Download di playstore

Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Strategi Berjualan di Media Sosial untuk Pelaku UMKM

Webinar

Strategi Berjualan di Media Sosial untuk Pelaku UMKM

Oleh: CourseNet -

Pelatihan di CourseNet -

0

5.0(2)
2 Peserta
Usia 18 - 55 Tahun
MinimalSMA/SMAK sederajat

Highlight

Info Penting Kursus di Mitra Pelatihan

  • Kursus ini akan sepenuhnya Anda kerjakan di platform Mitra Pelatihan
  • Kami akan memberimu Kode Kursus untuk Anda tukarkan di platform Mitra Pelatihan
  • Sertifikat dari kursus ini juga hanya akan Anda terima di platform Mitra Pelatihan

Detail Pelatihan

Deskripsi Pelatihan

Pelatihan ini menggunakan moda Webinar

Okupasi Pelatihan: Profesional Periklanan dan Pemasaran

Rujukan Okupasi: Indonesia’s Occupational Tasks and Skill’s (IndoTaSK) 2020

Gambaran Pelatihan

Dalam pelatihan ini, peserta akan belajar mengenai berbagai strategi dan teknik promosi di media sosial terutama untuk pelaku UMKM. Peserta juga akan mempelajari berbagai fitur yang banyak digunakan untuk menyukseskan promosi di media sosial.

Kompetensi yang Dilatih

Untuk membangun komunikasi merek yang efektif, peserta perlu melaksanakan event yang membantu meningkatkan kesadaran merek. Selanjutnya, peserta dapat melakukan penulisan bisnis untuk menyampaikan informasi secara jelas dan profesional. Peserta juga melakukan kegiatan promosi merek untuk menarik perhatian lebih banyak orang. Terakhir, mengoptimalkan penggunaan media sosial dan merencanakan aplikasi digital menjadi langkah penting untuk meningkatkan kehadiran UMKM peserta.

Urutan Pembelajaran

Sesi 1: Pengenalan Media Sosial

Sesi 2: Cara Menggunakan Media Sosial

Sesi 3: Pembuatan Konten yang Menarik dan Relevan

Sesi 4: Strategi Pemasaran dan Promosi di Media Sosial

Sesi 5: Membangun Loyalitas dan Komunitas


Tujuan Umum Pelatihan

Peserta pelatihan (A) dapat memaksimalkan penggunaan media sosial untuk kebutuhan pemasaran (B), dengan minimum scoring penilaian 60  pada penguasaan materi dalam menerapkan konsep-konsep strategi bisnis nyata dan mencapai peningkatan performa yang terukur dalam akun media sosial bisnis (D), pada saat unjuk keterampilan maupun di industri yang sebenarnya (C).


Tujuan Khusus Pelatihan

1. Mampu mengaplikasikan media sosial dalam kehidupan sehari-hari sekaligus menggunakan media sosial yang digunakan untuk kebutuhan pemeasaran

2. Mampu menggunakan dan memaksimalkan penggunaan media sosial untuk pemasaran produk/layanan

3. Mampu membuat konten yang menarik dan relevan terhadap produk/layanan yang dijual

4. Mampu merancang dan mengelola strategi pemasaran yang tepat

5. Mampu membangun loyalitas dan komunitas


Aspek Kompetensi: Pengetahuan (Knowledge)

- Dasar-dasar media sosial

Fitur-fitur dalam dan jenis-jenis media sosial

- Informasi tata cara pembuatan konten yang baik

- Informasi giveaway dan kolaborasi bersama KOL

- Loyalitas dan komunitas di media sosial


Aspek Kompetensi: Keterampilan (Skill)

- Merespon baik informasi dasar-dasar seputar media sosial dan fungsi-fungsinya

- Mengikuti arahan untuk memaksimalkan fitur-fitur yang ada di media sosial

- Merancang konten yang baik dan sesuai dengan target audiens

- Menyusun strategi pemasaran seperti giveaway dan kolaborasi

- Melakukan penyesuaian dalam membangun loyalitas dan komunitas bersama customer


Aspek Kompetensi: Sikap (Attitude)

- Aktif mempelajari platform baru dan media sosial

- Konsisten dalam inisiatif untuk memperdalam fitur-fitur yang ada di beberapa platform media sosial

