Download di playstore

Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Perakitan dan Service Komputer

Webinar

Perakitan dan Service Komputer

Oleh:

Pelatihan di Pijar Mahir

0

5.0(2)
10 Peserta
Usia 18 - 60 Tahun
MinimalSMA/SMAK sederajat

Highlight

Info Penting Kursus di Pijar Mahir

  • Anda bisa mengerjakan kursus ini langsung di platform Pijar Mahir
  • Sertifikat bisa Anda akses di Profil pada menu Sertifikat Saya setelah menyelesaikan kursus

Detail Pelatihan

Deskripsi Pelatihan
Program pelatihan perakitan dan service komputer biasanya mencakup berbagai topik yang berkaitan dengan perbaikan dan pemeliharaan komputer. Ini termasuk instruksi tentang konsep perangkat keras, perangkat lunak, jaringan, serta pelatihan langsung dalam teknik pemecahan masalah dan perbaikan. Beberapa bidang spesifik yang tercakup dalam pelatihan perakitan dan servis komputer meliputi:

1. Perangkat keras dan periferal komputer dasar, seperti motherboard, prosesor, memori, hard drive, dan berbagai perangkat komputer

2. Sistem operasi, termasuk Windows, macOS, dan Linux

3. Teknik pemecahan masalah dan diagnostik untuk masalah perangkat keras dan perangkat lunak

4. Perbaikan dan pemeliharaan laptop/komputer

5. Tindakan pencegahan keselamatan dan ESD

6. Pelatihan soft skill, seperti layanan pelanggan dan komunikasi

Pelatihan ini mencakup pengajaran di kelas dan praktikum yang membuat peserta untuk mendapatkan pengalaman langsung bekerja dengan komputer. Setelah menyelesaikan pelatihan ini, peserta dapat dipersiapkan untuk bekerja sebagai teknisi komputer/perakitan komputer dalam berbagai pengaturan seperti teknisi,software engineer,Industri teknologi informasi (TI), dan berwirausaha.


Tujuan Umum Pelatihan

Setelah mengikuti pelatihan peserta pelatihan ( A ) dapat mengidentifikasi perangkat dan  Spesifikasi penyusun komputer yang sesuai dengan fungsi dan kebutuhan pengguna ( B ) minimal 60 persen penguasaan materi pelatihan ( D ) pada saat unjuk keterampilan ( C ) dan sesuai dengan Standar Dunia Kerja yang berlaku ( SOP- DUDI )


Tujuan Khusus Pelatihan

Memahami dan Menerapkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)

Mengidentifikasi Perangkat Penyusun Komputer

Mengidentifikasi Spesifikasi Perangkat Komputer

Merumuskan Kebutuhan Pengguna dan Merancang Spesifikasi sesuai dengan Fungsi dan Kebutuhan pengguna

Merencanakan perawatan Komputer dan Perangkat Penunjang


Aspek Kompetensi: Pengetahuan (Knowledge)
Operasi Elektronika Umum
Fungsi dan kegunaan komponen-komponen Elektronika Telepon Seluller
Pengoperasian Jaringan DC dan AC
Pengoperasian menu telepon seluller
Implementasi Teori dasar cara penggunaan alat kerja
Penerapan Matematika dasar


Aspek Kompetensi: Keterampilan (Skill)
Mengaplikasikan komponen-Komponen Dasar Elektronika
Meletakan  Komponen pada posisi yang benar
Mengidentifikasi Gambar dan Simbol.
Menerapkan rangkaian DC dan AC
Keterampilan menggunakan komputer dan software perbaikan / Servis
Keterampilan membaca gambar dan Schematic Jalur


Aspek Kompetensi: Sikap (Attitude)
Teliti, hati - hati dan Cermat dalam Memperhatikan Keselamatan dan Kesehatan Kerja ( K3 )
Teliti dan Cermat dalam pekerjaan
Melaksanakan 5 R (Rajin, Rawat, Resik, Ringkas, Rapi)
Beretika dalam perilaku kerja
Teliti, cermat dan hati - hati
Cekatan


