Download di playstore

Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Penerapan Branding Development untuk Brand Manager

Pembelajaran Mandiri

Penerapan Branding Development untuk Brand Manager

Oleh: Cakap -

Pelatihan di Cakap -

0

5.0(2)
2 Peserta
Usia 18 - 60 Tahun
MinimalS1

Highlight

Info Penting Kursus di Mitra Pelatihan

  • Kursus ini akan sepenuhnya Anda kerjakan di platform Mitra Pelatihan
  • Kami akan memberimu Kode Kursus untuk Anda tukarkan di platform Mitra Pelatihan
  • Sertifikat dari kursus ini juga hanya akan Anda terima di platform Mitra Pelatihan

Detail Pelatihan

Deskripsi Pelatihan

Dalam program pelatihan ini peserta akan belajar untuk menjadi seorang brand manager yang ingin meningkatkan kemampuannya dalam menerapkan branding development. Pelatihan ini dirancang berdasarkan kebutuhan okupasi kritis yang diperoleh dari COL - 1233 tentang Manajer Hubungan (Relationship Manager), Manajer Merek (Brand Manager), dan Manajer Hubungan Masyarakat (Public Relationship Manager), serta riset yang telah ditemukan bahwa masih banyak tantangan yang harus dihadapi seorang Brand Manager dalam menerapkan branding manajemen. Maka dari itu, pelatihan ini akan fokus mempelajari cara penerapan branding manajemen sebagai seorang brand manajer dengan melakukan pengenalan branding strategic planning, pembuatan branding panning, pelaksanaan analisis kompetitor, pembuatan dan penentuan strategi brand marketing serta launching, pengembangan identitas merek, dan juga melakukan pengevaluasian branding sesuai dengan SKKNI No. 124 Tahun 2022 Tentang Pemasaran.


Tujuan Umum Pelatihan

Peserta mampu menerapkan pelaksanaan analisis kompetitor dan penyusunan brand launching planning dengan menunjukkan minimal 60 persen penguasaan materi pada saat praktik unjuk keterampilan sesuai dengan standar nasional (SKKNI Bidang tenaga Pemasaran Operasional) yang berlaku.


Tujuan Khusus Pelatihan

Setelah mengikuti pelatihan ini, peserta diharapkan mampu:

  • Peserta mampu melakukan penentuan segmentasi dan target pasar serta pelaksanaan komunikasi dalam membuat brand

  • Peserta mampu melakukan analisis SWOT dan penentuan USP

  • Peserta mampu melakukan analisis kompetitor dan juga analisis PESTEL

  • Peserta mampu membuat kampanye pemasaran terintegrasi

  • Peserta mampu melaksanakan pengembangan identitas merek dan penyusunan guideline identitas merek

  • Peserta mampu melakukan market approach dan brand measurement


Aspek Kompetensi: Pengetahuan (Knowledge)

Konsep Brand dan Branding dalam Branding Strategic Planning

Tugas dan Tanggung Jawab Brand Manager dalam Branding Strategic Planning

Pentingnya Strategic Planning dalam Branding

Karakteristik Utama dari Brand yang Berhasil dan Contohnya

Konsep Brand Canvas

Segmentasi dan Target Pasar

Pengenalan Brand Communication Strategy


Aspek Kompetensi: Keterampilan (Skill)

Peserta mampu membuat brand canvas

Peserta mampu membuat pengembangan identitas visual

Peserta mampu melakukan analisis pesaing menggunakan beberapa metode analisis

Peserta mampu membuat perancangan brand communication strategy

Peserta mampu menyusun guideline identitas merek dan mengukur kesuksesan identitas merek

Peserta mampu menggunakan data dan analisis dalam melakukan evaluasi branding


Aspek Kompetensi: Sikap (Attitude)

Percaya diri dalam menentukan peran komunikasi dan melakukan pemilihan komunikasi yang efektif pada brand

