Webinar
•Pengelolaan Administrasi dan Perangkat Kerja Resepsionis
Oleh: Kelas.com .
Pelatihan di Kelas.com .
Highlight
Info Penting Kursus di Mitra Pelatihan
- Kursus ini akan sepenuhnya Anda kerjakan di platform Mitra Pelatihan
- Kami akan memberimu Kode Kursus untuk Anda tukarkan di platform Mitra Pelatihan
- Sertifikat dari kursus ini juga hanya akan Anda terima di platform Mitra Pelatihan
Detail Pelatihan
Deskripsi Pelatihan
Belajar mengelola tamu dan informasi bagi kamu yang ingin menjadi Resepsionis Perusahaan, semua bisa dipelajari di kelas ini!Tujuan Umum Pelatihan
Peserta pelatihan mampu menjalankan peran sebagai seorang resepsionis dan menjalankan tugas dalam menerima dan menyambut pengunjung, klien, atau tamu di perusahaan hingga mampu mengelola informasi perusahaan dengan menunjukkan minimal 80% penguasaan materi saat unjuk keterampilan.
Tujuan Khusus Pelatihan
Menerapkan peran, tugas dan ruang lingkup seorang Resepsionis.
Menerapkan bentuk keterampilan komunikasi, administrasi, dan mengorganisir dalam pekerjaan resepsionis
Mengelola pesan dan panggilan yang diterima dan menjaga kerahasiaan data perusahaan
Melakukan update dan input data ke dalam database komputer dan mengoperasikan perangkat lunak untuk resepsionis
Menentukan dan melatih rekognisi situasi darurat, serta menangani kesalahan dalam pekerjaan resepsionis
Aspek Kompetensi: Pengetahuan (Knowledge)
- Peran, tugas dan ruang lingkup seorang Resepsionis.
- Bentuk komunikasi verbal dan non-verbal yang efektif.
- Korespondensi melalui telepon, surat dan email dari pelanggan atau klien.
- Perangkat dalam pekerjaan resepsionis: Multi-line phone system, Office Suite, mail management, contact management & visitor management software.
- Situasi darurat atau genting yang akan dihadapi seorang resepsionis.
Aspek Kompetensi: Keterampilan (Skill)
- Menyusun jadwal pertemuan atau appointment kantor, serta mengadaptasi kompetensi dan keterampilan seorang resepsionis.
- Menyambut tamu, pengunjung dan klien sesuai dengan keterampilan komunikasi verbal dan non-verbal yang efektif
- Melakukan on-hold, waiting dan transferring panggilan telepon.
- Menyelesaikan proses data entry, mengolah dan menyimpan dokumen melalui Office Suite.
- Melakukan problem solving: menangani kesalahan memberikan informasi dan customer yang marah.
Aspek Kompetensi: Sikap (Attitude)
- Cermat dalam membedakan peran dan tugas Resepsionis kantor, rumah sakit dan hotel.
- Proaktif dalam menerapkan kemampuan berkomunikasi, keterampilan organisasional dan keterampilan administrasi.
- Inisiatif dan percaya diri dalam melakukan korespondensi, baik menggunakan bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris.
- Cermat dan teliti dalam melakukan penginputan data atau data-entry.
- Disiplin dan bertanggungjawab dalam menyelesaikan dan menangani permasalahan yang dihadapi seorang resepsionis.
Kelompok Sasaran
- Usia minimum 18 tahun
- Usia maksimum 64 tahun
- Peserta memiliki usia minimal 18 tahun ke atas
- Syarat pendidikan minimal peserta mengikuti webinar adalah minimal SMA/SMK sederajat
- Memiliki gawai/ perangkat elektronik untuk mengikuti webinar
Durasi Per Sesi
Hari pertama (Senin) / 18.00-21.00 Aktivitas Sesi Pembukaan & Resepsionis Kantor Perusahaan 180 menit
Hari kedua (Selasa) / 18.00-21.00 Melatih Keterampilan Resepsionis 180 menit
Hari ketiga (Rabu) / 18.00-21.00 Panggilan Telepon dan Korespodensi Surat- Email Perusahaan 180 menit
Hari keempat (Kamis) /18.00-21.00Data, Informasi dan Peralatan yang Digunakan oleh Resepsionis 180 menit
Hari kelima (Jumat) /18.00-21.00 Menangani Situasi Genting & Merespon Berbagai Situasi yang Dihadapi Resepsionis & Sesi Penutup
Total Durasi
900 menit
Kapasitas Peserta
50
Metode Pembelajaran
Daring
Metode Evaluasi
1. Pre Test
2. Quiz
3. Post Test
Unjuk Keterampilan
Peserta diminta untuk membuat surat korespondensi dan percakapan menyambut tamu.
Waktu penyelenggaraan Unjuk Keterampilan :
Dilaksanakan setelah melakukan postest dan di kumpulkan maksimal 3 hari setelah instruksi unjuk keterampilan diberikan atau setelah webinar sesi terakhir selesai dilaksanakan.
Jenis/Klasifikasi Sertifikat
Sertifikat Penyelesaian
Jadwal Pelatihan
06-03-2023 s.d. 10-03-2023
13-03-2023 s.d. 17-03-2023
27-03-2023 s.d. 31-03-2023
10-04-2023 s.d. 14-04-2023
17-04-2023 s.d. 21-04-2023
24-04-2023 s.d. 28-04-2023
08-05-2023 s.d. 12-05-2023
22-05-2023 s.d. 26-05-2023
05-06-2023 s.d. 09-06-2023
12-06-2023 s.d. 16-06-2023
19-06-2023 s.d. 23-06-2023
Profil Pengajar
Ria Amellia, SE
Ria Amellia adalah seorang resepsionis yang berpengalaman lebih dari 5 tahun. Pernah bekerja di PT Ismaya Group dan PT Tunas Ridean sebagai resepsionis membuatnya menguasai hardskills maupun softskills di dunia resepsionis
Panduan Redeem Voucher
1. Buka link https://kelas.com/prakerja/catalog
2. Pilih kelas sesuai dengan kode voucher yang kamu beli dari mitra pembelian
3. Kamu akan diarahkan ke halaman Form Aktivasi Kelas Kartu Prakerja (kelas.com/prakerja atau kelas.work/prakerja tergantung dari pelatihan yang kamu pilih)
4. Isi Form Aktivasi Kelas bagi Partisipan PRAKERJA
a. Masukan Kode Voucher yang di kirimkan mitra KELAS.COM melalui halaman transaksi, email atau pun sms
b. Masukan alamat email yang sesuai dengan akun PRAKERJA
c. Pada bagian Kelas pilih kelas sesuai dengan yang di beli pada mitra pembelian.
d. Klik tombol Redeem Voucher
5. Simpan password yang anda terima setelah melakukan aktivasi kelas
6. Masukan email dan password yang sudah terdaftar di dashboard masuk KELAS.COM.
7. Lengkapi profil anda. Demi kelancaran pelaporan Penyelesaian Kelas, Anda wajib untuk memasukkan informasi nama yang identik (sama persis) dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP) anda nama yang tertera di akun Prakerja anda
Kontak Lembaga Pelatihan
Kelas.com 0811-100-606
email: support@kelas.zendesk.com
Info Lainnya
Materi Pelatihan
Materi
Pilihan Event
Kursus ini belum memiliki Event
Rating & Ulasan
4.8
/5
(625 Rating)
0
0
0
0
0