Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Penanganan Kebersihan dan Kesehatan Makanan Restoran

Webinar

logo-prakerja

Penanganan Kebersihan dan Kesehatan Makanan Restoran

Oleh: G2 Academy

logo-prakerja

Pelatihan di G2 Academy

0

4.8(770)
1545 Peserta
Usia 18 - 64 Tahun
MinimalSMA/SMAK sederajat

Highlight

Info Penting Kursus di Mitra Pelatihan

  • Kursus ini akan sepenuhnya Anda kerjakan di platform Mitra Pelatihan
  • Kami akan memberimu Kode Kursus untuk Anda tukarkan di platform Mitra Pelatihan
  • Sertifikat dari kursus ini juga hanya akan Anda terima di platform Mitra Pelatihan

Detail Pelatihan

Deskripsi Pelatihan
Seorang manager restoran harus memiliki pengetahuan untuk melakukan pengawasan dan pengendalian keamanan pangan. Berdasarkan UU RI No 18 tahun 2012, sanitasi dan kebersihan makanan adalah upaya untuk menciptakan dan mempertahankan kondisi pangan yang sehat, higienis yang bebas dari bahaya cemaran biologis, kimia, dan benda lain.


Tujuan Umum Pelatihan
Berdasarkan pengamatan di area dapur restoran, peserta mampu membuat laporan pengamatan implementasi prosedur sanitasi dan kesehatan makanan dengan mendapatkan bobot nilai 60 pada unjuk keterampilan.


Tujuan Khusus Pelatihan

  • Peserta mampu memahami konsep sanitasi dan hygiene di bidang makanan

  • Peserta mampu menjelaskan konsep mikroorganisme terkait bidang makanan

  • Peserta mampu mengevaluasi resiko hygiene terkait kerusakan makanan dan teliti menunjukkan penerapan prosedur sanitasi dan higiene pada makanan dan lingkungan kerja

  • Peserta mampu memahami konsep K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) dan mengimplementasikan prosedur penanganan yang baik dalam pengolahan makanan serta keselamatan kerja

  • Peserta mampu menunjukkan penerapan prosedur sanitasi dan higiene pada makanan dan lingkungan kerja

Aspek Kompetensi: Pengetahuan (Knowledge)
Pengertian keamanan pangan

Jenis – jenis kerusakan makanan

Sanitasi dan hygiene di bidang makanan.

K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja).

Metode HACCP


Aspek Kompetensi: Keterampilan (Skill)
Melakukan penyesuaian penerapan K3 di industri makanan

Merancang kegiatan upaya sanitasi dan hygiene pada produk pangan agar terhindar dari kerusakan makanan

Menyusun rangkaian kegiatan yang sesuai dengan norma dan prinsip K3

Membuat rancangan implementasi program keamanan pangan, termasuk kebijakan, prosedur, dan diagram alir yang mengidentifikasi titik kritis


Aspek Kompetensi: Sikap (Attitude)
Menyadari aturan keamanan pangan di lingkungan tempat usaha dengan teliti

Bertanggung jawab dalam menganalisis dan menghindari terjadinya potensi kerusakan makanan pada usaha dengan teliti dan cermat

Menyadari prosedur sanitasi dan hygiene personal pada bidang makanan.

Menunjukkan kesadaran akan pentingnya higiene dalam praktek pengolahan makanan

Percaya diri dalam melakukan pemeriksaan kualitas bahan, mengidentifikasi produk yang tidak sesuai spesifikasi, melengkapi catatan kerja


Kelompok Sasaran
Usia minimum 18 tahun
Usia maksimum 64 tahun
Pendidikan Minimal SMA
Syarat peserta :
- Peserta berkewajiban mengikuti seluruh aktivitas pelatihan
- Peserta harus hadir disetiap pertemuan pelatihan
- Peserta tidak dapat membatalkan kelas, namun bisa ikut kelas selanjutnya (Max 1x Reschedule)
- Peserta tidak ada keahlian awal yang diperlukan.
- Memiliki gawai/handphone yang terkoneksi internet bagus untuk mengikuti pelatihan
- Diharapkan memiliki PC/notebook untuk menginstal aplikasi dan langsung belajar di sistem yang dimiliki peserta
- Redemption max 3x24 jam dari transaksi pembelian
- Informasi pelatihan dapat diakses melalui LMS G2Academy


Durasi Per Sesi
Hari ke 1 : 09.00-12.00 WIB : Keamanan Pangan (180 menit)
Hari ke 2 : 09.00-12.00 WIB : Sanitasi dan hygiene makanan (180 menit)
Hari ke 3 : 09.00-12.00 WIB : Kebersihan dan Sanitasi, Peralatan dan Ruang Kerja (180 menit)
Hari ke 4 : 09.00-12.00 WIB : Kesehatan dan Keselamatan Kerja (180 menit)
Hari ke 5 : 09.00-12.00 WIB : 
Kesehatan kerja (180 menit)


Total Durasi
900 menit


Kapasitas Peserta
150 Peserta


Metode Pembelajaran
Daring


Metode Evaluasi
1. Pre Test
2. Quiz
3. Post Test

Unjuk Keterampilan

Setelah anda mengikuti sesi pelatihan hygiene dan sanitasi di bidang makanan, buatlah analisis materi yang telah disampaikan kemudian jawablah pernyataan di bawah ini. Peserta diminta untuk menerapkan dan menuliskan prosedur hygiene yang kalian lakukan saat melakukan praktik mengolah makanan! 