Kelompok Sasaran
Minimal usia 18 tahun dan maksimal 60 tahun 
Min pendidikan SMA


Syarat dan Ketentuan lainnya
1. Usia minimal 18 tahun

2. Wajib mengikuti pelatihan sampai selesai

3. Peserta tidak dapat membatalkan kelas, namun bisa ikut kelas selanjutnya

4. Memiliki PC atau Laptop atau HP yang terhubung dengan Kuota Internet selama mengikuti pelatihan

5. Memiliki / tidak memiliki pengetahuan dasar tentang support komputer

6. Peserta dapat berasal dari seluruh indonesia , mempunyai potensi ilmu teknisi servis komputer.


Total Durasi
900 Menit


Durasi Sesi-sesi Pelatihan
Sesi 1: Memahami dan Menerapkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja ( K3 ): 180 menit
Sesi 2: Mengidentifikasi Perangkat Penyusun  Komputer: 180 menit
Sesi 3: Mengidentifikasi Spesifikasi Perangkat   Komputer: 180 menit
Sesi 4: Merumuskan kebutuhan pengguna dan merancang spesifikasi sesuai dengan fungsi dan kebutuhan pengguna: 180 menit
Sesi 5: Merencanakan perawatan Komputer dan Perangkat Penunjang: 180 menit


Kapasitas Peserta
50 Peserta


Metode Pembelajaran
Daring


Metode Evaluasi
1. Pre Test
2. Quiz
3. Post Test
4. Unjuk Keterampilan


Unjuk Keterampilan
Unjuk keterampilan berupa membuat video singkat yang hasilnya di upload pada Google drive atau youtube peserta dengan mempraktekkan perbaikan Komputer dengan memilih salah satu topik sebagai berikut :

1. Mengidentifikasi Perangkat Penyusun Komputer

2. Mengidentifikasi Spesifikasi Perangkat Komputer

3. Merumuskan Kebutuhan Pengguna

4. Merancang Spesifikasi Sesuai dengan Fungsi dan Kebutuhan Pengguna

5. Merencanakan perawatan komputer dan perangkat penunjang

Pengumpulan unjuk keterampilan dilakukan dalam LMS  Waktu pelaksanaan : Setelah aktivitas post - test Waktu Pengumpulan : Kumpulkan paling lambat 3x24 jam setelah instruksi diberikan


Jenis/Klasifikasi Sertifikat
Sertifikat Penyelesaian


Profil Pengajar
Rijalul Fikri, S. Pd

Merupakan instruktur lulusan Program Studi Administrasi Pedididkan Universitas Negeri Padang. Sudah aktif menjadi Instruktur Teknik Service Kompuer sejak tahun 2018 sampai sekarang dengan pengalaman yang mumpuni dan keahlian yang tersertifikasi dan merupakan Penguji / Asesor Elektronika Telepon Selluler LSK -Elektronika dari tahun 2021 - 2025


Kontak Lembaga Pelatihan

1. Email Tanya Mitra : lembagaalkautsar060224@gmail.com    

2. Instagram : alkautsar.kita

3. Telp : ( 0751 ) 41473 - HP. 082283850406

4. Whatsapp : 082185728527

Info Lainnya

Benefit yang Didapat:

  • Link Webinar
  • Tes Evaluasi Pelatihan
  • Sertifikasi Penyelesaian

Materi Pelatihan

Rating & Ulasan

0

5.0

/5

(2 Rating)

profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
course thumbnail

Rp1.300.000

Benefit yang Didapat:

  • Link Webinar
  • Tes Evaluasi Pelatihan
  • Sertifikasi Penyelesaian
logo pijarmahir

Powered By

logo telkom

WhatsApp

0812 8899 9576

Email

info@pijarmahir.id

Ikuti Kami di

InstagramLinkedinFacebookTwitter

Download Sekarang

Play Store

Layanan Pengaduan Konsumen

Gedung Telkom Direktorat Business and Technology

Jl. Prof. DR. Soepomo No.139, RT.13/RW.2, Tebet Bar., Kec. Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12810

Kontak Pelanggaran Usaha

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan Republik Indonesia

Whatsapp: 0853 1111 1010

©2020-2024 Pijar Mahir. All Right Reserved