Download di playstore

Beli di aplikasi dan dapatkan promo menarik

Strategi Digital Marketing untuk E-Commerce Specialist

Webinar

logo-prakerja

Strategi Digital Marketing untuk E-Commerce Specialist

Oleh: LPK Cerdas

logo-prakerja

Pelatihan di Pijar Mahir

0

5.0(10)
33 Peserta
Usia 18 - 60 Tahun
MinimalSMA/SMAK sederajat

Highlight

Info Penting Kursus di Pijar Mahir

  • Anda bisa mengerjakan kursus ini langsung di platform Pijar Mahir
  • Sertifikat bisa Anda akses di Profil pada menu Sertifikat Saya setelah menyelesaikan kursus

Detail Pelatihan

Deskripsi Pelatihan
Pelatihan ini bertujuan membekali peserta dengan pengetahuan mendalam tentang konsep dasar digital marketing dan e-commerce, termasuk pemahaman pasar online, perilaku konsumen, dan berbagai model bisnis e-commerce. Peserta diharap dapat membuat konsep branding dan penerapannya dalam E-Commerce, mengidentifikasi strategi branding sesuai dengan target audiens, mengimplementasikan cara melakukan riset pasar dengan baik, mengembangkan nilai tambah produk dan layanan dalam penjualan menggunakan E-Commerce, serta membangun citra dan eksistensi produk melalui platform sosial media dan E-Commerce. Dalam pelatihan ini juga Peserta dapat mengimplementasikan penggunaan SEO (Search Engine Optimization) dalam Digital Marketing, mengidentifikasi apa saja yang dibutuhkan untuk melakukan kampanye digital yang sukses, dan mengimplementasikan hasil analisa data penjualan serta penggunaannya untuk strategi pengembangan bisnis lanjutan.

Tujuan Umum Pelatihan
Peserta pelatihan (A) mampu menunjukkan keterampilan untuk menjadi seorang E-Commerce Specialist (B) dengan menunjukkan minimal 60 persen penguasaan materi (D) pada saat menunjukkan keterampilan (C).

Tujuan Khusus Pelatihan
Pada akhir pelatihan, peserta mampu:
Mendemonstrasikan keterampilan apa saja yang dibutuhkan untuk menjadi E-Commerce Specialist. 
Menyusun rencana branding pada platform E-Commerce yang tepat sasaran. 
Menggunakan SEO untuk proses perencanaan konten yang baik sesuai dengan target audiens yang dituju.
Menunjukkan kemampuan pengelolaan kampanye digital. 
Menggunakan hasil analisis data penjualan serta penggunaannya untuk strategi pengembangan bisnis lanjutan

Aspek Kompetensi: Pengetahuan (Kognitif)
Tugas dan Fungsi E-Commerce Specialist
Perkembangan E-Commerce di Indonesia
Tantangan Okupasi E-Commerce Specialist
Strategi Branding E-Commerce
Riset Pasar
Optimalisasi Halaman Profil E-Commerce
Manajemen Review dan Kritik Pelanggan
SEO dan Perencanaan Konten
Fungsi Search Engine Optimization
Jenis Metrik Data SEO
Analisa Data SEO
Rencana Pembuatan Konten
Jenis Iklan Digital dan Perbedaannya
Platform Digital Marketing
Kampanye Periklanan Digital
Monitoring Post-Campaign
Metrik Kunci Digital Marketing
Segmentasi Pelanggan
Strategi Pengembangan Bisnis

Aspek Kompetensi: Keterampilan (Psikomotor)
Menerapkan pengetahuan tugas dan fungsi dari E-Commerce Specialist pada studi kasus.
Mengimplementasikan pemahaman pasar online, perilaku konsumen, dan model bisnis e-commerce.
Membangun strategi baru dalam pemasaran digital sebagai E-Commerce Specialist.
Merancang strategi branding yang efektif di E-Commerce platform untuk membangun citra produk dengan baik.
Membuat hasil analisa riset pasar yang akurat dan objektif sesuai dengan tren pasar.
Membangun, mengombinasikan, dan mengkonstruksi solusi inovatif dalam optimalisasi profil E-Commerce
Mengimplementasikan pemahaman manajemen pelanggan untuk meningkatkan angka repeat order pada profil E-Commerce.
Menggunakan SEO untuk mengoptimalkan konten untuk mesin pencari, termasuk penulisan artikel, penggunaan kata kunci, dan manajemen struktur situs web.
Mengkonstruksi strategi pemasaran digital berdasarkan hasil analisa menggunakan SEO.
Menggunakan nilai penting pada SEO untuk variabel analisa data.
Menyusun hasil data implementasi SEO dengan cermat.
Membangun perencanaan konten berdasarkan data yang sudah di analisa, sehingga bisa tepat sasaran dan goal oriented.
Menerapkan pengetahuan terkait perbedaan fungsi dari masing-masing jenis iklan digital sehingga iklan yang dibuat bisa sesuai dan tepat sasaran.
Merakit dan mengkonstruksi strategi iklan digital sesuai dengan platform yang digunakan.
Mencampurkan ide-ide baru untuk variasi dalam desain dan materi iklan untuk hasil yang lebih baik.
Menerapkan proses pantauan secara real-time dan respons cepat terhadap perubahan kinerja sebagai E-Commerce Specialist.
Mengimplementasikan hasil analisis data dalam pemahaman yang mendalam untuk strategi pengembangan bisnis.
Merakit strategi berbasis segmentasi untuk meningkatkan retensi pelanggan pada platform E-Commerce
Merancang strategi pengembangan bisnis berdasarkan hasil analisis untuk proses pengambilan keputusan dalam rencana lanjutan. 