Akurat dalam menentukan nilai preposisi unik

Inisiatif dalam melakukan analisis pesaing

Efektif dalam melakukan kampanye pemasaran terintegrasi

Tepat dalam melakukan penyusunan guideline identitas merek

Teliti dalam melakukan pengevaluasian branding


Kelompok Sasaran

1. Peserta dengan minimal pendidikan S1

2. Peserta dengan latar belakang marketing atau pemasaran

3. Peserta dengan ketertarikan pada bidang marketing terutama dalam lingkup branding

4. Peserta memiliki smartphone/laptop dengan jaringan internet yang memadai

5. Peserta memiliki akun zoom


Durasi Per Sesi

1. Mengenal Branding Strategic Planning. 1:43:23

2.Membuat Branding Planning1:44:04

3. Melakukan Analisis Kompetitor1:31:48

4. Strategi Brand Marketing & Launching1:30:13

5. Pengembangan Identitas Merek1:11:09

6. Mengevaluasi Branding. 1:30:24


Total Durasi

555 menit


Metode Pembelajaran

Self Paced Learning


Kapasitas Pelatihan

10000 Peserta


Metode Evaluasi

1. Pre Test
2. Quiz
3. Post Test


Unjuk Keterampilan

Peserta harus memilih sebuah brand, setelah itu peserta diminta untuk melakukan proses segmentasi dan target pasar, melalui proses:

- Tahapan brand positioning

- Tahapan melakukan brand identity

- Tahapan proses brand personality

- Melakukan analisis kompetitor dengan PESTEL analisis

- Mendesain Brand Launching Market dengan Go-To-Market Strategy

- Menyusun Brand Launching Planning


Jenis/Klasifikasi Sertifikat

Sertifikat Penyelesaian


Syarat Peserta untuk mendapatkan sertifikat : 

- Peserta wajib mengikuti seluruh rangkaian pelatihan untuk mendapat Sertifikat Penyelesaian dan insentif Prakerja
- Peserta wajib mengerjakan Tugas "Unjuk Keterampilan". Penyertaan hasil "Unjuk Keterampilan" dilakukan oleh peserta maksimal 3 x 24 jam setelah instruksi diberikan, dengan tata cara penyertaan hasil yang diatur sesuai pada Instruksi Unjuk Keterampilan.
- Sertifikat akan diberikan paling lambat H+7 setelah Tenaga Pelatih memberikan nilai "Unjuk Keterampilan" yang sudah dikumpulkan peserta.

Waktu penyelenggaraan Unjuk Keterampilan : 
Dilaksanakan setelah melakukan postest dan di kumpulkan maksimal 3 hari setelah instruksi unjuk keterampilan diberikan atau setelah webinar sesi terakhir selesai dilaksanakan.


Profil Pengajar

Margarita Tan

Saat ini menjabat sebagai Chief Growth Officer di PT Cerdas Digital Nusantara. Berpengalaman hampir 10 tahun dalam dunia profesional. Memiliki pengalaman dan keahlian dalam Development, Branding, Marketing dan Manage Creative Content.


Panduan Redeem Voucher

1. Tukarkan kode belajar dan kode redeem (prakerja) kamu di sini. Lewati langkah ini jika sudah menukar kode dan hanya dapat dilakukan untuk kelas pertama saja.

2. Setelah penukaran Kode Prakerja berhasil, akses dashboard Cakap dan masuk kelas sesi pertama

3. Setelah Verifikasi Wajah berhasil dan kehadiran terverifikasi, maka kamu dapat mengikuti pembelajaran mandiri untuk sesi pertama

4. Untuk sesi kedua dan seterusnya, sesi dapat diakses 1x24 jam setelah sesi sebelumnya selesai. Contohnya, jika sesi selesai pada 3 Desember 2023 jam 15:05 WIB maka sesi selanjutnya bisa diakses 4 Desember 2023 jam 15:05 WIB

5. Lakukan Verifikasi Wajah pada tiap sesi pembelajaran agar kamu tercatat hadir

6. Kamu hanya bisa menyelesaikan 1 sesi per hari

7. Untuk melihat cara verifikasi wajah, akses tautan berikut https://upskill.cakap.com/informasi


Tata cara reedem, redem code untuk peserta Prakerja (Daring/Online/Webinar) :

- Redem kode redem dilakukan langsung di platform Cakap


Kontak Lembaga Pelatihan

https://cakap.com/tentang-prakerja/
Hotline: +6282325898644
Jam Pelayanan: (08:00 – 22:00 WIB)

Info Lainnya

Materi Pelatihan

Rating & Ulasan

0

5.0

/5

(2 Rating)

profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
course thumbnail

Rp900.000