Webinar
Pengelolaan Sumber Daya dan Inovasi di Kedai Kopi
Oleh: LPK Batam Professional
Pelatihan di Pijar Mahir
Highlight
Info Penting Kursus di Pijar Mahir
- Anda bisa mengerjakan kursus ini langsung di platform Pijar Mahir
- Sertifikat bisa Anda akses di Profil pada menu Sertifikat Saya setelah menyelesaikan kursus
Detail Pelatihan
Deskripsi Pelatihan
Pelatihan ini dirancang untuk pemilik dan pengelola kedai kopi, sesuai dengan standar SKKNI Penyediaan Minuman Kopi di Kedai UMKM Nomor 32 Tahun 2025. Kompetensi yang akan diperoleh meliputi perencanaan kebutuhan peralatan, pengelolaan perlengkapan, persiapan bahan baku sesuai resep, dan pengembangan usaha.
Tujuan utama pelatihan ini adalah agar peserta mampu mengelola sumber daya dan menerapkan inovasi di kedai kopi dengan penguasaan materi minimal 80%. Lebih spesifik, peserta diharapkan mampu merancang strategi pengembangan SDM, meningkatkan produktivitas, mengembangkan inovasi produk, menyusun keuangan kedai yang efektif, serta memahami tren dan tantangan industri kedai kopi.
Materi pelatihan mencakup perencanaan peralatan, pengelolaan perlengkapan, persiapan bahan baku, strategi pengembangan SDM, peningkatan produktivitas, inovasi produk, pengelolaan keuangan, serta pemahaman tren dan tantangan industri kedai kopi.
Setelah pelatihan, diharapkan peserta mampu mengaplikasikan keterampilan baru di tempat kerja, meningkatkan produktivitas kedai kopi, dan menghadapi tantangan industri dengan strategi yang efektif.
Tujuan Umum Pelatihan
Peserta pelatihan mampu mengelola sumber daya dan inovasi di kedai kopi dengan menunjukkan minimal 80% penguasaan materi pada saat unjuk keterampilan
Tujuan Khusus Pelatihan
- Merancang Strategi Pengembangan Manajemen Sumber Daya Manusia
- Membuat Strategi Peningkatan Produktivitas dan Efisiensi Operasional
- Membuat Inovasi dalam Pengembangan Produk dan Layanan
- Menyusun ulang Keuangan Kedai Kopi yang Efektif
- Merancang Trend dan Tantangan Industri Kedai Kopi
Aspek Kompetensi: Pengetahuan (Knowledge)
- Jenis-Jenis Kopi dan Profil Rasanya
- Tren Minuman Kedai Kopi Terkini
- Manajemen Kualitas Produk
- Standar Kesehatan dan Keselamatan Operasional
- Inovasi dan Kreativitas Pengembangan Menu
Aspek Kompetensi: Keterampilan (Skill)
- Merancang Konsep Penyeduhan dan Pengolahan Kopi
- Mengkonstruksikan Penggunaan Alat-alat Khusus
- Mengimplementasikan Keterampilan Layanan Pelanggan
- Merancang Persediaan dan Stok Bahan Baku
- Mengimplementasikan Kebersihan dan Sanitasi Kedai Kopi
Aspek Kompetensi: Sikap (Attitude)
- Ramah dalam pelayanan terhadap pelanggan
- Etos Kerja yang Positif dan Motivasi
- Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan
- Komunikatif yang Menginspiratif
- Adaptif dalam Menciptakan Hubungan Emosional
Kelompok Sasaran
1. Minimal usia 18 tahun dan maksimal 64 tahun
2. Memiliki laptop atau gadget pribadi
3. Mampu mengoperasikan Microsoft Office
4. Minimal pendidikan SD/MI sederajat
5. Memiliki jaringan internet yang stabil
6. Memiliki ketertarikan dalam bidang pengelolaan makanan terutama kopi
7. Memiliki kelengkapan alat praktik laptop/komputer yang bisa mengakses Microsoft Office/Google Workspace untuk mengerjakan tugas praktik mandiri dan unjuk keterampilan
Durasi Per Sesi
Sesi 1. Strategi Pengembangan Manajemen Sumber Daya Manusia : 180 menit
Sesi 2. Strategi Peningkatan Produktivitas dan Efisiensi Operasional : 180 menit
Sesi 3. Inovasi dalam Pengembangan Produk dan Layanan : 180 menit
Sesi 4. Pengelolaan Keuangan Kedai Kopi yang Efektif : 180 menit
Sesi 5. Trend dan Tantangan Industri Kedai Kopi : 180 menit
Total Durasi
900 Menit
Kapasitas Peserta
50 Peserta
Jadwal Pelatihan
05-02-2024 sd 09-02-2024
12-02-2024 sd 16-02-2024
19-02-2024 sd 23-02-2024
26-02-2024 sd 01-03-2024
04-03-2024 sd 08-03-2024
11-03-2024 sd 15-03-2024
18-03-2024 sd 22-03-2024
25-03-2024 sd 29-03-2024
01-04-2024 sd 05-04-2024
08-04-2024 sd 12-04-2024
15-04-2024 sd 19-04-2024
22-04-2024 sd 26-04-2024
Jam mulai - selesai: 18:30 - 21:30 WIB
Metode Pembelajaran
Daring
Metode Evaluasi
1. Pre Test
2. Post Test
3. Formative Test
4. Unjuk Keterampilan
Unjuk Keterampilan
Peserta akan mengembangkan sebuah Strategi pengelolaan sumber daya manusia dan inovasi menu kopi, yang mencakup aspek pengoptimalan operasional, inovasi menu kopi, pelatihan karyawan, dan trend kualitas kopi. Strategi ini harus mencerminkan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh selama pelatihan, dengan fokus pada menciptakan menu yang sesuai dengan trend dan inovatif yang disertai dengan kualitas yang baik. Peserta diharapkan menyusun laporan strategi yang detail, menunjukkan pemahaman yang mendalam tentang setiap aspek yang terlibat dalam pengembangan menu.
Jenis/Klasifikasi Sertifikat
Sertifikat Penyelesaian
Profil Pengajar
Novan Noor Ariyadi
Shift Supervisor di Starbucks Indonesia. Berpengalaman di manajemen stok, pelatihan barista, laporan keuangan, dan pengawasan operasional.
Kontak Lembaga Pelatihan
Email Lembaga : lpkbatamprofessional@gmail.com
Telepon:
(0778) 7373376 / 4062967
Info Lainnya
Materi Pelatihan
Materi
Rating & Ulasan
5.0
/5
(2 Rating)
0
0
0
0
0
Rp1.500.000