Download di playstore

Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Pengelolaan Sumber Daya dan Inovasi di Kedai Kopi

Webinar

Pengelolaan Sumber Daya dan Inovasi di Kedai Kopi

Oleh: LPK Batam Professional

Pelatihan di Pijar Mahir

0

5.0(2)
11 Peserta
Usia 18 - 64 Tahun
MinimalSD

Highlight

Info Penting Kursus di Pijar Mahir

  • Anda bisa mengerjakan kursus ini langsung di platform Pijar Mahir
  • Sertifikat bisa Anda akses di Profil pada menu Sertifikat Saya setelah menyelesaikan kursus

Detail Pelatihan

Deskripsi Pelatihan
Pelatihan ini dirancang untuk pemilik dan pengelola kedai kopi, sesuai dengan standar SKKNI Penyediaan Minuman Kopi di Kedai UMKM Nomor 32 Tahun 2025. Kompetensi yang akan diperoleh meliputi perencanaan kebutuhan peralatan, pengelolaan perlengkapan, persiapan bahan baku sesuai resep, dan pengembangan usaha.

Tujuan utama pelatihan ini adalah agar peserta mampu mengelola sumber daya dan menerapkan inovasi di kedai kopi dengan penguasaan materi minimal 80%. Lebih spesifik, peserta diharapkan mampu merancang strategi pengembangan SDM, meningkatkan produktivitas, mengembangkan inovasi produk, menyusun keuangan kedai yang efektif, serta memahami tren dan tantangan industri kedai kopi.

Materi pelatihan mencakup perencanaan peralatan, pengelolaan perlengkapan, persiapan bahan baku, strategi pengembangan SDM, peningkatan produktivitas, inovasi produk, pengelolaan keuangan, serta pemahaman tren dan tantangan industri kedai kopi.

Setelah pelatihan, diharapkan peserta mampu mengaplikasikan keterampilan baru di tempat kerja, meningkatkan produktivitas kedai kopi, dan menghadapi tantangan industri dengan strategi yang efektif.


Tujuan Umum Pelatihan
Peserta pelatihan mampu mengelola sumber daya dan inovasi di kedai kopi dengan menunjukkan minimal 80% penguasaan materi pada saat unjuk keterampilan


Tujuan Khusus Pelatihan
- Merancang Strategi Pengembangan Manajemen Sumber Daya Manusia 
- Membuat Strategi Peningkatan Produktivitas dan Efisiensi Operasional 
- Membuat Inovasi dalam Pengembangan Produk dan Layanan
- Menyusun ulang Keuangan Kedai Kopi yang Efektif 
Merancang Trend dan Tantangan Industri Kedai Kopi



Aspek Kompetensi: Pengetahuan 
(Knowledge)
- Jenis-Jenis Kopi dan Profil Rasanya
- Tren Minuman Kedai Kopi Terkini
- Manajemen Kualitas Produk
- Standar Kesehatan dan Keselamatan Operasional
- Inovasi dan Kreativitas Pengembangan Menu



Aspek Kompetensi: Keterampilan (Skill)
- Merancang Konsep Penyeduhan dan Pengolahan Kopi
- Mengkonstruksikan Penggunaan Alat-alat Khusus
- Mengimplementasikan Keterampilan Layanan Pelanggan
- Merancang Persediaan dan Stok Bahan Baku
- Mengimplementasikan Kebersihan dan Sanitasi Kedai Kopi



Aspek Kompetensi:  Sikap (Attitude)
- Ramah dalam pelayanan terhadap pelanggan
- Etos Kerja yang Positif dan Motivasi
- Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan
- Komunikatif yang Menginspiratif
- Adaptif dalam Menciptakan Hubungan Emosional



