Webinar
Strategi Efektif Pengadaan Barang Dan Jasa
Oleh: Link Productive
Pelatihan di Pijar Mahir
Highlight
Info Penting Kursus di Pijar Mahir
- Anda bisa mengerjakan kursus ini langsung di platform Pijar Mahir
- Sertifikat bisa Anda akses di Profil pada menu Sertifikat Saya setelah menyelesaikan kursus
Detail Pelatihan
Deskripsi Pelatihan Dilaksanakan setelah melakukan postest dan di kumpulkan maksimal 3 hari setelah instruksi unjuk keterampilan diberikan atau setelah webinar sesi terakhir selesai dilaksanakan.
Indonesia’s Occupational Tasks and Skills (IndoTaSK) 2020 / Pembelian adalah posisi yang dibutuhkan oleh setiap perusahaan di Indonesia atau di dunia. Riset salah satu situs lowongan kerja online ditemukan 1600+ Lowongan Pembelian / Purchasing.
Pelatihan Manajemen Pengadaan Barang / Jasa mempelajari dan mengembangkan keterampilan secara praktek nyata kepada calon profesi Pembelian / Purchasing dengan mengacu pada SKKNI Keputusan Menteri Nomor 70 Tahun 2016 Tentang Jabatan pengadaan Barang / Jasa dengan memasukkan 17 unit kompetensi yang terbagi dalam 5 (lima) sesi pelatihan Strategi Efektif Pengadaan Barang Dan Jasa.
Tujuan utama dari pelatihan ini Peserta Pelatihan Strategi Efektif Pengadaan Barang Dan Jasa mampu melakukan praktek kerja sebagai seorang Purchasing di suatu perusahaan dengan membuat detail Proses Praktek Penyelarasan Rencana Pembelian dan Program Kerja Perusahaan; Pemilihan Vendor & Perencanaan Pembuatan Dokumen Pembelian; Pelaksanaan Pembelian Tahap 1; Pelaksanaan Pembelian Tahap 2; dan Proses Pelaksanaan Pembelian Tahap 3 & Evaluasi Kinerja Penyedia Barang / Jasa dengan menunjukkan minimal 70 % penguasaaan pemahaman materi pada saat praktik mandiri melalui video presentasi.
Tujuan Umum Pelatihan
Peserta pelatihan Calon Pengadaan (Procurement Supervisor) mampu membuat detail proses praktek Analisa Penyelarasan Rencana Pembelian dan Program Kerja Perusahaan, Analisa Kebutuhan Anggaran, Pemilihan Vendor, Proses Perencanaan Pembuatan Dokumen Pembelian, Proses Pelaksanaan Pembelian Tahap 1-3 dan Evaluasi Kinerja Penyedia Barang / Jasa dengan menunjukkan minimal 70 % penguasaaan pemahaman materi pada saat praktik mandiri melalui video presentasi.
Tujuan Khusus Pelatihan
Setelah mengikuti pelatihan, peserta mampu :
1. Melakukan implementasi seluruh proses Analisa Penyelarasan Rencana Pembelian dan Program Kerja Perusahaan
2. Melakukan implementasi seluruh proses Pemilihan Vendor & Perencanaan Pembuatan Dokumen Pembelian.
3. Melakukan implementasi seluruh proses Pelaksanaan Pembelian Tahap 1.
4. Melakukan implementasi seluruh proses Pelaksanaan Pembelian Tahap 2.
5. Melakukan implementasi seluruh Proses Pelaksanaan Pembelian Tahap 3 & Evaluasi Kinerja Penyedia Barang / Jasa
Aspek Kompetensi: Pengetahuan (Kognitif)
Analisa Penyelarasan Rencana Pembelian dan Program Kerja Perusahaan
Analisa Pemilihan Vendor & Perencanaan Pembuatan Dokumen Pembelian
Analisa Proses Pelaksanaan Pembelian Tahap 1
Analisa Proses Pelaksanaan Pembelian Tahap 2
Analisa Proses Pelaksanaan Pembelian Tahap 3 &
Evaluasi Kinerja Penyedia Barang / Jasa
Aspek Kompetensi: Keterampilan (Psikomotor)
Menganalisa Lingkungan Pengadaan Barang/Jasa
Menyelaraskan Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa
Menyusun Kebutuhan dan Anggaran Pengadaan Barang/Jasa
Menyusun Harga Perkiraan
Membuat Analisa Pemilihan Penyedia Barang/Jasa
Menyusun Rancangan Kontrak Pengadaan Barang/Jasa
Aspek Kompetensi: Sikap Kerja (Afektif)
Inisatif dalam Bekerja untuk pengerjaan tugas.
