Webinar
•Ritel Modern: Melayani Pelanggan untuk Penjaga Toko
Oleh: Cariilmu -
Pelatihan di Cariilmu -
Highlight
Info Penting Kursus di Mitra Pelatihan
- Kursus ini akan sepenuhnya Anda kerjakan di platform Mitra Pelatihan
- Kami akan memberimu Kode Kursus untuk Anda tukarkan di platform Mitra Pelatihan
- Sertifikat dari kursus ini juga hanya akan Anda terima di platform Mitra Pelatihan
Detail Pelatihan
Deskripsi Pelatihan
Halo Sobat Ilmu!
Saat ini penjaga toko ritel modern masih belum mampu mengaplikasikan prinsip pemajangan dan pelayanan. Berangkat dari hal inilah Cariilmu mengadakan pelatihan Ritel Modern: Melayani Pelanggan untuk Penjaga Toko dengan tujuan agar para penjaga toko ritel modern mampu melayani pelanggan dengan lebih komunikatif dan melakukan strategi pemajangan dengan baik.
Tunggu apalagi? Ayo Bangkit Wujudkan Mimpi, bersama Cariilmu!
Tujuan Umum Pelatihan
Peserta pelatihan mampu menguasai strategi untuk meningkatkan penjualan di ritel modern dengan menunjukkan minimal 60% penguasaan materi pada saat unjuk keterampilan.
Tujuan Khusus Pelatihan
- Peserta memahami ruang lingkup, model bisnisnya, serta prasyarat yang diperlukan untuk bekerja di industri ritel modern..
- Peserta memahami pentingnya pajangan barang dan mampu melakukan pemajangan barang sesuai standar di ritel modern
- Peserta mampu merekomendasikan produk untuk kepuasan pelanggan, dan mampu melakukannya
- Peserta dapat dengan teliti memahami service sequence yang dilakukan di ritel modern, dan peserta bisa melakukannya secara baik, benar, & percaya diri
- Peserta bertanggung jawab untuk meningkatkan penjualan produk, dan mampu melakukan suggestive selling dengan baik & benar.
Aspek Kompetensi: Pengetahuan (Knowledge)
Memahami industri ritel dan prasyarat generik yang harus dimiliki
Mengetahui prinsip dasar dan aturan melakukan pemajangan barang di ritel modern.
Mengetahui pentingnya kemampuan merekomendasikan produk & layanan ritel modern.
Memahami pentingnya pelayanan prima di ritel modern.
Mengetahui cara-cara untuk meningkatkan penjualan produk & layanan ritel modern
Aspek Kompetensi: Keterampilan (Skill)
Menunjukkan ekspresi senyum selama menjalankan tugas
Memajang Barang sesuai standar yang berlaku di ritel modern
Melakukan komunikasi dalam merekomendasikan produk/layanan ritel modern
Melakukan pelayanan pelanggan dari mulai pelanggan masuk ke toko, selama di toko & meninggalkan toko
Melakukan penawaran produk (up selling/suggestive selling) kepada pelanggan secara benar.
Aspek Kompetensi: Sikap (Attitude)
Ramah melayani pelanggan
Teliti memajang barang
Komunikatif melayani pelanggan
Percaya diri berhadapan dengan pelanggan
Kelompok Sasaran
Usia minimum 18 tahun
Usia maksimum 56 tahun
Syarat dan ketentuan lainnya
Tingkat Pendidikan minimal lulus SMA
Memiliki pengetahuan dasar tentang ritel modern
Memiliki ketertarikan terhadap dunia ritel modern
Durasi Per Sesi
1 / 09:00 – 12:00. Pengetahuan tentang ritel Modern, Prasyarat Generik & Bisnis Model Toko Ritel Modern, Serta Standar Kinerja Penjaga Toko Ritel Modern : 180 menit
2 / 09:00 – 12:00. Pemajangan Barang di Ritel Modern : 180 menit
3 / 09:00 – 12:00. Merekomendasikan Produk & Layanan Ritel Modern : 180 menit
4 / 09:00 – 12:00. Melayani Pelanggan untuk Menciptakan Pengalaman Berbelanja yang Menyenangkan : 180 menit
5 / 09:00 – 12:00. Menjual Produk & Layanan Ritel Modern. : 180 menit
Total Durasi
900 menit
Kapasitas Peserta
150 peserta
Metode Pembelajaran
Daring
Metode Evaluasi
1. Pre Test
2. Quiz
3. Post Test
Unjuk Keterampilan
Peserta diminta untuk membuat video Menyapa Pelanggan & melakukan simulasi pemajangan barang dagangan di ritel modern :
Posisi Berdiri & Gesture serta Penampilan.