Kelompok Sasaran
1. Minimal usia 18 tahun dan maksimal 64 tahun
2. Memiliki laptop atau gadget pribadi
3. Mampu mengoperasikan Microsoft Office
4. Minimal pendidikan SD/MI sederajat
5. Memiliki jaringan internet yang stabil
6. Memiliki ketertarikan dalam bidang pengelolaan makanan terutama kopi
7. Memiliki kelengkapan alat praktik laptop/komputer yang bisa mengakses Microsoft Office/Google Workspace untuk mengerjakan tugas praktik mandiri dan unjuk keterampilan


Durasi Per Sesi
Sesi 1. Strategi Pengembangan Manajemen Sumber Daya Manusia : 180 menit
Sesi 2. Strategi Peningkatan Produktivitas dan Efisiensi Operasional : 180 menit
Sesi 3. Inovasi dalam Pengembangan Produk dan Layanan : 180 menit
Sesi 4. Pengelolaan Keuangan Kedai Kopi yang Efektif : 180 menit
Sesi 5. Trend dan Tantangan Industri Kedai Kopi : 180 menit



Total Durasi
900 Menit


Kapasitas Peserta
50 Peserta


Jadwal Pelatihan
05-02-2024 sd 09-02-2024

12-02-2024 sd 16-02-2024

19-02-2024 sd 23-02-2024

26-02-2024 sd 01-03-2024

04-03-2024 sd 08-03-2024

11-03-2024 sd 15-03-2024

18-03-2024 sd 22-03-2024

25-03-2024 sd 29-03-2024

01-04-2024 sd 05-04-2024

08-04-2024 sd 12-04-2024

15-04-2024 sd 19-04-2024

22-04-2024 sd 26-04-2024

Jam mulai - selesai: 18:30 - 21:30 WIB


Metode Pembelajaran
Daring


Metode Evaluasi
1. Pre Test
2. Post Test
3. Formative Test
4. Unjuk Keterampilan


Unjuk Keterampilan
Peserta akan mengembangkan sebuah Strategi pengelolaan sumber daya manusia dan inovasi menu kopi, yang mencakup aspek pengoptimalan operasional, inovasi menu kopi, pelatihan karyawan, dan trend kualitas kopi. Strategi ini harus mencerminkan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh selama pelatihan, dengan fokus pada menciptakan menu yang sesuai dengan trend dan inovatif yang disertai dengan kualitas yang baik. Peserta diharapkan menyusun laporan strategi yang detail, menunjukkan pemahaman yang mendalam tentang setiap aspek yang terlibat dalam pengembangan menu.


Jenis/Klasifikasi Sertifikat
Sertifikat Penyelesaian


Profil Pengajar
Novan Noor Ariyadi
Shift Supervisor di Starbucks Indonesia. Berpengalaman di manajemen stok, pelatihan barista, laporan keuangan, dan pengawasan operasional.


Kontak Lembaga Pelatihan
Email Lembaga : lpkbatamprofessional@gmail.com

Telepon: (0778) 7373376 / 4062967

Info Lainnya

Benefit yang Didapat:

  • Link Webinar
  • Tes Evaluasi Pelatihan
  • Sertifikasi Penyelesaian

Materi Pelatihan

Rating & Ulasan

0

5.0

/5

(2 Rating)

profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
course thumbnail

Rp1.500.000

Benefit yang Didapat:

  • Link Webinar
  • Tes Evaluasi Pelatihan
  • Sertifikasi Penyelesaian
logo pijarmahir

Powered By

logo telkom

WhatsApp

0812 8899 9576

Email

info@pijarmahir.id

Ikuti Kami di

InstagramLinkedinFacebookTwitter

Download Sekarang

Play Store

Layanan Pengaduan Konsumen

Gedung Telkom Direktorat Business and Technology

Jl. Prof. DR. Soepomo No.139, RT.13/RW.2, Tebet Bar., Kec. Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12810

Kontak Pelanggaran Usaha

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan Republik Indonesia

Whatsapp: 0853 1111 1010

©2020-2024 Pijar Mahir. All Right Reserved