-2023,


Profil Pengajar
Firmansyah
Tenaga Pelatih sudah berpengalaman lebih dari 5 tahun mengajar di bidang Barista dan lebih dari 15 tahun di industri F&B Service. Saat ini masih aktif bekerja di industri kopi yaitu PT.Simetri Koi Nusantara. Tenaga Pelatih juga kompeten di bidang kompetensi tehnis yang diselenggarakan oleh BNSP


Kontak Lembaga Pelatihan
0812 3451 4912

Info Lainnya

Benefit yang Didapat:

  • Link Webinar
  • Tes Evaluasi Pelatihan
  • Sertifikasi Penyelesaian

Materi Pelatihan

Pilihan Event

Kursus ini belum memiliki Event

Rating & Ulasan

0

5.0

/5

(2 Rating)

profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
course thumbnail

Rp1.000.000

Benefit yang Didapat:

  • Link Webinar
  • Tes Evaluasi Pelatihan
  • Sertifikasi Penyelesaian
logo pijarmahir

Powered By

logo telkom

WhatsApp

0812 8899 9576

Email

info@pijarmahir.id

Ikuti Kami di

InstagramLinkedinFacebookTwitter

Download Sekarang

Play Store

Layanan Pengaduan Konsumen

Gedung Telkom Direktorat Business and Technology

Jl. Prof. DR. Soepomo No.139, RT.13/RW.2, Tebet Bar., Kec. Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12810

Kontak Pelanggaran Usaha

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan Republik Indonesia

Whatsapp: 0853 1111 1010

©2020-2024 Pijar Mahir. All Right Reserved