Download di playstore

Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Pengolahan Limbah dan Perpipaan Air Limbah Restoran

Pembelajaran Mandiri

Pengolahan Limbah dan Perpipaan Air Limbah Restoran

Oleh: LKP KCMI

Pelatihan di LKP KCMI

0

5.0(2)
2 Peserta
Usia 18 - 64 Tahun
MinimalSMA/SMAK sederajat

Highlight

Info Penting Kursus di Mitra Pelatihan

  • Kursus ini akan sepenuhnya Anda kerjakan di platform Mitra Pelatihan
  • Kami akan memberimu Kode Kursus untuk Anda tukarkan di platform Mitra Pelatihan
  • Sertifikat dari kursus ini juga hanya akan Anda terima di platform Mitra Pelatihan

Detail Pelatihan

Deskripsi Pelatihan

Pelatihan "Pengolahan Limbah dan Perpipaan Air Limbah Restoran" ini dirancang untuk membekali peserta dengan keterampilan dalam pengelolaan limbah dan sistem perpipaan air limbah pada restoran. Fokus utama adalah pada peningkatan kesadaran lingkungan, pengawasan limbah, perencanaan dan pemasangan perpipaan untuk air limbah, serta validasi data dalam laporan pengujian.


Tujuan Umum Pelatihan

Peserta pelatihan mampu membuat strategi pelaksanaan pekerjaan pemasangan perpipaan air limbah dengan menunjukkan minimal 80% penguasaan materi pada saat unjuk keterampilan.


Tujuan Khusus Pelatihan

1. Menyusun jenis-jenis limbah yang dihasilkan oleh restoran dan memahami dampaknya terhadap lingkungan.

2. Merancang perencanaan pekerjaan pemasangan perpipaan air limbah dengan memperhatikan aspek keselamatan dan efisiensi.

3. Membuat variasi teknik pelaksanaan pemasangan perpipaan air limbah

4. Merancang pengkoordinasian antara pekerjaan internal dan eksternal.

5. Menyusun laporan hasil pengawasan pekerjaan lapangan.


Aspek Kompetensi: Pengetahuan (Knowledge)

Pengertian dan Jenis Limbah Restoran

Dampak Lingkungan dan Prinsip Pengelolaan Limbah

Peraturan Lingkungan dan Peran Profesional Perlindungan Lingkungan

Limbah Berbahaya dan Metode Pengurangan Limbah

Keterkaitan Antara Limbah dan Kesehatan Lingkungan


Aspek Kompetensi: Keterampilan (Skill)

Membuat laporan hasil pengawasan yang terstruktur.

Merancang rencana aksi peningkatan kesadaran lingkungan.

Mengkonstruksi perencanaan pemasangan perpipaan.

Menyusun laporan hasil pengujian dengan validasi data.

Membuat perencanaan jangka panjang untuk pemasangan perpipaan.


Aspek Kompetensi: Sikap (Attitude)

Teliti dalam pengawasan dan pengujian.

Komunikatif dalam koordinasi tim internal dan eksternal.

Inisiatif dalam penerapan metode pengurangan limbah.

Kreatif dalam inovasi pengelolaan limbah restoran.

Adil dalam penanganan konflik dalam koordinasi.


Kelompok Sasaran

1. Umur minimal 18 dan maksimal 64 tahun
2. Pendidikan terakhir adalah SMA


Syarat dan ketentuan lainnya

1. Berusia 18-64 tahun

2. Minimal pendidikan SMA

3. Merupakan seorang petugas pengelolaan limbah dan daur ulang atau tertarik dengan pengelolaan limbah dan perpipaan air limbah

4. Memiliki ketertarikan pada lingkungan

5. Memiliki kelengkapan alat praktik laptop/komputer yang bisa mengakses Microsoft Office/Google Workspace untuk mengerjakan aktivitas practice, tugas praktik mandiri dan unjuk keterampilan


