Webinar
Strategi Berjualan di Media Sosial untuk Pelaku UMKM
Oleh: CourseNet -
Pelatihan di CourseNet -
Highlight
Info Penting Kursus di Mitra Pelatihan
- Kursus ini akan sepenuhnya Anda kerjakan di platform Mitra Pelatihan
- Kami akan memberimu Kode Kursus untuk Anda tukarkan di platform Mitra Pelatihan
- Sertifikat dari kursus ini juga hanya akan Anda terima di platform Mitra Pelatihan
Detail Pelatihan
Deskripsi Pelatihan
Pelatihan ini menggunakan moda Webinar
Okupasi Pelatihan: Profesional Periklanan dan Pemasaran
Rujukan Okupasi: Indonesia’s Occupational Tasks and Skill’s (IndoTaSK) 2020
Gambaran Pelatihan
Dalam pelatihan ini, peserta akan belajar mengenai berbagai strategi dan teknik promosi di media sosial terutama untuk pelaku UMKM. Peserta juga akan mempelajari berbagai fitur yang banyak digunakan untuk menyukseskan promosi di media sosial.
Kompetensi yang Dilatih
Untuk membangun komunikasi merek yang efektif, peserta perlu melaksanakan event yang membantu meningkatkan kesadaran merek. Selanjutnya, peserta dapat melakukan penulisan bisnis untuk menyampaikan informasi secara jelas dan profesional. Peserta juga melakukan kegiatan promosi merek untuk menarik perhatian lebih banyak orang. Terakhir, mengoptimalkan penggunaan media sosial dan merencanakan aplikasi digital menjadi langkah penting untuk meningkatkan kehadiran UMKM peserta.
Urutan Pembelajaran
Sesi 1: Pengenalan Media Sosial
Sesi 2: Cara Menggunakan Media Sosial
Sesi 3: Pembuatan Konten yang Menarik dan Relevan
Sesi 4: Strategi Pemasaran dan Promosi di Media Sosial
Sesi 5: Membangun Loyalitas dan Komunitas
Tujuan Umum Pelatihan
Peserta pelatihan (A) dapat memaksimalkan penggunaan media sosial untuk kebutuhan pemasaran (B), dengan minimum scoring penilaian 60 pada penguasaan materi dalam menerapkan konsep-konsep strategi bisnis nyata dan mencapai peningkatan performa yang terukur dalam akun media sosial bisnis (D), pada saat unjuk keterampilan maupun di industri yang sebenarnya (C).
Tujuan Khusus Pelatihan
1. Mampu mengaplikasikan media sosial dalam kehidupan sehari-hari sekaligus menggunakan media sosial yang digunakan untuk kebutuhan pemeasaran
2. Mampu menggunakan dan memaksimalkan penggunaan media sosial untuk pemasaran produk/layanan
3. Mampu membuat konten yang menarik dan relevan terhadap produk/layanan yang dijual
4. Mampu merancang dan mengelola strategi pemasaran yang tepat
5. Mampu membangun loyalitas dan komunitas
Aspek Kompetensi: Pengetahuan (Knowledge)
- Dasar-dasar media sosial
- Fitur-fitur dalam dan jenis-jenis media sosial
- Informasi tata cara pembuatan konten yang baik
- Informasi giveaway dan kolaborasi bersama KOL
- Loyalitas dan komunitas di media sosial
Aspek Kompetensi: Keterampilan (Skill)
- Merespon baik informasi dasar-dasar seputar media sosial dan fungsi-fungsinya
- Mengikuti arahan untuk memaksimalkan fitur-fitur yang ada di media sosial
- Merancang konten yang baik dan sesuai dengan target audiens
- Menyusun strategi pemasaran seperti giveaway dan kolaborasi
- Melakukan penyesuaian dalam membangun loyalitas dan komunitas bersama customer
Aspek Kompetensi: Sikap (Attitude)
- Aktif mempelajari platform baru dan media sosial
- Konsisten dalam inisiatif untuk memperdalam fitur-fitur yang ada di beberapa platform media sosial
