Pembelajaran Mandiri
Pengelolaan Keuangan Pribadi Nasabah sebagai Manajer Keuangan
Oleh: Kita Kompeten
Pelatihan di Kita Kompeten
Highlight
Info Penting Kursus di Mitra Pelatihan
- Kursus ini akan sepenuhnya Anda kerjakan di platform Mitra Pelatihan
- Kami akan memberimu Kode Kursus untuk Anda tukarkan di platform Mitra Pelatihan
- Sertifikat dari kursus ini juga hanya akan Anda terima di platform Mitra Pelatihan
Detail Pelatihan
Deskripsi Pelatihan
Pelatihan ini menggunakan moda Asinkronus
Okupasi Pelatihan: Manajer Keuangan
Rujukan Okupasi: IndoTask - Manajer Jasa Keuangan dan Asuransi
Gambaran Pelatihan:
Program ini memberikan pengetahuan dasar terkait keterampilan pengelolaan keuangan nasabah yang harus dikuasai oleh seorang Manajer Keuangan yang kompeten.
Kompetensi yang Dilatih:
Melalui pelatihan ini, peserta akan diberikan bekal keterampilan tentang pengelolaan keuangan nasabah dimulai dari keterampilan mengukur produktivitas kerja nasabah melalui penerapan 5R yang mendukung pada penciptaan lingkungan yang lebih bersih, efisien dan berkelanjutan yang mendukung produktivitas kerja, mengidentifikasi kondisi keuangan nasabah, mengelola keuangan nasabah dengan melakukan financial check-up, membantu nasabah memilih investasi yang tepat sesuai profil keuangannya, dan membantu nasabah menyusun laporan keuangan pribadinya.
Urutan Pembelajaran:
Sesi 1: Produktivitas Kerja Nasabah
Sesi 2: Identifikasi Kondisi Keuangan
Sesi 3: Pengelolaan Keuangan Nasabah
Sesi 4: Investasi dan Risiko sesuai Profil Keuangan
Sesi 5: Membuat Laporan Keuangan
Tujuan Umum Pelatihan
Peserta terampil memberikan jasa konsultasi kepada nasabah dengan menunjukan minimal skor penilaian 70% pada saat Unjuk Keterampilan yaitu membantu nasabah membuat laporan keuangan.
Tujuan Khusus Pelatihan
Setelah menyelesaikan pelatihan, peserta dapat memberikan jasa konsultasi dengan memiliki keterampilan:
1. Mengukur produktivitas kerja nasabah
2. Mengidentifikasikan kondisi keuangan nasabah dengan cermat
3. Mengelola keuangan nasabah dengan cermat
4. Mengimplementasikan konsep investasi dan risiko investasi sesuai dengan profil keuangan nasabah dengan cermat
5. Membuat laporan keuangan dengan teliti
Aspek Kompetensi: Pengetahuan (Kognitif)
Produktivitas Kerja Nasabah
Identifikasi Kondisi Keuangan
Pengelolaan Keuangan
Investasi dan Risiko sesuai Profil Keuangan
Membuat Laporan Keuangan
Aspek Kompetensi: Keterampilan (Psikomotor)
Mengukur produktivitas kerja nasabah
Mengidentifikasi kondisi keuangan nasabah
Mengelola keuangan nasabah
Mengimplementasikan konsep investasi dan risiko investasi sesuai dengan profil keuangan nasabah
Membuat laporan keuangan nasabah
Aspek Kompetensi: Sikap Kerja (Afektif)
Tanggung Jawab terhadap pengukuran produktivitas
Terampil dalam identifikasi kondisi keuangan
Cermat dalam pengelolaan keuangan
Objektif dalam implementasi konsep investasi dan risiko investasi
Teliti dalam pembuatan laporan keuangan
Kelompok Sasaran
Minimal usia 18 tahun dan maksimal 64 tahun
Min pendidikan SMA/SMK
Syarat dan Ketentuan lainnya
Pendidikan min. SMA/SMK Sederajat
Tersedia perangkat HP/Komputer/Laptop
Terkoneksi dengan internet
Pelatihan ini perlu pengetahuan dasar tentang keuangan sederhana
Total Durasi
562 menit 2 detik
Kapasitas Peserta
Unlimited
Metode Pembelajaran
Self Paced Learning/Pembelajaran Mandiri
Metode Evaluasi
1. Pre Test
2. Quiz
3. Post Test
4. Unjuk Keterampilan
Unjuk Keterampilan
Melalui pelatihan ini, peserta akan diberikan bekal keterampilan memberikan sesi konsultasi tentang pengelolaan keuangan nasabah dimulai dari keterampilan mengukur produktivitas kerja nasabah melalui penerapan 5R, mengidentifikasi kondisi keuangan nasabah, mengelola keuangan nasabah dengan melakukan financial check-up, membantu nasabah memilih investasi yang tepat sesuai profil keuangannya, dan membantu nasabah menyusun laporan keuangan pribadinya.
Jenis/Klasifikasi Sertifikat
Sertifikat Penyelesaian
Profil Pengajar
Evi Erwiyati adalah praktisi di bidang keuangan. Berpengalaman bekerja di institusi lembaga keuangan perbankan. Menjadi narasumber dan mentor bagi banyak UMKM di Indonesia sejak tahun 2017 di bidang operasional dan keuangan. Saat ini selain menjadi trainer dan mentor, juga menjadi Direktur di PT. Kita Borneo Kompeten
Tata Cara Redeem Voucher
1. Pergi ke website Kita Kompeten : kitakompeten.id
2. Buat akun dengan klik ""Daftar"" pada atas kanan
3. Isi data pribadi sesuai dengan KTP dan data pada akun Prakerja kamu.
4. Silahkan pergi ke https://www.kitakompeten.id/kelas/detail/Pengelolaan-Keuangan-Pribadi-Nasabah-sebagai-Manajer-Keuangan dan geser halaman ke bawah (scroll down)
5. Pilihlah pelatihan yang telah kamu beli di Pijar. Gunakan kode voucher untuk melakukan redeem.
6. Untuk memasukan kode redeem, klik menu ""Kelas KITA"", pilih kelas yang sudah dibeli di Pijardan masukkan kode redeem.
7. Lakukanlah pemindaian wajah setiap hari, dan lakukan kembali setelah sesi pertama selesai. Jika terjadi kendala, Anda diberikan kesempatan sebanyak 10 kali untuk mengulang aktivitas verifikasi wajah. Tampilan grafis langkah-langkah dapat kamu lihat disini https://bit.ly/VerMukPrakerja
8. Jika terdapat kendala dalam mengakses kelas, silahkan hubungi nomor CS kami sebagai berikut, 081210007012 (WA Only)
Kontak Lembaga Pelatihan
Website : www.kitakompeten.id
Nomor Telepon : 081210007012 (WA, chat only)
Email : Infokita@kitakompeten.id
Instagram : @kita.kompeten
Info Lainnya
Materi Pelatihan
Materi
Rating & Ulasan
5.0
/5
(2 Rating)
0
0
0
0
0
Rp1.000.000