Durasi Per Sesi

Konsep Dasar Pengolahan Limbah Restoran 115 menit

Perencanaan Pekerjaan Pemasangan Perpipaan 111 menit 

Pelaksanaan Pemasangan Perpipaan dan Pengetesan 109 menit

Koordinasi Pekerjaan Internal dan Eksternal 115 menit

Pembuatan Laporan Hasil

Pengawasan Pekerjaan Lapangan 112 menit


Total Durasi

564 Menit


Kapasitas Peserta

Unlimited


Metode Pembelajaran

Self Paced Learning


Metode Evaluasi

1. Pre Test
2. Quiz
3. Post Test


Unjuk Keterampilan

Dalam unjuk keterampilan ini, Anda akan melakukan Analisis dan Buatlah desain sistem perpipaan air limbah untuk Restoran "Green Cuisine", dengan penekanan pada keselamatan, efisiensi, dan keberlanjutan. Fokus pada aspek teknis dan operasional dari sistem perpipaan, termasuk desain, pemasangan, pengujian, dan standar kualitas. Kembangkan strategi untuk memastikan sistem perpipaan air limbah yang efektif, aman, dan ramah lingkungan, menggunakan teknologi inovatif dan prinsip keberlanjutan.


Jenis/Klasifikasi Sertifikat

Sertifikat Penyelesaian


Profil Pengajar

1. Sandy Riyandy Agus Salim

Sandy Riyandy Agus Salim memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun di bidang Quality Control dan Quality Assurance, dengan latar belakang industri manufaktur pesawat terbang, industri polimer, dan industri makanan. Dia telah memimpin beberapa proyek terkait Pengembangan Produk Baru (NPD) dan proyek peningkatan operasional untuk meningkatkan produktivitas dan mengurangi biaya produksi. Keahliannya meliputi kontrol kualitas, jaminan kualitas, Geometric Dimensioning & Tolerancing (GD&T), pengukuran presisi, proses audit internal, dan perbaikan berkelanjutan.


Cara Redem Kode Voucher

1. Kunjungi link https://lkpykcmi.eduqat.com/id/redeem-prakerja sebelum melanjutkan, silakan login terlebih dahulu menggunakan email & password yang telah diberikan

Catatan: Gunakan nama lengkap dan email yang sesuai dengan ID Prakerja. Data tersebut akan ditampilkan pada sertifikat hingga kelas berakhir pastikan data diri dengan benar.

2. Input kode redeem

3. Input kode voucher yang telah diberikan.

4. Klik gunakan voucher untuk lanjut ke tahap verifikasi.

5. Setelah kode redeem diinput, peserta akan langsung diarahkan ke halaman login di website Prakerja untuk melakukan verifikasi wajah


Kontak Lembaga Pelatihan

Layanan Call Center Mitra:
Website : https://yayasan-kcmi.com/lembaga-kursus-dan-pelatihan/
Email : kcmindonesiaofficial@gmail.com
Cs : 082148763450

Info Lainnya

Benefit yang Didapat:

  • Video Pelatihan
  • Dokumen Pelatihan
  • Tes Evaluasi Pelatihan
  • Sertifikasi Penyelesaian

Materi Pelatihan

Rating & Ulasan

0

5.0

/5

(2 Rating)

profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
course thumbnail

Rp1.000.000

Benefit yang Didapat:

  • Video Pelatihan
  • Dokumen Pelatihan
  • Tes Evaluasi Pelatihan
  • Sertifikasi Penyelesaian
logo pijarmahir

Powered By

logo telkom

WhatsApp

0812 8899 9576

Email

info@pijarmahir.id

Ikuti Kami di

InstagramLinkedinFacebookTwitter

Download Sekarang

Play Store

Layanan Pengaduan Konsumen

Gedung Telkom Direktorat Business and Technology

Jl. Prof. DR. Soepomo No.139, RT.13/RW.2, Tebet Bar., Kec. Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12810

Kontak Pelanggaran Usaha

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan Republik Indonesia

Whatsapp: 0853 1111 1010

©2020-2024 Pijar Mahir. All Right Reserved