- Mampu memformulasikan konten yang baik di media sosial
- Dapat mempraktekkan rancangan pemasaran di media sosial secara maksimal
- Konsisten untuk berinisiatif untuk membangun loyalitas dan komunitas
Kelompok Sasaran
1. Tingkat pendidikan SMK/SMA setara
3. Peserta memiliki mobile phone yang terkoneksi dengan internet dengan jaringan yang stabil.
4. Peserta memiliki minat di bidang media sosial atau berprofesi sebagai pemilik UMKM.
Durasi Per Sesi
Sesi 1: Pengenalan Media Sosial :180 menit
Sesi 2: Cara Menggunakan Media Sosial :180 menit
Sesi 3: Pembuatan Konten yang Menarik dan Relevan : 180 menit
Sesi 4: Strategi Pemasaran dan Promosi di Media Sosial : 180 menit
Sesi 5: Membangun Loyalitas dan Komunitas :180 menit
Total Durasi
900 menit
Kapasitas Peserta
50
Metode Pembelajaran
Daring
Metode Evaluasi
1. Pre Test
2. Quiz
3. Post Test
Unjuk Keterampilan
Peserta diminta untuk membuat strategi pemasaran media sosial untuk bisnis UMKM mereka. Strategi harus mencakup penentuan target audiens pembuatan konten, dan strategi konten seperti apa yang ingin digunakan. Peserta akan mengembangkan rencana ini dengan tujuan spesifik untuk meningkatkan visibilitas dan penjualan produk atau layanan UMKM mereka. Tugas dikumpulkan di LMS Course-Net dan maksimal pengerjaan 3 hari setelah instruksi diberikan.
Jenis/Klasifikasi Sertifikat
Sertifikat Penyelesaian
Jadwal Pelatihan
18-03-2024 s.d. 22-03-2024,
25-03-2024 s.d 29-03-2024,
01-04-2024 s.d 05-04/2024,
22-04-2024 s.d. 26-04-2024,
29-04-2024 s.d. 03-05-2024
13-05-2024 s.d. 17-05-2024,
27-05-2024 s.d 31-05-2024
Profil Pengajar
Safira Maharani Hanifa Syach adalah seorang Content Creator, Social Media Specialist dan pedagang online di e-commerce. Keahlian saya meliputi pengelolaan e-commerce, pemasaran produk melalui media sosial, dan teknik pemasaran online menggunakan media sosial seperti Instagram dan TikTok.Panduan Redeem Voucher
2. Lakukan Register terlebih dahulu jika belum memiliki Akun. Jika sudah memiliki Akun, lakukan Login pada halaman Login
3. Lakukan Redeem Voucher pada Menu Home klik prakerja
4. Masuk ke menu My Course
5. Cari Course yang baru saja di redeem, klik tombol View Detail
6. Peserta wajib join group Telegram sebelum mengikuti sesi Webinar dengan mengklik tautan pada sub menu Telegram
7. Peserta wajib mengisi Pre-Test sebelum mengikuti sesi Webinar dengan memilih sub menu Course Test, klik tombol Pre Test
8. Semua jadwal sesi Webinar terdapat pada menu My Course, sub menu Webinar
9. Peserta wajib mengerjakan Quiz setiap selesai mengikuti sesi Webinar, dengan memilih sub menu Course Lesson, kemudian pilih Quiz
10. Peserta wajib mengisi Post-Test setelah menyelesaikan 1 batch sesi Webinar dengan memilih sub menu Course Test, kemudian klik tombol Post Test
11. Peserta wajib mengerjakan Unjuk Keterampilan setelah mengikuti sesi Webinar dengan cara :
● Klik sub menu Project Case
● Klik View Assignment
● Klik sub menu Upload Assignment
● Klik pada bagian “Upload your answer here! “ untuk melakukan upload dokumen Unjuk Keterampilan
● Klik tombol Submit
12. Peserta dapat mengunduh Certificate setelah Nilai Unjuk Keterampilan keluar, dengan pada menu My Course, sub menu Certificate
Kontak Lembaga Pelatihan
Customer Service: 0812-8114-0833
Info Lainnya
Materi Pelatihan
Materi
Rating & Ulasan
5.0
/5
(2 Rating)
0
0
0
0
0
Rp1.450.000