- Mampu memformulasikan konten yang baik di media sosial

- Dapat mempraktekkan rancangan pemasaran di media sosial secara maksimal

- Konsisten untuk berinisiatif untuk membangun loyalitas dan komunitas


Kelompok Sasaran

1. Tingkat pendidikan SMK/SMA setara

2. Peserta memiliki PC atau laptop sendiri dengan spesifikasi minimal core i5 yang mumpuni untuk desain sederhana.

3. Peserta memiliki mobile phone yang terkoneksi dengan internet dengan jaringan yang stabil.

4. Peserta memiliki minat di bidang media sosial atau berprofesi sebagai pemilik UMKM.


Durasi Per Sesi

Sesi 1: Pengenalan Media Sosial :180 menit

Sesi 2: Cara Menggunakan Media Sosial :180 menit

Sesi 3: Pembuatan Konten yang Menarik dan Relevan : 180 menit

Sesi 4: Strategi Pemasaran dan Promosi di Media Sosial : 180 menit

Sesi 5: Membangun Loyalitas dan Komunitas :180 menit


Total Durasi

900 menit


Kapasitas Peserta

50


Metode Pembelajaran

Daring


Metode Evaluasi

1. Pre Test
2. Quiz
3. Post Test


Unjuk Keterampilan

Peserta diminta untuk membuat strategi pemasaran media sosial untuk bisnis UMKM mereka. Strategi harus mencakup penentuan target audiens pembuatan konten, dan strategi konten seperti apa yang ingin digunakan. Peserta akan mengembangkan rencana ini dengan tujuan spesifik untuk meningkatkan visibilitas dan penjualan produk atau layanan UMKM mereka. Tugas dikumpulkan di LMS Course-Net dan maksimal pengerjaan 3 hari setelah instruksi diberikan.


Jenis/Klasifikasi Sertifikat

Sertifikat Penyelesaian


Jadwal Pelatihan

04-03-2024 s.d. 08-03-2024,,
18-03-2024 s.d. 22-03-2024,
25-03-2024 s.d 29-03-2024,
01-04-2024 s.d 05-04/2024,
22-04-2024 s.d. 26-04-2024,
29-04-2024 s.d. 03-05-2024
13-05-2024 s.d. 17-05-2024,
27-05-2024 s.d 31-05-2024


Profil Pengajar

Safira Maharani Hanifa Syach adalah seorang Content Creator, Social Media Specialist dan pedagang online di e-commerce. Keahlian saya meliputi pengelolaan e-commerce, pemasaran produk melalui media sosial, dan teknik pemasaran online menggunakan media sosial seperti Instagram dan TikTok.


Panduan Redeem Voucher

1. Mengakses link LMS pada: https://coaching.course- net.com/login/  

2. Lakukan Register terlebih dahulu jika belum memiliki Akun. Jika sudah memiliki Akun, lakukan Login pada halaman Login 

3. Lakukan Redeem Voucher pada Menu Home klik prakerja 

4. Masuk ke menu My Course 

5. Cari Course yang baru saja di redeem, klik tombol View Detail 

6. Peserta wajib join group Telegram sebelum mengikuti sesi Webinar dengan mengklik tautan pada sub menu Telegram 

7. Peserta wajib mengisi Pre-Test sebelum mengikuti sesi Webinar dengan memilih sub menu Course Test, klik tombol Pre Test 

8. Semua jadwal sesi Webinar terdapat pada menu My Course, sub menu Webinar 

9. Peserta wajib mengerjakan Quiz setiap selesai mengikuti sesi Webinar, dengan memilih sub menu Course Lesson, kemudian pilih Quiz 

10. Peserta wajib mengisi Post-Test setelah menyelesaikan 1 batch sesi Webinar dengan memilih sub menu Course Test, kemudian klik tombol Post Test 

11. Peserta wajib mengerjakan Unjuk Keterampilan setelah mengikuti sesi Webinar dengan cara : 

● Klik sub menu Project Case 

● Klik View Assignment 

● Klik sub menu Upload Assignment 

● Klik pada bagian “Upload your answer here! “ untuk melakukan upload dokumen Unjuk Keterampilan 

● Klik tombol Submit 

12. Peserta dapat mengunduh Certificate setelah Nilai Unjuk Keterampilan keluar, dengan pada menu My Course, sub menu Certificate


Kontak Lembaga Pelatihan

Customer Service: 0812-8114-0833



Info Lainnya

Materi Pelatihan

Rating & Ulasan

0

5.0

/5

(2 Rating)

profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
course thumbnail

Rp1.450.000