Aspek Kompetensi: Sikap (Attitude)
Sistematis dalam menunjukkan tugas dan fungsi seorang E-Commerce Specialist.
Kritis terhadap perkembangan e-commerce dan tren pasar yang sedang berjalan.
Solutif dalam menghadapi tantangan pekerjaan sebagai E-Commerce Specialist.
Ahli dalam menyusun strategi branding sesuai dengan target audiens yang dituju.
Ahli dalam mengatur dan mengkombinasikan informasi hasil riset pasar.
Terstruktur dalam mempraktikan optimalisasi halaman profil pada platform E-Commerce.
Responsif dalam menanggapi feedback dari pelanggan serta membangun komunitas pelanggan.
Proaktif dalam mempelajari SEO dan membuat perencanaan konten yang relevan.
Teliti mengidentifikasi masing-masing fungsi dan keuntungan menggunakan SEO dalam okupasi E-Commerce Specialist.
Cermat dalam membedakan nilai-nilai penting pada SEO, seperti Keywords, On-Page Optimization, User Experience, Backlinks, dsb
Teliti dalam memverifikasi hasil atau keberhasilan strategi SEO yang telah diimplementasikan
Hati-hati dalam merencanakan konten sehingga konten yang dibuat bisa berorientasi kepada hasil.
Analitis dalam membedakan jenis iklan digital serta kegunaannya sesuai jenis produk yang dipasarkan.
Berpikiran terbuka terhadap penggunaan berbagai macam jenis platform Digital Marketing.
Kreativitas menentukan jenis produk, target audiens, dan platform dalam melakukan kampanye periklanan.
Mengembangkan diri dan evaluasi sesuai dengan hasil yang didapat setelah kampanye digital berakhir.
Handal dalam menganalisa data dan pengembangan bisnis lanjutan.
Inovatif dalam mengembangkan bisnis sesuai dengan analisa segmentasi pelanggan.
Tepat dalam mendemonstrasikan analisis data dalam pengembangan bisnis online

Kelompok Sasaran
1. Peserta dengan minimal pendidikan SMA/SMK/Sederajat
2. Peserta dengan latar belakang sebagai e-commerce staff, staf pemasaran
3. Peserta dengan ketertarikan pada bidang e-commerce, bisnis, dan pemasaran
4. Peserta memiliki smartphone/laptop dengan jaringan internet yang memadai

Durasi Per Sesi
1. Pengenalan Digital Marketing dan E-Commerce: 180 menit
2. Strategi Pembuatan Brand dan Penjualan Online: 180 menit
3. SEO (Search Engine Optimization): 180 menit
4. Pengelolaan Kampanye Periklanan Digital: 180 menit
5. Analisis Data dan Strategi Pengembangan Lanjutan: 180 meni

Total Durasi
900 Menit

Kapasitas Peserta
100 Peserta

Metode Pembelajaran
Daring

Metode Evaluasi
1. Pre Test
2. Quiz
3. Post Test
4. Tugas Praktik Mandiri
5. Unjuk Keterampilan

Unjuk Keterampilan
Peserta diminta untuk memilih proyek atau produk yang akan menjadi fokus rencana pemasaran digital, mencakup dengan pemilihan kata kunci yang relevan dan buat strategi konten, menentukan platform iklan yang akan digunakan dan buat materi iklan, menentukan metrik yang akan diukur untuk mengukur keberhasilan kampanye, dan membuat rincian strategi untuk membangun dan memperkuat merek, termasuk desain visual, nilai merek, dan pesan merek.

Jenis/Klasifikasi Sertifikat
Sertifikat Penyelesaian

Profil Pengajar
Syahrian Saputra, seorang Professional Trainer sejak Oktober 2022 dengan pengalaman lebih dari 1 tahun 5 bulan. Selain itu,beliau juga menjadi Instruktur Digital Marketing sejak September 2022,telah memberikan kontribusi selama 1 tahun 6 bulan dalam membagikan pengetahuan di bidang pemasaran digital.
Devita Dyah Setyawati, seorang Personal Trainer di PT Belajar Tumbuh Berbagi sejak Januari 2024 di Balikpapan.Sebelumnya,sebagai Project Coordinator Trainer di Dinas Koperasi Usaha Kecil & Menengah di Blitar sejak Januari 2023,menunjukkan dedikasi dan keahliannya dalam pengembangan program pelatihan.

Kontak Lembaga Pelatihan
PIC : Chaterine
Contact Support : +62 816 1777 8602 
Email : customerservice@lpkcerdas.com 


Info Lainnya

Materi Pelatihan

Pilihan Event

Kursus ini belum memiliki Event

Rating & Ulasan

0

5.0

/5

(10 Rating)

profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
profile picture



0

0




Laporkan
course thumbnail

Rp1.500.000