1. Lakukan pengamatan implementasi hygiene perorangan di area dapur. 

2. Analisislah implementasi hygiene perorangan di area dapur. Buat laporan hasil pengamatan dan evaluasi kalian!


Jenis/Klasifikasi Sertifikat
Sertifikat Penyelesaian


Jadwal Pelatihan

08-05-2023 s.d. 12-05-2023

15-05-2023 s.d. 19-05-2023

05-06-2023 s.d. 09-06-2023

12-06-2023 s.d. 16-06-2023

19-06-2023 s.d. 23-06-2023


Profil Pengajar
- Agus Iman Santoso 
Saya menyelesaikan studi S1 Pendidikan Tata Boga di Universitas Negeri Jakarta. Saya memiliki pengalaman lebih dari 12 tahun dalam bidang Hospitality / Kuliner, keahlian saya dalam bidang Pastry dan Bakery sebagai latar belakang pendidikan hampir selama lebih dari 8 tahun. Namun pengalaman bekerja di Professional kitchen menuntut saya agar dapat menguasai berbagai jenis masakan mulai dari Mediterranean, European, Pan Asian hingga Creole.
- Boy Syahputra Ginting
Memulai kuliah di Akademi Pariwisata Medan pada tahun 2011 sampai 2014 di Manajemen Tata Boga dan mendapatkan predikat sebagai lulusan terbaik tahun 2014. Setelah beberapa waktu, saya mulai mengembangkan potensi saya dengan menjadi part timer di berbagai hotel. Saya memiliki pengalaman di berbagai hotel-hotel berbintang empat di Indonesia seperti di Semarang, Banjarmasin, Bandar Lampung, Bali, Balikpapan dan Batam. Selain itu, saya juga pernah berkarir di Maldives saat covid-19 berdampak pada hotel Batam lalu kembali lagi ke Indonesia dan dipercaya untuk bergabung dengan Marriott International dengan brand Le Meridien. Selama berkarir, saya mendapatkan beberapa prestasi seperti Employee of The Month, menjadi manager di umur yang masih muda, juara di berbagai kompetisi memasak dan yang paling membanggakan bagi saya adalah dengan menjadi pemenang Ayo Makan by Marriott Indonesia dengan mengalahkan lebih dari 60 hotel se-Marriott Indonesia pada tahun 2019.
- Julius Peter Sumolang 
Lulusan Pendidikan Perhotelan Khususnya di bidang tata boga Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti Jakarta. Memiliki Pengalaman Lebih Dari 15 tahun dalam Bidang Hospitality/kuliner. Dengan awal karir saya diHotel sebagai Cook dalam bidang Japanese Cuisine, hingga sampai saat ini diberikan pengalaman menjadi Professional Chef, yang mengharuskan saya untuk dapat menguasai beberapa jenis masakan yang terutama Kuliner Nusantara.

Panduan Redeem Voucher
Langkah 1: Klik registrasi https://www.g2academy.co/login#student
Langkah 2: https://www.g2academy.co/prakerja Klik tukar voucher dan masukan kode Voucher code dan Redeem code 
Langkah 3: Silahkan cek email (spam email/kotak masuk)
Langkah 4: Silahkan login (https://www.g2academy.co/login#student) menggunakan user dan pass yang sesuai pada email yang diterima
Langkah 5: Klik my class (https://www.g2academy.co/user/my-classes) 
Langkah 6: Silahkan klik kelas dan ikuti seluruh tahapan pelatihan

Kontak Lembaga Pelatihan
CS G2 Academy :
Info Lebih Lanjut Atau Bantuan Dapat Menghubungi G2 Academy via :
Whatsapp: +62 857-7547-5917
Email: admin@g2academy.co // prakerja@g2academy.co
Telegram: https://t.me/g2prakerja


Info Lainnya

Benefit yang Didapat:

  • Link Webinar
  • Tes Evaluasi Pelatihan
  • Sertifikasi Penyelesaian

Materi Pelatihan

Pilihan Event

Kursus ini belum memiliki Event

Rating & Ulasan

0

4.8

/5

(770 Rating)

profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
course thumbnail

Rp1.500.000

Benefit yang Didapat:

  • Link Webinar
  • Tes Evaluasi Pelatihan
  • Sertifikasi Penyelesaian
logo pijarmahir

Powered By

logo telkom

WhatsApp

0812 8899 9576

Email

info@pijarmahir.id

Ikuti Kami di

InstagramLinkedinFacebookTwitter

Download Sekarang

Play Store

Layanan Pengaduan Konsumen

Gedung Telkom Direktorat Business and Technology

Jl. Prof. DR. Soepomo No.139, RT.13/RW.2, Tebet Bar., Kec. Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12810

Kontak Pelanggaran Usaha

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan Republik Indonesia

Whatsapp: 0853 1111 1010

©2020-2023 Pijar Mahir. All Right Reserved