Berbicara dengan Ramah & Tersenyum
Melakukan Pemajangan Barang sesuai Prinsip dasar Pemajangan & 5 F
Waktu penyelenggaraan Unjuk Keterampilan :
Dilaksanakan setelah melakukan postest dan di kumpulkan maksimal 3 hari setelah instruksi unjuk keterampilan diberikan atau setelah webinar sesi terakhir selesai dilaksanakan.
Jenis/Klasifikasi Sertifikat
Sertifikat Penyelesaian
Profil Pengajar
Nugroho Hari Prabowo, MM
Selaku Trainer Modul ini adalah praktisi di industri ritel modern, yang sudah memiliki pengalaman kerja lebih dari 25 tahun, 11 tahun diantaranya di ritel modern sebagai Training & Development Manager. Dimana salah satu tanggung jawab jabatan tersebut adalah mengembangkan pengetahuan & keterampilan tim toko (khususnya pramuniaga & kasir). Trainer juga memiliki pengalaman mengajar yang cukup lama, terutama untuk modul pengetahuan & keterampilan teknis tim toko, serta pelatihan leadership yang relevan untuk jabatan store supervisor ataupun store manager., Disamping menyandang gelar S2, Trainer juga memiliki beberapa sertifikasi keahlian, diantaranya sertifikasi metodologi pelatihan, sertifikasi coaching, sertifikasi public speaking, sertifikasi asesor kompetensi, dan juga sertifikasi kompetensi teknis di industri ritel modern.
Habudin
Trainer adalah praktisi di industri ritel modern, yang sudah memiliki pengalaman kerja lebih dari 8 tahun. 3 tahun berada di posisi HR Operation dimana salah satu tugas utamanya ialah memberikan training kepada semua staff di toko. serta 5 tahun di ritel modern sebagai Sales Manager Area Fashion. Dimana salah satu tanggungjawab jabatan tersebut adalah mengembangkan pengetahuan & keterampilan tim toko (pramuniaga, kasir dan staff visual merchandiser). Trainer juga memiliki pengalaman mengajar yang cukup lama, terutama untuk modul pengetahuan & ketrampilan teknis tim toko. Disamping menyandang gelar S1, Trainer juga memiliki beberapa sertifikasi keahlian, diantaranya sertifikasi metodologi pelatihan, sertifikasi pelatihan pelatih di tempat kerja sebagai pembimbing pemagangan, sertifikasi asesor kompetensi, dan juga sertifikasi kompetensi teknis di industri ritel modern.
Ahmad Suratman
Ahmad merupakan lulusan Magister of Management Marketing yang pernah bekerja sebagai Branch Manager di CV. Zena Nirmala Pratama dan juga sebagai Dosen dengan mengajar mata kuliah kewirausahaan. Ahmad juga pernah bekerja sebagai Senior Technician di C&A Sourcing serta memiliki beberapa pengalaman sebagai Quality Control dan Quality Assurance di bidang ritel khususnya di Adidas, FFE, dan perusahaan fabric.
Panduan Redeem Voucher
1. Di website Pijar Mahir (https://pijarmahir.id/), klik menu profil (nama anda) pada pojok kanan atas kemudian klik menu Voucher Saya dan klik Salin Kode (atau catat kode voucher secara manual)
2. Login akun dummy yang telah diberikan dan lengkapi profile
3. Kunjungi https://cariilmu.co.id/redeem-voucher
4. Masukan Kode Voucher dan klik Tukar Voucher
5. Masukan Redemption Code klik Tukar Voucher
6. Klik Lihat Kelas dan pilih jadwal pelatihan
7. Ikuti kelas yang ditukarkan dengan cara sebagai berikut;
a. Melakukan absensi dengan cara mengisi kode absen
b. Mengerjakan Pretest
c. Mengerjakan Kuis sesuai instruksi Fasilitator/Assisten Tenaga Pelatih
d. Khusus untuk kelas daring wajib mengerjakan Tugas Praktik Mandiri
e. Mengerjakan Post-Test
f. Melakukan sesi Unjuk Keterampilan
g. Mengisi Survey Kepuasan Pelatihan & Ulasan di website Cariilmu
Kontak Lembaga Pelatihan
Customer Services Cariilmu: +62 812-9615-4675 (via Whatsapp)
Telegram Chat Bot: @cariilmu_bot
Email: support@cariilmu.co.id
Instagram: @cariilmu.co.id
Website: https://cariilmu.co.id/
Info Lainnya
Materi Pelatihan
Materi
Pilihan Event
Kursus ini belum memiliki Event
Rating & Ulasan
4.8
/5
(135 Rating)
0
0
0
0
0