Download di playstore

Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Pengelolaan Emosi dan Empati

Webinar

Pengelolaan Emosi dan Empati

Oleh: MojadiPro .

Pelatihan di Pijar Mahir

0

5.0(2)
10 Peserta
Usia 18 - 64 Tahun
MinimalSMA/SMAK sederajat

Highlight

Info Penting Kursus di Pijar Mahir

  • Anda bisa mengerjakan kursus ini langsung di platform Pijar Mahir
  • Sertifikat bisa Anda akses di Profil pada menu Sertifikat Saya setelah menyelesaikan kursus

Detail Pelatihan

Deskripsi Pelatihan
Pelatihan Keterampilan Dasar Non-Teknis ini berfokus pada Pengelolaan Emosi & Empati, dengan tujuan penguasaan minimal 60% keterampilan interpersonal. Peserta akan memahami konsep dasar Emosi, Empati, dan Pengelolaan Emosi & Empati. Mereka akan mengidentifikasi Ciri-ciri Kecerdasan Emosi, menerapkan dalam Empati, dan menunjukkan Peran Kecerdasan Emosi dengan komunikasi efektif. Pelatihan juga menekankan praktik mengelola emosi dan menerapkan empati dalam situasi praktis dengan penekanan pada keterampilan psikomotor. Referensi dari "Employees Now Expect Empathy In The Workplace Half Aren't Getting It" & SKKNI No. 234/2020 menjadi landasan. Unit kompetensi mencakup Membangun Konsep Diri yang Positif, Pengelolaan Emosi, Menghadapi Tantangan, dan Integritas Profesional. Pelatihan daring terdiri dari 5 sesi yang menggabungkan teori dan praktik untuk keterampilan kerja sehari-hari. Ini tidak hanya memberikan pemahaman konseptual tetapi juga keterampilan praktis untuk perubahan positif dalam konteks interpersonal.

Tujuan Umum Pelatihan
Peserta pelatihan menunjukkan minimal 60% penguasaan Pengelolaan Emosi dan Empati pada saat unjuk keterampilan, mencerminkan perubahan positif dalam pemahaman, penyikapan, dan keterampilan berdasarkan situasi atau kondisi prasyarat di lingkungan interpersonal.

Tujuan Khusus Pelatihan
Peserta dapat menjelaskan pengertian dasar emosi, pengertian empati, dan ruang lingkup pengelolaan emosi dan empati.
Peserta dapat menguraikan ciri-ciri dan karakteristik kecerdasan emosi serta menerapkan pengaruhnya dalam proses empati.
Peserta dapat mengaplikasikan peran kecerdasan emosi dalam memperkuat dan memperdalam proses empati dengan keterampilan komunikasi yang efektif.
Peserta dapat mengelola emosi dan menerapkan empati dalam situasi praktis dengan keterampilan psikomotor yang terampil.
Peserta mampu menerapkan teknik pengelolaan emosi dan empati secara langsung dengan keterampilan interaksi interpersonal yang adaptif.

Aspek Kompetensi: Pengetahuan (Kognitif)
Pengertian dasar Emosi dan Empati
Teori-teori tentang Pengelolaan Emosi dan Empati
Faktor-faktor yang memengaruhi Emosi dan Empati
Proses regulasi Emosi
Peran Kecerdasan Emosi dalam proses Empati

Aspek Kompetensi: Keterampilan (Psikomotor)
Mengelola dan mengendalikan respons emosional secara efektif
Menerapkan strategi dan teknik untuk mengelola stres, kecemasan, dan emosi negatif lainnya
Berinteraksi secara empatik dengan orang lain
Mampu mempresentasikan emosi dan empati melalui komunikasi verbal dan nonverbal
Mampu menerapkan penempatan empati dalam situasi praktis

Aspek Kompetensi: Sikap Kerja (Afektif)
Responsif terhadap perasaan orang lain
Mampu mengelola emosi diri sendiri
Berempati terhadap orang lain
Fleksibel dalam berinteraksi dengan orang lain
Mampu menunjukkan kepedulian dan dukungan terhadap orang lain