Tangguh dalam Berpikir Sistematika Bekerja.
Inisiatif dalam Komitmen Pada Tugas yang diberikan.
Tangguh dalam Daya Tahan Terhadap Stress dari tugas yang diberikan.
Ketelitian & Kecermatan dalam pekerjaan.
Inisiatif dalam Kemampuan dalam Perencanaan
Kelompok Sasaran
Usia 18-40 tahun
Pendidikan minimal SMA/SMK/Sederajat
Syarat dan ketentuan lainnya
Syarat dan ketentuan lainnya
Memiliki laptop pribadi
Familiar menggunakan Microsoft Office terutama adalah penggunaan Excel & Word.
Kemauan belajar yang tinggi
Kerja Keras
Tidak Mudah Menyerah
Memiliki waktu Fulltime daily Untuk Pengerjaan Project-Project
Bersedia melaporkan kegiatan rutin harian secara online
Bersedia melakukan diskusi banyak bertanya mengenai hal-hal yang tidak dimengerti
Soft Skill yang baik lainnya
Durasi Per Sesi
1. Analisa Penyelarasan Rencana Pembelian dan Program Kerja Perusahaan 180 menit
2. Pemilihan Vendor & Perencanaan Pembuatan Dokumen Pembelian 180 menit
3. Proses Pelaksanaan Pembelian Tahap 1 180 menit
4. Proses Pelaksanaan Pembelian Tahap 2 180 menit
5. Proses Pelaksanaan Pembelian Tahap 3 & Evaluasi Kinerja Penyedia Barang / Jasa 180 menit
Total Durasi
900 menit
Kapasitas Peserta
50 Peserta
Metode Pembelajaran
Daring
Metode Evaluasi
1. Pre Test
2. Quiz
3. Post Test
4. Tugas Praktik Mandiri
5. Unjuk Keterampilan
Unjuk Keterampilan
Unjuk keterampilan Pelatihan Strategi Efektif Pengadaan Barang Dan Jasa adalah melakukan pembuatan portofolio yang diambil dari Tugas Praktek Mandiri yang ada di persesi karena portofolio adalah job desc secara real yang dikerjakan oleh para peserta selama pelatihan dan akan menjadi nilai yang baik untuk peserta mencari pekerjaan. (Dikumpulkan melalui LMS dengan durasi pengerjaan 3x24 jam setelah instruksi diberikan).
Jenis/Klasifikasi Sertifikat
Sertifikat Penyelesaian
Syarat Peserta untuk mendapatkan sertifikat :
- Peserta wajib mengikuti seluruh rangkaian pelatihan untuk mendapat Sertifikat Penyelesaian dan insentif Prakerja
- Peserta wajib mengerjakan Tugas "Unjuk Keterampilan". Penyertaan hasil "Unjuk Keterampilan" dilakukan oleh peserta maksimal 3 x 24 jam setelah instruksi diberikan, dengan tata cara penyertaan hasil yang diatur sesuai pada Instruksi Unjuk Keterampilan.
- Sertifikat akan diberikan paling lambat H+7 setelah Tenaga Pelatih memberikan nilai "Unjuk Keterampilan" yang sudah dikumpulkan peserta.
- Waktu penyelenggaraan Unjuk Keterampilan :
Profil Pengajar
Gerry Anugrah Dwiputra ST.MM
Gerry adalah Praktisi Teknik Procurement yang berpengalaman dibidang Purchasing selama 13 tahun dan melakukan implementasi pembelian dan memilih vendor dengan spesifikasi bahan/mesin yang dibutuhkan perusahaan dengan nilai beli yang efesiensi harga sampai harga minimal.
Kontak Lembaga Pelatihan
0812-8836-4910 (Customer Service)
0822-4903-7503 (Help Desk 1)
0896-8601-0350 (Help Desk 2)
0813-8758-4900 (Help Desk 3)
0895-61077-0447 (Help Desk 4)
Info Lainnya
Materi Pelatihan
Materi
Rating & Ulasan
5.0
/5
(2 Rating)
0
0
0
0
0
Rp1.000.000