Kelompok Sasaran
Minimal usia 18 tahun dan maksimal 64 tahun 
Min pendidikan SMA/SMK

Syarat dan Ketentuan lainnya
Memiliki laptop sendiri dengan spesifikasi Operating System min. Windows 7, CPU 1 GHz dan RAM 1GB 
Memiliki jaringan internet yang stabil 
Memiliki minat dibidang (sesuai bidang pelatihan)

Total Durasi
900 Menit

Durasi Sesi-sesi Pelatihan
Sesi 1: Pengertian dasar Emosi, Pengertian Empati, dan Ruang Lingkup Pengelolaan Emosi dan Empati : 180 menit
Sesi 2 : Ciri-ciri dan Karakteristik Kecerdasan Emosi serta mengaplikasikan pengaruhnya dalam proses Empati : 180 menit
Sesi 3 : Peran Kecerdasan Emosi dalam memperkuat dan memperdalam proses Empati dengan keterampilan komunikasi yang efektif : 180 menit
Sesi 4 : Kemampuan mengelola Emosi dan menerapkan Empati dalam situasi praktis dengan keterampilan psikomotor yang terampil : 180 menit
Sesi 5:  Pentingnya Mengelola Emosi dan melakukan Penerapan Empati secara langsung dengan keterampilan interaksi interpersonal yang adaptif : 180 menit

Kapasitas Peserta
50 Peserta

Metode Pembelajaran
Daring

Metode Evaluasi
1. Pre Test
2. Quiz
3. Post Test
4. Unjuk Keterampilan

Unjuk Keterampilan
Peserta diminta membuat resensi pelatihan dalam 10 menit menggunakan empat metode: slide presentasi PDF, tulisan tangan (screenshot), audio recording, dan video recording. Tugas resensi harus diunggah ke LMS Pijar Mahir dalam waktu 3x24 jam setelah instruksi. Ini menguji kemampuan peserta dalam merangkum materi dengan beragam pendekatan serta kemampuan penggunaan teknologi dan manajemen waktu yang efektif.

Jenis/Klasifikasi Sertifikat
Sertifikat Penyelesaian

Syarat Kelulusan dan Mendapat Sertifikat
Sertifikat akan didapat setelah kamu mengikuti seluruh rangkaian pelatihan
MInimal kehadiran 100% pada webinar
Melakukan Face Recognition/Verifikasi Wajah pada sesi 1-sesi terakhir dan pada saat akan mengerjakan Post Test

Cara Mengakses dan Mendownload Sertifikat
Klik Icon Profil dipojok kanan
Klik Sertifikat Saya
Klik download sertifikat

Profil Pengajar
Reondo Hatorangan Sihombing, S2 Teologi STTB The Way Jakarta, berpengalaman sebagai Guru Kelas di berbagai sekolah dan mengikuti Program Pengembangan Profesional di SMK Negeri 1 Cibadak Sukabumi.

Kontak Lembaga Pelatihan
+628114603582 
info@mojadiapp.com

Info Lainnya

Benefit yang Didapat:

  • Link Webinar
  • Tes Evaluasi Pelatihan
  • Sertifikasi Penyelesaian

Materi Pelatihan

Rating & Ulasan

0

5.0

/5

(2 Rating)

profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
course thumbnail

Rp1.500.000

Benefit yang Didapat:

  • Link Webinar
  • Tes Evaluasi Pelatihan
  • Sertifikasi Penyelesaian
logo pijarmahir

Powered By

logo telkom

WhatsApp

0812 8899 9576

Email

info@pijarmahir.id

Ikuti Kami di

InstagramLinkedinFacebookTwitter

Download Sekarang

Play Store

Layanan Pengaduan Konsumen

Gedung Telkom Direktorat Business and Technology

Jl. Prof. DR. Soepomo No.139, RT.13/RW.2, Tebet Bar., Kec. Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12810

Kontak Pelanggaran Usaha

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan Republik Indonesia

Whatsapp: 0853 1111 1010

©2020-2024 Pijar Mahir. All Right Reserved